[Waifu Wednesday] Sessyoin Kiara

July 27, 2022 17:07
[Waifu Wednesday] Sessyoin Kiara

Seperti yang sudah saya janjikan di rubrik rereview FGO dulu, Sessyoin Kiara adalah kandidat Waifu Wednesday seiring berjalannya Summer Event di FGO global. Yang saya yakin kalian yang main pasti berhasil ngeroll dia. Just be lucky.

– This is the worst idea

Ya think? Ngerasa narget karakter yang juga dikenal sebagai Beast III/R, Devilish Bodhisattva, dan Heavens Hole itu ide terburuk dari semua ide buruk?

Berhubung karakter ini punya sejarah panjang yang bahkan bisa sampai Tsukihime, saya bakal lebih fokus di kemunculan timeline Grand Order karakter ini dan ini juga masih banyak disingkat. Di dunia yang lebih damai Sessyoin Kiara bakal jadi teladan sebuah komunitas maupun figur yang dihormati pada disiplin tertentu. Hanya saja di timeline yang penyakitan keberadaan Kiara minimal bakal mengakibatkan pembantaian massal akibat obsesi orang-orang kepadanya.

Baik cinta dan kebencian itu terhitung sebagai obsesi, jadi mereka yang aktif buat matiin dia juga bakal terjerat kharismanya. Seperti yang terjadi pada Archer Alter tertentu. Anti-Buddha itu memang penjelasan paling sederhana dari kepribadian Kiara, sebuah makhluk yang menelan semua nafsu. Kotomine Kirei paling nggak cukup tahu diri untuk berdamai dengan kejahatan dirinya, namun Kiara punya ego yang saking tingginya dia nggak bisa melihat kelakuaknnya sebagai kejahatan.

Setelah insiden SERAPH di FGO, ego tersebut telah terluka banyak dan Kiara yang jauh lebih anteng sekarang bergabung di Chaldea. Memang bantuannya sangat vital saat di event Summer Camp dan Ooku, namun dianya sendiri mengaku posisinya sekarang itu lebih untuk dapat kursi terdepan saat sang Master gagal. Jadi untuk di aspek ini semua kalian tetap bisa mengecewakan dia.

Hanya beberapa staf dan servant Chaldea yang tahu soal wujud asli Kiara. Sejauh yang staf standar tahu, Kiara cuma sekedar pemuka agama sebuah sekte kecil.

Desain default Kiara sekaligus wujud dia sebagai Master adalah pakaian Biksuni dengan modifikasi. Sementara untuk versi Servant dia Nasu sendiri mengaku dia mau Hadaka Apron sebagai basis desainnya, dan tentunya ini direspon baik oleh Wada Arco selaku illustrator paling pemberani di kalangan artist reguler seri ini.

Surprisingly, ada aspek positif dari waifu yang sangat sangat high-maintenance ini. Tentu saja aspek positif ini cuma berguna untuk mereka yang siap nari di atas ranjau.

Banger Theme Song

Silakan pasang lagu ini selagi membaca artikel. Fun fact: saat saya ngegali lebih lanjut soal developer CCC, saya nemu Natsuko Ishikawa (Endwalker, Shadowbringer) di staf penulis. Ini emang nggak relevan sama poin theme song ini, I just think it’s neat.

+ Lily

Sessyoin Kiara

Versi Summer dia adalah versi Kiara yang memperbaiki dirinya setelah memakan duyung dan mendapatkan keabadian. Ini tentu saja bohong karena dia ternyata memakan makhluk legendaris yang lebih besar dari dasar laut, Shen. Selain untuk memecahkan misteri Summer Event dia, Kiara juga mengaku wujud lebih mudanya ini digunakan karena dia memang lagi ingin bersenang-senang di musim panas. Dari dialognya juga dia ternyata dapat ide sosok ini dari Ascension pertama Kama.

Untuk yang belum tahu, preferensinya terhadap duyung berasal dari cerita Little Mermaid karya Hans. Cerita terebut dapat membuatnya bertahan dari masa kecilnya yang sulit.

+ Surprisingly Accurate Gameplay

Versi Alter Ego yang sering dapet upgrade itu cukup kompeten soal Arts looping, versi Moon Cancer sayangnya cuma oke aja. Cuma sesuai karakternya, sebagai unit dia itu cukup rakus resource biar bisa fungsional sebagai looper dan mesti sabar sama implementasi rank up. Bisa dapet NP2 dia bakal ngebantu banget buat looping musuh non-knight. Kiara juga merupakan salah satu unit yang dapet musik tema dia sendiri saat menggunakan NP. Sessyoin Kiara memang bukan Servant terbaik untuk playstyle ini, tapi presentasi animasi dia itu ngebuatnya enak dilihat.

+ Hard Counter

Good news, Hans Christian Andersen, orang yang dicatat dalam sejarah ngebayar rumah bordil biar bisa dapet pasangan buat debat panjang dan pulang tanpa nerima “layanan fisik”; itu tipe orang yang Kiara sama sekali nggak bisa ngehadepin. Be like Hans itu saran yang bagus biar nggak tenggelam oleh Kiara.

Lucunya, dialog Kiara sendiri minta agar dia nggak satu tim sama Hans. Tapi ternyata skill 3 dia yang udah dapet upgrade punya sinergi bagus buat Arts Crit dan mompa NP Kiara. Pas banget dengan fakta bahwa dia, walaupun punya banyak opini jelek pada sang mantan master; nggak pernah bilang bahwa dia benci Kiara. Pada akhir CCC, dia ingin bisa memberikan Happy Ending untuk sang “heroine”, yang tentunya tidak terjadi berkat intervensi Master terakhir dari Moon Grail War.

+ Tanaka Rie

Saya akui sebagai sebagai penulis rubrik waifuwed saya emang lebih minimalis soal pemeran waifu yang bersangkutan. Cuma seperti yang bisa kalian lihat di atas, Rie Tanaka yang walaupun emang udah di-typecast buat tipe karakter kayak gini itu really owning up the character.

Sessyoin Kiara adalah seseorang yang selalu dicintai namun di akhir hidupnya baru sadar kalau dia sama sekali tidak tahu tentang bagaimana mencintai sesuatu. Sama sepertinya banyak antagonis seri Typemoon, dia mendapat kesempatan kedua dengan melindungi dunia dan sejauh ini dia menggunakan kesempatan ini dengan baik.

Selama dia dapet dosis blueball secara rutin. Jangan sampe dia terlalu nyaman ngeliat dia itu salah satu Servant yang ngasih Bad Ending saat Valentine. Saya sarankan siapkan Servant yang diperankan Koyasu dan Jouji Nakata sebagai “asuransi”.

Gambar: 1