Alchemy Stars di 2022: Masih Pantas Dimainin?

July 5, 2022 15:51
Alchemy Stars di 2022: Masih Pantas Dimainin?

Saat rilis pada Juni 2021 saya nyebut Alchemy Stars sebagai “Luigi” dari mobage. Sebuah mobage yang bisa tahan di device saya bukan karena kualitasnya namun karena mobage lain yang rilis di sekitar bulan tersebut pada parah semua rilisnya. That, dan sideboobs Migard. Dengan kata lain sebuah game yang hidup lebih karena mereka nggak ngelakuin kesalahan fatal.

Dikembangkan oleh Tourdog dan dipublikasi oleh Tencent, yang duit promonya bisa kalian lihat melihat bisa aja mereka nge-commision banyak banget webcomic lokal untuk promosi nih game. Sampe yang bikin kartun politik aja kedapetan jatah. Kalo R.A. Kosasih sama Dwi Koen masih hidup kayaknya mereka bakal ikut dapet commish. Dukungan marketing ini juga ditunjukkan dengan adanya pilihan Bahasa Indonesia di gamenya.

Game sudah merayakan ulang tahunnya pada Juni dengan berbagai hadiah khas game live service yang berhasil hidup setahun. Setelah setahun, game semacam ini umumnya melakukan penyesuaian untuk mempertahankan playerbase yang ada sekaligus mencoba merayu kembali mereka yang vakum untuk kembali. Dan Ya Reind dan ratusan free roll ngebuat saya ngelanjutin main lagi.

Karena game ini belum pernah dapet coverage JOI, kita mulai dari dasarnya.

What’s The Game About?

Sebuah Strategy RPG dengan bumbu color-matching puzzle. Yang memang cukup menarik ngeliat desain combat yang bisa lebih dalam namun cukup nyebelin pas masuk sesi grinding ngeliat nggak ada fitur sweep, adanya ya autoplay yang baru reliable saat tim levelnya udah jauh di atas kebutuhan stage.

Progresinya juga standar genre ini, kumpulin material buat leveling lalu ascend buat ningkatin level cap dan ngebuka skill baru. Untungnya nggak ada sistem “equip” konvensional, lebih tepatnya tiap karakter udah punya equip eksklusif mereka jadi kalian cukup nyari material upgrade aja. Dupe unit dipake buat ningkatin breakthrough level dan ngebuka fungsi stats dan skill tambahan, yang seterusnya bakal dijelasin lebih lanjut di poin belakangan ngeliat ini salah satu masalah dasar gamenya.

Singkatnya untuk kalian yang alergi sama progresi kekuatan yang nyapekin berhubung butuh grinding equip yang statusnya random, hal itu nggak ada di sini.

Sementara untuk premisnya, ini observasi anekdotal, tapi Alchemy Stars itu punya bau “aset bikin duluan, setting & cerita belakangan” sebagai game. Ngeliat strukturnya yang belepotan banget di awal. AS adalah tipe game yang punya protagonis canon yang punya kepribadian jelas dan berinteraksi secara berarti dengan karakter dunianya. Cuma ya gamenya sendiri bingung soal gimana si protag itu secara efektif bawa pasukan di gameplay tapi ditemenin Vice (dan nantinya Carleen) + karakter tamu aja pas di cerita.

Ada alasan kenapa kebanyakan mobage modern misah stage battle dan cerita demi kelancaran pacing. Untuk pemain mobage veteran, masalah ini punya nama “Interupsi Wyvern” yang merujuk pada bagian awal FGO. Singkatnya cerita jadi punya struktur Eksposisi>gameplay>recap eksposisi>gameplay>eksposisi yang masih aja ada recapnya. Mungkin kalian pernah main game yang dialognya semacem “Halo Juminten the Deathbringer, saya datang buat sensus kelurahan yang kali ini datang di kediaman Deathbringer. Mohon kerjasamanya Juminten the Deathbringer untuk sensus di kediaman Deathbringer. Pertama saya akan jelaskan konsep sensus di mana-”

Cerita awalnya punya format boss of the week yang emang khas banget buat mobage yang baru rilis. Ini emang bagus di awal biar ada sense of urgency & stake di cerita di mana kalian perlu balapan ngeburu teknologi sebelum dipake antagonis buat superwhale mereka, tapi ini ngebuat cerita event di mana si protag jadi pedagang keliling dan tenaga sewaan jadi aneh.

Setting is kind of a mess

Keliatan banget dari perbedaan temperamen antara cerita utama dan cerita event. Di game live service biasanya untuk pembuatan konten ada tim live service dan tim update utama, dan kayaknya antara kedua tim komunikasinya nggak bagus. Penanda paling jelasnya tuh via cerita yang nggak bisa setuju si protag itu freelancer atau di bawah pengawasan Federation.

Ini juga ada konsekuensinya buat penceritaan para karakter. AS punya roster Rarity karakter 3* sampai 6* (rarity 2* buat karakter april mop) dan untuk kalian yang pengalaman dengan genre ini, tentunya karakter sebanyak ini ngebuat game jadi cuma bisa nyeritain beberapa karakter secara berarti dan nyuekin total mereka yang nggak terlalu menjual, atau tetep maksa muatin semua orang walaupun peran ceritanya sebatas dateng>ngelakuin gimmick>minggat.

If anything, departemen art nih game cukup melek soal presentasi.

Saya cuma bisa nerka aja soal Design Document awal nih game, tapi saya ada firasat tiap faksi itu rencananya buat nunjukin kasta dunia yang lagi ngalamin monster apocalypse. Mulai dari Lumopolis selaku Teokrasi yang secara harfiah hidup di puncak yang relatif bebas monster sampai faksi outcast semacam Rediesel yang hidup di gurun yang nggak ramah untuk makhluk hidup manapun.

Hanya saja di eksekusinya, pengenalan setting dan penyampaian cerita utama suka nggak berimbang, sloppy, njomplang. Ini yang paling bikin saya frustasi soal AS ngeliat sering banget ada bibit cerita yang bagus tapi nggak dilanjutin lagi. Fokus ceritanya terlalu serampangan dan saya pertama ngedrop nih game juga pas event Scarlet Amulet karena saya bener-bener nggak bisa peduli dengan kontennya.

Ada banyak material di luar cerita utama, mulai dari sistem messaging, event base via affection, sampe buku yang kadang ngedrop dari ekspedisi. Tapi sekali lagi AS nggak bisa bikin saya peduli untuk ngegali lebih dalam. Karena fokus yang berantakan juga ngebuat karakter dan setting jadi dangkal.

Hindsight and all, tapi seandainya AS ngasih saya carte blanche buat ngasih soft-reboot buat bagian awal. Saya bakal ngebuat tiap faksi terlibat sama penggalian Soroz di awal dan Navi selaku protag harus mampu ngumpulin material dan kapital politik dari tiap faksi buat ngedukung usaha dia. Jadi ada alesan kenapa dia bisa keluyuran di dunianya sambil ngelibatin ke kasus penting macem Dunefire atau ngeburu VIP tertentu. Kejadian event bisa dipake buat sesi ngumpulin petunjuk & material buat nyari plot item selanjutnya.

Bukan Randy

Speaking of which, faksi True Order masih kerasa out of place. Gak terbantu juga karena dalam setahun dari gamenya rilis, True Order cuma pernah 2 kali dapet event, dan itu juga ga banyak ngebahas internal faksi mereka. Ga heran kalau di 1st anniversary livestream, True Order ga masuk ke list faksi terfavorit. Anggota True Order terfavorit saya, Paloma, juga inti karakternya lebih ke “Anti-/Ex-Lumopolis” ketimbang True Order, whelp.

The Fundamental Problem

AS pada dasarnya adalah sebuah turn based RPG, jadi ekonomi aksi itu sumber daya paling berharga. Masalah AS itu dua lapis, fakta kalau untuk nurunin cooldown skill kalian butuh duping unit dan untuk dapat turn tambahan, ataupun dapat turn aksi; jadi kalian bakal prioritasin unit yang bisa mainin warna tile. Tile tiap stage yang di luar tutorial/trial juga random jadi ya kadang kalian mesti ngerestart sampe dapet tile yang efektif.

Untuk duping 5* ke bawah memang nggak terlalu susah ngeliat game cukup rajin ngasih flare buat ngeroll dan selector unit secara rutin. Bahkan sejak ulang tahun pertama masalah duping ini udah ketolong berkat item breakthrough universal. Cuma sayang ini nggak terlalu nolong untuk yang rarity 6* dan unit limited. Melihat kalian butuh puluhan hingga ratusan dupe buat bayar material breakthrough.

Stats gede juga ga guna kalau kalian nggak bisa mainin tile. Makanya encounter paling susah dari game ini tuh saat kalian nggak boleh main gamenya gegara unit musuh yang kalau nggak ngeblok tile ya ngerusak tile. Makanya ada tekanan buat selalu bawa converter biar kalian ada kesempatan main atau Detonator yang bisa langsung ngelumat encounter sebelum board kelewat berantakan. Ada insentif juga buat nggak ngeborosin turn ngeliat salah satu kriteria clear tiga bintang tuh nge-clear stage secepat mungkin.

Ini yang ngebuat team building juga jadi kelewat standar. Pemain jadi didikte buat selalu bawa converter tiap elemen seperti spesialis cross converter macem Barton, Sikare, Nemesis, dan Maggie yang untungnya game cukup melek untuk ngasih gratis via quest progresi. Pada dasarnya punya converter udah bukan buat ngedukung tim aja, converter ada biar kalian punya kesempatan buat main.

Masih Gampang Buat Pemain Baru?

Ya. tim Ascension 3 udah cukup buat progresi konten. Cuma ada beberapa encounter yang luar biasa ngeselin kalau kalian nggak punya unit yang bisa ngebenerin Tile atau bisa nyerang satu area full kayak di finale chapter 12. Bagusnya juga unit limited cuma ada dua sejauh ini dan mereka juga ada kesempatan balik. Cuma ya unit collab yang sejauh ini baru sama Maid Dragon jadi ya maaf aja udah kelewatan.

Nyatanya juga unit rarity rendah macem Nails dan Nadine bakal terus kepake ngeliat utility mereka. Begitu juga dengan unit Old Seal selaku end game grind game ini yang secara teknis ngasih kalian unit meta gratis yang udah Ascension 3 asalkan kalian main rutin.

Bukan Randy

Sejauh ini belum terasa ada power creep. Unit-unit kuat di awal rilis masih tetep kuat.

Beberapa unit baru ada experimental yg hit-and-miss banget kayak yg skill aktif dan/atau pasifnya main-mainin posisi kapten/posisi sendiri di tim, atau juga yang jadi pakai sanity system di event terakhir.

Kalau main konsisten, seenggaknya unit-unit *5 ga terlalu susah untuk dibikin jadi Max Breakthrough. Dari setahun saya main, 3 dari 4 cross converter yang ada di game ini sudah MBT semua di game saya.

Cloud Garden AKA Alchemy Crossing

Alchemy Stars

Bukan Randy

Feels… superficial? Barely has anything to do with the main game?

Awal mulai rasanya lelet banget. Saya sampai bikin macro buat nahan tombol buat ngumpulin kayu & ore di awal-awal.

Kalau mau diseriusin dikit, item buat nge-skip crafting-nya itu cukup gampang untuk didapetin, jadi jangan ragu buat pakai itu biar cepet naik level.

Kalau mau dilihat sisi positifnya, ini cara tambahan untuk dapetin Lumamber & charger tanpa harus keluar duit (at least for now)

Harapan Ke Depan

A not great, not terrible gacha game itu nilai yang saat ini bisa saya kasih ke Alchemy Stars. Game yang jelas punya konten & aset tapi kesulitan bikin hook yang berarti buat pemain jangka panjang.

Di sisi cerita, ini quest terbaru udah ngasih saya banyak itikad baik ngeliat fokusnya pada Navi selaku protagonis yang mulai introspeksi soal posisinya sebagai 1. Makhluk terakhir dari ras-nya 2. Hidup matinya budaya dan sejarah bangsanya itu sepenuhnya tanggung jawab dia. Begitu juga dengan long term goal berupa bikin negara yang ga jelek-jelek amat. Emang butuh setahun but finally there’s a worthwhile hook.

Paling nggak ini event satu tahunnya ngasih saya cukup niat buat balik lagi kalau ada konten cerita. Melihat agaknya versi alter tokoh sentralnya bakal nongol tiap kali itu terjadi. Implementasi unit alter buat di-roll emang kontroversial di genre gacha, yang sejauh ini baru terjadi di dua karakter dan satunya kalian terima gratis dari progresi cerita. Tapi AS saya liat butuh banget ngelakuin hal ini biar main cast dapet fokus yang berarti.

Bukan Randy

Kaptain bilang kalau game ini terasa bikin aset dulu baru bikin settingnya belakangan. Di satu sisi, saya juga setuju karena itu terasa banget di beberapa karakter yang diperkenalin di event tapi ternyata perannya sangat minim seperti Kayano yang padahal dapet posisi di menu event, meski tidak separah Pasolo dari event pertama yang benar-benar tidak ada di cerita sama sekali.

Alchemy Stars

Di sisi lain, saya juga ngerasa ini salah satu nilai terkuat dari Alchemy Stars. Entah tim desainnya kelewat niat atau ga dikasih istirahat, tapi tiap event yang ada di tiap bulannya itu ga cuma ada karakter baru, tapi juga ada cg untuk menu event, cg untuk story event, dan juga terkadang cg untuk menu lotere sekalipun, dan saya akui gambarnya bagus-bagus.

Sayangnya untuk penulisan story dan karakternya memang terkadang terasa cukup hampa/tidak berarti terutama di event-event non-major, dan extra chapter yang lebih ngebahas karakter-karakter yang tidak banyak tersorot di story utama entah kenapa tidak ada update sama sekali sejak pertama kali rilis. Moga-moga penggunaan karakter Alter bisa membantu membangun karakter-karakter inti yang menarik selain cuma trio MC-Vice-Carleen.