15 Anime Isekai Terbaik Versi JOI

June 28, 2021 7:08 pm
15 Anime Isekai Terbaik Versi JOI

Isekai merupakan genre yang paling laris di masa kini dan juga paling dibenci oleh banyak otaku di era sekarang. Pasalnya, sudah banyak sekali anime bergenre isekai malang melintang dan memiliki template yang kurang lebih serupa. Karakter yang ditransfer ke dunia lain, biasanya fantasi, langsung mendapat kekuatan yang OP ga ngotak, mengumpulkan harem dengan mudah, serta mengalahkan musuhnya adalah gambaran kebanyakan isekai yang dibenci oleh haters dari subgenre ini. 

Sebenarnya kalau kita melihat lebih dalam, peluang dari cerita isekai sangatlah luas. Tetapi untuk mendapatkan kenikmatan dan kemudahan adalah hal yang absolut dan mungkin hasrat terpendam dari sang penulis sehingga menghasilkan karya yang demikian. 

Di antara beberapa serial isekai yang sudah beredar, ada beberapa judul yang memiliki cerita yang menarik dan sayang untuk dilewatkan begitu saja. Mereka menemukan warna tersendiri yang bisa mengangkat derajat isekai atau membuat keunikannya tersendiri. Atau ada yang masih menggunakan template biasa namun eksekusinya sangat luar biasa. JOI sudah mengumpulkan beberapa judul anime isekai terbaik yang sudah rilis sampai musim yang paling baru, musim semi 2021. Tentunya selera setiap orang berbeda-beda, tetapi kalian ga ada hak berdebat karena JOI sudah mau pergi, ufufu..

Honzuki no Gekokujou: Shisho ni Naru Tame ni wa Shudan wo Erandeiraremasen

Tayang Sejak : Oktober 2019

Total Episode : 14 (season 1) + 1 (OVA) + 12 (season 2) + ??? (season 3)

Studio : Ajia-do

Honzuki mengusung tema yang berbeda dengan kebanyakan anime isekai pada umumnya. Mulai dari pemeran utamanya yang seorang gadis kecil namun memiliki banyak sekali kekurangan. Myne atau Maine atau Mine adalah anak yang mengidap penyakit langka. Ia adalah seorang reinkanator dari dunia nyata yang dilahirkan di keluarga yang miskin. Sungguh malang nasib gadis yang satu ini. 

Tetapi keinginannya dari dunia yang lama tidak berubah sedikit pun. Di dunia yang tidak memproduksi banyak buku dan kertas, minat Myne tidak mampu tersalurkan dengan baik. Ya, Myne yang bernama asli Motosu Urano adalah seorang gadis yang sangat mencintai buku.

Dalam usahanya untuk memuaskan hasratnya tersebut, Myne mengalami banyak sekali hambatan. Ini merupakan plot yang menarik, di mana biasanya karakter yang direinkarnasi atau diteleportasi ke isekai mendapat hidup yang lebih mudah.

No Game No Life

anime isekai

Tayang Sejak : April 2014

Total Episode : 12 (season 1) + 6 (special) + 1 (movie) + unlimited waiting for season 2

Studio : Madhouse

Bercerita tentang dua kakak beradik, Sora dan Shiro yang keduanya merupakan gamer tak terkalahkan. Suatu hari, mereka mendapat undangan dari sosok yang tidak dikenal. Keduanya pun ditransfer ke dunia lain yang di mana terdapat banyak sekali ras yang diurutkan berdasarkan peringkatnya. Hukum dari dunia tersebut adalah segala sesuatu diselesaikan melalui game.

Anime ini menjelaskan aturan dari dunianya dengan sangat baik dan jelas. Tidak terkalahkannya kedua bersaudara ini tidak serta merta membuat anime ini terasa membosankan. Malahkan trik yang dikeluarkan setiap mereka menyelesaikan game adalah golden moment yang ditunggu-tunggu.

12 episode tidaklah cukup untuk memuaskan para fans terhadap anime yang seru ini. Ditambah prolog No Game No Life: Zero, fans masih merasakan kehausan untuk mendapat kelanjutan dari cerita ini. Ya, untuk yang masih menantikannya, doakan saja Overlord cepat tamat agar Madhouse bisa fokus ngerjain NGNL yang sudah tak terurus bertahun-tahun.

Mushoku Tensei: Isekai Ittara Honki Dasu

Mushoku Tensei

Tayang Sejak : Januari 2021

Total Episode : 11 (season 1) + 12 (season 2)

Studio : Studio Bind

Rudeus Greyrat adalah seorang anak kampung yang dibesarkan oleh pasangan suami istri, Paul dan Zenith. Sebenarnya anak ini adalah reinkarnasi dari seorang penggangguran yang jarang keluar rumah. Berbekal pengetahuan dari kehidupan lamanya, Rudeus tumbuh tidak seperti anak pada umumnya.

Sekilas Mushoku Tensei seperti anime isekai pada umumnya. Tetapi coba kita perhatikan baik-baik. Character development dan world building-nya adalah salah satu yang terbaik di antara serial isekai lainnya. Meski ada kesan cheat, tapi starting pointnya jelas, dari lahir kita dikisahkan bagaimana Rudeus ini tumbuh hingga dewasa dan mungkin hingga akhir hayatnya. Sebuah hikayat yang luar biasa dan pantas orang-orang menyebut anime ini sebagai bapak dari segala isekai.

Re:Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu

Tayang Sejak : April 2016

Total Episode : 25 (season 1) + 25 (season 2) + 2 (movie) 

Studio : White Fox

Re:Zero sudah memiliki dua musim penuh dalam penayangannya. Anime ini terkenal dengan sutradara yang sangat memaksimalkan durasi untuk penayangan ceritanya. Hampir semua bagian dari novelnya disikat habis untuk diadaptasi ke dalam anime ini.

Alur cerita dari anime ini sangatlah jelas. Setiap kali gagal menyelesaikan arc, maka karakter utama akan dipaksa mengulangi lagi dari titik awal. Penderitaan dari Subaru sebagai karakter utama menjadi main dish dari anime ini dan membuat penonton tidak sadar telah menghabiskan waktunya dalam pace yang cukup lambat.

Tensei shitara Slime Datta Ken

Tayang Sejak: Oktober 2018

Total Episode : 24 (season 1) +12 (season 2 part 1) + 12 (Tensura Nikki) + 5 (OVA) + ?? (season 2 part 2)

Studio : 8bit

Menjadi monster dalam kehidupan selanjutnya adalah hidup yang sangat tidak ideal bagi kebanyakan orang. Apalagi monster tersebut adalah slime, yang merupakan monster rendahan di kebanyakan game. Tidak dengan Tensura, anime ini berhasil menghadirkan petualangan yang seru dari Rimuru sebagai slime. Bermula dari gua yang penuh dengan monster, Rimuru perlahan tapi pasti berhasil membuat peradaban di dunia barunya menjadi lebih baik.

POV dari karakter yang tidak biasa inilah yang membuat orang tertarik mencoba menggali series ini. Dari yang terendah hingga menjadi paling OP memang plot yang tidak jarang muncul di kebanyakan anime-nya. Tetapi nilai fantasi dan petualangan yang menakjubkan inilah yang patut untuk menjadi perhitungan untuk kamu mencoba menontonnya.

Zero no Tsukaima

Tayang Sejak: Juli 2006

Total Episode : 13 (season 1) + 12 (season 2) + 12 (season 3) + 12 (season 4) + 1 (OVA)

Studio : J.C. Staff

Sebuah serial klasik di saat belum banyak serial isekai merebak seperti sekarang ini. Ya lihat saja tahun penanyangannya. Di zaman ini, anime yang mengandalkan moe sedang trending-trendingnya. Salah satunya sifat tsundere yang sangat digemari oleh otaku.

Zero no Tsukaima adalah ikon serial tsundere legendaris dengan Louise sebagai pusatnya. Ia adalah penyihir yang memiliki peliharaan bernama Saito. Nah, Saito ini adalah shounen yang entah beruntung atau sial yang ditransfer ke dunia isekai, lebih tepatnya dunia tempat Louise berada. Meski statusnya peliharaan, namun Saito merupakan lucky sukebe yang mendapat momen-momen terbaik, digandrungi beberapa perempuan, klasik lah pokoknya.

Meski terdengar biasa saja, namun kesuksesan anime ini sudah tidak bisa dipungkiri. Perjalanan Saito di dunia lain tersebut adalah kisah yang luar biasa menghibur hingga anime ini berhasil dibuatkan selama 4 musim sampai happy endingnya. Kalau sudah direkomendasikan oleh JOI boleh dicoba dulu kak, virus Kugimiya Rie 🙂

Fun fact: Mayoritas seri isekai di awal situs Narou dulunya adalah fanfic dari seri ini. Hanya saja perubahan kebijakan membuat fiksi yang eksplisit berasal dari seri tersebut dilarang namun template ceritanya sudah terlanjur marajalela.

Hai to Gensou no Grimgar

Tayang Sejak: Januari 2016

Total Episode : 12 (season 1) + 1 (special)

Studio : A-1 Pictures

Tidak selamanya isekai hanya yang enak-enak saja. Ini dibuktikan dengan adaptasi serial anime isekai yang tergolong sangat realistis dan juga dark. Haruhiro dan kawan-kawan tidak memiliki ingatan apapun ketika terbangun di dunia baru mereka. Mereka terpaksa mengerjakan quest untuk bertahan hidup. Membentuk party, mengalahkan monster, dan bertahan hidup.

Kalau mereka punya skill dewa pastilah sangatlah gampang dan enak hidup mereka. Tapi ternyata tidak. Tanpa cheat apapun mereka dipaksa menghadapi kenyataan baru ini. Tentu saja kesulitan sudah menjadi makanan sehari-hari, bahkan tidak jarang mereka mempertaruhkan nyawa demi menjalankan misinya. Inilah isekai tanpa adanya cheat yang mempermudah.

Youjo Senki

Tayang Sejak: Januari 2017

Total Episode : 12 (season 1) + 1 (movie) + ??? (season 2)

Studio : Nut

Jika kamu mencari isekai yang bukan fantasi eksekusinya, ini adalah jawabannya. Youjo Senki menceritakan Tanya, seorang reinkarnator yang hidup kembali di dunia yang penuh peperangan. Suasana ala perang dunia kedua ditambah efek bisa terbang macam Strike Witches menjadi main dish dari anime ini.

Jangan tertipu dengan wajah loli yang ada di cover. Anime ini lebih gelap daripada yang di atas. Wong karakternya aja tidak mau menerima keberadaan Tuhan, ya pasti ditimpa azab terus lah. Intinya ini anime agar si Tanya bisa tobat tapi malah makin menjadi.

GATE: Jieitai Kanochi nite, Kaku Tatakaeri

Tayang Sejak: Januari 2017

Total Episode : 12 (season 1) + 12 (season 2)

Studio : A-1 Pictures

Lagi-lagi anime isekai yang bertemakan perang. Namun berbeda dari seri sebelumnya, GATE lebih ke arah perpaduan fantasi dan masa kini. Ada percampuran budaya juga karena dunia yang seperti kita tempati sekarang, hanya dipisahkan oleh gerbang yang bisa menuju ke dunia fantasi (bukan dufan yang itu).

Naga, elf, dan kerajaan medieval menjadi kacau balau komposisinya ketika tentara Jepang menginvasi dunia mereka. Ketika roket, senjata api, dan taktik militer modern mempecundangi mereka semua, ini dia yang bikin anime ini berjalan begitu menarik. Anime ini sudah berjalan 2 musim dan masih ada kelanjutannya, tetapi untuk mengharapkan sekuel sepertinya harus ditahan karena masalah yang akan dibahas di cerita selanjutnya adalah hal yang sensitif. Jadi buat kamu yang sudah menonton.. silahkan baca novelnya untuk kelanjutannya.

Isekai Shokudou

Tayang Sejak: Juli 2017

Total Episode : 12 (season 1) + ??? (season 2)

Studio : OLM

Isekai tidak hanya soal bertarung melulu. Kalau kamu mencari isekai yang kalem dan damai dilihat, Isekai Shokudou adalah solusinya. Tidak perlu berbelit-belit dalam menikmati hidup. Cukup masuk ke restoran yang menggunakan item doraemon ini, dan hoila! Kebahagiaan niscaya akan kamu dapatkan.

Tiap episode dalam anime ini hanya mengspotlight makanan dan karakter yang mencicipinya. Tapi efeknya.. boom! Benar-benar tentram menyaksikannya! Saya selalu bersemangat ketika menulis anime ini, tetapi anime ini memang damai dan berjalan dalam tempo yang tidak terburu-buru kok. Iyashikei? Tidak, saya menyebutnya relaksasi foodgasm ala isekai. Anime ini layak kamu cicipi karena dari segi ceritanya juga memiliki bobot yang sangat bagus.

Overlord

Isekai anime

Tayang Sejak: Juli 2015

Total Episode : 13 (season 1) + 13 (season 2) + 13 (season 3) + 2 (movie) + upcoming season 4 & 1 movie

Studio : Madhouse

OP adalah kata yang sudah tidak asing lagi di dunia isekai. Inilah yang terjadi apabila gamer tidak logout saat game kesayangannya tutup. Momonga yang kemudian disebut Ainz Ooal Gown adalah pemimpin dari Great Tomb of Nazarick. Sebenarnya, ini hanyalah sebuah guild game biasa, namun setelah momen ga bisa logout tersebut, tiba-tiba mereka menjadi kelompok yang hebat di tengah dunia yang isinya kroco aja.

Poin kebahagiaan dalam menonton anime ini adalah melihat lawan Ainz dibantai satu per satu dengan mudah, namun tidak menyembunyikan sisi imut dari karakter utama berwajah tengkorak yang satu ini. Ainz yang masih penasaran dengan dunia barunya dan hidup bersama NPC dari karakter game sebelumnya terus melakukan penelitian dengan berhati-hati, sambil mengungkap kebenaran satu per satu. Sasuga Ainz-sama!

Drifters

Isekai anime

Tayang Sejak: Oktober 2016

Total Episode : 12 (season 1) + 3 (OVA)

Studio : Madhouse

Ingin isekai di mana para karakternya itu memang kuat dari sononya dan bukan karena sistem game atau hadiah dari dewa? Drifters adalah jawabannya, melihat seri ini melempar berbagai figur yang jadi tokoh sejarah berkat kemampuan mereka. Tentu saja kita punya pendekar legendaris seperti Yoshitsune dan Nasu no Yoichi, namun daya tarik utamanya menurut saya itu dari ahli strategi dan politikus semacam Oda Nobunaga dan Hannibal Barca yang mereformasi lanskap militer, politik, dan sosial dunia fantasi yang jelas nggak nyangka betapa berbahayanya “pahlawan” yang mereka panggil.

Anime-nya sendiri walaupun jelas dikerjakan staf yang ngerti material yang mereka kerjain baru menceritakan sampai fondasi awal gimana Nobunaga ngebentuk sistem Bakufu di dunia baru ini, dan perkenalan musuh yang perlu dilawan. Cuma sayang aja ini tipe seri yang publikasinya nggak cukup teratur. Jadi progresinya ceritanya itu lebih pelan dibanding seri isekai lain.

Tate no Yuusha no Nariagari

Isekai anime

Tayang Sejak: Januari 2019

Total Episode : 25 (season 1) + upcoming season 2 & season 3

Studio : Kinema Citrus

Right, seri ini cukup ditunggu-tunggu saat pertama kali diumumkan adaptasinya pada Juli 2017 di Anime EXPO Los Angeles. Salah satu seri yang kena boost Kadokawa ini memang memberikan sajian plot yang sedikit berbeda dari yang lainnya. Terutama dalam fokus karakter serta pengembangan cerita yang tidak monoton. Berawal dari reinkarnasi Naofumi Iwatani, Ren Amaki, Motoyasu Kitamura, dan Itsuki Kawasumi ke dunia lain, masing-masing dari mereka kemudian diberi anugerah berbeda-beda. Anugerah yang sayangnya tidak berpihak pada Naofumi sebagai Pahlawan Perisai.

Naofumi yang dicap sebagai manusia terbuang walau dipanggil ke dunia lain tanpa permintaannya, harus bekerja keras dalam melawan hegemoni stigma serta penyelewengan kekuasaan pemimpin monarki Melromarc. Jika kalian menyukai hal-hal berbau balas dendam dan progres karakter yang minim hal klise, mungkin seri ini bisa menjadi pilihan kalian. Tak lupa juga bahwa musim keduanya bakal mengudara pada Oktober ini.

Mondaiji-tachi ga Isekai kara Kuru Sou Desu yo?

Isekai anime

Tayang Sejak: Januari 2013

Total Episode : 10 (season 1) + 1 (OVA)

Studio : Diomedea

Salah satu adaptasi anime dari novel yang serba nanggung dari segala sisi. Meskipun begitu, Mondaiji-tachi masih menyajikan cerita yang cukup menarik walau hanya berjumlah 10 episode serial dan satu episode OVA tambahan. Hal yang salah dikira oleh para penontonnya di dekade baru ini adalah anggapan serial ini sudah mati. Padahal nyatanya novel pertamanya yang sudah tamat, dan sekuel berikutnya, “Last Embryo” masih berjalan hingga kini.

Bercerita tentang apa serial ini? Mondaiji-tachi berfokus pada tiga remaja yang dipanggil ke dunia lain karena diundang (bukan dipaksa) untuk bermain game dalam skala besar. Seperti NGNL, mereka harus menghadapi tantangan untuk menguasai atau dikuasai oleh faksi lainnya. Permainan politik yang keras antar faksi, ditambah dengan karakter yang tidak sepenuhnya OP menjadikan seri ini kian menarik.

Kono Subarashii Sekai ni Shukufuku wo!

konosuba

Tayang Sejak: Januari 2016

Total Episode : 10 (season 1) + 10 (season 2) + 1 (OVA) + 1 (movie)

Studio : Studio Deen

Konosuba-nya mana? Kok best anime isekai ga ada Konosuba?” Itu paling yang bakal terlintas di pikiran kalian jika kami melewatkan anime yang satu ini. Konosuba yang sering disebut sebagai salah satu anime isekai terbaik di mata banyak sekali pihak memang luar biasa. Di saat anime lain dalam daftar ini memiliki budget yang lebih banyak, Konosuba mampu menghibur dengan budget pas-pasan. Coba lihat animasi atau grafik yang ditawarkan studio Deen. Jauh dari kata bagus. Hanya saja, karakter yang benar-benar kocak dan jalan cerita yang asik diikuti memang kualitas yang sudah tidak dapat dipungkiri lagi.

Jokesnya kebanyakan universal, meskipun disertai pervert jokes tetap sama anime ini mampu membius penonton yang tidak terasa hanya menghabiskan 10 episode per musimnya saja. Serius, ini seri berasa ada banyak episodenya dan selebihnya.. EXPLOSION!! Kedua musim juga bisa ditonton dengan mudah via Ani-one dan Netflix.

Nah itu tadi daftar 15 anime isekai terbaik versi JOI. Masih banyak lagi mungkin di luar list ini, anime isekai yang cukup bagus. Jadi, ketika lihat tag isekai jangan dianggap sampah dulu (ya meski tidak bisa ditutupi ada yang sampah banget, beberapa). Ini mungkin akan menjadi artikel kolaborasi penulis JOI yang terakhir. maafkan aku Kapt, yang terlambat rilis ketimbang last JOI Spotlight. At least, hutang saya yang dari zaman baheula sudah semakin berkurang. teehee.