[JOI Spotlight] Fairy Land Edition

June 13, 2021 7:25 pm
[JOI Spotlight] Fairy Land Edition

Selamat datang di JOI Spotlight pertengahan bulan Juni ini. Seperti biasa mari kita simak impresi para staf untuk seri yang hadir pada minggu ini.

Sentouin 10

Kaptain

Yang kayak gini biasanya buat OVA, tapi saya nggak terlalu komplain toh juga para eksekutif butuh lebih banyak screentime. Look, kita semua tahu ini tujuan episodenya apa.

Kaczmarek

Pengen meres.

Megalo Box Nomad 10

Kaptain

Misi bunuh diri Sachio untungnya udah selesai tapi sayangnya efek adiksi painkiller Joe kumat lagi. Ini mungkin banget Mac bakal ngebunuh Joe dan otaknya ngalamin burnout total biar eksperimen berhenti. Either way pesimis saya keduanya bakal pulang dari ring hidup-hidup.

Higehiro 10

Kaczmarek

That’s maybe the end of vol. 4 adaptation, unless they do more on the epilogue. Volume kelima bisa saja diadaptasi mulai episode berikutnya, namun juga di paruh kedua episode ke-11 atau di dua episode terakhir. Sayu hanya tinggal menyiapkan diri, dan menentukan pilihan jika hal terburuk terjadi. Tak sabar menantikan ibunya hadir, karena……….ibunya. Yoshida juga berjalan lebih jauh dengan ngikut ke Hokkaido.

Seijo no Maryoku wa Bannou Desu 10

Kaczmarek

Ah yeah, Love! Where did you can get it? Supermarket? For about what?

Nah, Sei. Jawaban itu sudah jelas sedari awal Hawke hadir dekat kau. Cukup submissive untuk ukuran perempuan mandiri sepertinya, namun ini juga menggambarkan betapa workaholic Sei di dunia nyata. Aspek romantisme dari serial ini masih sebatas perlakuan layaknya serial fantasi lain, tapi entah mengapa progresnya disini malah membuat Sei seperti Bakarina dari seri sebelah.

Odd Taxi 10

Kaptain

Ha, title drop dan ini Dobu semangat banget sampe bikin animasi presentasi kayak gitu. Goddamn ini juga Capoeira ternyata ampuh banget cuma penasaran saya gimana Shirakawa bisa cepet banget dateng, kecuali emang dia ngumpet di bagasi taxi dan ini malah bikin dia ekstra mencurigakan.

Saya masih inget orang yang nyimpen penyadap di Taxi itu “Yuki” yang masih idup dan saat saya liat lagi episode 5 Yuki nyerahin Smartphone ke penembak kedua yang ngeburu Dobu.

Fate Grand Carnival 01

Kaptain

Akhirnya ada anime yang cukup kekinian untuk bikin Covid buat salah satu gag ceritanya. Sesuai proyeksi, Orion jadi Cu entri ini dan ngeliat kita cuma bakal dapet satu episode lagi pesimis saya dia bakal dapat payoff kayak segmen Final Destination Phantasm dulu

Kaczmarek

Menantikan Tomoe dan Kiyohime di anime ini. Tomoe nongol sih pas kompetisi, dan Kiyohime di opening. Berharap keduanya dapet jatah ngomong.

Isekai Maou to Shoukan Shoujo no Dorei Majutsu Ω 10 (End)

Kaczmarek

Yes, it’s ending. Gak bisa bilang ini adaptasi yang nge-rush karena cuma membahas dua volume dalam 10 episode. Mungkin adaptasi dari novel yang paling sabar dan santai dari yang lain. Bahkan 86 kudu nambahin skenario orisinal untuk menuhin scene mereka. Perlu diketahui, musim kedua ini hanya mengadaptasi dua volume yakni volume kelima dan keenam. Saya juga menduga staf hanya mengadaptasi dua volume ini dikarenakan progres kemunculan karakter di volume tujuh yang cukup “membludak” dari sebelumnya. Masuk volume kelima saja udah menambah tiga sampai lima karakter baru, apalagi diadaptasi hingga volume kedelapan.

Best girl ROSE!

Kyuukyoku Shinka 10

Kaczmarek

Ah yes, such a waste if they didn’t include Alicia and Mizarisa in this mission. Meskipun dampak negatifnya sudah terasa bagi Hiro, namun paling tidak keduanya bisa diandalkan saat bertarung. Saya sebelumnya berpikir Alicia sudah menerima kehadiran Hiro kembali, namun entah mengapa sisi psikopatnya belum juga reda. Flashback dari Reona juga disini mengungkap bahwa ia hanya ingin balas dendam, hanya karena dikatain Kamui karena payudaranya gak normal (ya emang). Also, imouto! Do something meaningful! Don’t do shit that really aggravating us!

SSSS.Dynazenon 11

Kaptain

Shizumu resmi jadi Final Boss, yang saya penasaran setelah dia menang juga para grup Kaiju abis itu mau ngapain? Bikin Kaiju baru juga udah dibilangin nggak akan terjadi lagi. Ini Trio Kaiju yang masih waras juga jelas nggak ngerespon status mereka yang ga punya tujuan lagi dengan baik. Makanya Mujina nyatain kebencian dia ke Koyomi, Hikki 30 tahun yang akhirnya memberanikan diri untuk kembali ke masyarakat.

Mungkin ini balas dendam Gridman kemarin yang endingnya agak ambigu, ngeliat pasangan utama kita ngeresmiin hubungan dan semua protag udah mulai bisa jalan melanjutkan hidup mereka. Uniknya ini audio soal suara yang Gauma denger itu dari Gridman orisinal jadi fix ini mumi yang sama.

Zomble Land Saga Revenge 10

Kaptain

Episode yang nyakitin banget buat ditonton. Jadi rencana balas dendam Kotaro itu “actually have a plan”. Informasi paling penting dari episode ini tuh kematian para idol yang berhubungan sama kutukan Saga, begitu juga fakta kalau ada deadline yang ngeakibatin insiden era Meiji dulu terjadi lagi. Saya udah bilang pas episode Kanahana dulu kalaupun identitas para idol kebongkar juga Saga harusnya bisa nerima.

Thunderbolt Fantasy 10

Kaptain

Kong cuma dibilang kalau Aoi Yuuki bakal tambah kuat aja dan ga dapet detail kalau dia bakal berhenti jadi pedang, this will be fun. Tinggal Lang aja yang nggak mati/disegel/dihipnotis dan kondisi mentalnya setelah sadar kalau dia setengah incubus itu ga baik buat mentalnya. Ada yang bilang ini Mantis nggak alami banget gelagatnya (cara dia ngomong sama ketua sekte, perlu minta rune buat telepon balik, manipulasi itikad baik si jendral) dan saya tahu Lin itu bisa pake kamuflase ke dirinya dan orang lain. Tapi ngendaliin orang lain itu cuma sebatas pake ilusi dan bukan kontrol penuh kayak gini.

86 10

Kaczmarek

Episode kontemplasi yang berubah menjadi POV Fido. Peralihan dari fase tersebut bikin saya kebingungan sendiri karena fokusnya berubah ke kamera Fido. Flashback dari memori Fido juga bikin saya merinding jika saya rewatch episode ini. Dari semua pengawa Spearhead Squadron yang masih berdiri hingga sudah terbaring, ditampilkan dari sisi belakang layarnya. Kurena bisa selebar itu senyumnya, Daiya yang ngintipin si Anju, Lecca yang tampil bentar doang tapi memorable bagi saya, dan tak lupa dengan memori awal Shin dan Fido bertemu.

Shadows House 10

Kaczmarek

Here we go, plot mulai menarik terlebih kita dapet showcase terkait upper level dari sirkus ini. Edward cukup blunder karena gak mengobservasi Kate lebih jauh, karena di ruangannya dahulu ia sudah lama melatih kemampuan soot-nya. Cukup mengesalkan bahwa Rum tidak dapat lolos dari ujian ini, dan nasibnya bakal tragis pasca pencucian otak. Shirley yang minim kontribusi dan interaksi juga telah menghilang. Namun disinilah muncul info yang menarik.

Menghilangnya Shirley pasca kegagalan itu menimbulkan pertanyaan, mengapa para shadow terbuat dari morph yang sebenarnya mereka “bersihkan” menggunakan para boneka seperti Emilyco? Ternyata pertanyaan itu terjawab dengan mengungkap bahwa para doll ini sebenarnya anak manusia, dan shadow dibentuk dari soot yang sudah ada yang kemudian mempelajari kelakuan doll masing-masing untuk membentuk karakternya. Namun jika mereka sudah mencapai upper level, bagaimana nasib dari para doll ini? Dibuang? Atau didaur ulang seperti Rum? Dengan menyisakan beberapa episode lagi, saya gak yakin masalah ini bakal dipecahkan.

Back Arrow 23

Kaptain

Selalu kasihan saya ngeliat major boss turun jadi mid boss, ini Rudolf sekarang udah jadi speedbump yang udah cukup dilawan sama healer tim aja. Wujud buat boss terakhir udah ditunjukin dan suka saya sama konfilk antara protag dengan versi supercharge dari si protag.

Genshin Impact

Kaptain

Saatnya main Windwaker. Saya cuma ngegubris game kalau ada konten eksplorasi macem gini dan so far ini kepulauan emang cukup menarik dijelajahi, walaupun anehnya kapal lebih enak disetir di mobile daripada pake controller tapi ya ini buat trial kendaraan sih kemunginan besar. Nekat banget mihoyo netapin tempat seluas ini sebagai area non-permanen, saya ada firasat ini bakal balik lagi di patch yang akan datang ngeliat ini tempat yang bagus buat event pantai.

Fate/Grand Order

NA Server

Kaptain

Buster life woot woot. Kaget aja pas saya diberi tahu ini yang nulis Minase, kualitas naik banget sejak Agartha & Ooku. LB yang cukup solid baik dari segi cerita sama gimmick gameplaynya, cuma ya sebagai pemilik Kama saya tentunya ga kena difficulty spike LB ini.

Arknights (EN)

Kaczmarek

CC3 pun kelar. Selanjutnya nabung kembali buat Mountain. Tak lupa juga dengan mastery beberapa operator yang dianggap sangat dibutuhkan, dan juga yang sesuai libido pemain. Gak kayak deadweek sih, cuman maen AK sekarang gak terlalu memakan waktu kayak sebelumnya.

Kantai Collection

Kaczmarek

Beberapa scene di PV-nya akhirnya diungkap ke publik setelah sebelumnya diperlihatkan dalam format PV-nya langsung pada awal tahun 2019. Dengan perhitungan sendiri, mungkin anime ini bakal hadir di bulan Januari jika PV ini dipublikasi ke publik pada awal musim panas atau di akhir musim tersebut. Namun jika ternyata dipublikasi di musim gugur, rasa-rasanya terlalu mepet untuk tayang Januari, sehingga bisa didorong ke April 2022.

Saya bahagia Isokaze dan Hamakaze kena spotlight disini. Hamakaze kena buff di bagian asetnya, sementara Isokaze gak se-Saber dari yang saya kira.

Final Fantasy XIV

Kaptain

Kirain dari drop page intel kita udah dapet penutup soal perang Eastern Alliance, ternyata cerita masih lanjut lagi sampe Dalmasca bener-bener dibebasin. Di awal rada takut saya Mislja bakal di-redeem tapi untungnya ini cerita Matsuno ngasih pilihan soal gimana kita ngerespon soal monster kayak dia. Pada akhirnya ya masuk ke moral akhir Matsuno soal konflik generasional kayak gini: “The whole thing is a mess, man”.

Udah dapet Maiming set dari nih konten jadi secara efektif saya udah kelar sama target utama patch. Habis ini paling ya bakal istirahat lama.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Jangan lupa kalau kalian juga bisa hadir di Discord kita.

Header: Kloah13th