[Virtual Journal] BlueHeaven

Halo pembaca JOI yang setia! Tidak terasa Virtual Journal sudah sampai pada edisi terakhirnya untuk JOI. Ya, kamu tidak salah baca. Ini adalah artikel Virtual Journal yang terakhir yang akan dimuat dalam JOI. Terima kasih telah membaca Virtual Journal selama ini. Tidak terasa sudah satu tahun lebih rubrik termuda ini telah terbit. 

Untuk edisi terakhir dari Virtual Journal, saya menyajikan profil seorang vtuber yang sudah paling ditunggu-tunggu untuk dimuat dalam artikel ini. Siapa lagi kalau BlueHeaven, satu-satunya penulis di Jurnal Otaku Indonesia yang sudah resmi debut menjadi vtuber dan menjadi satu-satunya penulis solo yang mengerjakan rubrik ini. 

Sudah banyak artikelnya yang lalu melintang di situs ini, jadi alangkah lebih baik kita langsung kenal orangnya yuk!

Penulis Virtual Tanpa Tanda Jasa (Sekarang Baru Ada)

Desain karakter yang bakal susah buat dibikin fanartnya. Challenge accepted, artist-tachi?

Jadi setelah ditelusuri, BlueHeaven ini masih belum ada page manapun yang menjelaskan latar belakang seperti apa vtuber yang dibawakannya dan semacamnya. Jadi artikel ini bakal jadi yang pertama sebagai sumber primer informasi tertulis yang beredar di internet. Hitung-hitung inilah tanda jasa dari seorang penulis dan sekaligus vtuber yang telah banyak sekali menulis untuk banyak vtuber dan menggali informasinya sangat dalam, namun tetap bijak dalam menyebarkan aib sewajarnya (contohnya artikel yopi kemarin).

BlueHeaven adalah pen name dari penulis sekaligus vtuber yang memiliki nama Aoshō Tenkei (蒼礁 天恵). Tetapi biar ga repot, panggil aja Sensei. Penulis yang masih kukuh menulis dengan pena bulu ini, lahir pada 15 Maret dengan tahun yang masih dirahasiakan. Ia tampil dengan kaus putih polos bertuliskan dua kanji dari namanya ‘Ao’ (Blue) dan ‘Ten’ (Heaven) dengan kalung salib yang digantung di lehernya. Penulis yang memiliki rambut jabrik ini juga menggunakan haori dengan motif unik serta sandal geta yang mencerminkan budaya jepang. Pada haorinya terdapat 6 macam bunga: morning glory (williful promises), pecteilis radiata (purity), sakura (transience of life), forget-me-not (true love), white anemone (sincere), bluebell (grateful), dengan tiga tingkat warna biru bertahap yang digambarkan dengan daun maple dari yang paling bawah tergelap hingga yang paling terang di atas. Desain karakter ini dikerjakan oleh Springveiv.

Sebelum membahas persona vtubernya lebih lanjut, kita kenal dulu BlueHeaven sebagai penulis JOI. BlueHeaven mengawali karirnya sebagai penulis Jurnal Otaku Indonesia pada November 2018. Artikel yang ditulisnya pertama kali adalah review anime Maquia, namun yang terbit terlebih dahulu adalah berita soal penjualan novel Aobuta. Di tahun yang sama, ia mengeluarkan artikel kebanggaan pertamanya yang sudah ia janjikan sejak pertama kali datang ke JOI, a long guide to LSBH. Sekarang paham ini sudah mulai tersebar dan diketahui luas di kalangan otaku. Apa? Kamu belum tahu artinya? Makanya, baca dong artikelnya.

Tulisannya semakin lama semakin berkembang dan dikenali oleh banyak pembaca. Beberapa artikel yang menarik yang dikeluarkannya pada tahun berikutnya yaitu 10 Waifu yang Pergi dan Tak Pernah Kembali (Part 1, Part 2)’, ‘CGDCT, More Than Just Moe. Selain artikel di atas, ia juga aktif dalam menulis waifu wednesday dan review anime musiman. 

Di tahun 2020, BlueHeaven merilis artikel panduan mengenai dunia vtuber sebelum akhirnya merilis rubrik terbaru yang sekarang teman-teman baca, Virtual Journal. Hingga saat ini, sudah ada puluhan vtuber yang ditulis dalam Virtual Journal baik dari dalam negeri maupun luar negeri. 

Live Writing, Sentuhan yang Berbeda dari Seorang VTuber

Duh, mana nih bahasan buat vtubernya? Eits, sabar.. sabar.. ini baru mau juga diceritain. Jadi untuk menggali informasi seluk beluk vtuber lebih dalam, BlueHeaven akhirnya debut menjadi vtuber penuh pada 28 November 2020. 

Sebelumnya BlueHeaven sudah aktif dalam kegiatan live streaming terutama untuk game Shadowverse karena ia berafiliasi dengan Shadowverse Indonesia dan tim eSports Imajin Epic Victory. Ia juga menggunakan avatar perempuan yang disebutnya sebagai asisten. Asistennya yang bernama Amanohara Aoi memiliki rambut lurus hitam panjang yang merupakan fetish kebanggaannya.

Setelah debut, BlueHeaven mengeluarkan segala kreativitasnya dalam membuat konten sebagai vtuber. Jadi, dia bukan menjadi vtuber untuk sekedar lewat saja. Beberapa konten yang dipertontonkannya juga bukan hal yang biasa. Live writing merupakan konten di mana kalian bisa menonton bagaimana ia menulis secara langsung. 

Jadi kalau vtuber yang live singing atau live drawing itu sudah biasa, atau bahkan ada live untuk membuat musiknya, nah ternyata ada loh vtuber yang aktif dalam kegiatan live writing. Menulis memang jarang sekali untuk ditampilkan prosesnya secara live, bahkan untuk kalangan penulis atau konten kreator non virtual. Ini jelas karena dibutuhkan konsentrasi yang tinggi untuk menulis dan proses yang tidak mudah untuk ditampilkan sambil distreaming. Menulis sebenarnya bukan hal terlalu asing dalam dunia entertaiment. Coba kalau kalau tidak ada story atau script writing, mana seru sebuah karya. Jadi live writing adalah suatu sensasi berbeda yang jarang kamu dapatkan kecuali di channel BlueHeaven yang hampir setiap minggu selalu mengeluarkan konten ini.

Melalui menulis secara langsung, ia juga dapat menanyakan perihal rute, pemilihan kata, bahkan nama kepada para penonton untuk segera diaplikasikannya dalam tulisan mentahnya. Sudah banyak tulisan yang dihasilkannya selama live writing, mulai dari berbagai cerita one shot hingga novel daring berseri yang menceritakan dirinya bersama asistennya. Ada juga cerita untuk beberapa vtuber yang ditulisnya sebagai hadiah. Selain cerita, ia juga menulis artikel untuk JOI yang disiarkannya secara langsung. Kamu juga bisa mengajukan komisi untuk jasa tulisnya dengan menghubungi Sensei via twitter.

Segudang Ide dari Sensei Panutan Kita Semua

Meski tampil berbeda, BlueHeaven yang kerap lebih sering dipanggil Sensei ini, tidak ragu mengeluarkan lebih banyak ide yang jarang orang eksplor. Dengan status sebagai ‘Sensei’, ia tidak hanya berlaku sebagai penulis, tetapi benar-benar bertindak juga sebagai guru. Ada konten edukasi yang menyenangkan dibuatnya. Bukan hanya sekedar kelas, tetapi ada juga kuis yang menjadi tontonan menarik yang diberi judul “Are You Smarter Than An 8th Grader”.

Tidak hanya soal pelajaran sekolah, tetapi Sensei juga menyempatkan untuk memasukan soal chuuni. Kan 8th grade, iya kan?

BlueHeaven juga memprakarsai beberapa event yang diselenggarakan dalam channelnya. Event-event itu adalah Virtual Journal Award dan BlueHeaven Shadowverse Series. Virtual Journal adalah sebuah acara penghargaan kepada pihak terkait dalam dunia vtuber sesuai dengan bidangnya. Mengambil nama dari Virtual Journal, penghargaan ini ditentukan berdasarkan voting oleh para vtuber enthusiast dengan sistem tertentu hingga mendapatkan pemenang dalam setiap kategori. Sementara BlueHeaven Shadowverse Series adalah turnamen Shadowverse yang diselenggarakan bersama Shadowverse Indonesia untuk pemain asal Indonesia, yang diadakan selama tahun 2021 setiap dua bulan sekali.

Membuat event-event besar seperti itu, tentu saja sebuah pencapaiannya yang luar biasa yang dapat dilakukan oleh vtuber, apalagi dia hanya 6 bulan semenjak debutnya. Memang Sensei sangat aktif dalam membagikan kontennya. Hampir setiap minggu bisa 5-10 kali siaran langsung dengan banyak sekali variasi menunya. 

BlueHeaven adalah sosok yang terus mengejar apa yang diimpikannya, meski modalnya terbatas. Ini bisa kamu lihat dari bagaimana ia kesulitan membuat video cover yang berkualitas. Tetapi dari suaranya sebenarnya not bad lah (ea self-praise tros). BlueHeaven juga membuat lagu original pada debutnya dan berencana akan membuat yang lainnya, terutama satu untuk sebagai perpisahan kepada JOI. Namun sayang kini ia sedang berada dalam kondisi sakit saat artikel ini terbit, jadi tunggulah itu entah kapan mungkin setelah situs JOI sudah tiada (harap ditagih agar tak lupa).

Sebenarnya masih banyak konten-konten lain yang bisa diangkat dari seorang BlueHeaven. Seperti misalnya konten Kase Tau Dang Mener’, sebuah video singkat dua menitan yang membahas satu kata dalam bahasa Manado dan pengaplikasiannya dalam 3 bahasa lainnya (Indonesia, Inggris, Jepang). Ia juga memainkan game yang jarang disajikan oleh vtuber sebagai konten seperti game sepakbola efootball PES 2021. Ya, sisanya kalian cari tahu sendiri lah, jangan sungkan untuk menggali penulis hebat yang satu ini sedalam-dalamnya.

Kedepannya mungkin kita akan melihat lebih banyak ide yang lebih luar biasa dari vtuber sekaligus penulis kebanggaan JOI, apalagi masih banyak ruang bagi Sensei untuk berkembang. Doakan dan terus dukung saya, untuk mendapat live 2D dan yang paling penting untuk next project ke depan, ada sesuatu yang ingin saya lakukan bersama rekan-rekan lainnya setelah JOI tutup. Penasaran apa itu? Makanya terus ikuti saya untuk mendapat perkembangannya. 

Virtual Journal, bersambung?

– External Link / Tautan Luar –

Youtube: https://www.youtube.com/channel/UC8IaCGi3upyWUxqYBaRuDJQ

Twitter: https://twitter.com/BlueHeaven_ID​

Facebook: https://www.facebook.com/BlueHeaven.FB​

Twitch: https://www.twitch.tv/blueheaven_id​

Jurnal Otaku Indonesia: http://jurnalotaku.com/author/blueheaven

Karya Tulis (Web Novel/Story/Etc): https://trakteer.id/blueheaven/showcase

Mailbox: https://forms.gle/Cx1Wsw82SGRVGz8Q9