[JOI Spotlight] End of Spring 2022 Edition

June 26, 2022 21:01
[JOI Spotlight] End of Spring 2022 Edition

Selamat datang di JOI Spotlight. Kalau nggak tamat ya beberapa anime mulai istirahat untuk produksi cour selanjutnya. Sekarang mari kita simak impresi para staf untuk berbagai episode minggu ini.

Mobuseka 12 (End)


Kaczmarek

Saya gak bisa nyebut seri ini diikutin secara emosional roller coaster, tapi lebih kayak mudik lewat Pantura. Hal yang stabil dari ujung ke ujung adalah pemotongan dialog yang lumayan, namun ada beberapa detail kecil yang tentu agak mengganggu bagi pembaca novel. Bagi pembaca manga, saya pikir ini adaptasi yang okay-ish

Kalau benar kartu Arifureta bakal muncul, saya berharap gak dadakan ngumumin anime-nya. Paling enggak dipoles lebih watchable atau desainnya yang jangan dibuat terlalu kaku. Gak, saya gak minta Masahiko Suzuki untuk dibuang, tapi semoga anda improve sebagai main chara designer for anime. Sebagai first-timer, tentunya cukup berat untuk memundak dari awal produksi sampe akhir. Belum lagi ditambah dengan melihat impresi penonton.

Ah yes tak lupa juga dengan novel what if baru yang bakal fokus ke Marie.

Yuusha, Yamemasu 12 (End)

Kaczmarek

Udah kelar stretching-nya ya. Untuk satu volume novel diadaptasi jadi satu season, ini jadi seri yang cukup enjoyable karena dialognya yang gak ngebosenin. Tapi jujur saya agak dibuat kesel dengan Lili, tapi mau gimana lagi, dia masih bocah. Satu hal yang disayangkan lagi adalah momen pegangan tangan di episode ini gak dibuat seromantis mungkin haha.

Jerietta harus sabar disini karena lawannya bukan cuma Echidna, tapi yang lain juga. Termasuk Melnes. Jangan lupa Melnes ini cowok. Drunk Steina jadi pemandangan terbaik episode ini bagi saya.

Tomodachi Game 12 (End)

Kaczmarek

Gila juga nge-rush-nya, gaada waktu buat napas hahahaha. Ya paling enggak ini momen Yuuichi vs. Kuroki bisa akurat dari manga-nya. Tsukino masih menjadi idaman disini, tapi kita juga masih nunggu Shiho turun ke lapangan lagi. Maria masih jadi prick sampe chapter terakhir yang saya baca. Sementara Kokorogi, HAHAHAHAHAHAHAA.

Season 2 kayaknya doable, tapi tentunya kita bakal kerasa banget sama rush-nya. Asal jangan ke-skip aja di beberapa chapter.

Shijou Saikyou no Daimaou, Murabito A ni Tensei suru 12 (END)

BlueHeaven

Good arc to end this series. Walau banyak misteri tidak terjawab seperti soal Disaster Rogue yang dikasih misi sama God, di sisi lain Ard yang MC dikasih misi yang bertolak belakang oleh God yang sama. Ginny sama Ireena fix bloonnya minta ampun. Dah disekolahin padahal, masih aja mau dikibulin. Ga bisa nyalahin sih, soalnya otaknya cuma isinya soal Ard doang.

Satu kritik saya untuk anime ini. Tolong BGM-nya jangan bikin mood hilang. Itu musik kayak “Pahlawan sudah tiba, siap menyelesaikan masalah” diputer terus di situasi manapun. Menjengkelkan untuk dinikmati. Setidaknya anime ini nambah satu angka ke record chest tontonan saya.

Gaikotsu Kishi-sama, Tadaima Isekai e Odekakechuu 12 (END)

BlueHeaven

Berakhir dengan happy ending. Akhirnya Chiyome bisa melihat wujud Arc lepas helm. Misi dinyatakan berakhir, akhir yang bagus untuk menyelesaikan segalanya. Kesempatan season 2 terbuka dengan ending yang ditunjukkan seperti ini. Bisa saja cerita berlanjut ke kisah perjalanan Arc menghilangkan kutukannya, serta konflik kerajaan dan perdagangan ras non-manusia yang masih belum kelar. Tapi sih.. Biasanya kalau anime sudah putar opening dan ending di dalam screentime episode terakhirnya bisa jadi ini yang terakhir. Mau lanjut atau ga, still this is fair enough for this kind of anime.

Aharen-san wa Hakaranai 12 (END)

BlueHeaven

Ternyata bukan Reina yang confess duluan, melainkan Raidou. Owalah gentle juga kau, Raidou, biasanya imajinasinya kemana-mana pas lihat gerak-gerik Reina yang aneh. Satu fakta mengejutkan juga terungkap kalau Ooshiro ternyata bisa lebih jago main othelo dibanding Reina. Tapi Raidou dengan buff kekuatan cinta bisa membuat papannya berbentuk hati. Pada akhirnya, berapa banyak liter stok darah yang harus disumbang palang merah untuk Toubaru-sensei?

Tate no Yuusha no Nariagari S2 12

Kaczmarek

Momen dimana Naofumi kerasukan dan mengeluarkan isi hatinya kepada Rishia, itu adalah moment of the season dari seluruh anime yang saya tonton di musim semi ini. Walau impresi saya udah kayak garis fluktuasi, paling enggak arc ini dihabiskan dengan puncak tertinggi garis tersebut. Sempet mengira bagian perpisahannya bakal di-extend paling enggak lima menit, tapi paling enggak dialognya Kizuna gak ke-cut di momen ini.

Sekilas kita dapet scene Sadeena, Atla, sama Fohl. Saya berharap ada S3-nya kalau dananya cukup. Tapi semoga gak ada pergantian staf lagi di bagian penting karena bakal berubah lagi kualitasnya.

Deaimon 12 (End)

Kaczmarek

Cukup sedih episode ini berakhir dengan Yukihira cuman nungguin di jembatan tanpa berkunjung ke Ryokushou. Padahal udah berharap dia nyambangin toko itu dan jadi surprise bagi Itsuka. Pahitnya ulang tahun tanpa kedua orang tua asli makin kerasa di hati Itsuka. Momen lain dalam keadaan yang sama juga bakal terjadi lagi di hari spesial lainnya.

Mahou Tsukai Reimeiki 11

Kaczmarek

Heartful x Tyrant SHIP IS SAILING YUHUUU!! Couple di series ini (termasuk Zero kara Hajimaru) ini jarang yang normal, apalagi karakter utama dan pendukungnya. Dari permintaan untuk balik demi keselamatan, momen perang ini malah jadi ujian akhir bagi Sayb, Roux, dan Kudou.

Yang jadi misteri dari episode sebelumnya adalah darimana Remnants of Despair ini bermula. Akhirnya ada inisiatif dari Albus, dan Torres mengungkap asal dari kutukan ini. Kita juga ditampilkan muka pelaku di preview dan episode berikutnya tinggal clearing.

Date A Live IV 12 (End)

Kaczmarek

There’s a lot information on this episode especially on Kurumi and Reine’s side. Musim ini berakhir dengan pas namun emang agak ke-rush di beberapa episode. Kita bakal disajikan Mio x Kurumi untuk arc berikutnya. Banyak yang mengira proyek ini layak untuk dapet sekuel, dan benar saya setuju karena komitmen mereka sampai ke volume ini diadaptasinya. Pattern produksi dari seri lain juga bakal nembus ini seri sampe akhir volume. Tapi paling enggak butuh dua musim lagi (satu musim udah secured).

Kunoichi Tsubaki 11

Kaczmarek

Benisumono ini. moody-nya minta ampun. Part pertama penuh dengan Hinagiku yang harus nangis karena kunoichi yang lain lebih lucu darinya. Sementara part kedua isinya misteri laki-laki lagi. Tapi justru yang menarik adalah Hana-sensei dan masa mudanya (sekarang masih muda jg keknya) yang ngegambar laki-laki mancing di gulungannya. Kalo ada episode flashback Hana-sensei di masa mudanya, keknya bakal menarik.

SpyXFamily 12

Kaptain

Ngeadaptasi 2 chapter bonus buat penutup cour, sekalian buat jualan merchandise Anya. Sesuai pengumuman di akhir, sisa 13 episode anime bakal lanjut lagi pas Oktober. Tergantung pacing nanti harusnya bagian Fiona bisa kesampean, walaupun saya ngarep banget bagian tenis bisa disingkat.

Love Live Nijigasaki S2 13 (End)

Kaptain

Oh waw, jadi gini ya kualitas konser kalau sekolah ga keancam tutup. Ngerasa dicurangin saya ngeliat R3BITH ga nyempatin Monster Girl. Episode penutup yang nekanin kalau Niji itu bukan seri idol, tapi seri soal Yuu yang punya harem yang isinya 12 idol.

Sesuai tradisi ya paling ada film jalan-jalan ke London. Cuma entah bakal ada season baru apa nggak walaupun format nih entri emang lebih eksperimental. Ini emang saya ngarep ketinggian tapi saya ngarep banget bakal ada entri yang fokus ke sekolah low rarity lain. Pas saya nulis ini juga sebenernya ngepas Aqours dapet seri isekai(?) juga.

Summertime Rendering 11

Kaptain

Untuk penonton yang ga nangkep pas di festival, episode ini buat fix konfirmasi kalau di luar Sou emang keluarga Hishigata berkomplot sama Shadow.

Dandadan 60-61

CTian

Yak, arc latihan dan mengendalikan Evil Eye kelar! Akhirnya ya Jiji belum bisa kendalikan Evil Eye sepenuhnya, tapi malah Okarun yang berhasil cara akal untuk jinakin Evil Eye. Sebagai penutup arc ini, tentu saja Dandadan akan membuat kolor sebagai antagonis yang sebenarnya.

Di bab 60 juga kayaknya mereka udah mau bikin cerita baru, yang ceritanyanya fokus ke Aira. Asli, Aira makin ke sini juga makin cakep euy, di arc menginap ini saja dia yang kelihatan paling niat dan rajin. Karakter di sini belum ada yang jelek dah, se-annoying-nya Aira juga dia punya badass moment sendiri.

Terus di bab 61, Turbo Granny sama Okarun keren parah sih. Formasi mereka ngingetin saya sama Naruto dan kakek katak sannin waktu Naruto pakai sage mode. Apalagi waktu Turbo Granny naik punggungnya Okarun, ya ini mah formasi sage mode-nya Jiraiya. Kan sudah kubilang, arc Jiji ini ada referensi Naruto juga!

Sengaja nulis minggu ini karena minggu ini emang lagi break, akhirnya yak. Ini serialisasi terakhir libur awal tahun ini lho, dan setahu saya sepanjang 61 bab ini baru break 3 kali. Terus kebetulan desain sampul edisi jilid Inggrisnya rilis, ya sudah lah sekalian! Kemungkinan besar sih edisi Inggris ini juga bakal masuk ke sini lewat toko buku import Periplus dan Kinokuniya, jadi kalau mau support serinya bisa langsung ke sana yak nanti~

Arknights (EN)

Kaczmarek

Basically a dead week. Tapi bisa sedikit ngevaluasi kesiapan skuat dari CC sebelumnya. Hampir semua CM udah clear dan sedikit kesel karena gak bisa nge-clear last CM. CC ini juga lebih bersahabat untuk lappy kentang saya, karena FPS-nya gak separah CC sebelumnya. Sauce untuk gambar di atas: https://terra-historicus.hypergryph.com/comic/1421

Girls Frontline

Kaptain

Sesuai janji, client baru dah nongol dan ini emang khusus nge-jumpstart SKK baru ngeliat reward berharga kayak FCC, Parachute Fairy, sama Doll Meta gratis langsung dilimpahin. Bagus juga sih dapet bansos segede ini ngeliat Mirror Stage bulan depan dan kalau sesuai rencana, kita cuga bakal dapet Poincare tahun ini.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Jadi apa saja impresi kalian untuk seri minggu ini? Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: RintaroKomori