[JOI Spotlight] King of Games Edition

July 10, 2022 21:18
[JOI Spotlight] King of Games Edition

Selamat datang di JOI Spotlight di minggu yang kurang bagus buat public figure Jepang. Ada sih Ken Akamatsu yang baru aja menang pemilu, tapi ini masih minggu buat berkabung. Untuk sekarang mari kita sempatkan waktu buat impresi para staf.

Yurei Deco 01

What’s this?

Scifi Kyousougiga

Kaptain

Ini level ngeselin wordplaynya udah selevel karya Uchikosi. Unik aja sih fiksi yang fokus di “kredit sosial” gini punya temperamen yang lebih upbeat sama sistem yang secara efektif tuh surveillance state. Iya ini peradaban emang jelas punya cukup roti sama sirkus buat ngebius populasi. Sayang aja sejauh ini juga saya nggak ngeliat hook menarik selain tipikal, “adiksi teknologi itu nggak sehat”.

Kinsou no Vermeil 01

What’s this?

Horny Demon Show #2 buat musim ini

Kaptain

Nonton buat ED Mili. Kualitas produksinya nggak gede amat, wajar lah buat subjek materinya,. seri fanservice tipe magical academy emang udah jarang sekarang. Setelah ngecek author ternyata emang penulisnya veteran Narou yang khusus di proyek ini langsung bikin manga. Pantesan strukturnya gitu-gitu lagi.

In it’s defense, paling nggak relasi antara pasangan utama kedepannya berkembang secara berarti.

Tokyo Mew Mew 01

What’s this?

Untuk yang ngarep nonton ini karena pernah liat dulu di TV: Dasar tua lu.

Kaptain

Modernisasi. Jadi segmen yang dulunya bilang kalau ada 2.500 binatang yang terancam punah sekarang jadi 15.000. Nggak kayak versi orisinal, ini anime malem dan karakternya juga dinaikin jadi usia SMA. Reasonable ngelat ini Ichigo punya Extreme Thirst.

Saya ngeliat ini sebagai proyek buat nopang talenta baru ngeliat ini cast utamanya rookie semua. Ngarep in punya kualitas produksi Precure juga ya ga realistik.

Isekai Meikyuu de Harem Wo 01

What’s this?

Serial harem yang cukup lama mencapai fase harem-nya

Kaczmarek

Karena ini yang ngerjain Passione, jadi saya gak perlu mengkhawatirkan kualitas animasinya hahaha. Studio satu ini sudah bikin ciri khas sendiri berkat desain karakter dari Uno Makoto. Ditambah dengan Yoshihiro Watanabe yang jadi sub-chara designer di beberapa karakter pendukung. Sementara si sutradara, Naoyuki Tatsuwa mengarahkan dua anime di musim ini selain Isekai Meikyuu yaitu Warau Arsnotoria Sun!. Semoga multitasking ini bisa berakhir positif.

Episode pertama yang top notch dari segi animasi. Cukup niat dengan prakteknya, terutama saat first quest. Kenta Miyake jadi pengisi Alan dan ini jadi peran vital untuk kelangsungan kenyamanan menonton. Mikami Shiori sebagai Roxanne belum dapet porsi dialog lebih banyak sesuai novelnya, sementara Michio masih jadi prasasti tulisan awal. Mohon bersiaplah dengan infodump dari seri ini, karena teknisnya cukup rumit kalau udah turun ke labyrinth.

FYI ada tiga jenis penayangan di seri ini. Jadi berbuatlah lebih bijak.

YouZitsu S2 01

What’s this?

Salacious Brainstorming

Kaczmarek

Sudah lama kah menantikan musim kedua seri ini? Sebelumnya saya mengira gak bakal ada musim keduanya setelah keputusan perombakan cerita di musim pertamanya. Setelah ada pengumuman musim kedua, tentu rasa penasaran muncul tentang komite memutuskan bagaimana mereka melanjutkan cerita ini.

Tentunya bakal ada tone down yang udah keliatan terutama di bagian detail animasi. Di episode pertama ini udah keliatan jelas. Untuk alur cerita, mereka nge-chop bagian filler dan langsung mempersingkat pada dialog pembahasan sistem permainan. Sejauh ini masih lumayan untuk diikuti. Tapi skenario orisinal berikutnya yang bakal jadi penentuan.

BlueHeaven

Untuk episode pertama bisa membawa hype “comeback”, tapi soal bagaimana menikmatinya, itu yang masih perlu dicari kejelasannya, baik penonton anime saja atau yang sudah membaca novelnya. I mean the plot of course, bukan hanya sekadar Karuizawa Kei yang seakan diproyeksikan menjadi heroine utama di season ini. Ya, semoga aja bisa sesuai jalur novel walau ga menutup kemungkinan ada sentuhan orisinal khas anime seperti musim sebelumnya.

Tsurekano 01

What’s this?

Step sister war

Kaczmarek

Tentu saja Project No. 9 ngerjain proyek romcom ini. Beberapa staf yang ikut nongol di proyek studio ini sebelumnya ngikut turun di proyek ini juga. Namun ada satu nama yang akhirnya menembus posisi utama anime mainstream yaitu Katsuyuki Satou, yang sebelumnya lebih banyak ngerjain proyek H macem Kotsujoku, Toriko no Kusari, Venus Blood: Drive, dan pemadam kebakaran seksi.

Balik ke adaptasinya, sejauh ini saya bisa stick di awal pertemuan (kembali) keduanya. Yume dan Mizuto udah keliatan di benak mereka kalo masih pengen lanjutin hubungan mereka di SMP. Namun mereka juga melihat kebahagiaan ortu mereka yang jadi alasan utama mereka masih menurut. Tapi tenang aja, hal tersebut bukan jadi masalah di seri novel romcom ini, karena orang sebaya lain yang jadi masalah.

BlueHeaven

Momen yang sesuai dengan gambaran yang telah diperlihatkan di PV. Fansservicenya boleh lah. Setidaknya untuk menarik atensi saya sebagai penyuka karakter LSBH, atau pecinta romcom yang hobi ngikutin series beginian.

Luminous Witches 01

Perinne bakal insecure kalo ketemu Silvie

What’s this?

Waku Waku Britannia

Kaczmarek

Agnes lebih tua tiga tahun dari Minna. Agnes lebih tua tiga tahun dari Gundula. Agnes lebih tua tiga tahun dari Minna. Agnes lebih tua tiga tahun dari Gundula. Agnes lebih tua tiga tahun dari Minna. Agnes lebih tua tiga tahun dari Gundula. Agnes lebih tua tiga tahun dari Minna. Agnes lebih tua tiga tahun dari Gundula.

Sempet ngira mereka satu umur, tapi kagak hueee. Anyway, selamat datang di another Shaft Idol SHOW! Ekspektasi saya rendah, tapi komite produksi Witches ini kayak gak pernah kehilangan studio bagus untuk ngerjain proyek mereka. David Pro ngerjain Strike Witches series, Brave Witches yang ngerjain Silver Link, Luminous Witches yang ngerjain Shaft, dan kalo nanti Noble Witches diadaptasi, saya pengennya Sunrise/Troyca. Entah kenapa ini bisa beneran kejadian.

Made in Abyss S2 01

What’s this?

Dosis musiman buat sexual violence & brutal murder dengan glorious world building.

Kaptain

Tayang sementara di Muse kayak SXF musim lalu. Struktur ceritanya beda sama manga. Jadinya plotpoint dua ekspedisi dari era berbeda sekarang jalan secara paralel. Untuk kalian yang eksklusif nonton penayangan TV-nya, ada satu film soal Bondrewd yang mungkin kalian kelewat, untungnya dari 3 film cuma yang itu aja yang penting ngeliat dua sisanya tuh sebatas recap.

Isekai Ojisan 01

What’s this?

Sanest Isekai Hero.

Kaptain

Sejauh ini punya opening terbaik yang saya liat di musim ini. Sega itu sponsor resmi adaptasi ini, jadi produk mereka bisa lebih kentara keberadaanya di sini. Emang nyakitin ngeliat seseorang yang bangkit lagi di era informasi dan mesti beradaptasi sama berbagai polusi mental internet.

Ini struktur episodenya juga enak banget buat ngeskip bagian mbosenin dari petualangan isekai biar bisa langsung fokus sama momen pentingnya.

BlueHeaven

Hanya otaku zaman sebelum ada moe culture yang bisa mengerti perasaan ojisan. Also, ini anime unik. Ga ada yang tahu nama asli ojisan, setidaknya dari episode pertama.

Yofukashi no Uta 01

What’s this?

Tsukuyomi: Moon Phase versi modern.

Kaptain

Kalau bukan gara-gara Isekai Ojiisan ini bakal jadi opening favorit saya. Judul dan ED merujuk ke lagu Creepy Nuts yang juga ngebawa openingnya. Selama adaptasi ini berjalan, harusnya bagian action nggak kesampean jadi kita eksklusif dapet cerita slice of life soal kehidupan malam.

Adaptasi yang ngasih banyak banget nilai tambah dari sumber materinya berkat art direction yang kuat banget, salah satu pilihan bagus buat musim ini. Cuma ya ini Liden Films jadi semoga aja produksinya bisa tahan.

Shadows House 2nd 01

What’s this?

CloverWorks unending nightmare

Kaczmarek

Ini episode udah langsung lanjut ke arc berikutnya dan tanpa ada kilas balik sama sekali. Ingatan gue buruk dengan seri ini di musim pertama, namun perlahan keinget beberapa hal. Tawaran John ke Kate, Emilico masih gak bisa jaga ekspresi, Louise masih berisik, Patrick masih good for nothing, dan Barbie masih nyeremin.

Soot training akhirnya dimulai, dan Shaun ahlinya soal ini. Tapi dia belum ngerti dasarnya sih, jadi butuh Sussane buat bantu ngajarin. Barbie di masa lalu lucu banget Ya Allah.

Soredemo Ayumu 01

What’s this?

Souichirou Yamamoto Forehead Show: No. 3

Kaczmarek

2022 menjadi tahun terbesar bagi Yamamoto-sensei karena tiga serinya yang mendapatkan adaptasi anime tayang semua: Karakai Jouzu no Takagi-san (musim ketiga dan movie), Kunoichi Tsubaki (satu musim), dan Soredemo Ayumu (satu musim). Ketiga-tiganya juga beda studio dan staf, tapi nge-oversee semua proyek di tahun yang sama bakal melelahkan + workload pekerjaan utamanya sebagai mangaka.

Kanna Nakamura, seiyuu-nya Urushi, suaranya mirip dengan Miyu Tomita. Sempat mengeira Miyutan yang ngisi ini karakter. Konsepnya ini kebalik dari seri Takagi, namun saya (yang gak baca manga-nya) berharap gak semirip itu seiring berjalannya cerita. Karena di episode pertama ini udah agresif banget Ayumunya, saya berharap sebelum ½ cour berakhir, mereka udah jadian (atau paling enggak Urushi bisa dikalahin Ayumu di shogi).

Summertime Rendering 13

Kaptain

Guess what, skill paling overpowered Shinpei? Heine sekarang juga bisa pake. Jadi selamat datang di Loop 6 yang walaupun Ushio dah dapet banyak upgrade penting kayak transfer ingatan, tim harus ngesumsi semua rencana mereka udah bocor.

BlueHeaven

Loop singkat yang sudah saya nantikan. Singkat namun menguak kalau bayangan bisa bawa sesuatu dari loop sebelumnya.

Kaczmarek

Gue pikir Heine yang dikira Heine ini bukan yang asli. Semoga suatu saat pertanyaan ini bakal kejawab di sisa cour ini.

Overlord IV 01

What’s This?

All according Ainz-sama plan.

BlueHeaven

Lemme check sesuatu yang balik dari anak emas garapan Madhouse ini:

> Albedo’s heavy breathing

> Ainz: I don’t know what’s going on, but ok.

> Your Weekly twin lolis (but trap).

> Like father, like son.

> Human Caring Program by Ainz Ooal Gown.

What’s missing: Demiurge dengan “sasuga Ainz-sama”.

Setidaknya ada maid yang menarik perhatian dengan meraih jam tayang yang cukup dalam episode ini.

Kumichou Musume to Sewagakari 01

What’s This?

Hinamatsuri tapi versi manis.

BlueHeaven

Alright, we have yakuza and a loli. Sebuah kombinasi yang ga begitu asing kan? Setidaknya anime ini lebih menonjolkan hubungan manis antar karakter di episode pertama. Entah apa masalah yang akan ditampilkan di cerita berikutnya, sesuatu yang cukup gelap mungkin dihadirkan dari preview di menit-menit akhir dalam episode perdana ini.

Extreme Hearts 01

What’s this?

Another Masterpiece from Masaki Tsuzuki

Kaczmarek

Masaki Tsuzuki akhirnya dapat proyek animasi baru sejak “Vivid Strike!”. Kreator seri Nanoha, Dog Days, dan Triange Heart ini turut serta pada proyek anime orisinal kali ini sebagai penulis utama, dibantu dengan Issei Arakaki (Vlad Love) sebagai desainer karakternya dan Junji Nishimura yang juga jadi sutradara seri anime Dog Days. Seven Arcs masih jadi studionya.

Fokus kepada Hiyori Hayama, anak SMA yang juga sempat menjadi talenta di agensinya. Di episode ini, pemutusan kontrak dengan agensi terjadi dan dapet rekomendasi Hyper Sports. Good starter. Tapi kenapa tagar seri ini di Twitter kayak situs H?

Utawarerumono: Futari no Hakuoro 03

Kaczmarek

Akhirnya kematian Dekopompo bisa dilibas di satu episode saja. Namun tentu dari semua pertarungan berat sebelah ini diakhiri dengan nge-feel karena Maro gak tahu Haku (atau Oshutoru) meninggal. Pertanyaan yang Rurutie sebelumnya tanyakan, keluar juga dari mulut Maro. Maro juga orangnya sensitif jadi ia bisa mengerti perbedaan atau ciri khas dari masing-masing rekannya. Ada outro Raikou yang jadi teaser disini, dan saudaranya Mikazuchi berniat ngobrolin “sesuatu”.

Hoshi no Samidare 01

What’s this?

Already outstayed its welcome.

Kaptain

Ingat pas season 2 Nanatsu dulu itu dikerjain Deen yang ngesubkontrak Mavy Jack? Hal sama terjadi di sini di mana NAZ ngesubkontrak Jumondo. Jadi maaf saja kalau saya ga ada niat sama adaptasi yang ga ngasih nilai tambah. Buat seri Mizukami secara pribadi saya lebih demen sama one-shot dia, walau dia sebagai mangaka emang ahli banget bikin seri yang punya durasi yang pas.

Lycoris Recoil 02

Kaczmarek

Agak heran penayangan episode ini gak ditunda di JP. Chisato masih jadi bom waktu dimata Takina, dan kita dapet momen SUPAKAAARR yang paling enggak bisa jadi moment of the season. Walnut bukan Mizuki, Walnut adalah Kurumi (literally). Ini cuman latihan perdana Takina dan Chisato jadi duet. Untungnya ya, UNTUNGNYA.

Kuno Misaki di musim ini gila juga perannya. Setelah ngelajutin peran Heine di Summertime Rendering, di musim ini juga ia nongol di Warau Arsnotoria, Made in Abyss, dan Utawarerumono.

Kuro no Shoukanshi 01

What’s this?

An old series finally getting adaptation

Kaczmarek

Untuk novel yang rilis mulai tahun 2014 dan adaptasinya baru di tahun ini, udah menjelaskan secara gamang kalau ini seri yang emang laku. Overlap ngangkat promo novel ini makin intens sejak pandemi, dan bener aja dapet proyek anime. Kalo ngeliat list produsernya, ini proyek bakal dapet perlakuan yang mirip dengan Gaikotsu Kishi-sama, Saihate no Paladin dan Grimgar.

Animasinya solid sejauh ini, dan seperti yang kalian ekspektasikan terhadap Satelight. Perkembangan dua episode berikutnya jadi penentu saya bakal lanjutin impresi seri ini atau enggak.

Engage Kiss 02

Kaptain

Ini enak juga ada seri multimedia yang formatnya sama tayang deketan, jadi bisa ada perbandingan. Struktur EK & LC udah jelas via mission of the week yang emang cocok buat seri kayak gitu. Cuma saya bilang LC lagi unggul di antara keduanya ngeliat minggu ini lagi ga ada kapasitas buat fanservice yang berarti.

Arknights (EN)

Kaczmarek

Summer is here! Tapi global lagi kedinginan. Stage extra yang meme di event ini, terutama yang caster ditiup angin kemana-mana. Ini musuhnya harus naekin berat badan deh kalo sampe kena blizzard bisa ketiup segitu jauhnya. Atau emang operator kita yang overweight.

Fate Grand Order

 

NA Server

Kaptain

Been a while saat saya bisa bilang Arts life, woot woot. Ini QoL dicepetin jadi leveling enak sekarang berkat daily baru. Pas Summer nanti ya paling ngeroll buat CE aja ngeliat bannernya medioker semua.

Girls Frontline

Kaptain

Ini event musiman rasanya underbaked. Build up konspirasi perdagangan senjata sama rencana Paula yang butuh banyak banget kebetulan ga dapet cukup waktu buat build-up. But then again ini Event santai buat persiapan Mirror Stage abis ini.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Jadi apa saja impresi kalian untuk seri minggu ini? Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: Miyukiko