[JOI Spotlight] Brave & Bold Edition

May 23, 2021 8:03 pm
[JOI Spotlight] Brave & Bold Edition

Selamat datang di JOI Spotlight yang tepat hadir di Kiss Day/キスの日 ini. Berhubung saya kesulitan nyari gambar SFW dan ngerasa ngegunain KISS yang band itu garing, Spongebob Reference it is. Seperti biasa mari kita simak impresi para staf untuk seri yang hadir pada minggu ini.

Sentouin 07

Kaptain

Ga bisa eksplisit bilang Konosuba walopun kreatornya sama, why tho. Pantesan aja saya ga inget sama nih demon, ngeliat dia dipermak dari demon standar sumber materi biar lebih menjual. Minggu depan kita mulai misi diplomatik. Bakal asik kalau insiden yang itu bisa diadaptasi dengan baik.

Kaczmarek

Ini gap moe-nya Snow sama Grimm entah ngapa bikin saya “Hnnnnggg” tapi di suatu momen mereka juga bisa bikin saya bingung sendiri. Visual baru juga akhirnya diperlihatkan di situs resminya, dan seperti yang ditulis Kaptain, kita bakal memulai misi diplomatik yang eeeeee.

Megalo Box Nomad 07

Kaptain

Phew, akhirnya ada episode yang nggak terlalu nyakitin. Gearless Joe is back on business dan bakal seneng saya kalau Gym dia bakal terus pulih seiring jalannya musim ini. Paling nggak dua anak asuh dia udah cukup nyaman dengan keberadaan dia. Bakal kecewa saya kalau para tim tinju kali ini nyembunyiin sesuatu atau bikin konspirasi sendiri. Berhubung ini udah cukup tragis ngeliat kedua tim punya motivasi yang simpatetik banget buat menang.

Odd Taxi 07

Kaptain

Ya ampun ini Yano untung aja hadir di paruh akhir musim, ngeliat kalau dia hadir di awal nih orang bakal ngerebut screentime. Dari yang saya liat seiyuu dia emang rapper beneran. Anyway udah fix kalau grup idol ini emang proyek Yakuza buat nyari korban kayak Kakihana.

Rahasia utama Mystery Kiss diungkap. Yuki yang sekarang itu “pengganti” dan ini alasan utama dari topeng dan kenapa para idol dipisah, karena jelas mereka bakal ngenalin si pengganti. Sekarang yang jadi masalah itu apakah gadis di rumah Odokawa itu Yuki yang asli atau orang yang bertanggung jawab sama mayat di pelabuhan.

Zombieland Saga Revenge 07

Kaptain

Ada manga soal latar belakang Tae yang ngungkap kalau dia itu Zombie modern (90-an) dan somehow, seorang OL yang ngeburu Demon. Saya harap ini hadir di anime-nya. Lupa juga saya bilang kemarin kalau kuburan dia sebelahan sama Sakura.

Dari episode ini saya ada dugaan paling nggak penduduk reguler Saga bakal tahu kalau Franchouchou itu Zombie, ngejadiin mereka rahasia umum kota. Maimai di sini nekanin aja kalau grup cuma bisa nampung Zombie melihat ini adalah yang nggak punya tujuan lain selain jadi idol ngeliat kondisi mereka. Itu dan ga mungkin ada budget buat ngejadiin Kanahana anggota permanen.

Anyway, untuk akhir episode ini ada info menarik di catatan si Jurnalis. Saki nggak mati seketika, pesawat Junko terbelah dan setengah korban nggak ditemuin, dan kecelakaan Sakura terjadi karena ada cahaya misterius yang nyilauin pengemudi. Entah apakah ada payoff buat ini tapi yang paling penting itu Yuugiri akhirnya bakal dapet episode khusus yang formatnya dua bagian.

CTian

Wew, kualitas Zombieland Saga Revenge dari episode pertama sampai sekarang nggak nurun lho. Malah makin “ahhhh”, bikin ngakak di awal, terus meneteskan air mata di akhir. Apalagi episode ini!

Di awal episode mereka pakai intro episode 1 Zombieland Saga dong. Gakta Kotaro masih pakai kacamata walau lagi mandi kocak sih. Ini intronya kuat banget asli, apalagi waktu Kotaro bawa (yang dikira) mayatnya ke rapat mereka dan masih pakai handuk mandi, tolong itu gimana caranya bisa lolos sampai sana? LOL~

Entah kenapa saya melihat alasan Maimai mau gabung Franchouchou ini sebagai pengalihan dia dari realita. Dia merasa Saga punya potensi, tapi nggak dimanfaatin dengan baik. Dia merasa masuk ke Franchouchou sebagai jalan pintas atau malah juga pengalihan dia dari realita, biar dia bisa berkilau seperti Franchouchou, biar bisa mewujudkan apa yang dia rasa menjadi pontesi Saga.

Tapi setelah dengar Franchouchou sebenarnya apa, Maimai sadar mustinya bukan itu yang harus dia lakukan. Dia sadar Franchouchou bukan sekumpulan gadis-gadis yang bersinar dan pengen ketenaran. Dia sadar Franchouchou adalah gadis-gadis yang tidak mudah menyerah dan kecewa begitu aja, tidak kayak dia yang kecewa dengan Saga.

Aaaaah!!! Waktu Maimai mulai nyanyi Hikari e tahu-tahu netes gitu aja air mata saya. Selain liriknya yang bagus banget, alasan dia buat lulus dari Franchouchou itu ngena banget. “Life at your it finest”, hiduplah yang terbaik, saat ini juga, dia tekankan juga dengan bawa era Reiwa di situ. Damn! Nangis bro! Maimai sadar dia harus hidup yang terbaik, kalau jatuh dia harus bangkit lagi mau sekeras apapun itu.

Dia nggak punya faktor X yang dipunyai setiap member Franchouchou, hidup dengan terbaik, makanya dia merasa nggak layak ada di Franchouchou. Dia sadar Franchouchou ini sudah hidup di era mereka masing-masing dengan terbaik. Bahkan walau Franchouchou sudah mati sekalipun secara harfiah, tapi mereka mau bangkit dan nggak sekadar jadi mayat yang hidup. Membuat Maimai yakin semua akan berakhir kalau kamu menyerah, bukankah kematian.

This is peak of Zombieland Saga Revenge, sejauh ini ya. Saya juga senang Maimai diperanin sama Hanazawa Kana, vibe positif sekaligus cerobohnya dapat banget. Seneng juga jadi kayak Kiyo di Juru Masak Para Maiko yang lagi tayang di setiap bulannya.

Sebelum finale yang kayaknya jedar-jedar banget nih karena si jurnalis udah yakin banget sama teorinya, kita bakal dibawakan kisah Insiden Saga. Kisah di balik misteri kematian Yugiri, perempuan yang hidup di era itu sepertinya akan terungkap di sini. Tidak sabar, apalagi udah dikonfirmasi bakal dapat 2 episode!

Kyuukyoku Shinka 07

Kaczmarek

Akhirnya kita bisa melangkah ke lebih tinggi dari enam episode pertama. Hiro mulai berniatan untuk melanjutkan game ini dengan motivasi yang lebih dari sebelumnya. Namun sistem di dalam game yang shitty ini masih menjadi momok baginya. Namun dibalik sistem yang tak berpihak ke dirinya, ada loophole yang bisa ia manfaatkan demi mendapatkan hasil yang lebih baik. Mengapa Hiro bisa berlari lebih cepat? Well, karena dulu dia seorang pelari di dunia nyata. Namun mengapa ia bisa menggunakan kemampuan ini di dalam game? Mungkin di episode berikutnya bakal diungkap lebih jelas. Agaknya saya justru penasaran dengan rute tersulit yang Hiro pilih untuk bergabung dengan Tesla.

Back Arrow 20

Kaptain

Kondisi cukup buruk sampe orang kayak Bit jadi karakter penting, ga peduli situ sekarang punya Battleship class mecha, saya nggak akan pernah respek sama situ. Masalah Arrow yang ga bisa berhenti ngelakuin Genosida bisa diberesin berkat Zetsu dan ini tinggal Rudolf aja yang perlu dihancurin di Lingalind. Semoga aja ini cepet dilakuin karena saya udah males denger dia pidato soal dewa.

Saya harap seri ini nggak nyelesaiin konflik akhir dengan Dewa dunia dalam satu episode, ngeliat posisinya sebagai antagonis utama itu di poin ini masih terlalu abstrak. Ga akan kaget sih kalau dia itu ternyata komputer ata usejenisnya.

SSSS.Dynazenon 08

Kaptain

Dua hal yang penting banget terjadi. Pertama, rahasia utama Koyomi itu duit yang asalnya entah darimana dan mungkin aja akhirnya dia ambil buat ngebiayain pola hidup Hikki dia. Kedua, Yomogi hampir bisa pake Instance Domination dan bakal lucu banget kalau ternyata dia reinkarnasi si putri. Padahal ini hubungan dia sama Yume udah jalan dan bakal asik banget kalau Gauma nyerobot masuk (lagi).

Chise mulai sadar gimana Kaiju dibuat dan proyek pribadi dia mulai jalan. Masih nggak tahu insiden apa yang bakal ngebuat di membelot. Yang jelas dari liburan grup antagonis kita jelas si Shimizu ngerasa ini grup terlalu nyaman dengan era baru ini, dan dia agaknya bakal ngebuka rekrutmen anggota tim.

Thunderbolt Fantasy S3 08

Kaptain

Seperti biasa si Jendral jadi karakter paling menderita dan kalau nggak ada si Lin dan Belalang dia bakal udah anjlok gegara stres. Ini juga aliansinya gagal total dengan cara yang nyenengin banget. Udah gitu Kong begitu tahu kalau Keigai ngumpetin Aoi Yuuki dia bakal kumat lagi. Ini masalah waktu aja ngeliat “ngebebasin wujud asli Aoi Yuuki” itu endgame musim ini.

Emang udah risiko nonton seri Urobuchi itu bakal dapet eksposisi yang banyak, ngeliat mayoritas episode akhir-akhir ini isinya “X ngerencanain sesuatu terus Y bilang rencana itu ke Z”. Cuma ya berhubung ini dilakuin sama Lin saya rasa ini biar adil buat para penonton yang bisa tahu sama skema dia.

Shadows House 07

Best frame so far

Kaczmarek

Sunshine, best way to describe Emilyko. Karakter yang saya kira bakal tetap menjadi antagonis ternyata bisa lebih docile di pengembangan ceritanya. Saya jujur saja gak mengharapkan ada sisi romance dari ceritanya, namun material ini kayaknya bakal tumbuh lebih jauh terutama pada Lou dan Ricky. Sementara saya gak mengharapkan John dan Kate bisa lebih jauh soal hal tersebut karena terasa main-main saja dari sisi maskulinnya. Sejak memasuki episode sebelumnya, karakter seperti Dorothy, Joseph, dan dua lainnya yang saya lupa namanya muncul secara tiba-tiba sambil mengawasi pergerakan para boneka. Jangan tanya siapa seiyuu-nya Dorothy, sumpah kalian bisa nebak sendiri.

Higehiro 07

Kaczmarek

Mari kita melompat-lompat. Dengan alur yang digunakan pada anime-nya, maka kita sudah dapat melihat kakaknya Sayu yaitu Issa mendatangi toko kelontong di tempat ia bekerja. Momen ini berbeda penempatannya di versi novelnya. Konfrontasi Mishima kepada Gotou disini juga akan di toned-down. Waah langsung kepikiran di sisa episode ini bakal di-rush agar bisa mencapai titik akhir novelnya. Pasca penayangan episode ini, Shimesaba membuat pernyataan bahwa karakter Kanda hanya muncul pada foto tersebut. Dengan ini, speedrun is on, namun saya sebenarnya pengen ngeliat percakapan Yoshida dengan Kondou di kamar saat flashback itu.

86 07

Kaczmarek

Skenario orisinal anime-nya boleh juga. Ya sedikit fanservice begini memang dibutuhkan dan yang penting enggak overwhelming konten utamanya. Mengenai strategi yang cukup blantant dari San Magnolia, kita bisa menyebut mereka ini memang biadab. Namun jika menggunakan perspektif dari prosesor, mereka merasa menjadi korban dari sistem dan banyak yang memutuskan untuk tidak membalas dendam karena sebagian besar dari mereka masih memiliki ikatan dengan para Alba. Adularia, dan Celena. Mungkin saja mereka ingin sekali memperbaiki sistem yang menekan ini, namun kekuatan dari mereka tidak cukup untuk itu. Hanya tinggal menunggu waktu saja dari pihak Legion untuk menerobos masuk San Magnolia hingga menyadari keamanan dan ketenteraman yang mereka miliki hanyalah angan-angan.

Ah, bagi mereka yang belum tahu tulisan apa yang diukir di punggung Anju, tulisan itu merupakan buah dari siksaan para 86 terhadapnya. Perlu diketahui juga bahwa Anju memiliki etnis campuran Aduaria dan Celena. Salah dua etnis yang dibenci para 86. Pelecehan yang didapatkan Anju selalu terkait etnisnya tersebut, sehingga itulah mengapa terdapat ukiran tersebut di punggungnya. Ia juga memanjangkan rambut demi menutupi luka ukiran itu.

Isekai Maou to Shoukan Shoujo no Dorei Majutsu Ω 07

Kaczmarek

Diablo mudik, tapi cuman rehat bentar di kota. Berasa seperti filler tapi memang sih untuk persiapan ke perjalanan berikutnya. Ramnites hampir mengambil kartu V Diablo, namun untungnya our maou menolak ajakannya. Sylvie tersayang juga akhirnya nongol kembali dan udah cukup kangen dengan suaranya. Diablo kembali disadarkan bahwa anggota harem-nya belum bisa menahan diri sejauh ini. Setelah Klem dan Edelgard, sekarang Rose juga sama-sama gak bisa nahan diri. Ya untungnya mereka pada nurut dengan Diablo.

Genshin Impact

Kaptain

Yea, saya ga ada use case buat Physical DPS kayak Eula. Lebih tepatnya posisi dia udah keburu ditutup di party saya sama Razor. Untuk Story dia sendiri punya penyakit yang sama kayak event meteor dulu. Inget sama buku cetak yang bisa selamat dari perubahan geologis 2.500 tahun lalu? Sekarang ada keluarga bangsawan yang bisa tahan 1.000 tahun walaupun dibenci semua orang dan masih aja ngomong soal “kejayaan jaman dulu”, yang masuk akal kalau kejadiannya itu 1-3 generasi lalu dan bukan, you know; satu millennium.

Anyway, ini juga Story ngelakuin tanggung jawab minimum game gacha. “Ini karakternya, ini gimmicknya, tolong abisin duit buat roll”.

Arknights (EN)

Kaczmarek

Ngiseng 10 rolls di banner Mostima, dan dapet Hellagur. Minggu ini berasa dead week karena isinya cuman farming, farming, dan farming. Naikin level juga sih, karena yang E2 belum mentok levelnya. Mastery beberapa operator, dan tak lupa dengan membaca archive file-file yang sebelumnya saya belum baca.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Semoga udah bisa masuk flow aktivitas rutin lagi setelah libur besar. Jangan lupa kalau kalian juga bisa hadir di Discord kita.

Header: VERTIGRIS_ART