[Review] ODDTAXI

June 30, 2021 6:08 pm
[Review] ODDTAXI

“ODDTAXI” itu anime bagus yang nggak punya episode lemah.

Melihat saya menulis verdict langsung dan bikin review di penghujung akhir aktivitas situs, silakan lihat ini sebagai keseriusan pada opini tinggi saya sama seri ini.

Tampil sejak 6 April 2021 kemarin dan tamat setelah 13 episode. Ini adalah seri orisinal yang kebetulan saja manga-nya hadir duluan dibandingkan anime yang di-pitch sejak 2016 ini. Lucu aja sih seri ini juga punya premis “siswi SMA yang ngilang ngehasilin banyak perkara”.

Bedanya ya anime ini lebih berat di aspek thriller. Mayoritas cerita juga hadir via dialog antara sang supir dengan penumpangnya di Taxi. Langsung saya bongkar saja kalau alasan kenapa karakter yang ada itu sosoknya binatang merupakan salah satu misteri utama cerita. Hiroshi Odokawa selaku protagonis cerita sadar kalau ini tidak normal dan kondisi ini juga justru penting untuk mengikuti misterinya.

Desain yang ada memang membuat seri ini terlihat sebagai fabel, namun dialognya yang tajam dan fokusnya dengan penyakit sosial modern ngebuatnya menjadi seri favorit saya di musim semi 2021 ini. Pada dasarnya juga Odokawa jadi protagonis karena dia cuku apes taxi miliknya jadi koneksi utama para figur yang terlibat dengan misteri utamanya: Menghilangnya seorang siswi SMA dan perampokan 1 milyar yen. Seri ini juga sukses ngejabarin mindset seseorang yang punya adiksi yang destruktif, yang diwakilkan dengan 2 karakter millenial yang cukup nyakitin ngeliat perjalanan mereka selama penayangannya.

Maaf kalau saya nggak banyak ngejabarin isi cerita melihat tiap episodenya itu punya fokus karakter berbeda yang masing-masing punya subplot menarik mereka sendiri. Tolong percaya sama saya kalau tiap episode mending ditonton sesegar mungkin.

Lucu aja sih Natsuki Hanae yang notabene itu langganan buat protagonis shounen di-casting jadi bapak-bapak walrus yang jadi protagonis nih seri. Ini bukan kritik ngeliat dia juga dapet materi dialog yang bagus. Penting juga sebagai narator utama suara dia itu enak didengerinnya. Untuk casting juga sebenarnya saya cukup seneng dengan keputusan casting yang milih pemeran yang bukan dari anime untuk beberapa karakter.

Keunikan ini saya lihat sebagai efek dari staf sentralnya yang memang debut sebagai staf anime untuk proyek ini. Baku Kinoshita (sutradara) dan Kazuya Konomoto (skrip) yang mengerjakan keseluruhan musim nggak punya credits lain di proyek anime dan saya sangat nantiin keduanya balik lagi untuk bikin proyek serupa.

Sebenarnya juga bersamaan dengan penayangan anime ada Audio Drama yang ngasih lebih banyak konteks untuk para karakter. Untuk kalian yang sudah nonton tapi bingung sama adegan akhir, kalian cuma perlu tahu kalau pena aneh di akhir itu alat rekaman dan tiap episode drama memperdengarkan file audio yang direkam. Saya juga mulai ngegubris drama itu setelah ngeliat endingnya yang nekat banget nampilin adegan kayak gitu buat cerita yang kecil kemungkinannya bakal lanjut.

ODDTAXI itu anime yang saya pesimis bakal dibuat lagi melihat latar belakang produksinya dan konsep ceritanya. Sebuah eksperimen yang sukses dari staf baru yang punya cita rasa tersendiri dalam memproduksi anime. Seneng aja saya di akhir aktivitas JOI ini saya bisa cukup dibuat kagum dengan sebuah seri sampai saya buru-buru bikin review.

Sebagai penutup, mari kita dengarkan salah satu opening terbaik dari musim semi. Yang selalu merupakan tanda yang bagus kalau lagu tema itu punya judul yang sama dengan serinya, Ini nunjukin kepercayaan diri musisinya dengan proyek.