[JOI Spotlight] Vampire Mistress Edition

May 30, 2021 7:31 pm
[JOI Spotlight] Vampire Mistress Edition

Selamat datang di JOI Spotlight penutup bulan Mei ini. Seperti biasa mari kita simak impresi para staf untuk seri yang hadir pada minggu ini.

Sentouin 08

Kaptain

Festival mulai! Akhirnya ada juga momen di mana tim gagal total ngelakuin misi. Sekarang tim harus nyari cara dapetin air yang nggak ngelibatin si putri neriakin soal alat kelamin. Udah dibilangin kalau alasan utama perang ini tuh wilayah subur yang habis karena Sand King, dan tim kita bakal masuk ke wilayah nih makhluk.

Megalo Box Nomad 08

Kaptain

Yep, ketahuan sumber dramanya. Gear Mac ngerusak otak dia dan surprise, surprise si Techbro punya agenda sendiri. Bukan dasar cerita yang jelek tapi ini relevansinya ke Joe apa? Arc Migran dan Sparring sama Liu ngasih Joe penutup buat penyesalan lamanya dan saya gak banyak liat potensi Joe yang ikut campur sama konflik korporat. Ngeliat dia itu lebih butuh duit dan sponsor dan karakter yang gak keberatan kerja sama mafia ini saya liat ga punya masalah dibayar sama korporat buat ngebangun lagi Gym-nya.

Odd Taxi 08

Kaptain

Eksperimen dimulai soal kondisi yang kayaknya synesthesia, cuma kemampuan Odokawa ini udah sampe level “straight up magic” ngeliat dia punya data soal arti binatang yang mewakili jiwa lawan bicaranya. Untung aja Odokawa juga udah dapet bukti perampokan, koneksi dalam polisi, dan ngejamin keamanan beberapa karakter yang riskan. Ini Kakihana sama si kudanil juga udah lost cause dan props buat seiyuu Kakihana dan Yano yang somehow bisa ngebuat si monyet nyari mati ini simpatetik.

Di aspek Idol juga saya agak kasian sama si manager. Proyek Idol yang dibeking Yakuza ini punya prospek jadi usaha yang legit dan ini cara dia dan para talenta bisa keluar dari bisnis kotor. Tapi ya ngeliat target perampokannya itu 1 milyar ya keputusan bisnis jelas udah diambil.

Zombieland Saga Revenge 08

Kaptain

Udah keliatan banget gimana Yuugiri bakal mati. Gerakan politik macem gini sering ngebuat figur utamanya antara kena kecelakaan atau bunuh diri dengan menikam diri dari belakang berkali-kali. Entah juga ini para idol yang numpang lewat emang leluhur atau kameo aja biar ga gabut. Memang sih di credits juga tulisannya “penduduk mirip x”, yang ga berlaku ke Romero dan tentunya Yugiri.

Kemungkinan besar Kiichi itu si bartender di era modern. Ngeliat dia juga diperanin Mamoru Miyano agaknya dia satu keluarga dengan Kotaro modern.

Higehiro 08

Kaczmarek

Mishima adalah perwakilan dari sebagian besar para kouhai yang gagal mendapatkan perhatian senpai mereka. Saya gabisa melihat Yoshida sebagai dense MC, melainkan sebagai reasonable MC karena ia dapat mengutamakan hal yang ia anggap bisa diprioritaskan terlebih dahulu daripada keinginan hatinya. Beruntungnya, Gotou sudah mengerti keadaan Yoshida terkait Sayu dan juga perasaannya. Sehingga prospek kedepannya bisa agak lebih terang walau roda kehidupan masih berjalan.

Beberapa waktu lalu, saya mendapati hal-hal yang kurang mengenakan dari serial ini. Dengan penerbitan volume terakhir novelnya yang tinggal menghitung hari dan muncul beberapa hasil kebocoran, banyak penggemar jadi-jadian yang membuat teori-teori dangkal demi mencari atensi daripada menunggu volume terakhirnya terbit. Ini hanya sebagian kecil dari masalah dari berbagai hal yang muncul sejak anime-nya tayang. Paling ironisnya disini ada beberapa pihak yang tak bisa memberi batas antara fiksi dan kenyataan. Semoga saja Shimesaba-sensei tetap sehat secara rohani dan jasmani setelah berakhirnya seri ini.

Isekai Maou to Shoukan Shoujo no Dorei Majutsu Ω 08

Kaczmarek

Kembali saya ingatkan untuk menonton serial ini dengan menggunakan earphone dan ditempat yang aman. Kejutan-kejutan seperti lengkingan suara Rose disini memang cukup berbahaya. Ditambah lagi dengan proses charging yang unorthodox. Yep, Rose bukanlah homunculus, melainkan android. Sehingga segala sentuhan yang diberikan Diablo disini menghasilkan energi untuknya. Adegan ini juga hanya satu dari sekian adegan yang bakal hadir di anime-nya. Itu juga kalau ada niatan untuk melanjutkan ke musim ketiga.

Balik lagi ke Lumachina, eksistensinya sebagai Head Priest tentunya bakal terguling setelah Vishos menjalankan niat buruknya. Yang membuat saya kesal justru bukan Vishos, melainkan si Gewalt. Intervensinya seharusnya sudah nihil jika Diablo sudah membunuhnya di awal episode. Namun tentunya ada “ajaran” yang menahan keinginan tersebut, apalagi Lumachina juga masih idealis.

Kalau saya dapet tiket untuk nyentil telinga salah satu seiyuu di serial ini, saya bakal nyentil Aoi Koga atau Yumi Hara. Entah kenapa saya merasa kedua seiyuu ini benar-benar tampil on fire dalam memerankan masing-masing Rose dan Alicia. Tak lupa juga mengapresiasi seiyuu karakter dari Horn, Fumiko Uchimura. Meskipun progres karirnya cukup lambat, nampaknya Uchimura saat ini mendapatkan ciri khas suaranya. Tak terbatas hanya pada karakter perempuan, ia juga kian mantab menyuarakan karakter laki-laki terutama yang masih muda.

Kyuukyoku Shinka 08

Kaczmarek

Hal buruk yang “realistis” bagi Hiro. Untuk ukuran pelajar yang hanya punya pengalaman atletik berlari, menjadi prajurit adalah pilihan terburuk. Namun disinilah saya ingin melihat apakah author akan membuatnya terlihat baik dengan menjadikannya prajurit yang kuat dan cerdas secara tiba-tiba, atau menjaga nilai kerealistisan cerita dengan membuat Hiro makin menderita. Reona still nonexistent, even Mizarisa and Alicia. Satu-satunya yang bisa memotivasi Hiro disini hanyalah Kaede, yang juga adik kandungnya sendiri. Masih ada perempuan di foto di atas sih yang saya gatau bakal begimana nantinya.

SSSS.Dynazenon 09

Kaptain

You got me, show. Proyek Kaiju Chise ngehasilin Kaiju jinak yang kompatibel sama kombinasi tim walaupun sayangnya aja alasan dia keluar sekolah masih belum eksplisit dijelasin ngeliat tato dia itu antara cuma tato biasa yang ngebuat dirinya ga diterima publik atau sesuatu yang lebih supernatural.

Kakak Yume masih bisa diperdebatkan alasan kematiannya, cuma seperti yang barusan terjadi sama Yume, bullying itu salah satu faktor utama kenapa dia ada di lokasi yang riskan buat ngalamin kecelakaan. Paling nggak sekarang kondisinya mental Yume udah cukup membaik buat dandan pas kencan.

Ini komentar soal jumlah Kaiju yang terbatas itu antara karena bahan pembuatannya tinggal dikit atau setelah Kaiju hadir lewat emosi tertentu Kaiju sejenis ga akan muncul lagi. Nggak tahu juga ini grup antagonis mesti gimana lagi ngeliat tim Dynazenon udah overpowered banget dan juga masih punya Yomogi yang bisa pake instance domination secara terbatas.

86 08

Kaczmarek

Tarik urat sedari awal, namun tentunya yang paling berkesan adalah konfrontasi Anette dan Lena. Akhirnya kartu Anette dibuka lebih jelas, yang juga menjelaskan situasi dari dirinya terhadap petunjuk yang muncul di tiga episode awal. Melihat kekesalan yang terungkap dari ekspresi Anette, apa yang dialami Lena hanyalah pengulangan dari masa lalunya dan tentunya bakal berujung dengan hasil nihil. Hal yang tentunya menyesakan hati dan kepala keduanya. Anette tak sepenuhnya membenci Lena, ia hanya butuh ruang dan langkah terbaru untuk menyendiri.

Dengan Spearhead Squadron yang dipastikan bakal menghadapi Dinosauria, kemungkinan besar komunikasi Lena dan Shin berakhir disini untuk sementara. Namun tenang saja, ini adalah puncak dimana Lena bakal melakukan apa saja untuk melindungi squadronnya. Hal yang cukup gila dengan melawan kebijakan negaranya sendiri, namun heroik dari sisi 86.

Farewell, judul yang cocok untuk episode berikutnya. Cocok karena terdapat kemungkinan bahwa Shin akan berinteraksi dengan Rei untuk terakhir kalinya. Satu hal yang saya pengen liat sebelum cour pertama ini berakhir adalah kehadiran Frederica Rosenfort dan tentunya suaranya. Entah siapa yang cocok jadi seiyuu-nya nanti.

Shadows House 08

Kaczmarek

Cukup kaget mengetahui Rum/Lam ternyata bukan nama yang diberikan Shirley. Minimnya interaksi Ram dengan Shirley disini juga bikin saya penasaran lebih dengan latar belakang sang majikan. Sudah berminggu-minggu bersama Ram, tapi tak pernah mengobrol. Tentunya ini janggal. Info lain yang mungkin berguna disini adalah tipe soot yang dikeluarkan masing-masing majikan. Karakter yang kian menarik sejalan dengan cerita adalah Lou, yang tampak bengis dan cerdik dari yang diperkirakan.

Back Arrow 21

Kaptain

Rudolph & Zetsu selaku dua pilar utama Lingalind mati, cuma ya ngeliat gimmick si badut nampaknya dia bakal nongol lagi. Semua orang tahu Shu masih idup cuma ya jujur aja saya yakin ga ada yang duga dia baliknya dengan ukuran mecha. Most likely sentient conviction sekarang udah jadi faktor.

Thunderbolt Fantasy S3 09

Took them a while tapi stok badan boneka yang ginian akhirnya nongol

Kaptain

Ga yakin Lin, karakter yang ngabisin satu season ngelawan Aoi Yuuki dan ngelaporin keberadaannya ke tim Shang itu kejebak kayak gini. Udah gitu udah ada preseden kalau orang yang punya fetish ga beres itu cukup kebal sama pedang ini. Masih soal jebakan ini monster dari lorong waktu jelas si Azi, yang untuk bagian Shang saya dikasih tahu kalau petapa yang dia temuin itu karakter seri lain Pili. Sementara Lang yang ada di cerita Urobuchi ini jelas bakal gagal total ngubah timeline.

Saya ada firasat Mantis ini antara eksekutif yang ternyata pangkatnya lebih tinggi atau mau membelot juga ngeliat strategi “Biarin Xi You jadi abu” itu jelas ga diinginin si Jendral. Ga nyangka aja nih midboss ujung-ujungnya ya jadi pengasuh yang efektif. Tetep aja sih strateginya itu mesti ngebuat dia ngelawan Shang dan jelas ini Keigai yang mulai ngeaktifin fugsionalitas penuh Void Junction bakal jadi prioritas dia.

Arknights (EN)

Kaczmarek

Bisa menembus risk 18 setelah dibantu oleh rekan dari NKC. Jujur, keputusan untuk tidak menaikkan Specter adalah kesalahan besar bagi saya. Beruntung jangkauan untuk menguatkan sang crazy nun ini tidak terlalu jauh, jadi tanpa Mudrock pun bisa menahan sisi kiri lebih mudah.

Final Fantasy XIV

Kaptain

Kaptain

There you go. Credits resmi Shadowbringer yang walaupun duty terakhirnya itu saya akui kepanjangan itu capstone yang bagus untuk nunjukin kalau Eorzea udah nggak perlu khawatir sama Primal lagi. Ini juga Raha mesti ngomong langsung ke pemain kalo ada faksi Sharlayan yang pengen banget mereka dateng ngeliat banyak yang ga nangkep soal insiden diplomatik di Gridania.

Masih soal Ending saya (dan playerbase in general) ngerasa ngelewatin sesuatu soal ending Raid Nier ini, ngeliat ceritanya juga terjadi karena pilihan mayoritas server buat “ngehancurin” self-esteem salah satu karakter sentralnya. Udah gitu masih ada konten datamine yang ga tahu gimana aksesnya.

Welcome to Zadnor Gentlemen. Bisa dimasukin pas masuk rank 10 resistance dan saya sangat saranin untuk masuk ke sana ngeliat drop mettle-nya nyamper ratusan ribuan. Saya sendiri masih stuck di 18 gegara ada kerjaan lain yang bikin saya ga bisa main game gede dulu. Paling nggak saya udah cukup mainin beberapa Engagement dan langsung yakin tuh Lala di atas bakal populer.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Jadi apa sentimen kalian untuk berbagai seri musim semi ini? Jangan lupa kalau kalian juga bisa hadir di Discord kita.

Header: Satou Yokocho