[JOI Spotlight] Kitchen Discipline Edition

April 24, 2022 20:06
[JOI Spotlight] Kitchen Discipline Edition

Selamat datang di JOI Spotlight seminggu sebelum lebaran. Maaf kalau publikasi agak pelan akibat para staf yang mulai siap-siap mudik jadi mari kita simak impresi para staf untuk berbagai episode minggu ini.

Mobuseka 03

Kaczmarek

Hadeh. Saya punya pengalaman buruk saat nonton “Kyuukyoku Shinka RPG” terkait ekspresi karakternya, dan kena trigger lagi di episode ini. Uniknya, keduanya terdapat Ai Fairouz sebagai seiyuu utama seri ini. Flashback Marie dibikin cepat untuk mengejar durasi, dan anda bisa nebak siapakah dirinya sebelum bereinkarnasi ke game ini.

Kalau saya bukan pembaca novelnya, saya pasti sudah mengeluarkan kalimat seperti, “Angelica mending ninggalin Julius dan deketin si Leon, kemudian jadi bagian harem bersama Olivia”. Mungkin canon juga, tapi jalan kesitunya harus penuh lika-liku hingga seri novelnya bisa masuk rekomendasi banyak situs.

BlueHeaven

Greget saya masih harus ditahan. Saya ingin melihat kelanjutan cerita di episode 4 terlebih dahulu. Apakah dosanya nambah atau tidak.

Shijou Saikyou no Daimaou 01-03

What’s this?

Another season of Kadokawa’s title masterclass

Kaczmarek

Tiga episode akhirnya berjalan, dan saya mulai memberanikan diri untuk ngangkat ini di spotlight. Sebagai pembaca novelnya, saya meringis dengan pengarahan dialog dan desain karakter adaptasi ini. Saya agak berharap lebih saat Takayuki Noguchi (Higehiro, Ro-Kyu-Bu!) ditunjuk jadi desainer karakter sekaligus Chief Animation serial ini.

Kemudian Mirai Minato yang kian aktif di SILVER LINK sebagai sutradara, masih menggunakan cara yang sama saat ia menyutradarai “KimiSen” beberapa musim lalu. Battle scene masih menjadi bagian paling menarik daripada dialog kesehariannya. Saya menduga adaptasi ini bakal tak selambat seri itu, karena tiga episode ini hampir membungkus 1/2 volume pertamanya. Tinggal nunggu si Sylphy nongol untuk membeberkan segala hal.

Ah ya, bakal stick dengan ini series hanya karena Olivia, and mah Queen.

Deaimon 03

Kaczmarek

Kanoko is here!!! Saya gak tahu dia masih dianggap “pacar” atau keduanya sudah berpisah secara baik. Setelah ini apakah balikan dengan Nagomu? Semoga aja dan bisa jadi figur ibu bagi Itsuka. Tamat! Ah no, masih ada bapaknya Itsuka yang masih misterius. Jangan khawatir juga bahwa Nagomu bukanlah bapak kandungnya Itsuka. Kalo iya, plot twist sinetron ini bakal bikin ceritanya makin aneh.

Hal lain yang bisa saya angkat adalah desain Kanoko yang menyerupai Hinako Hasegawa dari “Tada-kun wa Koi o Shinai”. Sekali lagi, sebagai yang punya “gigi manis”, saya salah nonton ini di tengah hari.

Tate no Yuusha no Nariagari 03

Kaczmarek

Yep ENGI ngerjain 3DCG disini, sama seperti yang mereka lakukan di seri “Vinland Saga”. Agak menyayangkan untuk menganggap hal ini sebagai hal baru, padahal sebagian besar animasi lain juga menggunakan teknik ini. Apakah output-nya buruk? Enggak, biasa aja. Mungkin sebagian penonton masih punya penyakit mata kalau ngeliat output dari teknik ini.

Anyway, saya satu suara dengan pendapat lain yang menyatakan bahwa arc ini adalah arc yang gak terlalu signifikan dan minim kejutan. Kecuali untuk mendatangkan karakter baru macam Ost dan membuka pelik baru di akhir arc ini (tunggu aja nanti). Nampaknya kita dapet porsi lebih untuk episode berikutnya setelah melihat Ost masih “ada” disitu.

Yuusha, Yamemasu 03

Kaczmarek

Well well, kayaknya gak cuma Leo yang kena bamboozled dengan sikap Lili, tapi saya juga. Sejak awal saya kurang menaruh perhatian terhadap Lili kecuali perangai kekanak-kanakannya. Dia hanya perlu dinasihati di saat yang tepat dan bakal melakukan pekerjaannya lebih baik dan tidak menyusahkan yang lainnya. Echidna minimal gak afk di episode ini, dan akhirnya ngasih misi ke Leo.

Ya Boy Kongming 04

Kaptain

Target utama kali ini ngumpulin 100k likes buat video, yang saya yakin pembaca modern sekalian udah cukup melek kalau kriteria ini gampang dicurangin. Eiko ngomentarin hubungan dia sama Kongming yang dengan bahagia saya bisa bilang kalau sampai puluhan chapter ke depan sifatnya masih platonik. Perlu diingat sebagai karakter, Eiko itu seseorang yang selamat dari percobaan bunuh diri dan penting buat dia, walaupun dibantu sama strategis legendaris; untuk bisa ngebantu diri dia sendiri.

Kirain bakal langsung ngenalin si rapper. Mungkin biar bisa langsung hajar proses rekrutmen minggu depan, ngeliat ini adaptasi jelas ingin ngasih bagian stage lebih banyak fokus di produksi.  Bagus juga itu lagu ED hadir secara diegetik.

BlueHeaven

At some point, anime ini hampir membawa penonton menuju rute: “Eiko got troubled – Kongming plan to save – task done successfully”. Tapi dengan hadirnya episode 4, semua skema itu bisa dibelokkan. Memang, kemungkinan bakal jadi sama seperti yang tertulis di kalimat pertama, tapi alur cerita yang ditunjukkan dalam animenya ini lebih dari ekspektasi. Penonton tak hentinya dibuat terhibur dari progress cerita, suara merdu Eiko yang tidak membosankan, dan bayangan wajah Kongming ganteng tanpa janggut dan kumis. Still give the best quality until now.

Die Neue These 30

Kaptain

“Kita mainin kedua pihak biar bisa berdiri di akhir”. Saya bukan kepala negara, tapi kalau ada pihak ekstremis yang penasaran sama kewarasan saya dan nasihatin biar ati-ati kalau mau ngelawan orang tertentu, I will listen. Rubinsky sendiri juga di akhir bilang kalau FPA (atau minimal Yang) dan Reind bisa aja berdamai, tapi seperti yang dia bilang: “Kebusukan datang dari atas, ga ada pengecualian” dan Fezzan sayangnya dapet orang yang ambisinya kegedean di generasi ini.

Summertime Rendering 02

Kaptain

Satu hal yang saya hargai dari seri isekai dengan sistem RPG itu si protagonis tau videogame itu apa dan ngerti cara mainnya. Ini nggak kayak seri zombie yang seringkali ga tau mayat hidup itu apa. Sebagai protag seri misteri untungnya Shinpei ini cukup melek soal time loop sama doppelganger sebagai konsep jadi masuk loop baru dia langsung bisa kerja. Udah gitu dia juga bisa cepet dapet orang yang bisa dikasih tahu soal Shadow dan nyiapin bukti buat ngeyakinin mereka.

Kematian kedua dan dua aturan penting diungkap. Seneng saya ini efek suara flash bisa lebih jelas nunjukin momen pas shadow dibuat dan jasad diilangin. Begitu juga aturan spesial buat loop Shinpei: timeline loop bakal maju jadi ada batas buat loop investigasi dia.

BlueHeaven

This MC is just like Subaru but smarter. Saya suka dia langsung bisa paham situasinya di restart pertama dan langsung bikin plan di restart kedua untuk nebus kesalahannya. Save pointnya juga ga itu-itu saja, jadi ga ngebosenin kalau dilihat dari prospeknya. Jalan anime masih panjang, kita lihat saja plot twist yang menanti.

SpyXFamily 03

Kaptain

Ini pelit banget ga nunjukin muka si adik, yang kayak gini bikin penonton curiga begitu si adik nongol anime ngerasa ini tuh sebuah twist reveal. Usaha pertama buat jadi keluarga “normal” dan Loid sebagai mata-mata sama sekali ga curiga si istri bisa gerak kayak gitu. Paling ya ngira program olahraga negara udah maju banget.

Emang cuma Anya aja yang tahu kebenaran di balik keluarga tapi ya terbukti ini skillset masing-masing anggota keluarga bisa punya sinergi bagus. Ini juga royal banget pake Gen Hoshino buat ED.

One Piece 1015

Kaptain

Episode Megumi Ishitani. Jadi yang nggak ngikut anime sekalipun silakan cek episode ini. Akhirnya anime bisa lagi ngelakuin sesuatu yang lebih dari presentasi power point dan bisa nyampe ke kualitas film. Ngehadirin adaptasi yang sangat bagus buat ngejual Yamato dan itu di akhir curang banget pake We Are buat penutup.

Memang masuk poin ini seri suka disindir pake judul “Roof Piece” ngeliat fokus konflik ke depan. Tapi to be fair ya banyak banget kejadian pentng di genteng ini dan di manga juga udah sampe titik di mana saya bakal kaget kalo atap Onigashima bakal masih ada dua minggu lagi.

Date a Live IV 03-04

Kaczmarek

Mungkin banyak yang sudah tahu soal perbedaan kualitas penayangan di Bilibili dengan di terestrial JP, jadi gak perlu dibahas disini ya hehe. Di dua episode ini akhirnya Nia akhirnya bisa membuka diri dari sebelumnya. Namun ia sendiri juga masih harus mengatasi egonya yang sering membuatnya terlihat buruk.

Hal lain yang mungkin agak saya bingungkan adalah fase perubahan Nia, kehadiran Artemisia, dan objektif dari Isaac.

Mahou Tsukai Reimeiki 03

Kaczmarek

Surprisingly episode ini di-cover lebih baik dari sebelumnya. Roux mulai akrab dengan para murid barunya tersebut, termasuk Kudou. Masa lalu Kudou dan Holt mulai terbuka sedikit demi sedikit. Namun Kudou yang paling jelas disini, termasuk alasan mengapa ia memutuskan untuk menjadi penyihir walau berbeda ras dari manusia.

Kita juga ketemu Youhei, yang kini sudah berbeda……suaranya dan juga posturnya. Shinpu/Zhinpu juga akhirnya muncul, namun berakhir dengan tatapan mata yang sayangnya ia tutup sendiri. Saya pura-pura gak ngeliat soal fanservice di episode ini deh, sama Zero yang sekilas ngomong di waktu ini.

Kakkou no Iinazuke 01

What’s this?

Your seasonal sinetron

Kaczmarek

Mungkin saya bakal terbiasa dengan Naobou meranin karakter atau heroine macem Hiro Segawa. Anda tahu pattern-nya bukan? Apalagi yang sedang membaca manga-nya. Anyway, menahan diri untuk gak lanjutin baca manga-nya setelah nyobain tiga bab beberapa bulan yang lalu. Jadi saya buta sebagian terhadap jalannya cerita seri ini.

Paling tidak, saya bisa berekspektasi Nagi bakal lebih menarik untuk diikuti mulai dari tingkah dan pilihan hidupnya. Yep, ini melihat arah hubungan yang bakal ditarik darinya, dan menuju dirinya. Also, hope Shin-ei and SynergySP could do better job on this than Hachinantte” and “Mashiro no Otoon visual and enjoyment perspective.

BlueHeaven

Material yang dimiliki sinetron ini sebenarnya lumayan bagus untuk dibuat menghibur penonton. Tapi entah kenapa saya tidak nyaman menontonnya. Bukan, bukan karena plotnya bisa langsung ketebak saat itu juga, -meski yang ini juga ada benarnya- tapi bagaimana sutradara menyusun bagian intronya dalam pembagian waktu selama 24 menit, itu yang bikin saya tidak nyaman.

Kualitas animasinya juga tergolong di bawah standar untuk episode pertama. Ini episode pertama loh, tapi saya masih menemukan karakter yang mulutnya tidak terbuka padahal dialognya sedang berjalan. Sangat disayangkan potensi menikmati sinetron musiman berkurang satu.

Shokei Shoujo 04

Kaczmarek

Akari dengan sikap bocahnya, jadi satu hal yang bakal selalu mengganggu Menou sepanjang ia menemaninya. Mengingat saat minggu lalu dan di awal episode ini, Menou dan Momo masih mencurigai apa yang disembunyikan Akari dengan kemampuannya. Tentunya ini bakal terjawab di satu momen yang tepat, yaitu pembunuhan berkedok ritual itu.

The only thing that charming to me from Menou is her “He?”. Meanwhile Akari still become a brat under that mask.

Gaikotsu Kishi-sama 03

BlueHeaven

Jadi elf yang selama ini saya lihat, itu adalah dark elf!? Untungnya series ini gak seramai Spy x Family. Kalau ga, bisa jadi drama rasis-rasisan kembali terangkat. Just another episode with fan service dari anime kepahlawanan ksatria tengkorak.

Arknights (EN)

Kaczmarek

Selagi nunggu NTR, saya ngikutin informasi di 7ucky terkait 3rd anniv. Saya gak nyangka event ini jadi infodump terkait skin baru, live 2D, event baru, teaser anime dan masih banyak lagi. Beberapa hal membuat saya tertarik terutama pada Rhine Lab, dan skin-nya Aurora. Mantep banget skin-nya polar satu ini.

Satu kata untuk mendeskripsikan progres HG dan Yostar di game ini: NGEBUT!

Sekian JOI Spotlight kali ini. Jadi apa saja impresi kalian untuk seri minggu ini? Jangan lupa untuk update kecil lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: mugimugu