[Celebrity Sunday] Nao Touyama

June 6, 2021 4:07 pm
[Celebrity Sunday] Nao Touyama

Yahalloo~ Di beberapa minggu terakhir, sebelum JOI nantinya akan ditutup, tidak lengkap rasanya  jika Celebrity Sunday tidak mengudara sekali lagi. Minggu ini rubrik Celebrity Sunday akan diisi oleh seorang seiyuu cantik yang pada tahun lalu merayakan 10 tahun debutnya dalam dunia per-seiyuuan di Jepang, dia adalah Nao Touyama

Nao Touyama atau yang akrab kita panggil dengan panggilan Naobou/Naobu merupakan seiyuu kelahiran Tokyo, 11 Maret 1992. Naobu memulai langkah menjadi seiyuu-nya pada tahun 2010 silam, dimana ia mengisi sebuah OVA yang berjudul Hiyokoi sebagai karakter pendukung bernama Misa. Bakat Naobu semakin terendus oleh industri seiyuu dimana beberapa bulan setelahnya ia mendapatkan debut serial tv anime-nya. Tidak hanya satu judul, melainkan dua serial yang tayang bersamaan pada musim yang sama menyambut debut Naobu yang cemerlang ini. Dua serial tersebut ialah Star Driver, dimana Naobu berperan sebagai Sugatame Tiger dan serial The World Only God Knows sebagai Nakagawa Kanon.

Dibalik debut gemilangnya itu, Naobu ternyata memiliki kisah masa lalu yang menarik. Ia tertarik menjadi seorang seiyuu saat usia belia ketika ia menonton serial Fullmetal Alchemist, yang mana sang karakter utama Elric Edward diperankan oleh Romi Park. Hal itu membuat hati Naobu tergerak dan terkejut, sekaligus tercetus sebuah keinginan pada dirinya untuk menjadi seorang seiyuu.

Nao Touyama

Situasi tersebut semakin didukung ketika Naobou mendapatkan kesulitan akademis di sekolah menengahnya. Merasa dirinya tidak cocok dalam hal akademis dan sebagainya, Naobu mulai memfokuskan dirinya  ke dalam dunia seiyuu pada masa SMA nya. Syukurnya hal itu direstui oleh mertua saya kedua orang tua Naobu. Lucunya, setelah mempelajari dunia pengisi suara, Naobu malah mendapatkan motivasi untuk semakin belajar dengan giat dalam urusan akademisnya. Hingga akhirnya, Naobu menyelesaikan pendidikannya di Waseda University, dimana sebelumnya Saori Hayami dan Yuuki Aoi juga menyelesaikannya di universitas yang sama.

Nao Touyama

Setelah menjalani debut pada 2010, setahun setelahnya ia pertama kali mendapatkan peran sebagai karakter utama pada serial Ikoku Meiro no Croisée sebagai Yune. Ditahun yang sama juga ia mendapatkan peran pertamanya pada sebuah video game, dimana ia mengisi suara Mizuki Kawashima dalam The Idolm@ster: Cinderella Girls. Tahun 2013 menjadi tren positif seiyuu yang gemar menari ini. Ia dipercaya untuk mengisi peran utama dalam serial Kin-Iro Mosaic sebagai Karen Kujou, dimana saya pikir ini adalah salah satu peran terbaik Naobou

Nao Touyama

Pada peran itu, Naobu memerankan Karen dengan luar biasa. Selain itu Karen yang merupakan karakter campuran inggris-jepang membuatnya bisa berbahasa Inggris. Selaku seiyuu nya tentu Naobu dipilih bukan tanpa alasan. Sejak kecil ia sudah bisa berbahasa Inggris karena ayahnya. Yang membuat semakin menarik adalah aksennya, dimana Naobou terbiasa menggunakan aksen Amerika, sementara Karen sendiri berasal dari Inggris dimana mau tidak mau Naobou harus menggunakan aksen Inggrisnya. Salah satu momen terbaik bisa kalian lihat dalam video ini

Tidak berhenti sampai disitu, pada tahun 2013 dia juga dipercaya untuk mengisi karakter dari game Kantai Collection. Hingga saat ini, terdapat 11 Karakter yang telah diisi oleh Naobou. Bagaimana caranya ia mengisi karakter sebanyak itu dalam sebuah game? Hanya Naobou yang tau caranya. Saya juga yakin pemain kancolle sudah sangat hafal dengan suara doi.

Nao Touyama

Seiring berjalannya waktu karirnya semakin menanjak dan memerankan beberapa peran terkenal lainnya seperti Yui Yuigahama (Oregairu), Lyria (Granblue Fantasy), Chitoge Kirisaki (Nisekoi) atau yang kalem seperti Shima Rin (Yuru Camp). Ah iya ada rumor yang cukup sering saya baca kalau karakter yang disuarakan Naobu bakal kalah dalam urusan percintaan. Oh itu cuman rumor kok, beberapa aja dan bisa dihitung jari.

Suka-duka menjadi seiyuu juga pernah diungkapkan oleh Naobu pada suatu wawancara. Ia berkata dulu ketika ia pergi ke sekolah seiyuu, Naobu selalu kehilangan nafsu makan. Dia juga kerap menghadapi stress akibat pekerjaannya ini. Tapi ada satu hal yang membuat dirinya puas menjadi seorang seiyuu, dimana dulunya dia hanya sekedar menjadi penonton/penikmat anime, sekarang ia adalah orang penting dibalik produksi dari sebuah anime. Itu merupakan sesuatu yang luar biasa bagi Naobu dan sulit untuk mempercayainya.

Kurang lengkap rasanya menjadi seorang seiyuu tanpa memiliki karir sebagai seorang penyanyi juga. Begitupula Naobu, dimana pada tahun 2017 ia memulai karir solonya dan meluncurkan single pertamanya yang berjudul True Destiny / Chain the world. Jauh sebelumnya, Naobu sebenarnya sudah menunjukkan bakat menyanyinya setelah pada awal-awal debutnya ia memerankan dua karakter idol yang ada pada Nakagawa Kanon dan Kawashima Mizuki.

Nao Touyama

Hingga kemudian pada 2014, ia bergabung dengan sebuah grup musik bernama Rhodanthe* yang terdiri dari semua karakter utama dalam anime Kin-iro Mosaic. Oh iya, berdosa rasanya jika tidak menyebutkan keanggotaan dia dalam grup idol Walküre pada 2016 silam. Di Walküre Naobu terlibat cukup banyak proyek lagu, entah itu terbagi dalam duo, unit, ataupun grup Walküre itu sendiri. Tentu bagi saya salah satu perform Naobu pada salah satu konsernya bersama Walküre masih terbenak hingga sekarang.

Nao Touyama

Sampai artikel ini ditulis, ia telah merilis 4 buah single, 2 buah album, dan baru saja pada tanggal 2 Juni kemarin merilis sebuah music video berjudul [off] yang menjadi bagian dari mini albumnya. Bahkan doi juga telah menggelar konser pertama bertajuk Nao Touyama 1st LIVE [Rainbow]” di panggung bergengsi, Nippon Budoukan pada 3 Februari 2018 silam. Saya beruntung dapat menggaet beberapa merch dari konser tersebut walaupun dengan harga yang tentunya melambung dari harga awal.

Kira kira apa lagi yang belum dibahas? Ah, Hobi! Naobu memiliki hobi yang sederhana sebagai seorang wanita. Ia gemar sekali menghias jari kukunya. Kegiatan itu juga sebagai dalam rangka perawatan kuku dan menghabiskan waktu senggangnya. Selain menghias kuku, ia juga suka membaca buku dan bisa mengunci dirinya dalam perpustakaan dalam waktu yang lama. Tak lupa ia juga akan mengunjungi kakek-neneknya ketika ada waktu senggang.

Kalo nggak diturutin

Perjalanan karir seiyuu Naobu hingga saat ini terbilang berjalan dengan cukup lancar, meski terdapat beberapa hadangan kecil yang mengganggu seperti kasus di twitternya. Dimana seorang penggemar Naobu yang terlalu fanatik, kerap kali menuliskan tweet bernada pelecehan, bahkan dia juga seorang stalker yang akhirnya diblok oleh Naobou dan staffnya. Selain itu, penghargaan juga diterima oleh Naobou dengan yang terbaru ia berhasil menyabet 2 Piala dalam gelaran ke-13 Seiyuu Awards. Ia memenangkan kategori pemeran sampingan terbaik sebagai Shima Rin dan dalam kategori Game Award.

Nao Touyamaidk,blue dress fit perfectly

Sepertinya kurang lebih seperti itulah gambaran seorang Naobu. Akhir kata semoga karir Naobu masih akan sukses entah itu seiyuu maupun sebagai penyanyi. Adakah karakter favorit kalian yang disuarakan oleh Naobu? Saya sendiri sih udah jatuh hati pada pendengaran pertama ketika ia mengisi Chitoge dan Chiho. Masih berharap Nisekoi dapat dilanjut demi melihat dia memenangkan pertarungan melawan Hanazawa Kana.

Terima kasih telah membaca sampai akhir. Sebelum kalian menutup tab, saya kepikiran sesuatu ketika melihat umurnya yang sudah hampir berkepala 3 tahun depan, saya pikir dalam rentan 2-3 tahun kedepan akan ada pengumuman menyakitkan dari Naobu. Tapi apapun itu, sebagai penggemar mari tetap dukung dia yaa..

P.S: Naobou long hair> Naobou short hair, fight me!