[Waifu Wednesday] Kosaka Wakamo

September 14, 2022 21:42
[Waifu Wednesday] Kosaka Wakamo

Para Sensei tentunya udah nabung buat banner Fest Kosaka Wakamo, unit boss yang akhirnya bisa dimainin setelah lama tak terlihat di misi tutorial Blue Archive. Entah kalian ngeroll demi ngelengkapin roster atau ngeburu dia, sekarang mendekati akhir event Valentine itu waktu yang bagus buat bikin Waifu Wednesday untuk sang rubah hitam.

Wakamo sebagai karakter BA memegang posisi unik sebagai siswi independen melihat statusnya sebagai salah satu dari tujuh kriminal most wanted di Kivotos.

Diperankan oleh Saito Chiwa yang juga memerankan Tamamo no Mae di seri sebelah. Fans game lain juga tentu bisa lihat kemiripan dia dengan Akagi dari Azur Lane. Singkatnya nih karakter itu di-cast habis-habisan buat jadi siluman rubah game ini. Sesuai “tradisi”, seragam tempur dia adalah Furisode hitam dengan corak sakura dan topeng rubah, sementara baju sipil dia adalah Kimono pink yang dilengkapi dengan payung.

Seperti murid Hyakkiyako lain yang menggunakan senjata Jepang, dirinya menggunakan Arisaka Type 99 berwarna hitam-merah dengan Bayonet sebagai senjata. Namun dari kemunculannya sejauh ini dia cenderung suka “minjam” alat berat lainnya dari berbagai faksi. Halo miliknya juga mengikuti tema ini dengan Sakura hitam merah.

Uniknya juga, bersama Kayako dia adalah siswi tertua yang sudah dikenalkan di game ini kalau staf pengajar tertentu nggak dihitung.

– Fox of Calamity

Untuk kalian yang baca ceritanya, tentu kalian bisa melihat kalau akademi pada umumnya lebih suka ngurus murid bermasalah secara internal. Wakamo dikskorsing dari Hyakkiyakou menunjukkan kalau sekolah sudah tidak mampu mengurus dia, yang wajar saja melihat setiap kali dia muncul kerusakan properti yang dia timbulkan itu selevel boss Total Assault.

Ini bukan berarti dia tidak bisa ditundukkan, cuma sejauh ini butuh kerjasama antar akademi yang kurang suka satu sama lain untuk meredam dia. Seharusnya ini menunjukkan tingkat bahaya dia melihat berbagai akademi mau kompromi dan punya SOP khusus buat melawan dia.

Dan parahnya ada tujuh murid bermasalah lain selevel dia. Sebenarnya ada satuan khusus OSIS yang dulunya merupakan spesialis untuk masalah seperti Wakamo, namun mari kita liput mereka saat relevan di global nanti.

– Burning Love

Saya asumsi di 2022 ini orang-orang udah pada lupa sama Battleship IJN tertentu, jadi sekarang ini adalah tema dia. Alasan Wakamo mundur di awal cerita adalah karena dia jatuh cinta dalam pandangan pertama dengan sang sensei. Hal ini terungkap setelah ngirim Wakamo ke Horny Jail puluhan kali pada event Valentine, di mana akhirnya dia bisa mengutarakan perasaannya di akhir.

Itu semua terjadi setelah berbagai blok kota hancur dan para siswi Valkyrie dipermalukan. Nyatanya juga berbagai geng Kivotos mau ikut rencana dia jadi dia sebenarnya punya kemampuan organisasi di atas kekuatan dia sebagai salah satu siswi paling berbahaya.

Point is, Kosaka Wakamo is a girl of extreme. Baik di sisi positif dan negatif.

+/- Extreme, but not unreasonable

Satu aspek yang saya apresiasi dari format heroine BA yang mayoritas siswi adalah fakta kalau kalian sebagai Sensei nggak pernah menyerah untuk mendidik dan mengoreksi mereka. Wakamo untungnya masih bisa diajak negosiasi dan sedikit demi sedikit bisa beraktivitas tanpa ngeratain gedung atau ngupas orang nggak sopan seperti pisang.

Kosaka Wakamo

Di bond event dia untungnya dia bisa kompromi dengan sekedar ngasih ancaman aja. So baby steps. Sejauh ini dia umumnya berkunjung ke kantor Schale setelah melumat semua sistem keamanan gedung, jadi ini bukan proses yang murah.

+ Unlimited Swimsuit

Uniknya buat genre ini yang suka ngasih “pajak” buat varian baju renang, versi musim panas dari Wakamo masuk general pool sementara versi vanilla dia limited. Buat kalian yang kelewatan versi vanilla dia di global, kalian bisa nyoba lagi nanti saat event summer Abydos.

+ Boss Slayer

Lebih tepatnya ya Mystic Boss Slayer. Kurang lebih unit wajib buat mereka yang ingin bisa jauh di Shirokuro berkat kit dia. Niche dia adalah akumulasi damage yang bisa nyampe 500k damage berkat EX dia dan attack tambahan saat melawan boss. Bisa juga dipakai di Peroro saat burst phase.

Untuk sekarang sekian dulu untuk Wakamo no Mae. Untuk kandidat selanjutnya  dari seri ini, saya lihat dulu sampai kriminal lain dan versi sugar mama tertentu tiba di global. Look forward to that.