[JOI Spotlight] Parabellum Edition

September 4, 2022 20:56
[JOI Spotlight] Parabellum Edition

Selamat datang di JOI Spotlight pembuka September. Mungkin ini akan jadi bulan yang mahal ngeliat acara yang akan datang dan pengeluaran tambahan karena berbagai alasan, namun untungnya impresi staf JOI masih gratis.

Isekai Yakkyoku 09

Kaczmarek

Pembentukan karakter antagonis di seri ini patut diapresiasi. Mereka gak serta merta jadi antagonis atas dasar dangkal tapi punya objektif yang cukup rumit. Situasi pharmacy guild di kota itu hanya tinggal menunggu waktu sih. Ini kayak perusahaan monopoli make keistimewaannya untuk berbuat seenaknya. Tapi kalo liat dalam kacamata keadilan, kedua pihak bisa aja membagikan apa yang kurang dan lebih dari masing-masing. Tapi balik lagi, manusia di guild itu konserfatif banget.

BlueHeaven

Heartwarming episode yang menyentuh. Memang kalau masalah keluarga diangkat, pasti bapernya minta ampun. Dua apoteker ini sebenarnya bapak yang baik. Ketua guild sayangnya keburu kalang hilang mata karena sudah terlambat ditolong anaknya. Sedangkan si bapak yang satu beruntung bisa mendapat kesempatan ketika MC sudah hadir di dunia tersebut. Berharap ending yang terbaik saja deh biar ga ada yang nyesel. Tolong kalau sudah boomer tahu diri, biar ga nyusahin orang lain.

YouZitsu S2 09

Kaczmarek

Kushida dalam dua episode terakhir jadi penopang ketertarikan saya nonton atau penonton lainnya juga. Setelah triknya mudah banget dibaca dan ia harus ngerjain tes dengan isi otak dia sendiri, kini yang paling ia harapkan cuma satu: gak diDO sama sekolah. Tapi ini masih terlalu cepat, untung perjanjiannya dengan Horikita hanya mengarah ke satu target. Dengan ini Kushida masih memiliki kesempatan untuk morotin Kiyotaka sampe naik kelas nanti.

BlueHeaven

Selamat Kushida Kikyo atas bergabungnya dalam klub kena mental. Ryuuen nanti menyusul.

Danmachi IV 07

Kaczmarek

Banyak pertanyaan yang muncul soal Cassandra di episode ini. Pertama, mengapa kemampuannya masih diremehkan banyak orang? Kedua, walau mereka sudah mengetahui kemampuan indera keenamnya, tapi kenapa hal seperti mimpi ini gak dimanfaatin? Ketiga, kenapa harus soal berat badan soal Haruhime? Wkwkw. Ya saya juga pengen tahu bagian mananya Haruhime yang tumbuh.

But anyway, saya sempat mengira mereka gak tahu Gale yang dimaksud ini Ryuu Lion. Ternyata udah tahu dan saya baru inget pernah diceritain di musim-musim sebelumnya.

Tsurekano 09

Kaczmarek

Kalo dari interview (https://kakuyomu.jp/info/entry/tsurekano_anime_interview), episode ini pake skenario orisinal anime-nya dengan pengawasan juga daru author novelnya, Kamishiro Kyousuke. Disini paling enggak kita dapet insight soal mengapa keduaya berpisah di akhir masa SMP. Tentunya dengan alasan kenakan-kanakan seperti yang mudah diprediksi.

Satu hal positif yang bisa diambil dari masa pacaran keduanya, Yume sama Mizuto udah gak perlu ngerem kalau udah ngungkapin isi hati mereka (kecuali konteks privat).

Isekai Meikyuu de Harem wo 09

Kaczmarek

Ambil bibit dan berkebun. Ke dungeon nyari EXP dan nambah skill. Mesen bak gede buat mandi. Seks. Masak dan makan bareng. Apa berikutnya?

Utawarerumono: Futari no Hakuoro 11

Kaczmarek

Kuon berhak untuk nampar Haku/Oshutoru setelah gak sadar sama hidangan yang dikirim kakaknya Rurutie. Sekarang Shis secara resmi ngirimin bendera perang ke heroine lain. Satu hal yang agak terlupakan cuma si Nosuri. Tapi di episode ini, dia jadi bintang utama.

Komite nampaknya menghindari adegan pertarungan di anime ini. Ya tentunya untuk nge-press duit dan meminimalisir risiko salah detail juga sih. Tepuk tangan karena mereka masih memberi adegan hunting Nosuri masih dianimasiin. Nosuri masih menjadi favorit gue di seri ini, walau masih gak sensitif sama orang lain dan dirinya sendiri.

Berikutnya perang-perang-perang! Kini banyak hal yang bakal terungkap di masa

Made in Abyss S2 09

Kaptain

Sayang aja bagian hubungan Vueko sama Hollow di atas dilompat di adaptasi ini, ato mungkin aja bakal dikover pas udah relevan. Eksekusi yang bagus di modifikasi bagian ED yang buat nunjukin kalo nih kota Hollow is completely and utterly screwed. Riko juga ga bisa bergantung sama Reg buat beberapa jam ke depan jadi buat last sprint nih arc dia mesti “belanja” lagi buat nyari solusi.

Isekai Ojisan 07

Kaptain

Welp, hiatus sampe waktu yang nggak ditentukan. Dari bocoran staf nih produksi emang penyakitan di manajemennya ngeliat mereka kesulitan dapet staf eksternal sekalipun, nggak di aspek pandemi aja. Meanwhile di sisi isekai saatnya kita nyindir soal protag yang dapet “skill” dari main game, yang si om gagal ngeinternalisasi kalau tau cara nyurangin sistem itu lebih penting daripada skill praktis. Sedih juga sih baru di dunia nyata dia baru ngerti fungsi cheat dia gimana.

BlueHeaven

Pandemi itu kambing hitam terbaik untuk menyalahkan semua keadaan yang terjadi. Masih setengah jalan, sih. Kalau memang belum benar-benar ready mending hiatus. Tapi sayang, animenya sebenarnya cukup bagus, cuma nasibnya sial.

Yofukashi no Uta 09

Kaptain

Like kepribadian anime manapun ya bakal ngeselin kalau ada di manusia “nyata”. Udah jelas nih seri suka mainin filter warna buat ngasih emosi ke adegan, tapi ini filter pastel cuma ngasih saya emosi “ini ngeselin banget liatnya”. Efek dan “penyakit” setelah jadi vampir bakal ditunjukin belakangan, tapi ini sisa episode kayaknya bakal buat maid arc sama itu.

Summertime Rendering 21

Kaptain

Setelah kekalahan besar episode kemarin, Shinpei akhir bisa ngeamanin dua aset terbaik yang dia punya, Shadow Ryuunosuke & Ushio. Semuanya, kecuali Mio yang dapet Rem level rejection; bisa senang. Maaf ya ngeliat situ aja kalah pamor sama versi kuudere situ.

BlueHeaven

Kehilangan Guill demi mendapatkan Ushio kembali. Haine bukan hanya mendapat bayangan Shinpei, tapi pola pikirnya. Inilah yang disebut pertempuran terbesar adalah melawan dirimu sendiri.

Overlord IV 09

BlueHeaven

Oh, Ramposa III. Betapa badutnya dirimu. Otaknya memang dari dulu ga beres karena kerajaan gitu-gitu aja, tapi nawarin kepalamu yang tidak berharga itu lebih konyol lagi. Mana mau Nazarick nerima kepala yang isinya kosong. Dijadiin death knight aja ogah.

Omong-omong pertempuran E-Naeurl beneran dihabisin setengah episode. Mayan dapet bahan baru dari priest shotacon. Jadinya hype ke priest ini lebih viral daripada debutnya Nigredo di mata publik. Marketing sukses buat non-novel readers.

Kuro no Shoukanshi 09

BlueHeaven

Melfina! Betapa aduhainya dirimu, jelita! Memang istri pertama terbaik! Paling OP, paling seksi, paling nafsuan.. dalam hal kuliner.

Dapet member baru kelas pahlawan, Rion. Classic tensei story. Setidaknya saya melihat potensi anak pungut yang jadi maid gagal naik jadi imouto role, direbut sama yang baru nongol.

Lycoris Recoil 10

Kaptain

Wait, jadi gitu aja rencananya? Ninggalin senjata dan ngarep cukup banyak orang yang cukup goblok buat meriksa bingkisan mencurigakan? Saya tahu “negara yang terlalu dimanjakan kedamaian” itu emang salah satu tema nih seri, tapi ngeliat sektor kriminal kayak Yakuza nyatanya masih ada dan masuk sensor berita harusnya udah ada insting buat hal kayak gini.

Sekali lagi, ga terlalu khawatir sama nih konflik akhir yang sekali lagi gegara struktur nih seri. Apa lagi ini dua orang yang “minggat” juga bela-belain riset soal jantung artifisial.

Engage Kiss 10

Kaptain

Oh waw, pemerintah ga guna buat ngehadepin krisis. Sapa sih yang bisa ngeduga. Kisara sama si suster aja ga lecet sama sekali. Masih soal dugaan, si adik yang udah lama ngilang jadi turbosatan dan jujur aja itikad baik saya udah tipis banget ngeliat ini 80% episode abis buat infodump soal konspirasi demon yang udah umum banget buat nih genre.

Arknights (EN)

Kaczmarek

Interplay yang cukup kompleks di CC permanen saat ini. Saya masih sering lupa soal sisi gelap yang dimanfaatin salah satu musuh disini. Risk 18 masih doable, dan beruntungnya saya sempet upgrade Blackknight dan Honeyberry.

Genshin Impact

Kaptain

Siapa yang duga sih ngebuat sebuah area punya tema yang konsisten itu ngebantu banget buat cerita. Kali ini saya minimalin sarkasnya ngeliat mihoyo legitimately bisa ngeeksekusi dengan bagus cerita via quest. Penggunaan gambar item + teks udah minimal via implementasi CG, di area yang fokus ceritanya di kebikjasanaan si Traveller pake kebijaksanaan dia buat mecahin masalah, NPC kayak Dunyarzad bisa terlibat di plot secara berarti biar ga ngulang Mr. “Dia penting kok via aksi offscreen yang kalian ga bisa liat” kayak Teppei, dan Archon kali ini bisa jelas ngasih batasan dia namun bisa ngasih bantuan yang berarti.

Itu semua buat yang eksklusif mainin Archon Quest. Yang ngegubris World Quest bisa dapet konteks penting soal alasan praktis kenapa Sumeru butuh banget pemimpi, sama saya apresiasi juga Tighnari yang ngasih respon khusus kalau udah mainin quest Aranara. Kalau kualitasnya bisa kejaga kayak gini ya saya ga keberatan siklus patch dipanjangin.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: tabakko