[JOI Spotlight] Entering Summer Season 2022 Edition

July 3, 2022 20:12
[JOI Spotlight] Entering Summer Season 2022 Edition

Selamat datang di JOI Spotlight di bulan pembuka blok musim panas 2022. Seperti biasa kita masih di fase ngumpulin tontonan sekaligus beres-beres seri musim lalu. Jadi mari kita saksikan impresi awal staf JOI.

Summertime Rendering 12

Kaptain

That really went ploin shaped. Loop keempat ini emang akhirnya tragis tapi hasilnya sangat produktif ngeliat udah jelas antagonisnya siapa, lokasi operasinya di mana, Shadow ternyata berguna buat sensor, dan kedua Ushio bisa nyatu lagi dan ngasih power boost yang berarti. Emang save pointnya udah maju banget tapi untungnya pas di saat kenalan sama dua spesialis yang butuh banget diajak kerjasama.

Bastard!! 01-03

What’s this?

Satu lagi adaptasi seri klasik yang kemungkinan besar bakal mati gegara langsung ditumpahin Netfllix.

Kaptain

Seri dari 1988, jadi setahun lebih tua daripada Berserk. Langsung ngeungkap ini setting apocalyptic fantasy yang di manga sendiri baru diungkap setelah puluhan volume. Ya wajar sih berhubung nih seri perlu hook selain “Dark Fantasy Jadul”. Makin ke belakang juga Hagiwara pake seri ini buat setpiece aksi dan fanservice daripada nyampaiin cerita.

Ada era di mana mangaka Jepang, dan bahkan Asia in general ngeliat beberapa seri fantasy KR jadul; secara eksklusif dapat exposure mitologi dan setting fantasi barat dari album Metal. Makanya super wizard nih seri kayak gitu semua. Saya apresiasi aja nih seri nggak nekat ngeupdate model rambut khas tahun 80’an.

Kaczmarek

Nonton ini remake demi denger Naobou dan Tomoriru, serta pengen ngeliat desain karakter Sayaka Ono sejak nonton Cross Ange. Saya cuma heran Netflix berani juga ngambil proyek ini walau pake skema 1st cour overhaul daripada full 2 cour.

Kaguya-sama wa Kokurasetai: Ultra Romantic 13 (End)

BlueHeaven

Melejitnya rating anime ini di salah satu situs otaku ternama bukanlah tanpa sebab. Momen pengakuan cinta Shirogane Miyuki dan Shinomiya Kaguya akan dikenang sebagai salah satu yang terbaik dalam sejarah anime. Hanya saja, untuk menjadi anime terbaik sepanjang masa tentu saya belum bisa mengatakan oke. Untuk episode terakhir benar-benar luar biasa, tetapi secara keseluruhan? Musim pertama dan musim kedua memiliki lagu pembuka yang lebih baik daripada musim ini. Setidaknya kalau untuk komentar episode ini, perfect as it should be.

Kanokari 13

What’s this?

#Rental Sweep

Kaptain

Ah ya. Saya seneng banget ngeliat Rentalus teriak “Saatnya RENTAL!!!” dan mulai ngerental di muka semua penjahatnya. Ini anime yang bakal dapet jutaan rental di musim ini.

Mahou Tsukai Reimeiki 12 (End)

Kaczmarek

Sedikit kena kilas balik saat Horimiya dipercepat di adaptasinya, di adaptasi novel ini juga terjadi. Dua karakter penting yang sampai sekarang saya gak tahu gimana nyebut terjemahannya tidak ditongolkan. Ada beberapa kelegaan juga terutama adaptasi ini gak otomatis ditutup di volume keenam novelnya. Jadi masih kerasa open ending. Sejauh hingga akhir episode, saya bisa kasih 7/10 untuk kesuluruhan aspek. Aspek tertinggi yang mendukung ada di bagian animasi yang sangat konsisten, namun komposisi cerita yang bikin turun dari versi novelnya.

Utawarerumono: Futari no Hakuoro 01-02

What’s this?

Redemption + Answer Arc

Kaczmarek

Terkadang jump start diperluin untuk mengejar plot di pertengahan cerita. Tidak seperti Itsuwari no Kamen yang maennya aman untuk cour pertama. Di dua episode awal, kita udah dapet dua agresi dari pihak yang sama, Dekopompo. Satu hal yang saya suka disini adalah saya gak perlu denger atau ngeliat karakter macem ini orang di sisa episode kedepan setelah episode ketiga. Kenapa? Nantikan aja nasibnya.

Sementara Oshutoru dan lainnya bertahan di Ennakamuy, di ibukota Yamato ada boneka yang menggantikan Anju. Raiko jadi antagonis dari cuman karakter sampingan di seri sebelumnya. Oshutoru dan Raiko bakal beradu seperti di animasi pembuka musim baru ini.

Kentarou Tone bisa mereplikasi suara mendiang Keiji Fujiwara disini. Saya cukup kagum dengan kemampuannya dan gak perlu mempermasalahkannya kayak yang udah pada skeptis.

Lycoris Recoil 01

What’s this?

Versi moe Kingsman.

Kaczmarek

Been a while since Chika Anzai meranin karakter periang kayak Chisato. Saya menaruh perhatian besar pada Chisato untuk kedepannya terutama latar belakang dan alasannya gabung ke divisi satu ini. Sempet ngira Chisato ini diperanin sama Shion Wakayama yang sebelumnya ngisi Kawai dari Police in Pod. Shionnya malah ngisi Takina yang bermuka dan beremosi datar.

Kaptain

Proyek multimedia A1 di musim ini, lebih ke aksi konvensional dibanding dengan yang supernatural di bawah. Pasangan standar genre “persahabatan” antara heroine rambut pirang sama hitam. Agak risih aja buat seri multimedia kayak gini saya jadi liat variasi karakter sebagai mandat “bikin karakter buat menuhin pool gacha” dari atas.

Engage Kiss 01

What’s this?

Magical Girlfriend Anime dari kreator Saekano. It’s 2010’s again.

Kaptain

Proyek multimedia A1 yang satunya. Seperti yang bisa kalian lihat dari format pertarungannya, nantikan game gacha dari Square Enix. Rasanya pengalaman nonton saya kebantu oleh Kanokari, ngeliat kontaminasi Kazuya ngebuat nih protag lebih mendingan buat ditonton. To be fair ya para heroinenya juga emang nggak sehat mentalnya, makanya selera dengan protag kayak gini.

Ini episode pertama, tapi kualitas produksnya cuma kefokus di 30% akhir episode. Kualitas adegannya emang “menarik” tapi ya entah bisa tahan buat semusim apa nggak. Semoga aja ini Fumiaki Maruto lebih nyaman nggarapnya ngeliat cast yang lebih tua, berhubung di Saekano juga dia ngaku kalau dia yang dua kali lebih tua dari target pasar nggak nyaman nulis romantismenya.

Tate no Yuusha no Naraigari 2nd Season 13 (End)

Kaczmarek

Saya mengira episode 12 adalah yang terakhir berkat arc-nya sudah ditutup. Namun saya lupa ngecek situs resminya kalau ada 13 episode, sehingga saya minta maaf naroh (End) di minggu lalu. Namun setelah melihat episode 13, saya kira memang seharusnya kelar di episode 12 hahaha.

Episode re-koleksi ini membuka beberapa hak kecil yang tampil di tengah dan akhir cerita Naofumi dan kawan-kawan. Memang fanservice, terutama jika kalian demen hal beginian (re: swimsuit dan dirty joke). Episode yang kalo gak ditonton juga gapapa, tapi sayang kalau dilewatkan.

Kunoichi Tsubaki 13 (End)

Kaczmarek

Ini apaan monster ang nge-combine gurita sama gorilla? Ternyata emang gabungan dua hewan doang. Tapi gimana ceritanya dua makhluk yang beda habitat ini bisa nongol dalam wujud begitu. Ngomong-ngomong, akhir episode ini cuma menutup pandangan Hana-sensei terkait laki-laki. Pesan utama tentunya untuk Tsubaki, terutama soal tak semua laki-laki itu orang jahat. Sayangnya, gaada laki-laki yang nongol kecuali tanuki satu itu yang bisa ngomong dan kayaknya wujud aslinya emang laki-laki. Best girl justru bukan Tsubaki, tapi Benisumono.

Arknights (EN)

Kaczmarek

Map regulernya gak terlalu menantang, tapi versi EX-nya nanti ini yang bakal nyusahin. Sekarang fokus mulung beberapa material terutama buat Aurora. Gnosis Ambatukam sayangnya belum hadir dalam 50 roll pertama. Entahlah, saya pikir gak bakal nongol juga di markas.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Jadi apa saja impresi kalian untuk seri minggu ini? Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: Anonamos_701