[JOI Spotlight] Sexyman Edition

September 11, 2022 20:43
[JOI Spotlight] Sexyman Edition

Selamat datang di JOI Spotlight di mana tema minggu ini adalah “timing yang jelek”. Namun tentu tiap minggu impresi staf JOI siap hadir untuk kalian.

Isekai Yakkyoku 09

Kaczmarek

Black plague atau maut hitam kayaknya jadi penutup adaptasi seri ini. Dengan Falma butuh waktu lebih banyak di trial and error phase ditambah masalah politik setempat, kayaknya ini emang cocok untuk jadi klimaks tertinggi di awal seri. Meski banyak ke-cut, tapi porsi cerita utamanya masih dijelasin gamblang disini. And oh, mimpi buruk bapaknya Falma muncul.

Tsurekano 10

Kaczmarek

Tolong ini Isana jadi kompor setelah bilang kalo ia hanya pengen jadi temennya Mizuto aja. Ini mah udah pengen milikin sepenuhnya bahkan di depan Yume dan di tengah ibu bapaknya di rumah. Urat tegang saya ngikutin perkembangan Yume bisa dikendurin berkat fanservice baju renangnya, walau ujung-ujungnya mengeras lagi saat ibunya nanyain status Isana sama Mizuto.

Isekai Meikyuu de Harem wo 10

Kaczmarek

Adegan erotis di episode ini cukup melangkahi adegan normalnya. Yang niatnya cukup gede buat nganimasiin adegan pekerjaan meniup ini, saya makin curiga sama Passione untuk melebihi apa yang dibikin Sunrise, TNK, sama Arms. Anyway, paling enggak saya lebih tertarik adegan masak daging kelincinya yang lebih menggugah dari bagian erotisnya. Ini foreshadowing moment karena Shiori Mikami (seiyuu-nya Roxanne) makan weener bareng-bareng Taneda Risa sama Yumi Uchiyama di program radio weekly mereka.

YouZitsu 10

Kaczmarek

Sakura kembali dapet porsi lagi dan secara resmi gabung grup belajar Kiyotaka. Kemudian debut Hiyori ketemu Kiyotaka, dan nunjukin kalau dia ini hanya cewek cantik polos yang hanya ingin kedamaian. Oh yeah, nampaknya ia juga demen baca buku fiksi jadi kemungkinan besar kontaknya dengan Kiyotaka bakal makin intens.

Ngomongin Chasibara-sensei, sebenarnya kalau bisa menebak mengapa ia selalu menaruh perhatian ke Kiyotaka, saya pikir ada hubungannya dengan salah satu anggota keluarganya. Episode ini menjawab bahwa dia tak mengenal ayahnya Kiyotaka, namun ia malah menggunakan Kiyotaka sebagai alat demi naik ke kelas A. Reverse role which intended but she couldn’t hold it for long.

Kei secara gestur kayak kena tolak sama Kiyotaka. Padahal udah ngerasa nyaman kongsian bareng dia haha.

DanMachi S4 08

Kaczmarek

An episode that should be trimmed down to ½ episode. Dari ujung ke ujung Bell bikin kesel karena “Gak mungkin ini Ryuu”, “Masa Ryuu sih?”, “Seriusan ini perbuatan Ryuu?”. Ryuu juga cuman “minggir lu gausah ikutan” untuk bunuh oknum Rudra Familia itu. Episode yang bisa anda skip tiap lima detik. Ada sedikit informasi soal Jura Halmer sih, cuman gaada yang bisa digali kecuali kecurigaan kayak di episode sebelumnya.

Summertime Rendering 22

Kaptain

Ini armor final boss Shide keliatan banget kayak Cthulhu. Nice move via mainin save point biar bisa fast travel ke gua Haine. Di loop 10 ini jelas tim udah max level di aspek combat jadi walopun tim kepisah juga ini bisa ngegilas Shide & Haine. Buat Nezu sih udah wajar, tapi rada nyayangin aja ini Tokiko ditinggal buat jadi rear guard.

Utawarerumono: Futari no Hakuoro 12

Kaczmarek

Atuy dan Itak, nama dengan pengucapan yang mirip dan dua insan yang ditakdirkan (oleh kedua orang tuanya). Cukup sedih danger Itak kehilangan bapaknya disini, tapi janji masa kecilnya dengan Atuy masih bisa diharapkan untuk kedepannya, walau kenyataannya bisa berubah.

Nakoku sekarang bisa direbut balik, tapi benda peninggalan Mikado dibawa Maroro entah kemana (sejauh ini). Latar belakangnya Maroro benci sama Oshutoru (yg aslinya Haku) ini keknya berasa delusional.

Engage Kiss 11

Kaczmarek

Progres dari seri ini lebih menarik dari seri sebelah yang dikerjain studio yang sama. Saya juga resmi nge-drop LycoReco untuk sisa episode. Banyak info di episode ini yang gak mungkin dijabarin di paragraf ini. Satu hal aja ya, memori Shuu yang kembali via Kisara dan Kisara kehilangan ingatan atau balik ke versi pabrik ini butuh faktor lain yang akhirnya kejawab di flashback memori Shuu. Ada beberapa lubang yang belum kejawab terutama di bagian yang ke-skip setelah ritual kontrak itu.

Kaptain

Here we are. Sampe ke poin di mana saya bisa lebih positif sama seri yang di dalemnya ada suster yang diracunin sama kondom beracun dibanding seri seangkatan di bawah. Sesuai dugaan ingatan Shu balik, tapi konsekuensinya ya kayak gitu. Menariknya ya si adik juga dapet kopi ingatan Kisara jadi kayaknya dia bisa sopan banget nunggu di laut sampe character arc tiap karakter bisa jalan.

Lycoris Recoil 11

Kaptain

Itu artist ngasih peringatan kalau Higanbana itu beracun, jangan jadiin rokok. Bingung saya selama ini DA gimana bisa bikin surveillance state kalau kompetensinya kayak gini. “Oh waw kriminal yang terkenal suka masang jebakan ternyata masang jebakan” sekarang udah terjadi empat kali. Susah banget saya bisa nyeriusin nih klimaks ngeliat seri komedi kayak Boondocks aja pake cerita kayak gini buat guyonan. Paling nggak ini subplot Erika bisa kelar dan jujur aja saya udah kesusahan nolerir metaplot nih seri.

Makanya saya pesimis ini tamatnya bisa bersih apa nggak. Idealnya ya DA dibubarin dan Karang Taruna macem Lycoreco jadi jalan kedepan. Cuma ya sekali lagi di episode “Kaptain kesel sama struktur seri multimedia”, bisa aja ya status quo dipertahanin walopun struktur sosial udah keguncang banget biar ga ganggu format proyek selanjutnya.

Yofukashi no Uta 10

Kaptain

Yay dugaan bener. Maid arc dulu terus baru karakter akhir dikenalin di klimaksnya. Kasus selesai with the power of horny dan seperti biasa karakter seri ini emang simpatetik dengan penyakit yang namanya kemanusiaan.

Kaczmarek

Gak mengira ada episode maid tbh. Gak ngira juga Saorin turun lagi di musim ini sebagai karakter pendukung. Saya gak tahu ini Arisa umur berapa, jadi agak ngeri kalo dia juga deketin Kou. Kou masih SMP btw.

Kuro no Shoukanshi 10

Kaczmarek

Lagi, lagu background di seri ini lebih annoying daripada plot generiknya. Cukup kesel danger dialog tokoh di dalem episode ini tapi kena ganggu sama lagu background + liriknya yang bikin ilang fokus. Paling enggak itu volumenya agak dikecilin biar gak overlapnya parah banget.

Konten masih wholesome sejauh ini, belum ke bagian yang agak berat untuk ditelan. Kelvin ngelatih rekan-rekannya, dan tapi trio berserker di timnya perlu dikoreksi.

Made in Abyss S2 10

Kaptain

That was hard to watch, dan saya lihat ini sebagai aspek positif. Kasian aja itu cara Nanachi dapet “upgrade” dan Reg baru dapet gambar penuh abis ngelewatin point of no return dengan Faputa. As usual ini OST naikin banget kualitas presentasinya.

Arknights (EN)

Kaczmarek

Akhirnya dapet recruitment tag: Top Operator setelah lebih dari setahun gak nongol-nongol. Dapet Ifrit juga yang belum ada di skuat, jadi paling enggak Rhine Lab yg tersedia utk didapetin udah lengkap. CC aman sejauh ini, gak bakal ngira bisa secepet ini progresnya sih.

Blue Archive

Kaptain

Rate-up yang produktif banget. Hibiki akhirnya kecantol dan ini tinggal Iori aja yang beberapa minggu lagi bisa beli. Harusnya sih semua orang udah dapet Tamamo Akagi Kongo Wakamo biar ranking Shirokuro nanti cancer banget. Apresiasi banget ini hadiah valentine ngelibatin NPC juga.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: habkart