[JOI Spotlight] The Final Edition

June 27, 2021 7:19 pm
[JOI Spotlight] The Final Edition

Sejak JOI Spotlight pertama kali terbit Januari 2017 dulu, akhirnya sampai juga di hari di mana saya menulis edisi akhir dari rubrik ini. Untuk sekali lagi, mari kita lihat impresi para staf pada situs ini tepat di penghujung akhir musim semi ini.

Sentouin 12 [End]

Kaptain

Langsung nongol si Maou di akhir. Ini kualitas komedinya jadi naik di episode akhir ngeliat berbagai sketsanya jadi lebih tajam di aspek timing dan lebih tahu cara pake aktivitas background buat nambah gag. Lebih mendingan dibanding Kemonomichi dulu dan sayang aja staf yang bisa dipercaya buat seri macem gini lagi nggarap Priconne.

Kaczmarek

Berakhirlah seri yang menemani saya sarapan di setiap Senin pagi ini. Bakal kangen Heine dan Astaroth, apalagi yang baru nongol yaitu Viper. Enjoyment? Cukup nyaman, apalagi material komedi anti-hero-nya yang menarik. Season 2? Semoga diumumkan, namun kudu melihat penjualan BD-nya dulu deh. Semoga di atas 3.000 rata-rata penjualan per volumenya.

BlueHeaven

Well karena ini bakal jadi last spotlight, gapapa dong saya nongol for the last time. Yap, ini mungkin adalah seri satu-satunya yang saya tonton sampe kelar secara reguler. Masih bisa kekejer sementara seri yang lain nontonnya masih terseok-seok. So far, this is a fun ride. Nothing spectacular at in the end, masih banyak yang bisa digali. Lawakan recycle dari Konosuba juga mayan menghibur, but not that great. PS: Thanks for asupan Astaroth tiap minggunya.

Megalo Box Nomad 12

Kaptain

Gitaris di taman tuh literally Mabanua selaku komposer utama. Bagus aja sih The Beast bisa dilantunin lagi tepat di pertandingan buat merayakan kembalinya tim Nowhere. Sebenernya yang perlu dilakuin nih anime tinggal menuhin tema mereka soal “jangan malu bertahan hidup”, yang ga akan terpenuhi kala Joe mati dan tinggal liat aja ini Mac gimana caranya bisa ngeredam chip di otaknya.

Odd Taxi 12

Kaptain

Bye Dobu. Saya ada firasat nasib dia ga akan seburuk ini kalau aja dia ga ngancem ngebunuh Shirakawa di akhir, ini juga ngekonfirmasi kalau memang ada penembak kedua ngeliat sisa peluru Tanaka yang semoga aja kewarasannya balik abis ngebunuh orang. Sekarang jelas ada koneksi soal orang-orang yang punya “hutang” ke para Yakuza dan Odokawa itu bakal butuh teman dari dalem ngeliat sekarang dia jadi target sisa faksi Yano.

Zombieland Saga Revenge 13

Kaptain

Ga disangka nih seri mutusin untuk ngelakuin maximum Gainax di akhir, April Mop 2020 dulu ternyata petunjuk buat sekuelnya. Jadinya juga kondisi kesehatan Kotaro jadi ga digubris, ngeliat ini nggak jelas karena jadwal kerja dia yang nggak manusiawi atau bayaran dari Necromancy dia.

Ngarep Tae bisa nyanyi juga, tapi dia yang nge-Freddy Mercury di akhir bisa diterima deh. Toh juga tujuan utama konser akhir ini tuh ngumpulin semua karakter yang udah ada untuk konser akbar ini.

CTian

Ending rahasia itu beneran ada adik-adik! Asli, habis nangis nonton episode ini, terus dibikin ngakak kebingungan di akhir, LMAO~ Wow, what an finale! Di sini ada 3 referensi adegan yang saya senang banget. Poster acara ala-ala konser Live Aid, bahkan isinya juga mirip lho, Tae yang meng-Freddie Mercury, terus Endgame moment, wow MAPPA, wow!!!

Yang saya suka banget dari episode ini momennya Sakura waktu mereka sampai ke tempat acara. Sama waktu Kotaro nangis setelah diserbu para member, asli ini episode emosional banget! Mana masih menyimpan misteri lagi di akhir. Bukan yang UFO itu, wkwk, tapi Kotaro yang tiba-tiba ngeluarin darah.

Saya rasa juga ending absurd di akhir itu sebenarnya petunjuk buat ingetin joke April Mop kemarin, terus ternyata sekuel atau yang kayaknya bakal jadi finale series ini bakal jadi film anime. Cocok sih, buat bahas misteri terakhir projek Zombieland Saga yang selalu dibilang Kotaro kalau projek ini tuh punya tenggat waktu.

Akhir kata, tolong nonton Zombieland Saga! Ini bukan sekadar seri idol lucu-lucuan yang absurd sih, tapi mereka menyajikan lebih dari itu! Udah nggak usah banyak nanya, langsung nonton aja! Season 1 ada di Netflix & iQIYI, season 2 di YouTube Muse sama iQIYI.

Kyuukyoku Shinka 12 [End]

Kaczmarek

Is that it? If it so, then this adaptation is disappointing. Nah, andai saja ini tidak diadaptasi secara terburu-buru mungkin pace-nya bisa lebih baik. Mengapa? Karena mereka hanya mengadaptasi dua volume novelnya. Kenapa tidak lebih? Ya karena, anime ini diumumkan saat penerbitan novelnya baru mencapai volume pertama. Yak, PERTAMA! Belum lama setelah pengumumannya, volume kedua novelnya kemudian diterbitkan dan adaptasi manga-nya diumumkan. Sehingga materialnya hanya difokuskan hingga akhir dari game menyusahkan ini, yak, di akhir volume kedua.

Banyak pertanyaan yang muncul dari adaptasi ini, namun jika kalau saya ingin angkat salah satunya, maka saya akan memilih: “Tujuan apa yang diinginkan Light Tuchihi dari adaptasi ini?”. Meski jawabannya bisa keliatan jelas, namun seperti ada alasan lain dari adaptasi ini. Itulah mengapa ending dari anime ini bisa dibilang cliffhanger.

Scarlet Nexus 01-02

What’s this?

Kemungkinan besar ditonton buat redeem code gamenya aja

Kaptain

Iya ada kode dalem episode 1 yang bisa dipake dalam game, yang punya cerita yang by the book walaupun gameplay cukup solid. Dikerjain sama Sunrise, yang nggak sebaik ekpektasi saya ngeliat ini tim yang ngerjain anime serial panjang untuk perusahaan.

Thunderbolt Fantasy S3 13 [End]

Kaptain

Semoga aja ini bener terakhir kita ngeliat Kong  Tentu aja di season ini butuh karakter perempuan yang got super screwed over, resmi dah ini jadi cerita Urobuchi. Padahal ini juga si Jendral dapat kematian yang berarti dengan ngungkap kebusukan di balik Xi You dan sisa sekte & pasukan dia dapet tujuan baru dengan masuk sektenya Dan Fei. Lang yang sekarang punya target secara mengejutkan bikin dia kerja sama Keigai, atau lebih tepatnya punya dia sebagai bawahan.

Kalau ngikutin tren ya abis ini kita bakal dapet film yang saya optimis bakal fokus ke petualangan Lang, sekalian biar bisa setup perang sebenarnya yang ngelibatin Xi You dan Demon Realm.

Shadow’s House 12

Kaczmarek

Sangat disayangkan saya gak bisa menutup spotlight seri ini hingga akhir episode. Yap benar, episode 12 bukanlah yang terakhir, karena masih ada episode 13. Namun paling tidak disini saya tidak memiliki beban lagi untuk minggu depan, hahahaha. OK, impresi saya di episode ini cukup baik apalagi terhadap Louise. Gadis ini sedari awal memang udah ngeselin dengan tingkah angkuhnya, namun di episode ini saya bisa sedikit memaafkannya. Saya juga baru inget ia bisa mengedalikan soot untuk memanipulasi doll lainnya, sehingga kemampuannya sangat dibutuhkan untuk membantu Kate.

Namun disinilah ada masalah yang lebih besar, terutama yang dihadapi Kate. Edward, dan penghuni lantai dua lainnya memang sudah bekerjasama untuk menaikkan pamor dan level mereka. Cara kotor dengan menjebak para penghuni lantai satu ini membuat saya berharap bakal ada kekacauan berupa keributan diantara dua penghuni lantai.

Sisa satu episode lagi, namun saya memiliki harapan Rou dan Shirley nongol lagi. Cukup kejam jika Soumato, mangaka serial ini nge-banish keduanya begitu saja.

Seijo no Maryoku wa Bannou Desu 12 [End]

Kaczmarek

Beruntung saya bisa cover seri ini hingga akhir episode. Memang kerasa lackluster di berbagai sisi, tapi ada beberapa aspek yang bisa ngebayar itu, Soothing feels ditambah dengan pengembangan karakter yang kian baik. Aira juga jadi karakter pendukung yang menarik disini, sehingga kalau membaca kelanjutannya di novel bakal menemukan hal “mengejutkan” darinya. Kembali ke Sei, hanya menunggu waktu dirinya dan Hawke bisa bersama lebih “dekat” dari ini.

86 Special Edition

Kaczmarek

Technically ini episode recap sekaligus ngepromosiin kelanjutannya nanti Oktober. Di akhir penayangan juga ada acara daring yang ngepromosiin figur seksinya Lena. Yang demen mungkin bisa merapat ke situs resminya. Tapi ambil resiko masing-masing ya hehe.

Ijiranaide, Nagatoro-san! 12 [End]

Kaczmarek

Saya bisa nangis bersyukur disini. Yang ditunggu-tunggu akhirnya muncul. Lukisan Kaichou yang bener-bener-bener-bener-bener-bener-bener-bener-bener ditunggu akhirnya dianimasikan. And that’s it. Nagatoro cemburu dan posesif dengan Senpai-nya memang tak bisa dibendung. Temen-temennya juga emang kampret gangguin terus hahaha. Soal animasinya, saya gak nyangka bakal bisa se-slick ini. Tentunya gak mengecewakan, namun sayang jadwal tayangnya yang kurang bersahabat dengan saya.

Sonny Boy 01

What’s this?

Superpowered Teen Survival

Kaptain

Di promonya bilang ini tuh seri sci-fi jadi awas aja kalau di akhir ada twist “Semua murid sebenernya udah mati”. Masih di fase eksperimen kekuatan tiap karakter, aturan dunia, dan pembentukan faksi di kalangan murid, your usual Lord of Flies stuff. Sejauh ini punya skrip dan kualitas produksi yang kompeten jadi kalian yang ngarep sama seri orisinal bisa mantengin seri ini untuk musim panas.

Chainsaw Man 1st PV

What’s this?

PV yang kayaknya penting banget sampai dibuat menunggu berbulan-bulan hanya untuk nampilin klip berdurasi 1 menit

CTian

Saya sudah puas ngeluarin sumpah serapah di sosmed pribadi, jadi di sini coba bahas serius deh~ Wow, what an PV! Jujur, penantian 2 bulan(?) ini benar-benar terbayarkan sih. Saya sampai nangis gemeteran dong waktu PV-nya diputar, agak fanboy sih, tapi emang sebagus itu.

Terus juga, padahal saya sudah nyiapin salinan manga Chainsaw Man punya saya waktu nonton buat bandingin adegan PV dan panel manganya, tapi animenya malah terlampau keren sih! Banyak adegan yang out of panel manga banget dan jadi lebih sinematik! Bahkan adegan bohong juga ada dong! Yang ini parah banget sih, LOL!

Staf produksinya juga bagus-bagus, euy! Saya nggak tahu banyak tentang orang-orang di balik layar, cuman lihat jejak karir mereka keren-keren sih isinya. Khususnya buat penanggung jawab musik, Kensuke Ushio, man!!! Makhluk berbudaya mana yang tidak kenal doi!? Buat staf produksi lainnya bisa dibaca di artikel Jurnal Otaku ini, ya~

Ekspektasi saya cukup terpenuhi sih, setidaknya keinginan saya tentang animenya bakal sinematik terpenuhi. Soalnya beberapa adegan di manganya itu sinematik banget lho, saya jadi nggak yakin sama adaptasinya. Eh ternyata sutradaranya juga fans Chainsaw Man, saya jadi percaya sama dia deh yang kayaknya bakal ngerjain anime ini dengan passions, bukan karena kewajiban aja~

Yang sayang sekali belum diumumin itu produser, lisensor, dan distributor sih. Padahal saya punya wishlist sendiri buat itu. Seiyuu juga, ada 1 karakter yang saya punya wish cast sendiri, mana orangnya hadir di acara MAPPA tadi pula~ Ya, sayang sekali juga, saat itu tiba, kita ndak bisa bertemu lagi di sini. Semoga di lain kesempatan kita bisa bertemu lagi yak, di lain tempat dan kesempatan, buat ngebahas Chainsaw Man!

Arknights (EN)

Kaczmarek

Not really prepared for this one, but at least i got some. Kafka dan Pinecone dapet masing-masing dua dari 30 roll. Masih ada simpenan sih, cuman saya gak maksa untuk boros di banner ini. Nyimpen buat Saga cukup doable. Ini juga menutup spotlight AK di JOI, jadi sampai jumpa di waktu yang akan datang (jika ada kesempatan).

Kantai Collection

Kaczmarek

Gak terlalu ngomongin game, tapi lebih ke progres C2 dalam beberapa minggu ini. Setelah Comptiq terbit awal Juni, beberapa collab jalan lagi dan baru-baru ini sama perkeretaan kota Nagasaki hingga Sasebo, Jun’you jadi maskot dan somehow gak terlalu mengagetkan karena 26 Juni kemarin itu Jun’you genap berusia 80 tahun.

Kemudian CG baru Kako yang bruh, who are you? Banyak yang bercanda Kako baru nikah dan lagi mengandung makanya jadi feminim bgt. Namun melihat sisi lain dari tukang tidur ini jujur bawa angin segar. Hal lain yang bisa saya angkat adalah penjualan figur Hamakaze dan Kashima yang nampak lagi. Keduanya sudah dipastikan bakal hadir adaptasi anime berikutnya yang bakal hadir di 2022, dan ini bisa jadi cuan bagi mereka.

And last, saya gak nyangka game ini masih bisa aktif hingga JOI berakhir. Akhir tahun 2013-an, saya baru mengetahui game browser ini dari JOI dan kemudian Signum ikut mengangkat topik game ini dalam beberapa artikel. Saya yang dulu gak terlalu demen nge-game, akhirnya terjun ke game ini dan sudah berjalan enam tahun (walau sekarang lagi seasonal). Goodbye.

Masih ingin impresi lebih lanjut di hari yang akan datang? Staf masih akan hadir di Discord kita yang terus aktif dan mungkin saja kelak kita akan bertemu di tempat lain. Until next time.