[JOI Spotlight] Bunny Day Edition

August 21, 2022 20:46
[JOI Spotlight] Bunny Day Edition

Selamat datang di JOI Spotlight pada Ba(8)Ni(2)I(1) Day ini. Selagi cooldown dari minggu kemerdekaan ini, mari kita simak impresi para staf JOI.

YouZitsu 07

Kaczmarek

Uhhh i hate this arc tbh. Mulai karena Kiyotaka mulai menjalarkan tangan besinya lagi, hingga kemungkinan Arisu kena cut lagi. Cukup apresiasi di awal volume keenam ini dengan mengadaptasi Maya nge-simp Kiyotaka seperti di sinopsis awalnya. Paper Shuffle ini permainan simpel dengan risiko gede, tapi paling enggak anime only watcher bisa lebih ngerti permainan ini dari festival olahraga sebelumnya.

Agak kesel Chabashira-sensei gak kena porsi pancingan kelas A sama kelas B mau beradu di kompetisi ini. Untuk episode berikutnya, mungkin bisa dapetin porsi ke blognya Kushida dan mulai naiknya tensi darah cewek ini.

BlueHeaven

Saya sudah tidak paham mau dibawa kemana plot anime ini. Lebih banyak fan service buat karakter cewe nongol trus dijual momennya daripada jelasin plot lebih bener. Setidaknya emang lebih better dari arc festival olahraga premisnya.

Tsurekano 07

Kaczmarek

Kaus kaki Isana yang tiba-tiba muncul dan kemudian ngilang lagi di pertengahan episode jadi highlight episode ini. QC-nya lupa mungkin atau lengah. Disini saya melihat Isana kayak dipaksa sama Akatsuki dan Yume untuk bikin si Mizuto jatuh hati. Gak dukung cara ini karena Mizuto tentunya bakal gampang ngebaca objektif dari ketiga cewek ini. Mohon maaf tapi pernyataan cinta ini krusial buat Yume dan Isana. Di satu sisi Isana gak perlu masalahin lagi soal keinginan terpendamnya, sementara Yume makin berat pikulannya oleh Mizuto.

BlueHeaven

Akatsuki kusogaki. Sesat, egois, dan ngejudge sendirinya. Untungnya Mizuto bijak, jadi hubungan antar sahabat masih aman-aman saja.

Made in Abyss S2 07

Kaptain

Sebelum epsode tayang sosmed animenya minta penonton banyak minum air. Semoga Misaki Kuno di episode ini dan berikutnya dapet bonus because dang. Kalian udah tahu ini seri punya temperamen kayak gimana jadi sumber makanan baru Ganja gampang ditebak. And no, kita masih belum nyampe The messed up part. Bukan Abyss namanya kalau situasi buruk nggak bisa dibuat lebih parah dan tragis lagi.

Yofukashi no Uta 07

Kaptain

Meet the family, yang masing-masing ngewakilin preferensi favorit kalian. Sekalian buat ngasih infodump buat para vampir selain Nazuna. Memang belum eksplisit dibilangin tapi para vampir punya alasan kuat buat nyembunyiin keberadaan mereka. Pertama kalinya juga ditunjukin kekuatan vampir yang nggak nyantai.

Kaczmarek

Agak beruntung ini kumpulan perempuan gak seagresif yang dikira. Setelah ngedenger gimana objektif mereka dalam milih pasangan, bermain aman jadi alasan mereka untuk gak seagresif yang dibayangkan. Ibarat antar saudari, Nazuna berasa seklusif kalau udah ngumpul semua gini.

Summertime Rendering 19

Kaptain

Good news, biang kerok udah ditemuin dan bisa langsung dilawan. Bad news, Shide got hands. Tim kehilangan petarung terbaik semenara Nagumo udah kepaksa buat berantem secara frontal. Ini wujud paling bahaya Heine juga ngebuat tim kesulitan buat bikin jebakan. Ushio ga bener-beenr ilang dan Shinpei cuma perlu nginget gimana Shadow Ushio bisa ada di loop.

DanMachi IV 06

Kaczmarek

Tentunya sudah saatnya Bell dateng untuk nyelametin temen-temennya. Yang jadi pertanyaan, dengan waktu yang cukup singat, gimana caranya ia bisa dapet kemampuan melebihi Moss itu? Apa darah dari Marie bikin Bell sekuat itu? Kayak Haruhime yang bisa jadi booster gitu maksud gue.

Ngomongin Haruhime, versi upgrade skillnya ternyata cuma nambah dari satu target jadi lima target. Tapi sayangnya ini masih terlihat lemah. Ibarat baterai berjalan, ia cuma jadi rencana cadangan atau darurat. Andai ia bisa lebih kuat + dengan versi upgrade booster ini, paling enggak bisa ngelepasin peran pushover-nya.

Isekai Meikyuu de Harem wo 07

Kaczmarek

Sudah ngerasa seri ini kerasa lambat dari seri lainnya? Welcome then yang baru merasa. Ini Michio juga belum ketemu anggota harem lainnya yang kalau ditaksir dari pace anime-nya, mungkin kita butuh musim kedua yang bisa saja nihil di masa depan. Ada sedikit masalah di episode ini, yaitu reanimasi ekspresi yang mulai dikurangin dan lebih ngadelin seiyuu-nya untuk berekspresi.

Lycoris Recoil 08

Kaczmarek

Mulai dibuka satu-satu. Ini sayangnya aja keliatan terlalu dini, tapi paling enggak masih ada satu hal yang masih ketutup yaitu soal Takina. Takina meanwhile, bikin kue bermodel feses universal. Majima kini bukan jadi bagian yang paling berbahaya bagi Takina dan Chisato, tapi perwakilan dari Alan sendiri. Misi hingga akhir episode ini kalo disuruh menebak terkait pemusnahan Chisato yang mungkin dianggap membangkang ketimbang lainnya. Tapi objektifitas dari kubu tertinggi sendiri masih tanda tanya, jadinya butuh dua episode lagi untuk nge-resolve ini sekaligus soal Takina yang nyelametin Chisato.

BlueHeaven

Di episode 8, Chisato “diculik”. Ini membuka lembaran baru buat Takina yang dalam masa puncak developnya. Entah Mika ini ga peka atau gimana, dia ga bisa baca gelagat kawannya yang bertindak sebagai antagonis di sini. Majima walau bad boy gitu, enak juga karakternya. Sesama anak Alan wajib akrab dong. Bonus Kurumi kerja, walau dikit.

Kaptain

Seneng pas bagian sidequest kayak gini ngeliat kualitas animasi karakternya enak diliat. Then again ini format ceritanya emang enak buat struktur petualangan macem seri Yakuza. Ada aktivitas dowbtime asik di mana karakter bisa dapet aktivitas aneh-aneh..

Utawararerumono: Futari no Hakuoro 09

Kaczmarek

Beberapa obrolan kecil memang normalnya kena cut. Tapi di momen ini cukup baik untuk dipotong agar Shis bisa dapet porsi ngomong yang lebih banyak. Bukan siscon, cuma kakak perempuan yang punya jiwa keibuan dengan tipikal protektif. Jika jalur negosiasi sulit untuk mencapai kesepakatan, maka jalur pembuktian jadi salah satu cara terbaiknya.

Perempuan dewasa semacam Shis dan karakter pendukung yang terikat dengan karakter utama ini lah yang bikin gue betah ngikutin seri dari VN ini. Tiap karakter punya cerita masing-masing dan gak selalu bernasib sama dengan karakter utama yang berasosiasi sama mereka. Shish sendiri dalam kondisi bertunangan dengan alasan pernikahan politik, namun gue sendiri gak tahu calonnya siapa sampe sekarang.

Satu hal yang disayangkan, mereka gak menganimasiin bagian akhirnya. Ada percakapan penting antara Shis dan Oshutoru/Haku yang seharusnya bisa ngasih suatu bendera. Karena gak dianimasiin, sebenarnya Shis malah menaruh hati ke Oshutoru/Haku saat momen itu dan Kuon menyadari ini dalam sekejap. Komen terakhir soal Shis, itu busananya sendiri saya gak ngerti maksudnya karena modelnya kompleks banget untuk dianimasiin sekaligus saat desain pertamanya dibikin.

Kuro no Shoukanshi 07

Kaczmarek

Kelvin emang udah OP, tapi sandiwara ini bikin OP-nya gak terlalu mengganggu karena grup pahlawan ini bisa dikalahkan setelah ucapan cringe keluar dari Touya. Colette sekilas balik lagi, tapi sayangnya ini cuman flashback. Episode yang kerasa cepat karena full battle, dan ujung-ujungnya bisa kita tebak hasilnya.

BlueHeaven

Akhirnya saya bisa kejar nonton ini. MC lawan party hero berasa deja vu nonton Kumo desu ga versi litenya. Itu yang namanya Setsuna tolong dikondisikan. Bisa-bisa saya histeris ketika dia dipukul Kelvin. Waifu woy itu!

Engage Kiss 08

Kaptain

Oh no~ sekarang siapa yang bakal berdiri di depan whiteboard buat ngasih presentasi~ Kami akan selalu ngengingat situ yang pake kata terakhir bukan buat neriakin nama perlakunya. Good job netapin karakter komedi sebagai informan. Cuma ya daftar tersangka juga udah dikit jadi ya tokoh sentral yang bisa jadi pelaku udah bisa ditebak via proses eliminasi.

BlueHeaven

I knew it. Salah satu template paling populer dalam pemecahan misteri adalah membuat orang terdekat yang selalu hadir bersama MC menjadi karakter penjahat sesungguhnya. Si botak ojisan ini sudah tersangka sejak kemunculannya. Bagaimana mungkin karakter polisi yang selalu melihat tempat kejadian perkara dan memiliki hubungan dekat dengan MC bisa senormal ini? Bagaimanapun juga, ojisan botak ini bukan dalang utamanya. Sesuai perkataan Sister Holygrail, dia hanyalah puppet dari demon Asmodeus. Kemungkinan real villainnya ga jauh-jauh juga dan sudah ditampilkan sejak awal. Saya menduga si walikota yang belagak bodoh itu pelakunya, tapi prediksi ini masih belum sampai 50% kepastiannya.

Overlord IV 07

BlueHeaven

Pembantaian Quagoa terasa hambar. Setidaknya si naga durhaka, Hejinmal dapet spotlight bagus di episode kali ini. Anda pikir episode ini bakal ada battle epic? Ya, namanya juga Overlord. Skill favorit Ainz “Grasp Heart” bisa OTK gitu, masa mau dilawan.

Isekai Ojisan 05

BlueHeaven

Dua minggu penantian terbayarkan! Sepanjang episode pecah banget! Ojisan tolong dikondisikan. Endus-endusnya lebih agresif lagi. Momen cincin strikes again! Dihajar dua waifu waduh banget. Ga tahan lagi lihat kocaknya anime yang kerjanya flashback terus.

Kaptain

Studio udah ga jadi spreader event jadi akhirnya produksi jalan lagi. Baguslah dinamika partynya tambah rusak dan secara fundamental juga dewa pengawasnya udah nyerah sama nih dunia.

Arknights (EN)

Kaczmarek

Event yang menyenangkan seandainya dapet Goldenglow. Hahaha, sayangnya gak dapet. Ling kemarin gak dapet, GG juga gadapet. Selanjutnya semoga dapet. Story masih saya skip karena belum bisa mantengin baca di tengah hectic kerjaan di luar ini.

Girls Frontline

Kaptain

Return to monke~ Respek ke dev yang ngasih update QoL gede walaopun ngaku kita udah masuk season terakhr GFL1. Jadi ya termasuk ini kita tinggal 4 campaign lagi sebelum tamat. MS tinggal 2 hari lagi jadi silakan buat mereka yang masih mau padding ranking.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: lack