[Virtual Journal] Airani Iofifteen

June 15, 2021 7:28 pm
[Virtual Journal] Airani Iofifteen

Halo pembaca JOI yang setia, kembali lagi dengan rubrik Virtual Journal yang ternyata masih ada toh. Ya, setidaknya sebelum situs JOI tutup, saya harus menyelesaikan tugas yang ada di sini, hehehe…

Di edisi kali ini, kita akan flashback ke salah satu virtual youtuber yang sepertinya.. sudah pernah ditulis sebelumnya. Eh? Kok sudah ditulis malah ditulis lagi sih? Ya, suka-suka saya. Saya kan juga simp, hehehe..

Airani Iofifteen seringkali dipanggil akrab dengan sebutan Iofi atau Yopi adalah virtual youtuber yang debut pada 12 April 2020. Ia tergabung dalam generasi pertama hololive ID bersama dengan Ayunda Risu dan Moona Hoshinova

Iofi sudah pernah masuk dalam artikel JOI yakni Celebrity Sunday, jauh sebelum Virtual Journal ada. Waktu itu Iofi baru seminggu sejak dari debutnya. Jadi, sudah pasti akan ada banyak perbedaan dengan artikel sebelumnya. Buat kamu yang belum membaca artikelnya, silahkan membacanya terlebih dahulu, karena beberapa poin yang sudah pernah tercantum di artikel sebelumnya, tidak akan diulang lagi kecuali ada perkembangannya.

OBISA! Alien Ini Ternyata Multitalenta

Telah dijelaskan dalam artikel sebelumnya, kalau Iofi ini adalah alien yang datang dari planet yang bernama Iolyptus. Ia kabur karena akan dinikahkan oleh ayahnya yang adalah seorang raja, dengan pria yang tidak ia kenal. 

Menjadi pendatang di planet bumi, Iofi banyak sekali mempelajari bahasa manusia. Ada bahasa Indonesia yang tentunya ia kuasai karena ia berasal dari hololive ID, lalu selanjutnya ada bahasa Inggris, Jepang, Jerman, dan Korea. Ia juga senang menggambar dan memperagakan skillnya melalui siaran langsung.

Kecintaan Iofi terhadap peradaban manusia tidak hanya sampai disitu saja. Ia juga menggemari game buatan manusia khususnya game rhythm, game gacha, dan visual novel. Kemampuan yang fasih untuk berbahasa Jepang ia dapatkan melalui kebiasaannya bermain visual novel tanpa adanya bantuan penerjemah. Alien yang memiliki catchphrase ‘Obisa’ ini, juga mengaku sangat menggemari salah satu band dari Bang Dream yaitu Roselia, dan karakter favoritnya adalah Yukina Minato.

Maafkan aku Iofi, aku harus membongkar masa lalu kelammu.

Part Dimana Iofi Dibully

Menjadi alien yang super talented tidak membuat Iofi dipuja-puja begitu saja. Ia malah mendapat cibiran dan cemooh dari fans maupun rekan vtubernya. Eh? kok jahat banget, sih? Tenang saja, ini masih dalam taraf aman dan memang script terencana ketika seseorang membahas beberapa topik dibawah ini.

Yang pertama, Iofi sering dikatain cebol. Atau seseorang membanggakan tingginya terhadap Iofi. Iofi sering kali dilabelkan dengan tinggi 145 cm, walau sebenarnya dalam debutnya sudah tertulis tingginya adalah 150 cm. Jokes ini belum ada matinya dan telah digunakan sejak debutnya sampai sekarang. Ada juga recehan seperti Iofi cadel yang memang kenyataannya adalah demikian.

Satu lagi, iofi mendapat julukan yang tidak terduga datangnya, Erofi. Well, ini bukan datang tanpa sebab sih, kalian bisa melihat beberapa contoh di internet, salah satunya seperti video yang di bawah ini.

Wholesome Interspecies Relationship

Meski sering menjadi bahan bully-an, Iofi tetap dicintai oleh fans dan rekan vtubernya. Iofi memang sangat sering bergaul dan berinteraksi terhadap vtuber dan juga fansnya.

Beberapa hubungan dan kejadian yang dialami oleh vtuber lain, mungkin saja ada campur tangan tidak langsung dari Iofi. Contohnya Peko dan Moona, Iofi mencoba mendorong istrinya tersebut untuk memberanikan diri walau masih ada language barrier yang menghalangi. Meski akhirnya kedua pasangan tersebut berpisah, dimana Iofi menjadi pegawai Akukin dan Moona menjadi bawahan Pekora di Usaken. 

Iofi juga tidak segan untuk bergaul dengan Holostars dan mungkin ia menjadi salah satu faktor kemajuan Holostars belakangan ini. Ia memiliki beberapa grup collab seperti Kira Kira Collab yang berisikan Risu, Oga, Aruran, dan tentunya dirinya sendiri. Ia juga di luar dugaan bisa berkolaborasi dengan Tokino Sora yang dipanggilnya sebagai nee-san, dan memiliki acara tersendiri yaitu IoSoRadio.

Iofi juga tidak menutup relasi di luar hololive, seperti yang ia lakukan dengan Lyrica atau Pochi-goya. Mungkin saja, hadirnya Pochimama sebagai illustrator dari Reine juga merupakan campur tangan dari Iofi.

Berawal dari..

Soal hubungannya dengan fans? Wholesome sekali. Iofi pernah bersabda, kalau untuk mendapatkan hatinya, para Ioforia (nama fans dari Iofi) harus bertarung dalam battle royale. So here I am challenging all of you, termasuk bapak artis panda yang lagi ulang tahun saat artikel ini rilis, LET’S FIGHT!!

Ga, sebenarnya hubungan Ioforia itu wholesome beneran kok. Buktinya setiap kali ada yang join membership Kira Kira Club, langsung disambut dengan sebutan “Hai cwk”. Iofi juga merilis lagu original yang berjudul “Bersama Ioforia”.

Musiknya dikerjakan oleh Rikka dari Holostars

Buat kamu yang masih belum dibrainwash menjadi Ioforia, sekarang juga tekan tombol subscribe dan follow akun sosial media Iofi. Kalau perlu, join juga membershipnya. Siapa tahu kalian yang sering nyanyi Onnanoko ni Naritai bisa terkabul impiannya dengan bergabung dengan cult tersebut.

Demikian Virtual Journal kali ini. Perlu saya beritahukan di artikel ini, Iofi juga yang menjadi inspirasi saya untuk memulai dalam menulis rubrik Virtual Journal. Virtual Journal menyisakan satu artikel lagi untuk minggu depan. Sepertinya sudah jelas siapa yang akan ditulis.

Youtube: https://www.youtube.com/channel/UCAoy6rzhSf4ydcYjJw3WoVg

Twitter: https://twitter.com/airaniiofifteen

Facebook: https://www.facebook.com/airaniiofifteenholoID/