Situasi Darurat Jepang Resmi Diperpanjang ke 31 Mei

May 7, 2021 4:26 pm
Situasi Darurat Jepang Resmi Diperpanjang ke 31 Mei

Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga mengumumkan pada hari Jumat bahwa situasi darurat baru untuk coronavirus (COVID-19) di prefektur Tokyo, Osaka, Kyoto, dan Hyogo diperpanjang hingga akhir Mei, dan prefektur Aichi dan Fukuoka juga akan perpanjangan serupa mulai 12 Mei. Situasi darurat akan mencakup 6 dari 13 prefektur terpadat di Jepang, dengan 43 juta orang atau sepertiga dari populasi Jepang.

Di bawah situasi darurat saat ini, pemerintah meminta pusat perbelanjaan besar untuk ditutup (kecuali yang menawarkan kebutuhan sehari-hari), dan acara diusahakan tidak dihadiri secara langsung. Di bawah perpanjangan baru, pemerintah akan meminta pusat perbelanjaan untuk tutup pada pukul 20.00. bukannya ditutup sama sekali, dan acara dihadiri tidak lebih dari 5.000 peserta dan diakhiri pada pukul 21.00.

Pemerintah prefektur Osaka meminta perpanjangan awal pekan ini, setelah melaporkan tekanan berat dalam sistem rumah sakitnya. Menteri Ekonomi dan kepala tanggapan pemerintah COVID-19 Yasutoshi Nishimura menggarisbawahi “situasi yang sangat kritis” di Osaka, memperingatkan bahwa hunian ranjang rumah sakit di Tokyo mungkin mencerminkan keadaan kritis di Osaka selama dua minggu ke depan kecuali tingkat infeksi diperlambat. Jepang telah mencatat 1.131 kasus COVID-19 yang parah, rekor tertinggi untuk negara tersebut.

Sumber: NHK