[Waifu Wednesday] Tsukiyo Kujo & Vulcanus

June 9, 2021 6:40 pm
[Waifu Wednesday] Tsukiyo Kujo & Vulcanus

Halo pembaca JOI yang setia, selamat datang dalam rubrik Waifu Wednesday yang membaca chain dari anime harem legendaris “The World God Only Knows” atau yang disingkat menjadi “Kaminomi“. Kalau kemarin kita membahas Tenri dan Diana, di minggu ini kita akan membahas dua kali lipat dari yang kemarin. Untuk artikel yang ini, saya akan membahas lebih khusus kepada Tsukiyo Kujo, gadis imut yang memiliki dewi di dalamnya. 

Tsukiyo tampil penuh dalam musim ketiga Kaminomi yang berfokus pada kisah para dewi dan rahasia sekolah Maijima. Sebelumnya pada dua musim pertama Kaminomi, Tsukiyo sempat tampil di PV sebagai target penaklukan, namun baru resmi beraksi pada musim ketiganya. Itupun penaklukan Tsukiyo hanya dijelaskan secara singkat.

Tidak banyak yang bisa digali dari karakter Tsukiyo, tetapi Tsukiyo tetaplah waifu material yang tidak kalah dari heroine Kaminomi lainnya.

+ Smol Like a Doll

Tsukiyo Kujo

Tsukiyo Kujo lahir pada 22 Juli dan memiliki golongan darah A. Tinggi badannya hanya sekitar 142 cm dengan berat badan yang hanya mencapai 35 kg. Begitu kecil untuk ukuran gadis yang kini telah berusia 17 tahun tersebut. 

Gadis yang memiliki rambut pirang panjang yang bergelombang ini memiliki nilai ukuran badan 69-51-70. Sangat sempurna untuk pencinta gadis mungil seperti kamu. Iya, kamu. Saya gak ngatain P-word kok. Toh, sudah bukan hal asing kalau ada otaku yang menyukai hal seperti ini. Untungnya sekarang, Tsukiyo sudah cukup legal, setidaknya untuk mengelak dari pertanyaan FBI.

Tsukiyo juga sangat menyukai boneka yang diberi namanya Luna. Saat penaklukan, Keima menemukan Tsukiyo berubah menjadi kecil dan semakin kecil seiring berjalannya waktu hingga lebih kecil ukurannya dari bonekanya sendiri. Wah, kalau ada waifu semini ini, enak banget pasti urusnya, I guess? *teehee*

+ Yuka Iguchi

Suara Tsukiyo Kujo yang imut tidak lepas pengaruhnya dari seiyuu beken ternama yakni, Iguchi Yuka. Yuka memang sudah terkenal dalam memerankan beberapa karakter seperti Reizei Mako (Girl Und Panzer), Araragi Tsukishi (Monogatari Series), Kurosaki Mea (To Love Ru), dan Index (Toaru Majutsu no Index).

Ia juga bisa memerankan banyak karakter sekaligus dalam satu anime seperti yang dipraktekkannya dalam memerankan karakter Kaga, Chikuma, Tone, Tenryuu, Tatsuta, yang semuanya adalah karakter dari Kancolle. Paling baru, Yukachii mendapat peran yang membuatnya menjadi karakter utama yakni sebagai Miyake Hinata (Sora Yori mo Tooi Basho) dan Myne (Honzuki)

Berdasarkan peran yang begitu beragam, maka cocoklah Yukachi dalam mengisi suara Tsukiyo sekaligus suara Vulcanus. Benar-benar suara yang waifuable. 

+ Astronomy Girl

Tsukiyo adalah ketua dari klub astronomi. Tidak diperlihatkan dalam animenya kalau ada anggota lain selain Tsukiyo, tetapi ia sering terlihat duduk bersama dengan teleskop mencoba menikmati waktu sendirinya. Tentu saja, Tsukiyo ditemani dengan boneka kesayangannya Luna dan karpet merah yang selalu menjadi alas bangkunya.

Nama Tsukiyo sendiri tidak jauh dari unsur astronomi yang berarti Tsuki (月) = Bulan, Yo (夜 [dari kata :’ya’]) = Malam. Nama yang indah, seindah karakternya benar-benar cantik. Buat kamu yang suka astronomi, mungkin Tsukiyo adalah heroine yang paling cocok menemanimu sebagai waifu.

+ Trust Her Partner

Tsukiyo Kujo

Nah ini nih yang paling penting sebagai waifu. Tsukiyo ketika setelah ditaklukan oleh Keima, tidak menjalin hubungannya lagi dengan pria yang maniak VN tersebut. Barulah ketika megami arc dimulai, Tsukiyo kembali menjadi target Keima. Saat itu beredar rumor kalau Kanon dan Keima sedang berpacaran.

Bayangkan kalau kamu berada dalam posisi Tsukiyo Kujo? Udah lama ditinggalin, katanya pengen lihat keindahan dunia bersama, eh.. malah baliknya pas udah ada rumor bersama cewek lain. Perempuan mana yang sudi menerima lelaki seperti itu? Tidak halnya dengan Tsukiyo, walau dengan perjuangan yang cukup gigih, Tsukiyo mau menerima dan mempercayai Keima. Inilah alasan mengapa Vulcanus menjadi yang pertama dalam mendapatkan sayapnya.

Bonus kecup Tsukiyo.

– Purity Supremacy

Tsukiyo Kujo

Masa lalu Tsukiyo bukanlah hal yang bagus. Ia datang dari keluarga yang bercerai sehingga sulit mempercayai adanya kesempurnaan dari manusia. Ia terus mencoba hidup menurut jalannya sendiri. Ini yang mungkin menjadi alasan mengapa Tsukiyo hanya berteman dengan sebuah boneka dan tidak terlihat ada anggota lain dari klub astronomi. Dipercayai, Tsukiyo datang dari keluarga yang kaya raya, namun ini hanya spekulasi saja, mengingat gaya hidupnya yang tidak seperti rakyat biasa.

Pertemuan awalnya dengan Keima berawal dari karpet merah kesukaannya terinjak oleh Keima, yang tentu saja sedang asyik bermain galge. Merasa tidak terima ditampar sampai terpental oleh Tsukiyo, Keima memprotesnya sambil memperlihatkan karakter favoritnya, yakni Yokkyun. Tsukiyo yang masih belum mengenal Keima dan dunianya langsung menyepelekan karakter tersebut.

Elsie yang mendeteksi adanya kaketama dalam diri Tsukiyo langsung ditolak permintaan penaklukannya oleh Keima. Pasalnya, Tsukiyo telah melecehkan karakter pujaannya. Hingga kasus hilangnya Tsukiyo tersebar yang ternyata tubuhnya ditemukan mengecil. 

Dari sinilah proses penaklukan dimulai. Sayangnya kisahnya panjangnya itu dipercepat di animenya. Singkatnya rute Tsukiyo berhasil diselesaikan dengan kecupan di bawah rembulan purnama, diiringi ucapan manis Keima, “Marilah kita melihat keindahan dunia bersama.”

Demikian cara menaklukan gadis yang sangat mendambakan kemurnian dari dunia. Buat kamu yang tukang gombal, jangan manfaatin waifu kayak Tsukiyo ya. Cintailah waifumu dengan tulus.

– Vulcan(us)

Tsukiyo Kujo

Hambatan terbesarmu untuk mendapatkan Tsukiyo adalah dewi yang bersarang di dalamnya. Vulcanus yang sering menggunakan wujud bonekanya, pernah mengganggu Keima dalam perpustakaan. Ia memiliki kekuatan untuk menggerakan obyek sesukanya, meski tubuhnya sendiri begitu lemah. Kalau ini dibuatkan film horror, sudah pasti ratingnya lumayan. Sayangnya karakter utama seperti Keima tidak gentar dengan gertakan seperti ini. 

Meski membuat lingkungan menjadi berantakan akibat ulahnya, Vulcanus ternyata cukup peka dalam membereskan kekacauan yang dibuatnya. Ulah Vulcanus sangat bisa dimengerti karena ia sangat ingin melindungi Tsukiyo.  

Buat kamu yang ngesimp sama Tsukiyo, jadilah seperti Vulcanus. Rela melindungi gadis yang mungil nan imut ini, cause she’s fragile.