Duplikasi & Jual Pin Bungou Stray Dogs Tanpa Izin, Pria di Hyogo Ditangkap

June 4, 2021 12:06 pm
Duplikasi & Jual Pin Bungou Stray Dogs Tanpa Izin, Pria di Hyogo Ditangkap

Kepolisian Prefektur Hyogo pada hari Kami (03/06) resmi mengamankan seorang pria yang diduga menduplikasi dan menjual pin dari franchise “Bungou Stray Dogs“. Pria ini terancam dengan pasal pelanggaran hak cipta terhadap pemilik dari franchise manga karya Kafka Asagiri dan Sango Harukawa ini.

Menurut keterangan kepolisian, pelaku bernama Koji Omae merupakan kepala produksi dari merchandise asli dari franchise ini. Namun ia diduga menduplikasikan hasil produksinya diluar jam operasi pabriknya. Hasil duplikasi ilegal ini kemudian dijual secara daring.

Dari catatan penjualan yang diamankan, terdapat sekitar 50 perempuan di umur 30 hingga 40 tahunan yang menjadi pembeli produk duplikasi tersebut. Total keuntungan yang didapatkan oleh Koji mencapai 4,4 juta yen (571 juta rupiah).

Sejumlah pin duplikasi yang disita © NHK

Koji mengakui dengan mengatakan, “Tanpa keraguan benda tersebut dijual untuk uang saku.”

Pihak produksi merchandise kemudian memberikan keterangan bahwa Koji memang benar adalah kepala produksi merchandise ini sejak Oktober 2017 hingga Maret 2020. Merchandise berjenis pin dengan gambar anime karakter “Bungou Stray Dogs” diduplikasi tanpa izin sebanyak 1.880 buah. Harga yang dipatok untuk pin ini berkisar di antara 100 hingga 108 yen per buah melalui retail daring Mercari.

Pin yang dijual ini merupakan barang edisi terbatas yang hanya tersedia di beberapa acara tertentu saja. Seorang penggemar awalnya mencurigai penjualan pin ilegal tersebut, dan kemudian melaporkannya ke pihak developer aplikasi Mercari.

Tentang Bungo Stray Dogs

Visual musim ketiga anime © Kafka Asagiri/Sango Harukawa 35/KADOKAWA/2019 Bungo Stray Dogs Production Committee

Cerita aksi “Bungou Stray Dogs” menggambarkan para tokoh literatur yang memiliki kekuatan super. Sebagai contoh, dalam dunia asli, Ryuunosuke Akutagawa menulis cerita yang dipuji oleh oleh film Rashoumon buatan Akira Kurosawa dan seri anime Aoi Bungaku di cerita Jigoku Hen. Dalam Bungou Stray DogsAkutagawa memiliki kekuatan untuk memanipulasi jubahnya menjadi semacam monster. Bersama-sama, para tokoh literatur tersebut memecahkan banyak misteri sebagai “Armed Detective Agency.”

Manga ini diluncurkan Kafka Asairi dan Sango Harukawa di majalah Young Ace pada 4 Desember 2012. Serialisasinya masih berjalan hingga kini di majalah tersebut. Kadokawa Shoten mulai menerbitkan volume pertamanya pada 2 April 2013. Per 4 Desember 2020, penerbitannya sudah mencapai volume ke-20.

Manga ini juga diterbitkan dalam format novel oleh Kadokawa melalui label Kadokawa Beans Bunko. Volume pertamanya terbit pada 1 April 2014. Per 27 Februari 2021 penerbitannya sudah mencapai volume ketujuh.

Adaptasi anime musim pertamanya tayang pada musim semi tahun 2016. Musim keduanya kemudian tayang pada musim gugur di tahun yang sama. Sebuah OVA kemudian dirilis pada 4 Agustus 2017. Musim ketiga anime-nya tayang pada musim semi tahun 2019.

Sumber: Sankei Shimbun, NHK