Girls Frontline di 2022: Masih Pantas Dimainin?

June 1, 2022 17:12
Girls Frontline di 2022: Masih Pantas Dimainin?

Di pasar mobage sekarang, atau lebih spesifiknya game gacha; kalau nggak dibacking perusahaan gede ya minimal game ngeadaptasi seri besar. Makanya melihat pasar yang lebih kompetitif ini saya bakal mulai ngulas game gacha yang paling nggak bisa tetep sehat dalam setahun, untuk mastiin apakah game masih pantas buat dimainin dibanding kompetisinya. Girls Frontline sudah masuk tahun keenam di CN dan tahun keempat di pasar global jadi sudah saatnya kita lihat lagi game ini dengan mata yang lebih segar.

Masih dikerjakan Mica Team yang saat artikel ditulis sudah merilis “prekuel” game dan close beta untuk sekuelnya. Dev juga sudah memastikan game nggak akan ditelantarkan atau minimal masih bisa dimainkan bahkan setelah cerita selesai. Silakan sebut saya naif, tapi Yuzhong (yang masih naksir banget sama Hideo Kojima) sebagai developer sangat peduli sama brand yang dia pegang ini. Sejak impresi awal dulu juga game udah resmi hadir di appstore/playstore lokal.

Kalian bisa bandingkan performa game 6 tahun ini lewat data di atas. GFL punya reputasi unik di pasar, via urban legend kalau penghasilan tahun pertama sebuah mobage di bawah GFL, tuh mobage bakal mati. Kalau setelah setahun juga penghasilannya jatoh di bawah GFL, game juga akan mati. Saya nggak terlalu percaya sama standar ini ngeliat Mica selain dipegang 80% sahamnya sama Yuzhong selaku si CEO (20% sisanya Tencent), proyek merchandising dan live event mereka juga performanya bagus. Dengan kata lain mati enggak-nya game bergantung sepenuhnya sama keputusan si CEO.

Jadi apakan GFL masih worth playing? Ada tiga poin yang saya bilang bikin ini game tahan lama.

You Get Everything* in Time

GFL bakal ngasih gratis unit meta dan material buat ngemaksimum mereka secara gratis selama kalian ngelarin misi. AR Team selaku tim gratisan itu saking bagusnya kelemahan mereka cuma “hanya bisa dipake di satu tim”. Unit meta sisanya bisa didapet dari event atau nunggu aja ngedrop dari Production yang sekarang udah bisa fokusin apa class yang dimau.

Asteriks saya berikan karena konten dari event collab yang cuma berlangsung sementara emang udah realita genre ini. Tapi bahkan untuk sistem gacha konvensional semacam Protocol Assimilation dan Costume sekalipun masih bisa “dicurangin”. RNG buat SF Capture bsa dimainin kalau kalian bisa sabar baik saat ngegilir unit atau beli langsung dengan nge-scrap unit rarity 2*. Kostum L2D sekalipun bisa kedapetan via sistem pity yang bisa dipakai selama banner jalan, atau ditabung via Black Card bila kalian dapat kostum duplikat yang bisa ditukar untuk mayoritas kostum. Sekarang juga sebenarnya sudah ada toko kostum permanen buat kalian yang punya surplus gem.

Aksesibilitas ini ironisnya jadi alasan kenapa Girls Frontline bukan game gampang, dan seperti yang bisa kalian lihat di atas; ini opini orang yang tahu cara main nih game. Ranking map selaku konten paling susah dari tiap Campaign bisa makan sejam bahkan kalau mainnya kasual. Itu karena balancing mengasumsi pemain udah punya mayoritas unit meta dan unit pendukung macem Heavy Ordinance dan Fairy yang udah maksimum juga. Ada juga Theatre selaku kombinasi dari “PVP” dan boss rush game ini yang walaupun udah disederhanakan, tetep aja butuh koleksi roster yang gede buat bikin counter yang handal. Untung aja untuk kalian yang cuma ingin ngikut story sekarang ada Story Difficulty buat campaign. Di mana akun yang umurnya sebulan juga viable buat namatin campaign.

Pada akhirnya saya bilang sumber daya paling penting untuk game ini tuh waktu. Leveling skill, ngumpulin resource, dan ngirim ekpedisi itu butuh waktu dan kalian butuh itu semua biar progresi lancar. Resource memang bisa beli via sistem monetisasi tapi ini konversi duit ke barangnya jelek banget. Pemain veteran bakal lebih nyaranin beli paket bulanan buat beli infrastruktur base dan slot squad.

Tentu aja game usia 6 tahun ini jelas udah tua gameplaynya walaupun QoL dan update terus diberikan. Ngelihat sistem redundan kayak repair dan mesti juggling equipment itu nyapekin. Saya akui juga Blue Archive itu iterasi lebih lanjut dan lebih sederhana dari GFL, melihat pas presentasi dev BA juga mereka ngaku GFL diakui sebagai dasar desain gameplaynya. Secara pribadi juga sebenernya saya lebih seneng dengan pendekatan karakter BA yang lebih dikit tapi lebih punya banyak screentime di cerita.

Ada juga fakta kalau ending ceritanya udah keliatan jalurnya melihat buat antagonis juga tinggal satu faksi aja. Ini bukan game yang bakal terus ke-update sampe 10 tahun ke depan, malah saya prediksi gama bakal namatin cerita utamanya dalam 2-3 tahun. Sejauh ini juga fitur yang perlu dikerjain tinggal sistem Vehicle aja.

4 Games Worth of Setting Materials

“Ceritanya gelap, dewasa, PTSD inducing”. Itu semua memang suka digunakan sebagai deskripsi, namun tentunya terlalu reduktif buat ngasih rekomendasi yang bermutu. Namun kalau saya harus mendeskripsikan GFL sesingkat mungkin, saya bakal pake “Cerita soal manusia yang jangan sampe dikloning, nggak bisa berhenti dikloning.” Iya, ini emang proyek yang dipimpin sama orang yang kelewat ngefans sama Hideo Kojima.

Girls Frontline adalah seri tentang perang, tepatnya seri tentang dunia yang berusaha pulih dari perang. Tentang luka dan trauma yang nggak keurus dan akhirnya meledak jadi bencana yang lebih parah. Ini juga diperparah dengan fakta kalau di timeline 10 tahun ke depan nunjukin Shikikan yang udah kalah. Sementara 30 tahun ke depan menunjukkan dunia yang jelas nggak diinginkan sang Shikikan.

Anyway, sejak impresi awal dulu sang Shikikan sekarang udah jadi karakter yang nggak sebatas jadi sudut pandang pemain aja. Jadi maaf untuk kalian yang ngarepin self-insert tapi saya pribadi lebih suka format ini. Susah bikin interaksi menarik sama blank slate, walaupun bisa dimengerti juga kalau ada yang nggak cocok sama sang SKK yang jujur aja lebih kayak protag seri shounen semakin ke belakang.

GFL juga sudah cukup konsisten dengan struktur ceritanya. Emang sejak masuk Continuum Turbulence jumlah skrip tiap campaign itu udah seukuran novel, namun ini lebih karena cerita disampaikan lewat berbagai sudut pandang. Di Dual Randomness kemarin aja ada 5 tim protagonis dengan arc mereka sendiri. Masih soal struktur, di mobage CN entah karena mandat dari atas, masalah waktu produksi, atau tuntutan buat standarisasi durasi cutscene/event, tapi saya ngeliat struktur dialog yang kelewat kaku. Ada yang bilang ini karena gaya literatur dari sana yang dipaksa tetep diaplikasiin ke bahasa lain, jadi kita kedapetan dialog yang terlalu deskriptif. Jadi skrip di mana satu kalimat aja udah cukup jadi mekar ke dua paragraf.

Girls Frontline entah akibat developer yang melek soal realita dari bahasa lain atau tim translator yang dikasih lebih banyak otonomi untungnya ngehindarin masalah di atas. Saya tahu sih pas di event Va-11 Hall-A dialognya bisa lebih tajam dan penggunaan idiom juga lebih alami ngeliat Sukeban selaku dev barat banyak terlibat di skrip.

Tentu aja buat masuk cerita benerannya ya pemain harus ngelewatin era villains of the week chapter 1-9. Saya juga megang posisi kontroversial berupa “manga dan anime (yang tayang secara lokal) lebih mendingan buat ngikut cerita game dibanding gamenya”, yang nyakup paling nggak 8 chapter saat artikel ditulis. Tapi ya setelah itu bakal kerasa banget kualitas penulisannya naik drastis begitu masuk Deep Dive dan bisa mulai jalan di Singularity. Ada juga sih cutscene intepreter buat kalian yang ingin main game sebagai VN dan youtube buat kalian yang nggak berniat atau nggak cocok dengan gameplaynya.

Untuk bagian awal yang lemah, saya juga ngeliat season 2 (Continuum Turbulence sampai Chapter 13) walaupun emang naik drastis kualitas ceritanya itu setengahnya abis buat nutup plothole dan ngasih klarifikasi konsep yang belum jelas dari season 1 (Chapter 1 sampai Singularity). Bahkan chapter 12 aja didedikasiin buat mayoritas cast duduk manis dan ngasih kesaksian mereka soal apa yang terjadi di setahun terakhir gamenya. Jadinya kerasa banget hentakannya akibat banting setir dari “Kancolle pake bedil” ke “Tiberian Sun: A Hideo Kojima Production: ”. Sekedar info, Global sendiri baru masuk pembuka season 3 jadi ya event kemarin kebanyakan ya buat setup cerita.

Jujur aja, Girls Frontline itu butuh semacam rangkuman internal yang dapet update setiap masuk arc baru. Ngarepin pemain ngumpulin semua log atau nemu objective rahasia buat dapet cerita utuh itu nggak efektif. Kesannya jadi ngelempar tanggung jawab nyampaiin cerita ke pemain lain yang lebih ngerti.

Apakah Kualitas Waifu Masih Mantep?

Yep.

Cuma sekali lagi ya masalahnya di screentime. Ngeliat unit yang bukan karakter utama ya kegeser ke event musiman atau kostum. Udah susah juga ngarep unit low rarity, apalagi yang dari bonus login; buat dapet cukup waktu. Makanya sekarang juga kebanyakan mobage lebih suka ngasih roster karakter dikit walau versi alter banyak.

Apakah Gampang Buat Pemain Baru?

Saya definisikan gampang di sini sebagai “bisa ngejar konten terbaru, bukan yang tersusah; dengan mudah ”. Saya masukin Girls Frontline di kategori “Ya kalau mau aktif main di sebulan awal”, melihat itu timeline realistis buat ngelarin semua career mission dan punya 2 echelon yang sesuai standar. Kalian bakal dikasih paksa unit meta kalau ngikutin misi beserta material skill & equip awal, buat team building juga kalian cuma perlu fokus di formasi ARSMG dan RFHG buat mayoritas konten. Saya estimasi ini bakal lebih gampang lagi pas misi client baru yang hadir Juni nanti udah diimplementasi.

Girls Frontline

Formasi aneh-aneh juga cuma kepake di difficulty EX sama Theatre. Ini buat Wave Patroller Theatre btw

Melihat gameplay loopnya yang fokus di ngumpulin resource yang otomatis regen, game nggak perlu tiap hari dimainin. Malah selama kalian punya 4 squad level 90 baik buat misi siang dan malem kalian masih punya kesempatan bagus buat ngelarin semua konten vital. Pemain baru juga bisa dapet unit Coalition/SF lebih awal dan ngegilas konten paling nggak sampe Polarized Light. Secara efektif begitu kalian udah punya tim yang kompetitif game bisa dicuekin sampe ada event penting macem Theatre, Seasonal/Collab, sama Story Campaign.

Untuk yang muak dengan grinding sekarang juga untungnya ada fitur sweep/quick auto yang sayangnya butuh tiket dari hadiah dailies dan cuma bisa dipakai di combat chapter. Sebagai kompromi untuk event, ada map khusus grinding yang gampang diauto dan sistem pity via medal buat dapet doll spesifik. Memang grinding masih nyebelin dan tentunya ga senyaman game dengan sweep beneran, but it’s better now. Paling nggak udah ga perlu capek resupply dan ngatur rute buat prosesnya.

Girls Frontline

Saya juga sadar di beberapa hardware, baik smartphone dan emulator; GFL itu masih suka ngambek. Entah via crashing atau gagal login. Cuma sejauh ini untuk pemain emu saya saranin LDPlayer atau Mumu yang saya kasih rating “lumayan stabil walau suka ngambek pas login”.

Pada akhirnya ini jatuhnya di ekpektasi. Mereka yang ingin dapet semua unit ya mesti rela ngelewatin dapet unit collab, mereka yang lebih demen unit SF dan naksir sama kostum tertentu masti sabar banner unit yang relevan dapet rerun, mereka yang penasaran sama cerita maupun karakter ya mesti nolerir chapter awal yang lemah. Mungkin juga kalian penasaran sama latar belakang cerita dan karakter dari GFL2 selaku sekuel dan PNC selaku prekuel yang sistemnya lebih sederhana dan stabil, tapi saat tuh game bisa saya mainin paling ya saya bkal nulisin artikel buat rangkuman.

Secara pribadi juga Girls Frontline bisa lama terinstall di hardware saya karena GFL nggak ngambek kalau akun kalian terlalu lama dicuekin. Untuk kalian yang tertarik namun masih agak bimbang, saya saranin untuk nunggu client baru yang harusnya hadir bulan Juni ini. Cuma ya ngeliat kebiasaan nih developer saya nggak akan kaget kalau turunnya baru tanggal 30 nanti. Tentu saja JOI juga punya Discord untuk yang butuh panduan awal buat main game ini dan game lainnya.

Sorry. No data so far.