Sutradara Anime Jelaskan Faktor yang Menentukan Kehadiran Puting Pria pada Anime

May 21, 2021 2:37 pm
Sutradara Anime Jelaskan Faktor yang Menentukan Kehadiran Puting Pria pada Anime

Sutradara Tetsuo Hirakawa (Grimoire of Zero, YU-NO) menulis pada Twitter Sabtu lalu bahwa sebagai sutradara anime, akan ada waktu di mana sang sutradara bertanya “Ini puting pria perlu digambar atau tidak?”.

Komentar ini memicu diskusi di antara berbagai anggota industri anime di Twitter mengenai pemikiran dan pengalaman mereka sendiri dengan dilema puting pria. Sebagai contoh, Hirakawa mengangkat Hokuto no Ken, yang tidak menampilkan puting pria. Kenshiro memiliki tujuh bekas luka di dadanya, jadi agat tidak sengaja tergambar dengan sembilan bekas luka, perlu “secara proaktif mengubahnya menjadi seri tanpa puting”.

Osamu Yamasaki (Hakuōki, Toward the Terra) mencatat bahwa dia juga harus membuat keputusan berdasarkan pengalamannya sendiri.

Animator SNIPES teringat saat dia harus menggambar puting untuk anime Gad Guard tahun 2003. “Bahkan tidak ada cahaya misterius atau uap penghalang,” katanya.

Sementara itu Masami Obari (Super Robot Wars OG: The Inspector, Detonator Orgun, Gravion) dengan lantang mengatakan: “Sebagai sutradara, saya mandat bahwa puting pria wajib ada.”

Mizushima Tsutomu selaku sutradara anime Yondemasu yo Azazel-san, diberitahu bahwa dia tidak bisa menunjukkan puting wanita di anime, jadi dia berusaha keras untuk membuat puting pada pria benar-benar menonjol.

Di dunia manga, Haruko Kumota (Showa Genroku Rakugo Shinju) pernah bercanda bahwa salah satu perbedaan antara genre boys-love (BL) dan manga biasa adalah bahwa di BL puting pria digambar, sementara di manga mainstream tidak.

Sumber: ANN