[JOI Spotlight] Cutting Edge Edition

June 6, 2021 8:01 pm
[JOI Spotlight] Cutting Edge Edition

Selamat datang di JOI Spotlight yang saya konfirmasi aja bakal tetap jalan selama Juni ini. Seperti biasa mari kita simak impresi para staf untuk seri yang hadir pada minggu ini.

Sentouin 09

Kaptain

Ini kalau episode depan itu anime original berarti season ini bakal tamat di Volume 2. Sayang aja sih tim kita jadi nggak sempat dapat staf maid.

Kaczmarek

Cukup lambat untuk adaptasi ini. Apa emang komite produksinya berniatan untuk melanjutkan adaptasi anime dari novel ini lebih jauh lagi? Akhir-akhir ini saya juga earworm dengan lagu penutup anime ini. Entah kenapa enak disetel sambil kerja atau sekedar nyapu, nyuci, dan ngelakuin pekerjaan rumah lain.

Megalo Box Nomad 09

Kaptain

Jadi itu caranya masuk konflik korporat. Mac punya motivasi pribadi di mana dia perlu ngelawan Joe dan untuk Gym Nowhere sendiri sekarang udah jelas tujuannya untuk ngebuat rumah lagi untuk anak-anak Joe. Taifun yang digemborim sejak awal musim udah bisa dilewatin jadi sekarang Gym tinggal mulihin reputasi aja.

Ada firasat saya kemenangan bukan dari Joe tapi dari Sachio. Melihat arc dia itu yang paling menarik buat dipenuhi.

Odd Taxi 09

Kaptain

Dengan sedikit penyesuaian episode ini tuh bisa aja masuk sidestory seri Yakuza. Kabasawa ini nge-speedrun karir dickhead youtuber dan beruntung banget Dobu itu Yakuza profesional. Dapet sumber penghasilan baru itu lebih penting daripada ngejadiin nih kudanil “contoh”.

Penembak Dobu jelas bukan si kucing gacha, jadi sisa pelaku antara Daimon senior atau junior. Emang bersyukur saya ini masalah Kabasawa & Kakihana udah kelar tapi ini malah latar belakang Odokawa tambah kompleks ngeliat ada yang ngesponsorin dia seumur hidup. Kemungkinan besar sih dia dapet duit tutup mulut dari Yakuza buat insiden yang ngebunuh orang tuanya.

Zombieland Saga 09

Kaptain

Kaget saya ini seri cukup sabar buat nggak ngelakuin title drop. Saga itu prefektur yang sempat mati namun dihidupkan kembali, menjadikannya Zombieland secara harfiah. Jofuku modern udah fix orang yang sama dengan yang dulu, nampaknya sudah cukup senang dengan cucunya yang bisa menghidupkan Saga via gerakan politik. Saya apresiasi juga staf ga gabut nampilin MV Saga Jihen dan bikin koreografi baru khusus episode ini.

Secara keseluruhan 2 parter ini tuh ZSL at the strongest, seri Idol yang terbukti cukup fleksibel untuk bisa memperlihatkan period drama yang solid ini. Berapa banyak sih seri idol yang bisa bilang talentanya pernah ngebunuh orang?

SSSS.Dynazenon 10

Kaptain

Episode yang walaupun sifatnya introspektif tapi sibuk banget di aspek developmentnya. Masalah Kano itu seperti yang saya bilang di episode lalu itu ga penting nemuin orang yang mesti tanggung jawab. Yume yang paling perlu kedamaian dari tragedi ini yang pertemuan dengannya sudah bisa ngasih penutup of sort.

Akane sempat nongol dan agak sedih juga sih ngeliat momen paling bahagia Anti itu pas dia masih jadi “peliharaan” Akane, cuma ya dari cara dia kabur dari Kaiju dia ngeliat insiden kali ini sebagai liburan singkat.

Masa lalu Gauma juga sayang aja mesti liat Audio drama biar dapet info vital. Singkatnya Kru lama dia itu nggak diterima mayoritas negara dan Sizumu cukup cepat buat nangkep kalau mereka butuh Kaiju sebagai deterrent. Sesuatu yang bikin Gauma yang milih cinta akhirnya harus ngelawan mereka.

Sampe di poin ini saya bilang aja kalau Dynazenon itu ga serapih prekuelnya ngelliat lebih banyak karakter yang mesti diladenin. Di dunia ideal cerita kali ini bakal dapet 2 episode dan walaupun ini eksekusinya cukup mumpuni tetep aja penyelasian plot beberapa karakter diburu-buru.

Kyuukyoku Shinka 09

Kaczmarek

Frustasi dengan perkembangan dari Hiro, apalagi ini juga adaptasi yang cukup lambat dari sumber orisinal novelnya. Namun pem-bully-an yang ia derita akhirnya agak menghasilkan hal baik, walau kali ini Reona yang kembali menjadi biangnya. Solusi ditendangnya mereka juga tak memperkuat fisik dan kedudukan dari Hiro. Penasaran bagaimana Light Tuchihi (penulis seri ini) membawa Hiro ke langkah berikutnya. Apalagi bertarung melawan goblin juga tinggal menghitung jam.

Higehiro 09

Kaczmarek

Talking about the obvious, it’s fair to say that Sayu did choose a wrong way to avoid her problem. Dan ia menyadari itu seiring dengan ia mengerti kehidupan yang sebenarnya. Sayangnya ia terjun ke dunia yang sangat riskan, namun beruntung karena ia masih diberi kesempatan dengan bertemu Yoshida, Asami, Gotou, Mishima dan (i don’t believe it i’m gonna name him on this) Yaguchi.

Now she has to pick one to come back. Dan yeeyy, paling tidak masing-masing pihak udah settled. Namun saya masih menantikan momen perpisahan Sayu dengan orang-orang yang membantunya di Tokyo serta momen pertemuannya kembali dengan ibunya.

Seijo no Maryoku wa Bannou Desu 09

Kaczmarek

Ah Sei, antusiasme dari kau bisa backfire di suatu saat nanti. Hawke juga antara kesenengan dan khawatir karena statusnya bukan cuman potion maker di institut, tapi juga seorang Saint. Terlepas dari itu, bersyukur Aira bisa berkenalan dengan Sei dan Elizabeth. Kyle? Hanya sisi luarnya saja yang bikin kesal, aslinya sih gak jadi villain banget.

Isekai Maou to Shoukan Shoujo no Dorei Majutsu 𝛀 09

Kaczmarek

Kenapa Babaron sebagai dewi level-up make seragam sekolah? Adalah hal aneh saya nanyain ini, karena dunia yang Diablo tinggali ini udah cukup absurd. Saya kira Horn ngikut rombongan itu, namun ternyata dia dibelakang. Dengan cawan suci, ia bisa menaikkan levelnya menjadi lvl 80. Namun kemampuan terbarunya yang bikin dia meringis jijik dengan dirinya sendiri. Ini juga episode yang cukup absurd untuk dideskripsikan, jadi saya nikmatin aja sampai akhir episodenya.

Thunderbolt Fantasy 10

Kaptain

Jadi masalah fundamental dunia ini tuh crafter isekai yang ga nyangka karya dia punya efek yang kelewat ampuh. Bagus sih Shang sekarang punya persepsi baru soal senjata yang dia jaga. Sempet ngobrol sama temen soal kenapa Shang ga ninggal aja Index di masa lalu. Ini karena Index itu dibutuhin banget buat deterrent biar dunia Demon ga nyerang lagi dan ngeliat ini seri Wuxia, kemungkinan besar tuh Index malah tambah gemuk begitu nyampe ke masa depan lagi.

Ini juga si Demon baik banget meringatin Lang soal efek ngubah sejarah. Singkatnya sih ini juga biar penonton tahu aturan penjelajahan waktu dunia ini gimana dan di scene akhir juga Keigai langsung ngejelasin gimana Aoi Yuuki bisa dihidupin lagi tanpa mengubah timeline. Saya harap juga penonton ga dapet fetish baru dari presentasi dia.

Kalian yang udah lama baca Spotlight harusnya udah tahu opini saya soal karakter yang mati di cliffhanger. He’ll be fine.

Back Arrow 22

Kaptain

Presentasi dari Shu soal endgame seri ini. Program utama masih “Attack & Dethrone God” cuma sekarang udah ada kejelasan soal struktur dunianya dan gimana tim pergi ke area akhir. We’re going to space boys. Yang semoga aja budgetnya lebih mendingan dibanding episode ini.

Back Arrow itu seri yang sangat by the book, cuma bukunya itu seri dari awal 2000-an oleh staf yang pengalaman dengan materinya, heroic BSOD Arrow emang udah wajar buat genre ini begitu juga dengan terapi berantem di akhir. Cuma ya ini sudden harem-nya kesannya unearned banget, ngeliat keduanya itu malah punya lebih banyak tensi seksual sama Fine dibanding Arrow.

86 09

Kaczmarek

Akhirnya showdown antara Shin dan Shou dimulai. Walau tidak satu lawan satu, paling tidak hasil perjuangan Shin hingga kini dapat membuat hatinya lega. Tak lupa juga dengan andil Lena yang turning into a bad girl demi menyelamatkan Squadron Spearhead. Anette tak mau mengulang kesalahan lagi untuk ketiga kalinya, dan jurus ini dipakai Lena dengan licik hahahaha.

Namun, bagian akhir di episode ini melewati apa yang diprediksi oleh Lena. Ia lengah dengan situasi saat ini, squadronnya bisa saja pergi kemanapun juga. Jauh dari ancaman, dan menuju kebebasan. Welcome aboard, betrayer or i should’ve say survivor.

Shadows House 09

Kaczmarek

How shine can you? How smart are you? Emilyco benar-benar mengubah rival menjadi rekannya dalam hitungan jam. Ricky dan Ram jadi lebih mudah untuk dimengerti sekarang, namun tentunya tidak dengan Edward. Soal para petinggi yang mengamati kelima doll ini dari atas, saya pikir terdapat tradisi yang pengen mereka jaga. Tes ini juga cuma ajang hiburan bagi mereka untuk melihat para doll dan shadow mereka menderita. Namun, beruntungnya ini bisa backfire dengan ekspektasi Edward.

Kantai Collection

Kaczmarek

The end of season is near. Ini scene-nya udah nongol di PV yang dirilis di event Zuiun Festivalnya. Kayaknya juga bakal dirilis dalam waktu dekat. Mereka juga udah janji bakal tayang di tahun 2022, walau belum ngungkap bulannya kapan. Hype? Hype? Gak perlu sih, ntar juga pada nostalgia para pemainnya. Saya sedih gabisa cover musim kedua ini di JOI jika beneran tayang.

Arknights (EN)

Kaczmarek

Basically, dead week. Just CC daily, doing killing boss stuff, mastery, and sleep. Satu hal yang tak terlupakan cuma re-read story di chapter 7 sama 8 karena sempet nge-skip karena dikejar waktu dan jatah maen mepet. Anyway, good luck if you still couldn’t get 18 risk completion.

Final Fantasy XIV

Kaptain

Saat artikel ini di-post saya masih ngantri Dalriada, jadi kesan akhir buat Zadnor tolong nunggu minggu depan. Sejauh ini ga kaya Instance sebelumnya ini Bozja secara keseluruhan bakal tetep rame buat farming, ngeliat kalaupun lagi sepi juga buff Echo bakal bikin populasi rendah viable. Mainnya juga ga susah sih ngeliat ini udah banyak aja yang dapet level 10 buff.

Paling nggak sebelum sub abis bakal ngeusahain sisa job dah nyentuh 50 semua.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Jangan lupa kalau kalian juga bisa hadir di Discord kita.

Header: nyaring943