[JOI Spotlight] The Dad Edition

June 20, 2021 7:57 pm
[JOI Spotlight] The Dad Edition

Tepat di 20 Juni ini JOI Spotlight memutuskan untuk menggunakan Adam ngeliat dia menuhin kriteria untuk hari Ayah dan termasuk anime kekinian. Seperti biasa mari kita simak impresi para staf untuk seri yang hadir pada minggu ini.

Sentouin 11

Kaptain

Aneh aja ini ngancurin telor orang ga dapet poin. Sebagai antagonis Toku juga ini 6 bego banget ngijinin akses ke mecha yang cuma bisa diakses ras tertentu.

Kaczmarek

Ini seiyuu-nya Heine bener-bener all-out tiap Sentouin dkk nongol. Ya gak heran sih Asami Seto bisa sebagus ini haha. Snow kembali menjadi Snow kalau udah urusan duit, dan Rose juga kembali lapar, lapar, dan lapar. Grimm yo gur turu, la opo meneh?

Megalo Box Nomad 11

Kaptain

Masalah utama saya itu fakta kalau Joe udah menang dan dia ga butuh bertanding ngelawan Mac. Struktur akhir pertandingan paling nggak udah ketahuan ngeliat udah kesepakatan buat Sachio ngelempar anduk biar kasus Liu nggak terjadi lagi. Makanya ini bukan masalah Joe menang apa nggak, tapi apakah Joe bakal pulang hidup-hidup ngeliat Mac ini udah lost cause.

Saya ga terlalu keberatan si Gearless Joe pake Gear, toh juga pesan utama season ini tuh “Jangan malu bertahan hidup”.

Odd Taxi 11

Kaptain

Sumber perkara pembunuhan Yuki Mitsuya itu fakta kalau kasus pembunuhan dan penghilangan jenazah merupakan kasus berbeda. Agensi jelas bakal susah harus ngeles “kita cuma ngumpetin jenazah kok, ga sampe ngebunuh” dan ini alibi yang bagus buat si pembunuh yang saya prediksi itu disewa Yuki palsu ngeliat timing-nya nguntungin dia banget.

Kondisi Odokawa memang dibilangin akibat diseret bunuh diri orang tuanya, cuma ngeliat ada pihak yang ngasih donasi sebagai uang tutup mulut kayaknya ini yang ngebuat dia somehow dekat dengan faksi Yakuza tertentu.

Higehiro 11

Kaczmarek

Oh, enaknya. Cuti kerja punya tujuan, paling enggak nganter orang kemana gitu. But anyway, cukup sulit bagi Sayu untuk kembali ke lokasi itu. Namun tentunya metode ini memang lebih ampuh untuk mendewasakannya, walau perlu ngucurin air mata. Episode persiapan mental ini akhirnya diakhiri dengan baik, yup, tamparan keras dari ibunya. Hal terbaik dari ibunya Sayu hanya seiyuu-nya, Ryouka Yuzuki.

Zombieland Saga Revenge 11

Kaptain

Konser Maret di dunia nyata dibatalin karena pandemi, satu lagi aspek Revenge dari musim ini. Masalah si jurnalis juga udah kelar dan seperti yang udah saya bilang, ga masalah Saga tahu ini para idol itu Zombie.

Bakal dapet episode 27 menit minggu depan. Penasaran aja apakah kita bakal dapet latar belakang full dari Sakura dan Kotaro atau kita masih harus nunggu season 3.

SSSS.Dynazenon 12 [End]

Kaptain

Let’s review ngeliat nih seri hobi banget ninggalin informasi penting di media lain. Tim Kaiju Eugenicist dibunuh 5.000 tahun lalu setelah Kaiju dianggap terlalu berbahaya di era yang udah damai. Gauma yang mati di konflik ini ngeakibatin si putri bunuh diri setelah ngubur Dynazenon bersama dia, dan Takeshi Todo dari seri orisinal ngehidupin dia karena ngira dia bakal jadi monster yang punya dendam besar.

Si mumi berhasil ditenangin di episode 18 Gridman orisinal (audio bisa kalian denger di episode 10) dan tidur lagi, namun harus bangun lagi abis keempat mantan dia hadir di era modern yang juga ga butuh Kaiju setelah kuburan mereka dijarah di episode pertama. Sekarang tim jelas disetir Shizumu yang dah eksplisit ngomong di episode akhir kalau trauma masa lalu dia ngebuat dia terobsesi sama kebebasan, yang dia anggap sebagai bebas dari semua “Ikatan”.

Dynazenon milih nyeritain “kebebasan total itu nggak mungkin”, atau setidaknya kebebasan dari ikatan. Koyomi sebagai Hikki bebas dari masyarakat tapi hasilnya dia malah terpenjara di kamar, Yume punya penyesalan dengan kematian kakaknya, Yomogi ingin lari dari bapak barunya, Chise itu outcast semacam Hori (Horimiya) tanpa panutan yang bagus, Mujina nganggap dirinya ga punya pilihan selain ikut grup ini, Juuga punya obsesi nggak sehat ke Gauma, Onijya cuma punya dendam, Shijumu nolak segala ikatan dan jadi antagonis utama.

Bisa dilihat sendiri hasil gimana tiap karakter ngehadepin ikatan mereka dan nasib mereka. I mean seriously salah satu gimmick karakternya aja tuh mainan yang keiket. Tim Eugenicist yang ga punya ikatan dan menolak ngebuat ikatan hasilnya ya nggak punya apa-apa.

Saya harus bikin 4 paragraf di atas jelas nunjukin kalau Dynazenon ini emang nggak serapih Gridman yang disiplin banget dengan cerita “please take care of yourself” Akane. Si Chise juga kekurangan screentime sebagai orang yang juga bisa ngebuat Kaiju. Paling nggak kualitas interaksi karakter dan aksinya masih kejaga dan ini ngebuat Dynazenon tetap jadi salah satu output bagus dari Trigger.

Kalau ngikutin tren kemunculan Anti & 2nd ya minimal Dynadragon bakal balik di sekuelnya.

Back Arrow 24 [End]

Kaptain

Narator cerita sebagai final boss. Ini bukan pertama kalinya saya liat hal ini dilakuin tapi menarik aja setiap kali ini terjadi. Saya masih liat ini seri yang sangat by the book walaupun saya akui format “infinite battle royal buat jadi batere sistem kesehatan” itu masih belum usang. Toh juga daripada ngalahin Dewa tim kita mutusin untuk ngasih metode alternatif untuk nyelamatin dia.

Ini seri buatan Goro Taniguchi. Jadi saya mikir ini seri emang dibuat biar gampang diintegrasiin ke SRW atau portofolio dia yang udah banyak di seri itu jadi ini cuma efek samping yang menyenangkan. Emang ini standar saya buat nilai kualitas seri mecha sekarang, dan Back Arrow masuk ke segmen “Bakal asik dimainin di SRW” ngeliat ini dah bisa serasi sama seri post-apocalypse lainnya. Jadi ya, ini seri mecha yang saya akui udah melebihi ekpektasi saya setelah masuk season keduanya.

Kyuukyoku Shinka 11

Kaczmarek

Progres yang akhirnya bisa (paling) enggak menarik perhatian saya. Tesla yang awalnya menjadi NPC pendukung bagi Hiro, kini menjadi villain utama seri ini. Ya paling enggak ini menjelaskan persentase kesuksesan 0,00001% itu (jujur saya lupa desimalnya berapa). Reona pake cara yang tentunya ngeselin dari sebelumnya, namun paling enggak bisa menyembuhkan mulesnya Hiro. Sekarang berharap semoga Hiro gak mencret di akhir episode.

Seijo no Maryoku wa Bannou Desu 11

Kaczmarek

Kalau Sei sampai se-cringing itu, gimana penontonnya hahaha. Secara literal memang ini adalah material shoujo yang pastinya bakal ada, namun tentunya saya (dan mungkin pembaca lain) tak mau melihatnya secara dominan di seri ini.

Thunderbolt Fantasy 12 S3

Kaptain

Yah, beneran pake samaran, walaupun ini selangkah lebih kompleks dari dugaan awal saya dan untungnya ga sampe pake manipulasi pikiran, cuma target tipuannya aja ekstra bego. Bless you Kong yang disregard wench, simp terus sama si pedang. Iya dia emang ditinggal ratusan tahun lalu tapi ngebiarin dia sendirian itu ide terburuk di dunia ini. Saya ada firasat si Kaisar Xi You nggak muncul karena dia itu Kong yang idup ratusan tahun out of spite, ini juga alasan utama kenapa pimpinan nih negara ga ada yang waras.

Dasar filosofinya Shang di dunia Wuxia itu “Pastiin yang mimpin itu manusia, bukan barang keramatnya”. Si Jenderal udah kukuh ngejalanin misi bunuh diri ini dan paling nggak karakter yang ngumpulin death flag terbanyak ini bisa mati dengan pantas daripada jadi bulan-bulanan Lin.

86 11 [End]

Kaczmarek

Usai sudah paruh pertama adaptasi ini. Secara teknis berakhir, namun kita masih dimanjakan dengan episode spesial pada Sabtu malam minggu depan. Cliffhanger yang diberikan jujur membantu saya dan mungkin sebagian besar penonton untuk menantikan cour keduanya. Tentunya Shin, Kurena, Anju, Theo, dan Raiden tidak akan mati begitu saja. Kelimanya masih dalam pelarian untuk mencari kebebasan, ditambah lagi dengan bayangan yang didapat Shin saat akan ditembak. Saya agak berharap Frederica nongol di episode ini haha.

Meskipun dalam tahanan rumah, Lena masih bisa keluar untuk menuju garis depan. Diungkap juga bahwa Lev aslinya dari ras Alba, namun istrinya menjadi 86. Sepeninggal anak dan istri, ia menjadi kepala mekanik di squadron ini. Catatan yang ditinggal eks punggawa Spearhead Squadron juga akhirnya ditemukan Lena. Jangan tanya apa yang dilakukan Lena berikutnya, karena ia sendiri sudah melangkah terlalu jauh untuk mengejar idealismenya. Nantikan kelanjutannya di waktu yang akan datang, walau saya sudah tak lagi menulis di spotlight ini lagi mulai bulan depan.

Shadows House 11

Kaczmarek

Eh, sudah lama saya gak kesel sama karakter yang diperanin Ayaneru. Louise jadi karakter itu, dan bener-bener bikin muak tiap sikap cocky-nya nongol, namun untuk kesempatan kali ini saya bisa menahan diri haha. Paling enggak shadow macam dia masih mau membantu Kate, John, dan Ricky. Adu jotos antara Shaun dan John disini juga mengungkap bahwa untuk menghilangkan efek soot, tak harus lewat minum air. Prediksi saya di spotlight sebelumnya ternyata benar, living dolls ini aslinya memang manusia.

Girls Frontline

Kaptain

Iya saya tahu Magnhild di atas tuh karakter prekuelnya, but just look at her. Dapet Hi Power dari rate up, sisanya dari dailies aja ngeliat AR dan grenadier SMG itu dah banyak. Ini kecuali  pipeline update ngaco SF capture tuh bakal drop 29 Juni nanti, yang hypenya kayaknya bakal keredam beta GFL 2.

Arknights (EN)

Kaczmarek

Saya mau nge-joke pake kotak susu, tapi ini bakal repetitif. Daripada ngejar Zoro, saya bakal ngejar Robin sama Kafka. Secara skill, saya butuh role staller kayak Kafka walau range-nya absurd. Kemudian Robin bisa jadi tester bagi saya untuk bermain dengan para trapper. Hanya saja, kalau dapet operator lain yang mungkin saya pengen (Schwarz, Eyja, Meteorite), saya cuma bisa bilang, “Ok, saatnya pensiun”. Btw saya ngiler sama skin yang dibikin liduke, terutama Schwarz. Arrghhhhh gimme one before i retired!

Teruntuk Ai Kayano, cukup tak beruntung dengan insiden sebelumnya. Imbasnya memang baru diimplementasi sekarang, namun berharap hanya khusus CN. Dengan pe-banish-an ini, semoga peran Kayamom di serial anime yang tayang di CN macem Mushoku Tensei tidak terkena imbas juga. Melihat atensi yang tinggi dari penonton sana terhadap anime itu. Sedikit saran, jangan mengangkat diskusi soal seiyuu ini di discord resmi AK.

Genshin Impact

Kaptain

Shop udah kosong dan untung aja ini grind emang ga ngerepotin. Udah jelas sih endingnya setelah sisa karakter Monstadt nongol dengan undangan berbeda. Tinggal liat aja apakah nanti nih pulau dipake lagi apa nggak buat lebih banyak event.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Jangan lupa kalau kalian juga bisa hadir di Discord kita.