[JOI Spotlight] Return of Comiket Edition

August 14, 2022 20:00
[JOI Spotlight] Return of Comiket Edition

Selamat datang di JOI Spotlight di weekend di mana Comiket balik lagi. Selagi menunggu kehadiran karya fans tertentu, mari kita simak impresi para staf JOI.

Isekai Yakkyoku 05

Kaczmarek

That’s quick as hell. Kita udah ke kosmetik dan jadi produk pertama klinik isekai ini yang dipasarkan secara publik. Beruntung bagi Falma, Elisabeth II bukanlah pushover di momen ini. Tapi tentunya ngerusak pasar adalah tindakan yang berisiko, dan ia pun dapet peringatan dari Elisabeth II. Kebijakan untuk pelarangan penggunaan merkuri di kosmetik juga harus ketahan dulu sampe udah duduk bareng ini para produsennya. Cukup realistis karena gak bisa asal njeplak bikin kebijakan secara tiba-tiba.

Tsurekano 06

Kaczmarek

ISANAAA! Akhirnya introvert satu ini nongol dengan fanservice kaki dan pahanya. Tapi justru yang bikin penasaran bagaimana ia bisa temenan sama Mizuto secepat itu di perpustakaan. Bahkan sampe makein kaus kaki seolah itu hal normal bagi lawan jenis. Di momen ini, interaksi side chara-main chara bakal lebih menarik daripada interaksi antar main chara. Walaupun begitu, Isana gak bakal jadi masalah bagi Yume kedepannya asal bisa memecah gelembung itu.

YouZitsu 06

Kaczmarek

Kushida akhirnya kembali ke raut wajah aslinya. Di episode ini ada beberapa detail yang dihilangkan, namun karena objektif dari arc ini bisa agak lancar adaptasinya, jadinya ini gak terlalu mengecewakan. Hanya saja, animasinya ngedrop banget sampe beberapa scene yang nampilin karakter bergerak dinamis jadi patah-patah serta layer yang salah tempat. Entah QC-nya lupa atau gak dilakuin sama sekali. Kayak gini sih biasanya dibenerin di Rebroadcast atau BD/DVD editnya.

BlueHeaven

Sejak lebih jelas kan jeleknya? Emang hari Senin dalam dua musim berturut-turut adalah waktunya menghina adaptasi kacau.

Isekai Meikyuu de Harem o 06

Kaczmarek

Gue seneng animasinya se-smooth ini dari yang diharapkan. Meski diadaptasi dari cerita borderline porn, stafnya cukup niat untuk jaga kualitas produksi mereka. Gue belum ngecek detail credit scene di episode ini lebih jelas untuk ngidentifikasi siapa aja yg turun selain dari staf utamanya.

Seri ini adalah wall of text dari sistem dungeon ditambah bumbu fanservice borderline yang justru orang mengira adalah aset terberatnya. Semalem ngecek video-nya Garnt, dan gue setuju sama deskripsi dia soal seri ini. Episode keenam ini juga nekanin bahwa Michio masih newbie dibanding Roxanne kalo dalam konteks dungeon. Dari segi kemampuan, mereka bisa seimbang tapi dari aplikasinya masih kudu digali lagi karena ini juga masih di lantai kedua.

Apa yang terjadi di episode keenam, ini cuma secuil dari ratusan bab yang bakal (semoga) dianimasiin. Passione gak biasanya bikin sekuel sih, tapi bakal menarik kalo ada niatan dari komite. Moga mereka gak lupa DxD season 5 aja.

Yofukashi no Uta 06

Kaptain

Mahluk paling produktif di dunia ini adalah laki-laki yang dijanjikan mau disedot dalam waktu dekat. Ko dibilang gila karena mau jadi vampir tapi Shirakawa sendiri punya kerjaan di mana mesti ngantor jam 2 dini hari itu normal, jadi siapa yang gila. Btw Itu dua extra yang nembak Nazuna tuh the actual Creepy Nuts.

Kaczmarek

Kou secara gak sadar membuka rute onee-san disini. Dua member Creepy Nuts jadi virgin boys disini berasa ada inside joke di komite produksinya. Tujuh karakter pendukung lain belum juga nongol batang hidungnya.  Terkadang gue lupa ini seri animasinya diproduksi sama Liden Films. Sejak tiga studio di tiga tempat berbeda jalan barengan, produksi anime-nya kian membludak dalam tiga tahun terakhir.

Summertime Rendering 17-18

Kalau sini kawin sama paus juga bakal pasang muka kayak gini

Kaptain

Konfirmasi kalau status Ushio itu disebabkan oleh “bahan” dasarnya yang dari Haine. Kurang lebih nutup plotpoint karakter pendukung kaya Nezu ngeliat ini tinggal H-1. Ini juga akhirnya ngelakuin sesuatu yang harusnya dilakuin dari awal, nanya Karikir selaku tokoh agama pulau soal.

Nyakitin aja ini Shinpei yang bilang kalau dia lahir sebelum FF7 rilis, sama nyakitinnya kayak tau PS2 sekarang udah retro, Anyway, ini untung interogasi bisa singkat ngeliat Shinpei bisa ngasih bukti mutlak sekaligus bikin hipotesis yang cukup akurat. Curang aja sih di loop sebelumnya tim sebenernya udah tahu cuma baru diungkap ke penonton sekarang.

Masih soal kecurangan, sekarang kita masuk loop di mana cheat paling pentung udah nggak bisa dipake. Ini 18 juga Higurashi banget art direction-nya

Made in Abyss S2 06

Kaptain

Ini Majikaja sampe harus intervensi langsungs ngeliat Riko nggak bisa berhenti ngelakuin hal yang luar biasa goblok. Udah kayak GM yang males sama kebodohan pemain. Reminder aja fungsi utama White Whistle tuh buat ngeaktifin artifak dan selama dia bisa dijaga dan diawasin, dia mungkin bisa jadi orang yang pantas buat megang nih alat.

Minggu depan harusnya udah masuk “That one bit”, kali ini dengan audio. Fun

Danmachi IV 04

Kaczmarek

Perkenalan Xenos baru, Marie si putri duyung. Kasian juga ia ditinggal di lantai ini karena gak bisa jalan di daratan. Makhluk yang masih seperti anak-anak ini cukup gila untuk bisa bertahan di tengah lantai berbahaya. Entah para serpent atau monster lain menghindari putri duyung ini atau gimana, kemampuan Marie ini nampaknya jadi alasan ia masih bisa bertahan disitu.  Paling enggak Bell bisa nge-deepthroat Marie untuk nge-heal diri sendiri.

Sementara party di atas lagi dijepit di segala sisi. Welf harus ngeluarin kartu truf duluan, sementara si Lily juga harus ngeluarin senjatanya. Hal yang dinantiin tentang kekuatan Haruhime harus ketahan di detik akhir. FFS.

Lycoris Recoil 07

Kaczmarek

Masalah masa depan Chisato kembali naik lagi ke panggung utama. Apa yang terjadi di masa lalu antara Mika dan Yoshi akhirnya dibeberkan walau hanya dalam kalimat cryptic dari keduanya. Utang besar kepada Alan dan soal operasi jantung itu jadi alasan mengapa Chisato mencari-cari orang yang terikat dengan kalung tersebut. Di titik ini, skenario untuk masa depan sudah bisa diprediksi namun keakuratannya menanti masalah DA dengan Majima.

BlueHeaven

Orang-orang menggila dengan flag sesama jenis yang makin bold. Sikap manusia memang selalu mencari kesalahan setitik dan mengabaikan banyak hal lain yang bisa dipandang bagus. Kalau memang anti ya ga perlu pusingin serial yang ga sesuai seleramu.

Di sini kita bisa melihat, sebenarnya plot anime ini akan menuju ke inti permasalahannya: soal anak Alan, kejahatan puncak Majima, dan segala rahasia soal Chisato. Saya duga Chisato ini awalnya anak yang haus darah, hampir meninggal tapi diselematkan. Pas udah ketolong malah jadi kocak gitu anaknya. Misinya Chisato dikasih tanda jelas, dia harus menjadi pembunuh nomor wahid di dunia. Kalau misi Majima? Nah itu misterinya. Death flag? Sayangnya semakin mengarah ke sana.

Kaptain

Ini organisasi ga punya budget buat sketch artist ya? Sejauh yang kita tahu tujuan institut sejauh ini tuh buat ngebikin talenta terbaik buat disiplin tertentu. Dari episode tour guide dulu saya ada firasat Chisato ada buat ngebunuh satu orang spesifik. Saya positif sih institut bakal kecewa banget soal ini.

Utawarerumono Futari no Hakuoro 08

Kaczmarek

Sudah lama tak berjumpa dengan Munechika. Yang gatau kemana dia di season kedua, ia ditawan pihak Tusukuru kala perang dan rumor beredar bahwa kekalahannya berujung ke kematian. Beruntungnya enggak, fujoshi ini masih dikasih kesempatan untuk baca BL lagi.

Spotlight sekarang ke Kuon lagi, namun agak sedikit menyayangkan soal cerita di belakang Nekone yang sengaja kena skip di delapan episode pertama ini. Ngeliat kondisi Nekone yang kian khawatir dan menjauh dari yang lain, perlu ada momen spesial untuknya buat kembali fokus ke seperti semula (walau tanpa kehadiran Oshutoru). She is still a kid, a big sister figure like Kuon is the one could comfort her in the middle of this stage of grieving.

Ah Fumirul, an airhead with a lot of potential but make everyone go crazy. Jalur diplomasi mulai dijalanin disini, namun masih dalam tahap persiapan. Lobi-lobi dengan masing-masing negara yang berkaitan dengan kelompok ini bisa dipermudah andai target tidak berganti haluan. Rumoy jadi garis pertahanan terbaru, tapi ada yang lebih penting untuk menjaga Ennakamuy lebih lama sampe ada kekuatan yang lebih gede untuk nantinya.

Engage Kiss 07

Kaptain

Akhir yang bisa saya terima buat NTR Arc kali ini. Ingatan Shu mulai bisa bener sendiri jadi saya ga terlalu khawatir sama stake nh seri, cuma ya ini bisa nyantai banget bilang kalau dunia luar tahu soal frekuensi kemuculan Demon pulau, negara lain bakal nyerbu masuk.

Paling ya di konflik akhir tuh super demon bakal dikeroyok buat jualan unit gacha. Lucu aja sih di Lycoreco ada segmen soal nama palsu darn ini ada aja orang yang namanya Sharon Holygrail.

Kaczmarek

Fumiaki Maruto goes nuts in this episode. Ini kayak ngasih tamparan bagi mereka yang udah ngambil kesimpulan di tiga episode awal. Shu dibuat se-scumbag-scumbag-nya dengan trait, pengembangan karakternya, sampe posisinya di dalam cerita. Kemudian Sharon The Chaste, WHAT THE, CHASTE!? Iya gue ngerti dia nun, tapi punya predikat chaste di namanya sendiri itu mubazir banget (kecuali emang maunya Sharon). 

Ngasih neurotoxin via kondom tentunya bikin Sharon dendam kesumat sama Shu (teori gue aja). At this point, gue gak heran kalo Shu udah berhubungan lebih dari empat perempuan atas nama adik kesayangannya.

BlueHeaven

Ahahahaha.. Maruto dan segala kelakuannya. Not Holygrail Sharon, that’s good bait, that’s really good bait. Damn it! Zenketsu darah murni dinista, MC pikunan kuso!!

Arknights (EN)

Kaczmarek

175 rolls (termasuk single ticket) udah dilakuin dan dapet dua Lee dan satu Chen di kasta bintang enam. Sementara sisanya penuh dengan operator baru yang belum didapetin kayak Mulberry sama Toddifons. Progres event saya cukup jelek, karena medal gabisa nge-fullin sampai tuntas hingga kini.

Header: yachima_tana