Kritikus Kimi Rito Komentari Manga Pokemon Kontroversial dari 20 Tahun Lalu

May 21, 2021 2:08 pm
Kritikus Kimi Rito Komentari Manga Pokemon Kontroversial dari 20 Tahun Lalu

Pada tahun 1997, terdapat manga Pokemon karya Toshihiro Ono, yang singkatnya “cukup kontroversial” untuk beberapa wilayah. Manga memiliki judul, Pocket Monsters: Dengeki Pikachu di Jepang, memiliki judul bahasa Inggris Pokemon: The Electric Tale of Pikachu di barat, dan Kisah Pikachu Yang Menggetarkan saat terbit secara terbatas di Indonesia.

Lebih dari 20 tahun kemudian, kritikus media Jepang Kimi Rito (penulis The History of Hentai Manga) dengan bercanda menyoroti penyesuaian untuk ememnuhi rating dalam serangkaian tweet populer. “Ketika orang asing mengetahui penyesuaian ini, lucu sekali bagaimana mereka berkomentar seperti, ‘Mereka menutupi mata kita!’ Tapi komentar paling lucu adalah, ‘Saat kamu berevolusi, payudara kamu membesar!’ Hanya di Pokemon … (tertawa) ”

Dia juga berkomentar: “Di Amerika, manga anak-anak tidak boleh memiliki payudara besar, tetapi media dewasa tidak boleh memiliki dada yang rata… Jadi ukuran yang benar yang mana?”

Draft awal yang secara tidak mengejutkan ditolak

Toshiro Ono sendiri memiliki portofolio yang cukup besar di genre dewasa dan ini jelas terlihat di desain para karakter di atas. Penyesuaian untuk wilayah barat juga sebenarnya dibuat oleh dirinya sendiri untuk memenuhi standar penerbitan. Pada era tersebut juga ada kekhawatiran bahwa Pokemon itu adalah seri satanis sehingga penerbit sangat perlu berhati-hati. Manga sendiri memiliki penjualan tinggi di Amerika selama 5 tahun terakhir pada awal 2000.

Manga ini terbit dari April 1997 hingga Desember 1999 dalam empat volume yang diterbitkan oleh Shogakukan. Ceritanya mengadaptasi beberapa arc anime Pokémon.

Sumber: ANN