[JOI Spotlight] Sweep Edition

May 29, 2022 20:18
[JOI Spotlight] Sweep Edition

Selamat datang di JOI Spotlight di penutup Mei ini. Sekarang mari kita simak impresi para staf untuk berbagai episode minggu ini.

Mobuseka 08

Kaczmarek

Intense episode, kalau kalian ngikutin Olivia sampai detik akhir. Satu hal yang dilupakan Leon disini tentunya adalah makin sering ia memperbaiki konten dalam game ini, makin besar kemungkinan ia tak lagi menjadi mob chara. Langkah berikutnya terhadap Olivia jadi salah satu langkah terpenting bagi hubungan Olivia-Angelica-Leon. Ah iya, si Mylene masih kepincut musuh anaknya sendiri padahal udah punya suami. Adaptasi ini udah jadi junk food saya di musim ini, jadinya nagih terus di lidah.

Yuusha, Yamemasu 08

Kaczmarek

Ah, lagi-lagi episode flashback namun kali ini makin menyakitkan. Eibrad, imp cerdas yang beralasan disuruh ke dunia manusia sama para demon demi mencari tempat hidup baru. Ia jadi salah satu alasan mengapa Leo menantikan kapan umat manusia tak lagi membutuhkannya. Saya mengira ada kaitannya dengan buku yang ditulis itu. Buku yang dibaca juga sama Echidna dan mungkin menjadi sumber alasan mengapa ia ingin umat manusia dan ras lainnya bisa hidup bersama.

Tentunya kita penasaran bagaimana dengan nasib Eibrad pasca dibawa oleh pihak berwajib di JP. Apakah ia adalah author dari buku yang dibaca Echidna dan Leon? Apakah ia masih hidup? Pertanyaan yang bakal muncul terus jika hingga episode terakhir ini tak ada sama sekali jawabannya.

Oh iya, ED baru. Ini lucu dan simbolis banget. Terutama saat Echidna meluk kepalanya Leon.

Ya Boy Kongming 09

Kaptain

Episode Azalea yang bukan dari Aqours. Selamat buat studio yang ngebuat fanservice yang nggak enak diliat. Nanami jelas nggak nyaman banget dengan rebranding band dia tapi ya sesuai yang dibilang si produser: Ini kerjaan, bukan hiburan. Eiko juga udah cukup dapet character development buat single andalannya dan Kongming dapet antagonis yang cocok buat penutup musim. Ini sisa 3 episode harunya udah cukup buat konflik hari H nanti. Ngeliat Kabe juga dapet lebih banyak fokus, paling ya rap battle dia bakal ditinjukin di anime ini.

Die Neue These 35

Kaptain

Iselorhn emang ga punya Yang, tapi benteng masih punya Merkatz selaku veteran yang hapal soal temperamen perwira Empire dan punya kendali armada yang jelas jauh lebih bermutu dibanding faksi bangsawan dulu. Jelas saya kecewa kita ga dapet duel jet ski jadi ya cuma bisa nrimo sama CG power armor.

Sebagai penonton kita tahu kalau Yang selaku protag itu bahaya banget sebagai musuh. Tapi wajar aja sih Kempf selaku ketua operasi lebih prioritasin ngambil alih Iselorhn selaku target utama operasi daripada ngeburu si protag. Risiko dari rencana Oberstein yang micu kompetisi di antara jendral Empire ya gini deh, ngehasilin jendral yang boros sumber daya dan kelewat nekat buat ngejaga posisi dia.

Deaimon 08

Kaczmarek

Episode melancholic yang malah menggugah Kanoko untuk mendekati Nagomu sekali lagi. Namun, ia butuh alasan lebih selain menyukainya dan itu adalah kenyamanan kala bersamanya. Seperti testimoni dari mantan rekan bandnya dahulu, mereka mengerti sosok Nagomu memang seperti itu. Semoga ada pemecahan dalam konflik batin Kanoko. Mengapa kau pindah ke Kyoto kalau bukan karena Nagomu?

Tate no Yuusha no Nariagari S2 08

Kaczmarek

I don’t favor this episode more than the one before. To be honest, the downfall itself started when they changed the main staff from the first season. Bahkan saat Keigo Koyanagi tetep di proyek musim kedua, ini gak cukup untuk mengembalikan kualitas dari musim pertama. Namun kita juga harus sadar bahwa arc di musim ini emang lackluster dari arc lain.

Shijou Saikyou no Daimaou 08

Kaczmarek

Seperti ekspektasi, Sylphy nyerang Ginny, Ireena, dan Ard dengan komando villain itu. Seperti ekspektasi, dia sadar dan minta maaf. Seperti ekspektasi, Lydia nongol lagi di depannya untuk menyadarkan situasinya. Seperti ekspektasi, episode ini berakhir seperti itu. Satu hal yang gak sesuai ekspektasi saya adalah flashback yang menampilkan Olivia dengan gaya kunoichi-nya.

Tomodachi Game 08

Kaczmarek

Hahahaha, saya demen ini episode hanya karena Maria yang pura-pura jadi peserta game ketiga. Sementara Tenji kelaperan di gua jadi ujian tersulit sejak puasa Daud. Paling enggak Reiko bisa diem disini karena Tsukino. Akibat dari meremehkan kelompoknya Yuuichi dan juga taruhan tadi.

Mahou Tsukai Reimeiki 07

Kaczmarek

Zero lagi-lagi sering banget kehabisan mana. Dia juga masih batu kalau udah ada urusan bareng Youhei. Holdem udah dateng dengan alasan tersembunyi ke desa ini, jadi bersiaplah betapa ngeselinnya karakter satu ini. Kalo pace-nya gak berubah, musim ini akan berakhir di dalam desa juga. Disini bakal ada peristiwa penting terkait Sayb, terutama dari penyusup. Mari nantikan hal tersebut.

Summertime Rendering 07

Kaptain

Informasi penting kali ini adalah gimana cara bisa dapet imunitas dari skill copy Shadow dan cara buat matiin mobilitas mereka. Spesifiknya emang belum dijelaskan, tapi ini “Nagumo” seperti yang kalian bisa lihat kompeten banget soal ngebunuh shadow. Komentarnya kalau Shadow bakal pake manipulasi mental emang punya bobot, tapi ini “Ushio” emang ngebuat Shinpei bimbang banget ngeliat aksinya di loop sebelumnya.

Seneng aja ada karakter manga yang mau bilang “diskusi filosofi dan moral nanti aja kalau udah menang”.

SpyXFamily 08

Kaptain

Yah, dijadiin 2 part. Nih Arc NTR emang dapet perlakuan spesial  Seperti biasa, karakter kompeten seri ini punya blind spot gede demi momen komedi dan ini juga Yuri kedukung banget sama performa Kensho Ono. Episode ini juga ngingetin saya kalau Loid langsung tahu Yuri itu polisi rahasia.

Love Live Nijigasaki 09

Kaptain

Full english buat insert song Mia, ini juga MV budgetnya lebih banter. Ujung-ujungnya dia lebih banyak interaksi sama Rina buat konflik internalnya  Bagusnya juga ini subplot Lanzhu bisa dikelarin bareng jadi sampe akhir musim nanti harusnya udah lancar.

Shokei Shoujo 09

Kaczmarek

Setelah beberapa episode, akhirnya Menou bisa ngomong pedes lagi soal tingkah childish-nya Akari. Gelembung emosi udah saya tahan dalam tiga episode, dan akhirnya bisa dipecahkan Menou.

Balik lagi, disini saya ngeliat pertarungan Menou vs. Grizarika berasa gak berguna kecuali sebagai perkenalan. Sementara Manon masih bertingkah lugu di depan mereka sampai-sampai Akari mau menyeledikinya sendiri. Tindakan gegabah kalau melihat Akari menggunakan kepribadian pertamanya, namun disini dia pake kepribadian keduanya yang lebih cerdas. Doable tapi berisiko jika melihat ancaman Manon.

Date A Live 08

Kaczmarek

Akhirnya berakhir dengan cara tipikal Date A Live. Untuk kali ini bukan “There’s a calm before storm” tapi “There’s a fanservice after storm”. Episode 9 nantinya bakal ada kesenangan dulu sebelum memasuki bagian akhir. Tak terasa ya, udah sampe sini. Saya malah mengiranya bagian Mukuro bakal di-extend paling enggak sampe 9.

Kakkou no Iinazuke 06

Kaczmarek

Bakal makin seru ini sinetron kalau ada tokoh antagonis yang bakal memecah ketiganya. Namun di pertengahan seri ini, kita masih diberi atmosfer kalem di luarnya. Animasinya masih konsisten, tapi hal-hal detail lebih dikurangin kayak pergerakan anggota badan karakternya. Dari story-nya, hah story? Ada story-nya ini prolog selain pertemuan dan kesalahpahaman? Satu hal yang sangat diapresiasi di episode ini adalah censorship batangnya Nagi.

Disini gue dukung Hiro untuk menang, walau kansnya kecil berkat Naobou. Terakhir kali dukung heroine yang diisi Akari Kitou menang itu di Grancrest Senki haha.

Kunoichi Tsubaki 08

Kaczmarek

Tim babi hutan akhirnya nongol walau gak punya tujuan sebenarnya. Pulang-pulang bagi-bagi daging haram dan untungnya Asagao kali ini dapet walau ngomong kata terlarang. Bagian kedua disini cukup wholesome membahas tim anjing terbentuk.

Arknights (EN)

Kaczmarek

Here we go. Mansfield Break dengan gaya, gaya males-malesan. Akhirnya bisa sempet beli skin Saria setelah sebelumnya kurang PO. Re-run ini juga jadi lahan farming Aketon dan Sugar yang di inventory saya cuman nyisa 20 dan 27.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Jadi apa saja impresi kalian untuk seri minggu ini? Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: TinaFate1

Sorry. No data so far.