Staf Love Live! Superstar!! Meminta Maaf pada Kafe Harajuku Akibat Masalah Perijinan

June 4, 2021 2:59 pm
Staf Love Live! Superstar!! Meminta Maaf pada Kafe Harajuku Akibat Masalah Perijinan

Staf anime “Love Live! superstar!!” dan kafe lokal di daerah Harajuku telah merilis pernyataan terpisah kemarin tentang depiksi kafe dalam materi promosi seri. Pernyataan itu mengatakan bahwa Sunrise dan pemilik kafe telah mengambil keputusan untuk menghapus kafe dari anime, yang akan menjadi rumah salah satu anggota grup; dan tidak menampilkannya di materi promosi lagi.

Pada pernyataan dari kafe, staf menjelaskan bahwa sekitar setahun yang lalu, studio anime Sunrise telah menghubungi kafe untuk menggunakan kafe sebagai model untuk serial anime. “Panggilan telepon sepanjang 5 menit” berakhir dengan kafe yang menyetujui tawaran, dan berharap untuk bertemu dengan staf dari Sunrise keesokan harinya untuk mengambil foto eksternal kafe. Ketika tidak ada staf yang muncul, staf kafe berpikir bahwa Sunrise telah memutuskan untuk tidak menggunakan kafe untuk proyek anime mereka.

Staf anime mengakui kecerobohan ini, mengatakan bahwa mereka “ingin meminta maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi pada [kafe] karena kelalaian kami.”

Kemudian awal tahun ini, dalam materi promosi Superstar, kafe tersebut digunakan sebagai rumah dari salah satu karakter baru. Hal ini menyebabkan kafe dibanjiri fans yang datang mengambil foto, bersikap kasar kepada staf (yang terkejut karena dibanjiri fans), dan mendapat ulasan negatif secara online setelah staf mengeluhkan banjir fans yang datang tidak sesuai protokol ini.

Pernyataan dari staf anime membahas hal ini, dengan mengatakan “telah dikonfirmasi bahwa beberapa orang telah memposting komentar fitnah tentang [kafe], serta foto dan informasi pribadi anggota staf yang diposting di media sosial, situs internet, dan situs ranking online.” Staf melanjutkan, meminta penggemar untuk “tolong menahan diri dari tindakan seperti itu, karena mereka secara tidak adil merusak reputasi toko, melukai perasaan anggota staf, dan dapat dikenakan hukuman pidana.”

Setelah insiden terjadi, kafe mencatat bahwa masih ada orang yang datang ke kafe dan sebagian besar dari mereka ramah dan baik. Walaupun pemilik kesal dengan keadaan tersebut, karena tidak siap dan kewalahan dengan pengunjung.

Baik kafe maupun staf mencatat bahwa memasuki properti pribadi, memfoto tempat umum dan orang tanpa izin adalah pelanggaran hukum. Kafe dengan senang hati memberikan izin ketika diminta, meskipun orang-orang yang mengenakan cosplay yang memakan tempat mungkin diminta untuk pergi.

Setelah diskusi antara staf kafe dan staf Love Live!, diputuskan bahwa kafe tersebut akan dihapus dari episode mendatang, serta tidak ditampilkan lagi dalam materi promosi untuk serial ini, atau proyek lainnya.

Love Live! Superstar!! akan tayangkan anime-nya pada 11 Juli nanti.

Sumber: ANN