[JOI Spotlight] Roofing Edition

July 17, 2022 19:50
[JOI Spotlight] Roofing Edition

Selamat datang di JOI Spotlight di mana kebanyakan seri musim panas ini udah tayang. Untuk sekarang mari kita sempatkan waktu buat impresi para staf JOI.

Isekai Ojisan 02

Kaptain

Ini efek fatal literasi media yang rendah  Wajar aja sih si om kesulitan dan bikin kacau ngeliat orangnya ngaku dia nggak punya mindset yang cocok buat quest RPG. Untuk yang penasaran sama ranking game Sega, perangkat pertama dipegang EVE Burst Error di mana Koyasu juga punya peran, dan RPG di posisi dua tuh Grandia.

Made in Abyss S2 02

Kaptain

Ekspedisi Ganja nggak dapet bagian saat ini. Baru semenit mulai Riko udah nyaris mati. Reg nyelametin dia tuh udah jadi refleks buat si robot. Agak kecewa dikit ini Narehate nih adaptasi kelewat “bersih”, jadi lebih kelihatan kayak mainan hidup dibanding mutan di manga-nya.

Yofukashi no Uta 02

Kaptain

Alright cool, ini Creepy Nuts jelas terlibat banget sama nih adaptasi kalau tiap episode dapet insert song. Penghematan produksinya udah kelihatan sih lewat reuse beberapa cut, tapi ya Liden emang ketolong sama seri yang berat di dialog dan jelas aja ini cast-nya ngasih banyak banget nilai tambah.

Ini emang lebih eksplisit kontennya ngeliat YnU tuh cukup terbuka soal ngomongin seks, tapi tetep aja DNA Dagashi Kashi masih ada ngeliat obsesinya sama mainan jadul.

Summertime Rendering 14

Kaptain

Tentu Heine bisa lebih nyurangin tim Shinpei ngeliat dia bisa ngeloop juga. Well, bagian akhir juga nekanin kalau dia nggak akan diem nunggu Shinpei bikin rencana dan secara aktif sekarang ngeburu dia. Paling nggak karakter penting kayak Toki udah bisa diyakinin buat membelot berkat cheat barunya Ushio. Sekarang ngerekrut lebih banyak tenaga kerja harusnya udah lebih gampang.

Kaczmarek

Kayaknya ada kesalahan penyutradaraan disini. Momen dimana Tokiko ngomong, gerakan mulutnya gak sinkron dengan suara Maki Kawase. Entah mungkin emang kelewat oversee atau emang kepepet gak sempet benerin.

Tsurekano 02

Kaczmarek

Udah nyampe momen meriang + curi-curi momen untuk nyuruh-nyuruh Mizuto. Yang penting disini kita dikenalin Akatsuki (CV: Ikumi Hasegawa) dan Kawanami (CV: Nobuhiko Okamoto). Di tengah cerita yang predictable ini, karakter kayak Akatsuki sama Kawanami ini yang bikin menarik cerita kalau mereka punya niatan gangguin dua MC.

Isekai Yakkyoku 01

What’s this?

Kerja di BUMN sejak dini

Kaczmarek

Untuk tipe isekai yang moderat, dukungan untuk produksi anime-nya nampak lebih dari yang gue bayangin. Dengan jajaran seiyuu yang mentereng, seri ini jadi favorit untuk diikutin sampe akhir episode. Ini Eleonore malah ngingetin saya sama desainnya Sanya dari Strike Witches.

Soredemo Ayumu wa Yosetekuru 02

Kaczmarek

UHUH, kita udah ke arc kompetisi olahraga. Ini masih tipikal tarik ulur perasaan seperti seri romance lainnya. Kalau pengen mereka jadian kayaknya satu musim pun gak cukup. Beneran dah, gak cukup. Gue belum baca manga ini jadi ekspektasi gue ngikutin cerita seperti Takagi-san. Sakurako cocoknya jadi peliharaan disini hahaha.

YouZitsu 02

Kaczmarek

Sejauh ini ngeliatin komentar fandom terkait season dua ini, mereka menyayangkan kualitas animasinya yang menurun. Tapi, banyak yg berharap cerita yang disusun di musim ini lebih memuaskan dari musim pertamanya. Episode kedua ini masih jadi infodump dari tes kedua ini. Namun kilas balik utama disini memfokuskan ke Kei yang kini jadi bahan bully-an Shiho dkk. Ditambah lagi dengan kedok pacar-pacaran dengan Yousuke akhirnya gak berbuah positif (lagi) bagi Kei.

Isekai Meikyuu de Harem wo 02

Kaczmarek

Momen dimana masa depan mereka dianimasiin, gue langsung ngecek lagi novelnya. “Ini beneran ada momen masa depan gini gak sih? Lupa gue”. Di episode kedua, kita gak diburu-buruin untuk dicepetin dapet Roxanne. Kalau masih menggunakan tempo ini, Michio baru bisa beli Roxanne di episode keempat. Perlu diketahui kalo seri ini isinya penuh dengan penjelasan soal mekanisme labirin dan hal lain terkait pengembangan level dibanding fanservice-nya.

Hataraku Maou-sama!! 01

What’s this?

An obvious continuation to promote “Dracula Yakin”

Kaczmarek

Animasi ending musim kedua ini sudah menjawab bagaimana adaptasi baru ini berakhir. Kalau ternyata berbeda di akhir nanti, saya cuma bisa menyiapkan mata dan senyuman melihat media sosial. Anyway, musim baru, studio baru, sutradara baru, desainer karakter animasi baru, dan yang tetep cuma penyusun seri animasi ini: Masahiro Yokotani.

Utawarerumono Futari no Hakuoro 04

Kaczmarek

Yow, episode untuk nge-resolve Kuon ini pace-nya gak ketulungan cepatnya. Tapi ini masih mending daripada tiga episode pertama musim ketiga ini. Episode ini sayangnya melangkahi detail kecil di memori Kuon yang seharusnya bisa jadi jawaban kepuasan bagi yang nonton anime-nya doang di musim dua lalu. Entah mereka mau memindahkannya ke adegan di episode lain atau bagaimana.

Kana counter: 8. Baru debut juga si Kuon di musim ini. Saya juga gak mau jelasin Fumirul ini siapa, jadi silahkan baca wiki yang tersedia di fandom. Yang harus diingetin cuma satu, Kuon ini demen makan dan kulineran. Pertanyaan besar di episode ini: Munechika kabarnya gimana di Tusukuru?

Kuro no Shoukanshi 02

Kaczmarek

Gak ngira CGI battle-nya sampe segitunya. Momen Kelvin langsung ngelahap itu permen untung gak ke-cut. Gerard desain animasinya agak kurang mendetail karena 3D sih, namun dari pergerakannya masih cocok seperti novelnya. Karena timeslot untuk adaptasi ini masih pagi banget, saya rasa hal-hal bau kebrutalan dan FS bakal ditahan.

Lycoris Recoil 03

Kaczmarek

Dinamis banget obrolan antar karakternya dengan mengurangi jeda antar pengucapan. Flow-nya juga enak banget diikutin, meski kudu mundurin terus kalau kelewatan konteks. Fuki masih persisten seperti sebelumnya, dan partner barunya juga gak kalah songong. Pembalasan pukulan itu akhirnya terbayarkan. Takina memang harus mencari tujuan lain selain balik ke tim inti organisasi politis ini.

Kaptain

Iya ini karakter dalem dunianya juga ngaku skillnya Chisato tuh complete and utter nonsense. Seperti biasa komentar penuh saya nyambung di seri seangkatannya di bawah.

Engage Kiss 03

Kaptain

You know the drill. Tim ga punya duit, hubungan Shuu & kedua heroine masih berantakan, misi harus nombok buat nutup pengeluaran. Tapi paling nggak ada hook sekarang. Cuma ya di cerita kayak gini pas klimaksnya antara dua hal ini bakal terjadi: 1. Semua ingatan Shuu dimakan dan semua development kereset. 2. Kisara “ngorbanin” diri buat ngebalikin ingatan dia di akhir

Sayang aja penceritannya ga sebanding dengan yang di atas yang punya plot ongoing berupa misteri kegagalan misi yang terus dapet update via petunjuk baru dan perkembangan Takina sebagai manusia. “Tim Shuu itu yang terkuat di pasar sampe perusahaan pemburu lain banyak yang kabur”, here’s an idea gimana kalau itu momen ditunjukin? Entah ini emang disengaja apa nggak ngeliat status ingatan Shuu, tapi susah peduli sama insiden keluarga dia kalau penonton juga ga ada informasi untuk peduli sama tuh keluarga.

Masih soal perbandingan, udah dibilangin kalau kota bakal mati kalau nggak ditopang sama aktivitas Shuu, tapi tetep aja nih orang dihalang-halangin. Chisato dkk punya alasan kuat via antipati mereka sama praktik organisasi dan jelas mereka udah ga mempan sama indoktrinasi DA. Ini status Shuu sebagai tim level sudra tapi vital banget buat nggak bikin semua orang mati kesannya buat maksa drama doang.

Chainsaw Man 98

CTian

Tatsuki Fujimoto kembali dengan Chainsaw Man! Yang mungkin merupakan satu-satunya seri manga populer tanpa adaptasi anime yang berhasil membuat banyak orang menjadi anjing. Iya, saya masih nggak habis pikir sama panel MAPPA di Anime Expo baru-baru ini.

Pertama, permintaan saya waktu bahas Goodbye Eri kemarin kesampain, euy. Waktu itu saya bilang pengen banget lihat seragam sekolah siswi yang dipakai di Goodbye Eri juga dipakai di bagian cerita sekolah ini, dan karakter barunya cakep banget pakai itu!

Bab 98 atau bisa dibilang juga bab 1 bagian kedua ini apik banget. Karena bagaimana bab ini alurnya mirip sama bab 1 bagian pertama, tapi keadaannya sedikit diubah, juga ada sedikit kontras sama keadaannya Denji. Banyak panel yang beneran mirror banget sama bagian awal Chainsaw Man. Jadi kayak arc pertamanya Chainsaw Man dijejelin ke bab 1 ini, tapi dibikin rapi dan bagus banget.

Asa Mitaka yang kemudian jadi War Devil ini jelas banget sih kasih kesan pertama yang baik ke pembaca. Bahkan belum 24 jam semenjak babnya rilis, ndak sedikit lho fanart karakter ini yang diunggah di internet, bahkan juga fan animation! Wow, fanbase Chainsaw Man ini produktif banget, asli. Bisa dibilang Fujimoto lagi-lagi ndak miss buat bikin villain cewek yang atraktif.

Ahhhh saya kangen banget sama Denji sebenarnya, tapi disuguhkan pembuka kayak gini juga nggak kesal sih saya. Saya bakal nikmatin banget bagian kedua ini sebelum banyak yang bilang seri ini overrated setelah animenya rilis. Untung juga pengumuman Eisner tahun ini jauh-jauh hari dari penayangan animenya, jadi misal Chainsaw Man menang ya saya anggap ini murni karena karya Tatsuki Fujimoto seorang, bukan dorongan popularitas dari anime.

Chainsaw Man bagian kedua ini bisa dibaca secara legal dan gratis di situs maupun aplikasi MANGA Plus. Dirilis bareng dengan perilisan di Jepang, setiap hari Rabu 00.00 waktu standar Jepang, yang kalau di WIB jadi setiap hari Selasa jam 22.00 WIB. Bahkan mereka lagi adain promo baca semua bab gratis sepanjang tahun 2022 ini, buat judul yang lagi running. Jadi seluruh bab Chainsaw Man 1 sampai terbaru bisa dibaca gratis di sana. Syarat & ketentuan berlaku tentunya, juga ini cuman ada di aplikasinya ya.

Blue Archive

Kaptain

Bingung ini ngepost buat segmen anime ato game, lumayan lah buat anime pendek. But ah well ini banyak QoL kayak peningkatan rate SSR semoga bisa dateng di global sebelum 2022 kelar. Meanwhile ini event Onsen bagus lah buat ngumpulin lampu buat Wakamo nanti.

Kaczmarek

AMT AMT AMT

Kantai Collection

Kaczmarek

Batch CG summer kali ini menggungah saya untuk menengok pangkalan lagi. Mungkin yg belum tahu, kalian tak perlu beli skin karena yang dibutuhkan hanya kapal yang minimal sudah kai saja untuk dapet CG ini. Helena dapet CG baru yang bikiin salah satu teikoku di lingkaran saya mengerang ganas saking kesenengan. Kinugasa juga dapet, namun highlight utama justru di Sagiri, yang kayaknya makin mengerikan untuk dibikin doujinshi-nya.

Arknights (EN)

Kaczmarek

Belum nyentuh sama sekali IS2 ini. Lappy saya cepet banget panas akhir-akhir ini, jadi cuman bisa daily dan nyicil dikit-dikit Who is Real untuk dapetin tinta Dusk. Need to repair this laptop before everything goes wrong again.

Fate Grand/Order

NA Server

Kaptain

Udah punya NP2 Istharin jadi ya ga ada niat buat naikin Servant nih banner di luar Paisen. Agak ngeselin aja biar cerita horor bisa jalan IQ karakter mesti diturunin dan nyapekin banget ini mesti diulang-ulang informasi “nih servant beda sama servant Chaldea” kayak ini pertama kali main nih game.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Jadi apa saja impresi kalian untuk seri minggu ini? Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.