Tokyo Kembali Rencanakan Situasi Darurat dari April Hingga Mei

April 22, 2021 13:00
Tokyo Kembali Rencanakan Situasi Darurat dari April Hingga Mei

Pemerintah Metropolitan Tokyo meminta pemerintah nasional pada Rabu malam untuk mengumumkan situasi darurat, untuk meredam peningkatan kasus COVID-19 dan untuk secara signifikan mengurangi jumlah orang yang keluar selama liburan “Golden Week” mendatang. Dikatakan peningkatan ini diakibatkan oleh varian baru yang lebih menular.

Dalam diskusi dengan pemerintah nasional, kota metropolitan tersebut mengusulkan bahwa situasi darurat berlangsung dari Minggu ini, 25 April hingga 9 Mei atau 11 Mei. Rangkaian liburan Golden Week tahun ini berlangsung dari 29 April hingga 5 Mei, meskipun banyak orang mengambil cuti kerja sepanjang minggu sebelum atau setelah hari libur resmi.

Kota metropolitan sedang mempertimbangkan untuk meminta fasilitas komersial besar seperti pusat perbelanjaan dan taman hiburan tutup sementara. Bar dan restoran mungkin juga harus mempersingkat jam kerja seperti yang terjadi pada situasi darurat sebelumnya.

Osaka telah meminta pemerintah pusat untuk menetapkan situasi darurat baru untuk prefekturnya, yang mencapai rekor 1.242 kasus baru pada hari Rabu. Prefektur Hyogo juga telah meminta situasi darurat, dan prefektur Kyoto sedang mempertimbangkan untuk memintanya juga. Perdana Menteri Suga Yoshihide menyatakan bahwa pemerintah pusat akan bekerja sama dengan pejabat daerah.

Jepang mengkonfirmasi 5.291 infeksi baru pada hari Rabu, yang menandai pertama kalinya dalam tiga bulan jumlah kasus harian telah lebih dari 5.000. Penghitungan kasus harian di Tokyo mencapai 843 pada hari Rabu, penghitungan tertinggi sejak 29 Januari selama situasi darurat kedua.

Sumber: ANN, NHK

Sorry. No data so far.