[JOI Music] 20 Anisong Terbaik Naruto – Boruto Versi JOI

May 12, 2021 2:46 pm
[JOI Music] 20 Anisong Terbaik Naruto – Boruto Versi JOI

Shounen spirit! Kangen gak nih sama masa-masa dimana masa kecilmu ditemani oleh aksi-aksi para ninja beken yang bisa memanggil kodok raksasa?

Kali ini edisinya agak beda ketimbang top Anisong sebelumnya. Kami tim JOI mau mengajak kamu bernostalgia sebentar. Siapa sih yang enggak tau Naruto? Anime yang menghabiskan 15 tahun dan 720 episode untuk tamat.

Ditambah lagi serial penerusnya, Boruto. Yah… meski kami akui faktanya serial ini tidak (atau mungkin belum) bisa se-sukses serial prekuelnya. Selagi artikel ini ditulis, serial Boruto sudah jalan sebanyak 198 episode.

Kalau ditotal sih sudah hampir 1.000 episode ya? Nah, dari episode sebanyak itu kami memilih total 20 lagu yang menurut kami bagus untuk kamu dengarkan buat menambah semangatmu. Sayangnya tidak semua video disini berasal dari Official Youtube channel para penyanyinya. Yah namanya juga lagu lawas.

Oh iya buat catatan:

Disaat kami menuliskan “video opening / ending” dalam artikel ini. Kami merujuk pada video di serial animenya, bukan video yang kami cantumkan disini. Oke?

20. Little by Little – Kanashimi wo Yasashisa

Kami buka dengan salah satu OP yang paling “underrated“. Padahal arti dari judulnya sendiri cukup dalam, yakni “Kesedihan dan kebaikan”.

Video opening dalam serialnya sendiri berisi tentang masa kecil yang kelam dari para karakter inti. Seperti Naruto dan Gaara yang dikucilkan karena Bijuu yang tertanam dalam tubuh mereka. Dan juga polemik keluarga Hyuuga dengan tuntutan super beratnya.

Namun seperti judulnya: bahwa dalam setiap kesedihan sedalam apapun, pasti akan ada kebaikan yang tersembunyi di dalamnya.

19. No Regret Life- Nakushita Kotoba

Berikutnya ada Nakushita Kotoba yang dibawakan oleh band No Regret Life. Judulnya sendiri dapat diartikan sebagai “Lost Words” atau “Kata-kata yang Hilang”

Menurut kami pribadi, ini adalah salah satu lagu ending paling kelam dalam serial Naruto. Karena ini adalah lagu ending untuk arc dimana Sasuke mulai berkhianat terhadap Konoha.

Yang membuat Naruto & Sakura kehilangan kata-kata seperti judul dari lagu ini.

18. Rythem – Harmonia

Menurut kami, ini adalah lagu ending yang paling cantik dan bikin suasana kalem dari serial Naruto. Kalau kamu ingat mendengar lagu ini di sore hari sehabis mandi dan bawaannya jadi ngantuk lagi = berarti kamu tua.

Salah satu ending paling awal dari serial Naruto, dimana ceritanya masih belum terlalu berat. Video ending lagu ini sih isinya cuma Sakura sama Ino nyanyi berharap dinotice sama Sasuke. Ujung-ujungnya nangis karena yang notice malah Naruto.

17. Little Glee Monster – OVER

Entry pertama dari serial Boruto dalam jajaran ini. Kaget bahwa Little Glee Monster bisa bawain opening yang enerjik buat serial shounen? Saya juga kok.

Lagu ini merupakan opening kedua dari serial Boruto: Naruto next Generations. Lagu ini mengisi serial Boruto pada arc dimana awal-awal tim ninja Genin era Boruto mulai dibentuk.

Jadi masih semangat-semangatnya gitu lah. Namanya juga bocah Genin, belum ketemu misi yang rank S aja.

16. Home Made Kazoku – Nagare Boshi ~Shooting Star~

Nah, kali ini giliran ED dari Naruto Shippuden yang masuk dalam jajaran ini. Lagu ini merupakan ending pertama dalam Naruto Shippuden. Yakni musim baru Naruto setelah timeskip dari para karakternya dalam mengemban ilmu supaya lebih jago.

Lagu ini digunakan dalam arc dimana terlihat kesedihan Sakura yang menatap foto tim 7. Sambil menunggu dan berdoa pada bintang jatuh agar Sasuke mau kembali.

15. Little by Little – Kimi Monogatari

Lagu ending bersemangat pertama yang kami sengaja built up supaya kalian tetap semangat membaca artikel panjang ini. Ya namanya juga ada 20 lagu yang dimasukkan disini. Menurut ngana aja.

Lagu yang judulnya dapat diartikan sebagai “Ceritamu” ini merupakan ending dari arc Sai. Dimana tim 7 diminta untuk move on dari Sasuke, dan memulai lembaran baru dengan menerima Sai sebagai anggota baru dari tim 7.

Cocok banget yah, disuruh mulai “lembaran baru” sama Sai yang memang notabene tukang gambar. Kebetulan? Kurasa tidak *jeng-jeng

14. Hearts Grow – Yura Yura

Coba kalian tebak, ini lagu OP atau ED? Yak! ini lagu OP alias opening. Bingung kan opening Naruto tapi kalem? Tapi ya memang begitu adanya.

Ini merupakan lagu terakhir dari Naruto arc masa kecil sebelum para karakternya memulai pelatihan sebelum timeskip ke Naruto Shippuden.

13. Motohiro Hata – Toumei Datta Sekai

Ada yang ngupas bawang? Kok tiba-tiba mata saya berair ya?

Bagi kamu yang ingatannya bagus, pasti kamu langsung bisa mengenali bahwa ini adalah lagu opening dalam arc disaat Naruto baru saja kehilangan Jiraiya yang meninggal dalam pertempuran melawan Pain.

Bayangin deh, kehilangan guru kesayangan sekaligus shinobi yang sudah seperti ayahnya sendiri. Nyesek gak tuh?

12. FLOW – GO!!!

Masih semangat gak nih baca artikelnya? Sudah hampir setengah jalan loh. Atau kalau memang tidak terlalu baca tidak masalah, setidaknya kita nikmati lagunya bersama.

Nah, buat menyemangatimu kami masukkan lagu ini supaya kamu bisa “Fighting Dreamers!”

Lagu ini merupakan salah satu opening paling awal dalam Naruto masa kecil. Bawaannya jadi pengen “Go!!!” terus ya kalau denger lagu ini? We are fighting-…. loh kok jadi keterusan?

11. Ikimono Gakari – Blue Bird

Judulnya sih Blue Bird, tapi isi lagunya ga ada hubungannya dengan burung berwarna biru atau merek taksi ya.

Kalau lagu yang ini agak campur aduk rasanya. Bagaimana tidak? Soalnya video opening lagu ini berisi tentang Naruto yang akhirnya bisa ketemu Sasuke. Eh, bukannya mau diajak balik tapi malah jadi berantem.

Bisa dibilang salah satu arc pertempuran legendaris antara Naruto dengan Sasuke sih ini.

10. Anly – Karano Kokoro

Kalau dengerin yang ini sih, bawaannya mixed feeling ya? Lagunya sih enerjik, tapi bawaannya kok kalem ya?

Ya jelas saja, ini merupakan lagu opening terakhir dari serial Naruto Shippuden, alias lagu penutup dari seluruh serial Naruto. Cerita dalam serial Naruto semuanya sudah lewat dari masa klimaks.

Lagu ini merupakan pertanda dimulainya masa tenang dari serial ini.

9. KANA-BOON – Baton Road

Nah, kali ini balik lagi ke lagu dari Boruto. Dan tentu saja OP pertama dari serialnya dibawakan oleh band kesayangan dari serial prekuelnya, yaitu KANA-BOON.

Judul dari lagu ini juga sudah mencerminkan makna yang cukup implisit ya? Menandakan bahwa serial Naruto sudah “memberikan tongkat estafet” kepada penerusnya.

Sekedar trivia, bahwa tongkat baton merupakan benda yang digunakan untuk pelari estafet (pelari bergantian) yang menandakan bahwa kamu meneruskan perjuanganmu ke pelari berikutnya.

8. Scenarioart – Sayonara Moon Town

Lagu ini wajib kami masukkan ke jajaran ini. Titik. Oh iya, lagu ini dari serial Boruto untuk kalian yang belum tahu.

Alasan pertama : Lagu ini merupakan lagu ending Boruto pada arc Sarada. Dimana dia mulai meragukan dan menanyakan identitas dirinya kepada ibunya, Sakura. Apa benar aku anakmu?

Alasan kedua : Drummernya cantik, ikutan nyanyi pula.

7. Long Shot Party – Distance

Bisa dibilang ini adalah opening paling rusuh dalam serial Naruto Shippuden.

Mau tahu kenapa? Soalnya dalam video openingnya berisi Naruto dan Sasuke yang saling menodongkan senjata. Sasuke dengan pedangnya, sedangkan Naruto menggunakan kunai.

Selain itu, coba deh tonton sendiri video di atas, gak kurang rusuh apa tuh cewek SMA lagi dengerin musik bisa nendang-nendang orang random di jalan?

6. 7!! – Lovers

Kalau boleh jujur, ini salah satu band kesayangan saya. Hehehe Oops! jangan out of topic ah.

Seperti judulnya, lagu enerjik yang satu ini mencerminkan betapa besarnya “Love” dari Naruto & Sakura terhadap anggota timnya yang pergi mengkhianati desa.

Lagu ini merupakan opening dalam arc pengejaran Sasuke sebagai buronan dari seluruh desa ninja. Sedangkan Naruto & Sakura berusaha sekuat tenaga agar Sasuke tidak sampai dibunuh oleh para Kage dari desa-desa yang memburu Sasuke.

5. Akeboshi – Wind

Kamu butuh Ending paling kalem dari seluruh serial Naruto? Nih jawaban kami.

Kurang nostalgic apa coba kami menaruh “Wind” dalam jajaran ini? Disaat lagu opening Naruto mulai enerjik dan bahkan rusuh. Ini merupakan lagu yang tepat untuk mengimbangi OP rusuh tersebut.

Oh iya, sekedar trivia. Lagu ini merupakan satu-satunya ending dimana seluruh liriknya 100% menggunakan bahasa Inggris.

4. Asian Kungfu Generation – Haruka Kanata

Bicara soal “rusuh” diatas, ini nih yang kami maksud.

Bagaimana tidak? Yang membawakan lagunya AKG loh, salah satu band spesialis pengisi soundtrack serial Shounen.  Dan ini merupakan lagu nomor dua dalam serial Naruto secara keseluruhan. Jadi bisa dibilang salah satu lagu-lagu awal lah.

Kalau dengerin lagu ini bawaannya pengen gaya-gayaan megang kunai sambil pakai bandana ya?

3. FLOW – Sign

Lagu ini awalannya agak sedih, dari liriknya saja sudah jelas : “I realize the screaming pain… Hearing loud in my brain…”. Namun sesudah itu langsung digiring jadi enerjik dengan bawaan drum yang apik.

Meski enerjik, namun semua itu tidak bisa menutupi kelam dan sedihnya isi lagu ini. Terlebih lagi, ini merupakan lagu dalam arc yang menjadi “Sign” alias pertanda dari kematian Jiraiya.

2. Joe Inoue – CLOSER

Kamu pikir cuma lagu di atas yang menjadi OP enerjik tapi sedih? Nih, kita persembahkan CLOSER dari Joe Inoue.

Kalau lagu sebelumnya menjadi pertanda kematian Jiraiya, sementara lagu ini terjadi setelah kematian dari Asuma. Mentor dari tim 10.

Dalam video opening lagu ini terlihat bahwa Shikamaru berniat untuk membalas anggota Akatsuki yang bertanggungjawab dalam kematian Asuma.

1. KANA-BOON – Silhouette

Seperti yang kami tulis di caption sharing : “Lagu-lagu yang bisa membuatmu berlari dengan tangan dibelakang”

Kami menjamin bahwa lagu ini bakal membuatmu benar-benar melakukan itu. Dijamin.

Kalau soal soundtrack Naruto, memang ga ada yang bisa ngalahin KANA-BOON sih. Terbukti bahwa mereka langsung dipilih lagi sebagai pengisi Opening paling pertama dari Boruto.

 

Yang mana lagu favorit kamu? Adakah lagu favoritmu yang kami tidak tulis disini?

Jangan lupa tulis pendapatmu di kolom komentar ya!