[JOI Spotlight] Starting Fall Season 2022

October 2, 2022 21:12
[JOI Spotlight] Starting Fall Season 2022

JOI Spotlight udah masuk Oktober aja.  Mungkin ini akibat insiden sejarah yang terus saja terjadi di tahun ini. Memasuki musim baru tentunya staf siap memberikan impresi awal sekaligus penutup untuk berbagai seri.

YouZitsu S2 13 (End)

BlueHeaven

Satu musim penuh kebingungan sudah dibayar dengan sebuah episode epik pertarungan Ayanokouji dan Ryuuen. Episode terakhir sebagai penutup dan penerus episode yang sudah dinilai cukup tinggi sebelumnya, membuat esensi yang selama ini ditampilkan sepanjang musim muncul kembali. Dari tidak jelas kembali kepada ketidakjelasan. Sebenarnya apa sih yang mau dikejar dalam season 2 ini? Hubungan Kei dan Ayanokouji? Ayanokouji yang berniat mengakhiri Kushida yang sudah merusak sejak awal musim? Atau mengakhiri pentas drama Ryuuen yang berakhir menjadi alat si MC “gue banget” satu ini? Yang manapun itu, pembawaan alur yang tidak jelas membuat saya hanya bisa sedikit mengapresiasi bagian dari ending season 2 ini. Kushida di akhir cuma bisa bilang “merry christmas eve” and then her job is done. Just like Lerche did. 

Overlord IV 13 (End)

BlueHeaven

Owalah apik tenan euy. Ini baru namanya ending. Sapu rata, semua plot terbongkar, ibukota Re-Estize ambruk. Hanya seorang Renner, putri biadab yang bilang “Ehe, cuma ngorbanin satu kerajaan, impianku akhirnya terwujud”. Apalagi Renner pake acara nyanyi segala lagi. Lengkap sudah mantan manusia yang sudah resmi menjadi iblis ini. Atau mungkin sejak dari awal, Renner memang sudah bukan manusia kali ya. Habisnya, kelakuannya itu loh. Sasuga anak emas Maruyama, pasti “bapaknya” senang melihat anaknya dikasih spotlight indah sama Madhouse di episode akhir. Untuk Climb, berbahagialah di ruang kecilmu itu. Kamu hanya perlu berbaring dan menikmati nikmat abadi bersama putri yang sudah kau sumpahi dengan janji setiamu. Thus the ends begin. Kata-kata yang cocok sebagai intro season 5 yang kemungkinan akan menjadi akhir dari serial terniat Madhouse satu ini.

Summertime Rendering 25 (End)

Kaptain

Lingkaran sudah berhasil dipenuhi, soal jelas enggaknya mereka ingat sama loop sebelumnya itu nggak penting ngeliat kita dah masuk the best timeline. Bagusnya di adaptasi ini lebih eksplisit ditunjukin kalau orang tua Shinpei masih ada sama ada interaksi sama Karikiri timeline baru. Ini episode bisa aja jadi sempurna kalau di akhir ada timeskip buat cerita “sekuel”, tapi ya ngeliat durasinya itu lebih buat materi OVA.

Kita emang dapat adaptasi yang kompeten yang ditambah lagi niatnya dengan kehadiran Keichi Okabe, cuma sayangnya ya masuk penjara Disney jadi jangkauannya ga bagus.

BlueHeaven

Gak nyangka mereka sempat-sempatnya ngasih best possible ending buat kita. Semuanya hidup kembali, tidak ada bayangan dan bahagia semestinya. Bahkan orang tuanya Shinpei masih hidup itu sudah lebih dari cukup.

Semua karakter juga dikasih screentimenya di episode ini. Mulai guru SD Shinpei dulu kerja sama mungut sampah bareng Ushio, Nezu, dan satu orang lain. Orang yang dulunya jadi bayangan kerjanya di pelabuhan sekarang jadi penurus Karikiri yang sudah tua. Bahkan keempat bocah yang debatin soal es krim, itu eksekusinya smooth banget. Shiori emang anak mental pedagang. Jadi, melihat diri Shiori sebenarnya yang sebagian besar waktu tampilnya dijadikan cover majalah muka penjahat, ada kegembiraan tersendiri

Tadi, saya bilang eksekusinya smooth itu bicara transisi dan pemanfaatan waktu dari awal sampai akhir episode. Ditambah pengaturan suara yang pas, musik sayu-sayu dengan derap kaki langkah Shinpei yang lambat, itu menghasilkan momen yang menenangkan ketika memperlihatkan sudut-sudut pulau.

At the end, not gonna lie there’s something missing in the plot hole. Tapi personal saya tidak bisa tidak untuk mengatakan ini adalah anime terbaik dalam merepresentasikan musim panas. 3 hari yang berulang dalam 6 bulan waktu tayang. Terima kasih, Summertime Rendering.

DanMachi IV 11 (To be continued on January 2023)


Kaczmarek

Stretching yang mantap, sekarang kembali ke jalur utama. OK? Paruh kedua dari part pertama ini cukup menguras emosi saya. Pelipur lara di adaptasi ini cuman monsternya yang gak full CGI.

Die Neue These 37

Kaptain

Jadi apa yang terjadi kemarin? Ah ya, satu Death Star mau nabrak Death Star lain. Agak nyedihin aja ini strategi yang kedua pimpinan faksi sadar merupakan satu-satunya strategi yang efektif, dan karena ini FPA nggak boleh menang secara bersih, tentu aja ada dua armada yang ilang karena gobloknya terminal.

Yofukashi no Uta 13 (End)

Kaptain

Episode akhir buat ngejejalin Vampir Pria yang mau ngejejalin sesuatu ke Ko. Kurang lebih ngekonfirmasi kalau hubungan sentral seri ini emang berat di Ko, dan perkembangan penutup ini ngebuat dedikasi balasan Nazuna diresmikan.

Adaptasi yang bagus ngeliat ini ngasih banyak banget nilai tambah dibanding manga. Seperti dugaan di awal Liden emang momentumnya kesendat dan ini lagu Creepy Nuts juga ga sebanyak dugaan yang dipake. Tapi ya kapan sih lisensi musik di JP pernah beres.

Kaczmarek

Wrap up yang cukup baik. Terutama di poin Kou sudah memastikan keputusan untuk tetap jadi vampir di tengah banyak pengaruh disana-sini.

Aoashi 24 (End)

CTian

Saya penggemar sepak bola, khususnya penggemar tim Liverpool F.C, dan nonton ini jauh lebih bikin saya bersemangat daripada harus nonton permainan Liverpool musim ini. Aoashi ini bisa dibilang punya semua yang saya pengen dari anime olahraga. Pengetahuan tentang olahraganya ada, karakternya bisa relate, terus juga dramanya itu nggak cuman di lapangan saja, tapi di luar lapangan pun ada.

Beberapa hal tadi menurut saya ngebuat Aoashi ini bahkan bisa dinikmatin penonton yang nggak ngerti bola. Karena memang ceritanya bukan tentang main bola aja, tapi adanya juga kisah pendewasaan dan perjuangan yang apik sekali. Sesuatu yang mungkin sudah jarang kita temui di anime-manga baru-baru ini.

Berharap ini bisa dapat season 2 secepatnya, ending-nya malah waktu mau masuk seru-serunya. Sama, berharap banget manganya bisa diterbitkan di Indonesia, saya belum sanggup soalnya kalau harus adaptasi edisi Inggrisnya. Di Indonesia Aoashi bisa ditonton di Disney+ Hotstar dan sejauh ini hanya di sana, karena ini Hotstar originals untuk wilayah Indonesia.

Cyberpunk: Edgerunners

CTian

Kap, izin bahas lagi yak dikit, makasih~ Iya tayangnya sudah dari pertengahan bulan lalu, tapi saya baru nonton dan selesain minggu ini. Jujur, awalnya saya niat skip, karena lihat ini diadaptasi dari gim kan ya, dan saya belum mampu untuk main gimnya, bahkan sampai saat ini, jadi saya pikir untuk apa nonton kalau ndak ngerti. Tapi setelah baca review-nya Kaptain tentang seri ini bisa ditonton tanpa harus main gimnya, saya pun penasaran dan tonton 3 episode pertama dulu.

Dari nonton 3 episode awal, saya sudah kepincut parah, saya jatuh hati banget sama karakter-karakter di seri ini. Feel-nya juga kayak bukan nonton anime kebanyakan gitu lho, malah jadi kayak nonton serial barat, tapi di saat yang sama punya spirit anime juga. Apalagi ini made by Trigger gitu lho, saya punya julukan sendiri buat Trigger sebagai “si paling anime”, walau sejauh ini saya baru nonton 3 proyek animasi yang mereka kerjakan.

Saya nggak nyangka saja anime yang awalnya nggak kepikiran untuk saya tonton, malah jadi anime terfavorit saya di tahun ini sejauh tulisan ini ditulis. Ini beneran well written parah, visual juga luar biasa liar, dan menurut saya salah satu anime yang menampilkan potensi terbesar dari apa yang bisa diberikan oleh media anime itu sendiri. Intinya, ini anime paling anime yang saya tonton di tahun ini.

Kita semua tahu Netflix lagi paling jatuhnya dari zaman mereka masih berupa penyewaan DVD film sampai sekarang, siapa sih yang suka sama Netflix kalau bukan penjilat western atau apalah itu sebutan lainnya? Tapi saya yakin banget anime ini nggak akan berhasil kalau bukan karena Netflix. Kalau bukan mereka yang lisensi, promosi, dan tentu saja menayangkannya ke dunia, anime ini nggak bakal jadi buah hasil tapi hanya jadi angan-angan saja. Terserah saya mau dibilang buzzer Netflix atau malah dianggap penjilat juga setelah tulis ini, tapi saya bakal kasih apresiasi terbesar ke Netflix. Seri ini hanya bisa ditonton di Netflix lho yak, only on Netflix!!!~

Tensei Shitara Ken Deshita 01

What’s this?

Blade: Remake Edition

Kaczmarek

Reinkarnasi jadi benda adalah jalur yang sebenarnya sudah berada secara marjinal, namun kita memasuki masa dimana tipe macam ini bakal jadi hal yang biasa seperti reinkarnasi jadi manusia, demon, dan ras lain yang berupa makhluk hidup.

Noumin Kanren no Skill bakka Agetetara Nazeka Tsuyoku Natta 01

What’s this?

WTH is this?

Kaczmarek

Keliatan kayak Kakushi Dungeon v.2 tapi ini lebih comedy-oriented daripada ecchi-oriented. OP prota masih jadi meta, tapi kita fokus ke farming. Ya, literally farming. Karena ini yg ngerjain A-Cat, saya bersiap kualitas animasi yang gak terlalu baik.

Episode pertamanya cukup bikin saya, “Hah?”. Terutama soal CGI naganya. Arifureta clear at this point.

Yuusha Party wo Tsuihou sareta Beast Tamer, Saikyoushu no Nekomimi Shoujo to Deau 01

What’s this?

Arknights

Kaczmarek

Mau dibilang revenge fantasy gapapa, dibilang enggak juga gapapa. Gak kayak seri revenge lain, ini kita fokus ke slow type dengan cewek-cewek baru yang makin banyak ngumpul dengan Rein.

BlueHeaven

Yang cita-citanya jadi beast tamer di isekai, ayo angkat tangan.

Akuyaku Reijou 02

Kaczmarek

Melawan tirani dengan tirani. Clearly kastilnya Claude ini udah tinggal menunggu runtuh. Ngeliat Belzebuth sama Keith gak bikin program apa-apa sebelum Aileen dateng, secara langsung bikin saya bertanya-tanya. Ini keduanya jadi lintah doang ke Claude atau gimana dah?

Utawarerumono: Futari no Hakuoro 15

Kaczmarek

Kita ke war plot, tapi disini plotnya justru agak meh dibanding sebelumnya. Namun yang menarik justru dialog yang gak keputus dan bikin suasan komedi terutama soal Saraana dan Uruuru. Yep mereka ini pervert, jadi butuh Rurutie untuk jadi wasit di tengah pertandingan. Meh side lainnya terutama soal duel Maroro sama Oshutoru yang agak kaku dibanding dengan dialog keduanya.

16, ini bakal jadi episode yang bakal bikin capek seiyuu-nya Kuon: Taneda Risa. Disini secara teknis dia gak jadi sidewatcher doang kayak lima episode terakhir. Udah saatnya dia bersinar lagi dengan situasi yang membahayakan kesehatannya.

Pop Team Epic S2 01

Kaptain

Ini season ketiga buat seri Toku Shota Aoi karena komposisi nih seri nggak bisa waras. Seperti biasa saya seneng aja Ac-bu dapet proyek dan berbagai studio bisa flexing produksi mereka.

Spy x Family 13

BlueHeaven

Debut doggo secara resmi in action. Kualitas masih terjaga dari cour pertama. Openingnya bagus dalam menggambarkan musim gugur sesuai jadwal tayang animenya.

Kaptain

Ini OP Disrempet Ayam lebih sentimental dibanding stilistik kayak OP pertama, seneng aja sih designated Pelakor bisa nongol. Ini juga ngebuat saya penasaran komposisi S2 bakal kayak gimana ngeliat kalo dikebut dikit bisa aja arc Tenis nyampe.

Witch from Mercury 01

Kaptain

Tayang di Ani-One dan bukan di Gundaminfo buat yang bingung nyari. Jadi setelah prolog di mana balita tinggal ngebunuh 2 MS lagi biar bisa jadi Ace sekarang kita nonton Utena. Cool dynamic so far ngeliat fokusnya yang lebih ke monarki modern bernama Korporat daripada kolonialisme. Berani juga ini langsung eksplisit bilang kalau Suletta harus nikahin si Miorine dan nggak ngeles pake tameng “teman baik”. Entah gimana ini efeknya long term ngeliat misi bikin Mercury makmur tuh bisa aja kecapai kalau nikahin anak orang kaya.

Koukyuu no Karasu 01

What’s This?

Classic Chinese Palace Story

BlueHeaven

Saya tidak mengerti mengapa saya belok untuk nonton anime ini. So far untuk episode pertama cukup menarik. Sekali-kali bolehlah buat ganti suasana, nonton anime Jepang dengan balutan kehidupan Tiongkok kuno.

Made in Abyss S2 12 (End)

Kaptain

Misaki Kuno via akun resmi dia ngaku kalau suara dia habis pas kerja di nih proyek. Wajar aja sih ngeliat dia harus ngerjain peran yang sangat berat di performa dan emosi. Kali ini kita dapat konteks penuh dari intervensi Faputa ke tim Riko dan dengan kematian semua Hollow kota, sumpah dia akhirnya terpenuhi. Konteks hubungan Vueko sama Pakoyan emang diskip tapi paling nggak klimaksnya masih ada.

Saya emang komplain soal penggunaan CG buat para Hollow, cuma adaptasi untungnya tetep bisa ngeeksekusi momen emosional dengan baik. Toh juga udah jelas budget tuh difokusin ke Faputa. Sekali lagi Kevin Penkin earned his pay buat proyek ini.

Arknights (EN)

Kaczmarek

Dua medal gagal didapetin. Satu nuker sampe 4000 ammo, sama tentunya yg all clearing medal. Nyesel seminggu awal gak bisa ambis untuk farming ini material buat dituker. Tapi yasudahlah, yang penting target bisa ke-claim semua kecuali Fiametta.

Genshin Impact

Kaptain

Tuh kan, interaksi jadi enak kalo roster baru bisa ngomong satu sama lain dan kerja sebagai tim. Begitu juga dengan Tobibito yang untungnya tetep bisa introspektif dan lebih bisa pake informasi sebagai senjata. Bagus sih pasangan di atas bisa jadi surprise hit nih patch.

Fall Season New Anime

Tentu aja ada sekuel dan semacamnya, namun kami akan lebih fokus dengan seri baru yang masih akan hadir pada blok musim gugur nanti. So here we go.

Chainsaw Man

Pengen ngepost mereka aja.

Kaptain

MAPPA punya tanggung jawab berat ngeliat mereka juga megang Jujutsu S2 dan Jigoraku, jadi ya semoga ga kayak kasus Cloverworks kemarin di mana ada proyek yang ditelantarin. Dan ya itu yang dari proyek Jump aja ngeliat ada proyek gede lain yang perlu diurus kayak Kyojin.

BlueHeaven

Sayangnya, penayangan di region kita tidak akan mendapat jam tayang terbaik alias “same time as japan”. Padahal CSM digadang-gadang jadi anime yang booming, mengapa mereka menahannya untuk ke luar? Saya sebagai warga netral jadi keburu hilang nafsu untuk menonton anime ini. Semoga saja, mood ini bisa kembali kalau ada screen yang menayangkan bait Kobeni agar saya kembali tertarik. 12 lagu ending berbeda dengan top singer? Wow, that’s a lot of money you burned there.

CTian

Saya cuman berharap ini bisa tayang serentak di Indonesia dengan penayangan di Jepang. Sejauh ini yang konfirmasi tayangin adalah Medialink di membership YouTube Ani-One Asia, tapi telat seminggu penayangannya, Bilibili/BStation telat 3 bulan penayangannya, dan Prime Video yang bilang bakal tayang eksklusif di bulan Oktober, tapi belum ada jadwal pastinya. Kalau Prime Video Indonesia bakal ikutin jadwal Prime Video Jepang, mereka bakal jadi tercepat, yaitu 1 jam setelah penayangan di Jepang mulai, atau 30 menit setelah penayangan di Jepang selesai, atau tepatnya jam 23.00 WIB, setiap hari Selasa. Ditunggu saja deh jadwal pastinya gimana, sayang aja gitu kalau ndak bisa tayang serentak.

Futoku no Guild

Kaptain

Bakal dapet versi “khusus” ngeliat konten ceritanya yang kurang lebih tuh Konosuba yang JAUH lebih horni. Secara mengejutkan bukan seri isekai, cuma seri fantasi yang ada internet, TV, dan teknologi modern lain. Tapi ya tetep aja orang berantem pake pedang, panah, dan sihir.

Akiba Maid Sensou

Kaptain

Proyek yang dibeking Cygames jadi udah ada standar minimum kualitas yang dicapai. Penasarn aja kenapa kok punya seri non-sensorwalopun saya emang tahu ini narget demografi dewasa.

BlueHeaven

One of the most anticipated hidden gem.

Legend of Mana: Teardrop Crystal

legend of mana

Kaptain

Ini seri yang usianya udah 23 tahun, namun materi promo ngeliatin sebuah seri buat 10 tahun ke bawah. Ini ga bagus buat ekpetasi saya yang emang susah optimis sama adaptasi game. Tapi ya kalau mau sesuai adaptasi ya nih anime perlu episode khusus bahasa Dudbear sama si protag yang nge-beeline Ishe set dan ngelindas semua encounter. Can’t have that.

Kage no Jitsuryokusha ni Naritakute!

Kaczmarek

PR proyek ini cukup niat nan sangat perlu diapresiasi sebelum anime-nya tayang. Namun bagaimana dengan adaptasinya? Beban berat ditopang Kazuya Nakanishi, sutradara seri yang diproduksi Nexus ini. Ini juga debutnya, jadi makin berat ekspektasi terhadapnya.

BlueHeaven

Dua-puluh episode bukan untuk promosi manga, tapi game. Semoga cuan. Cid dari setting karakternya emang badut. Bisa jadi Overlord versi lite yang cukup menghibur.

Fuufu Ijou, Koibito Miman

Kaczmarek

Saori Oonishi jadi pengisi heroine utama lagi. Anime romcom dengan bungkusan roleplay ini jadi salah satu seri yang dinanti-nantiin sama pembaca manga-nya.

BlueHeaven

Sampai sekarang saya masih ga nerima komposisi coloring dalam animenya yang terlalu mencolok, tidak mengenakan di mata saya. Semoga proses menikmati ceritanya ga terlalu terganggu dengan hal itu.

Ren’ai Flops

Kaczmarek

Proyek orisinal yang melibatkan Nobuyushi Nagayama (sutradara Uramichi Onii-san), Kazuyuki Ueta (desainer karakter Kiniro Mosaic), dan tentunya studio Passione. Dari sinopsis kayaknya ini termasuk jenis romcom dengan material waifu war. Cukup sulit untuk nyari hal menarik dari sinopsis generik ini, namun paling enggak bisa kasih kesempatan 1-3 episode.

Kaptain

Ini judulnya ga enak banget buat kesehatan finansial nih seri. Kesannya kayak nantang takdir.

Arknights: Prelude to Dawn

Kaczmarek

Sebagai seorang doktah, nonton adaptasinya adalah salah satu pelipur lara di tengah orundum dan material yang kian menurun. Masih tak nyangka bisa dapet adaptasi di tahun ini, bukan tahun depan.

Kantai Collection: Itsuka Ano Umi de

Kaczmarek

Season 2 dari anime sebelumnya? Bukan. Ini standalone scenario yang berfokus ke Nishimura Fleet, dan ini gak canon sama yang serial tv anime pertamanya. 8 episode di tengah produksi ENGI yang kian menggila (3 anime di musim ini). Semoga kualitas terjaga proyek yang outputnya baru keluar bulan depan.

Bocchi the Rock

Kaczmarek

Terinspirasi dari ASIAN KUNG-FU GENERATION, serial musik CGDCT ini bisa jadi kuda hitam di musim ini. Serial dari manga di Kirara MAX ini jadi salah satu bagian dari watchlist saya di musim ini.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: ireading62