Kadokawa Resmi Akusisi Saham Mayoritas Penerbit J-Novel Club

April 29, 2021 11:55 am
Kadokawa Resmi Akusisi Saham Mayoritas Penerbit J-Novel Club

Kadokawa resmi mengakusisi saham mayoritas perusahaan penerbit novel ringan yang bermarkas di Texas, J-Novel Club. Informasi ini diungkap pada press release yang diunggah pada hari Rabu kemarin (28/04). Bookwalker sebagai anak perusahaan Kadokawa juga menjalin kerjasama dengan J-Novel Club dalam distribusi novel berbahasa Inggrisnya.

Pernyataan dari perwakilan J-Novel Club, Samuel Pinansky:

Sejak saya mendirikan J-Novel Club pada lima tahun yang lalu, perusahaan ini berkembang dari pengoperasionalan satu orang menjadi penerbitan lebih dari 250 judul setiap tahunnya. Demi menjamin pengembangan di masa depan, saya membutuhkan partner kuat dan saya telah menemukan Bookwalker bersama dengan Kadokawa. Kesempatan dari novel ringan untuk didistribusikan lebih dan lebih ke seluruh dunia hampir tak terbatas, dan saya yakin dengan kerjasama (ini) kami dapat menerbitkan lebih dan lebih banyak konten dari tak hanya partner penerbit kami yang telah dikerjakan, namun juga penerbit dan kreator konten lain yang belum pernah dimulai sebelumnya! Saya tak sabar untuk memulai ini.

Pernyataan dari perwakilan Bookwalker, Ichiro Hashiba:

J-Novel Club dimulai bersamaan saat Bookwalker Global membuka layanannya, dan sejak saat itu kami bekerjasama dalam mengembangkan pasar novel ringan di seluruh dunia. Saya sangat berbahagia bahwa dengan kemitraan baru ini, kami dapat melanjutkan kerjasama lebih kuat lagi di masa depan. Melanjutkan ke depan, kami ingin berkontribusi terhadap penerbit dari Jepang dengan menyebarkan novel ringan dari Jepang menuju seluruh penjuru dunia.

Pernyataan dari perwakilan Yen Press, Kurt Hassler:

Saat Yen Press meluncurkan label novel ringannya, Yen On di tahun 2014, ini mewakili perubahan monumental dalam ketersediaan dan kesadaran berkelanjutan dari novel ringan di antara para pelanggan penutur bahasa Inggris. Kemudian yang diikuti dengan memecah ekspektasi, dan JNC sejak saat itu menjadi kontributor signifikan dalam membantu mendorong ekspansi tersebut. Kami menantikan bagaimana kemitraan kami dengan Bookwalker membuka dan mengeksplorasi kesempatan untuk memperluas pasar lebih jauh.

Sebelumnya pada 4 Februari 2021, Kadokawa mengumumkan kerjasamanya dengan CyberAgent dan Sony dalam suatu aliansi modal. Aliansi ini diharapkan dapat membuahkan penguatan bisnis game dan animasi. Lebih detailnya, informasi ini diungkap dalam presentasi hasil finansial untuk kuarter ketiga yang berakhir pada 31 Desember 2021. Aliansi ini memperbolehkan Kadokawa Corporation untuk meningkatkan pengembangan dan pembangunan IP (Intelectual Property) dalam domain game, meningkatkan pembangunan dalam domain animasi, dan dapat menggunakan platform serta terlibat inisiasi secara kooperatif.

Sumber: Press Release (1, 2)