Kadokawa Rencanakan Produksi 40 Anime Tiap Tahunnya

May 3, 2021 19:19
Kadokawa Rencanakan Produksi 40 Anime Tiap Tahunnya

KADOKAWA telah merilis laporan keuangan untuk periode tahun yang ditutup pada 31 Maret 2021, kepada para investornya pada 30 April untuk memberi tahu mereka bahwa sementara hal-hal mungkin terlihat buruk di beberapa segmen bisnis karena pandemi, penjualan keseluruhan meningkat pada tahun 2020 meskipun ada masalah pandemi dan mereka berencana untuk menghasilkan setidaknya 40 judul menjadi anime di masa depan.

Untuk KADOKAWA pada tahun 2020, penjualan bersih secara keseluruhan naik 2,6% dibandingkan 2019, dengan peningkatan terlihat di seluruh bisnis dalam light novel, video, dan terutama video game, yang menunjukkan peningkatan laba operasional sebesar 114,6 %. Salah satu bagian bisnis yang berkinerja terbaik adalah publikasi, yang berhubungan dengan LN, manga, dan banyak lagi. Penjualan bersih meningkat 10,5%, sedangkan laba operasi meningkat 105,5%. Ini berkat peningkatan penjualan selama periode lockdown terutama di e-book, bukan pembelian fisik. Ini menurunkan biaya produksi sekaligus meningkatkan penjualan, menjadikannya bagian yang sangat menguntungkan bagi perusahaan. Penjualan luar negeri melalui Bookwalker Global meningkat sebesar 22%, dan di dalam negeri, salah satu segmen dengan kinerja tertinggi adalah isekai untuk demografi wanita.

KADOKAWA mengatakan dalam laporannya bahwa mereka akan bekerja lebih dekat dengan perusahaan asing (seperti J-Novel Club yang baru dibeli) untuk merilis LN ke seluruh dunia dengan kuantutas yang lebih besar dan lebih cepat. Mereka juga mencari 100 editor lagi untuk menambah jumlah seri yang dimiliki oleh KADOKAWA dari 500 menjadi 600.

Di bagian video, yang mencakup anime dan live-action, penjualan bersih turun 8,2% untuk tahun ini, meskipun laba operasi sebenarnya meningkat 7,1%. Ini karena bagian film mengalami penurunan besar-besaran karena kurangnya bioskop yang dibuka selama Situasi Darurat pertama Jepang, serta betapa sulitnya untuk memproduksi film ketika pandemi dimulai, mengakibatkan penurunan 8 miliar yen secara keseluruhan di penjualan.

Tapi, peningkatan laba operasi berkat lebih banyaknya bisnis luar negeri di segmen video, dengan judul seperti Re: Zero dan Konosuba, membantu mendorong laba luar negeri meningkat 22%. Judul-judul ini didorong tidak hanya melalui anime (meskipun royalti melalui streaming dan rilis video rumahan adalah aspek besar dari ini) tetapi juga game smartphone yang berafiliasi dan peluang lisensi lainnya.

Seiring dengan lebih banyak LN, KADOKAWA ingin meningkatkan jumlah anime yang mereka bantu produksi dari 33 judul pada tahun 2020 menjadi lebih dari 40 judul per tahun (meskipun Tadashi Sudo dari Animation Business mencatat bahwa KADOKAWA telah mencapai ini pada tahun 2020, dengan 31 serial TV, 5 film teater, dan 4 OVA/event pemutaran). KADOKAWA juga ingin meningkatkan pendapatan dari lisensi, serta bekerja sama dengan perusahaan seperti Sony dan CyberAgent untuk membantu memproduksi lebih banyak game smartphone berdasarkan seri populer. Pendapatan dari lisensi naik 136% dari tahun 2020, dengan lisensi dan kolaborasi game smartphone meningkat 165% dari tahun ke tahun.

Sumber: Crunchyroll