[JOI Spotlight] Cool, Cool Mountain Edition

October 9, 2022 20:33
[JOI Spotlight] Cool, Cool Mountain Edition

Selamat datang di JOI Spotlight yang masih di fase ngumpulin seri buat ditonton. Mari kita lihat impresi para staf untuk seri yang baru mulai dan masih lanjut.

Shinobi no Ittoki 01

What’s this?

Coming-of-age shinobi

Kaczmarek

Akhirnya kita dapet godokan seri orisinal lagi dari TROYCA yang kini menggandeng DMM Pictures. Mohon maaf gak masukin ini ke spotlight sebelumnya, kelupaan. Episode pertama ini seperti mengadaptasi sinopsis utamanya ditambah bumbu fanservice dan romance. Saya masih penasaran dengan bakal dibawa kemana ini seri di bawah arahan Shuu Watanabe dan Minato Takano. Watanabe sendiri masih pendek jam terbangnya sebagai sutradara, sementara Takano mulai debutnya jadi penulis skrip cerita di seri orisinal ini.

Predictable plot untuk episode pertamanya. Ujug-ujug udah jadian sama Satomi dan udah ngajakin main di rumahnya. Tanpa preview atau dialog orang tuanya, ini sudah jelas red flag. Saya juga gak mengapresiasi desainer underwear-nya Satomi disini. Tapi sayang saya agak turned-off sama desain bodysuit + helm macem X Men-nya disini. Btw, nice choker, Koutetsu!

Shinmai Renkin 01

What’s This?

The lost prequel of Atelier

Kaczmarek

Judul yang dipake “Management of a Novice Alchemist” btw. Mohon maaf saya gak bisa lepasin gambaran Ryza kalo ngeliat Sarasa. Ini kayak seri untuk fresh graduate yang baru nyari duit demi mendanai job hunting mereka. Satu hal menarik sepanjang episode adalah ekspresi yang gak pelit dalam tiap scene-nya. Ini diproduksi ENGI, jadi kualitasnya bisa turun di beberapa episode kedepan. C’mon guys, fix that reputation this SEASON!

BlueHeaven

Musim ini waktunya penebusan untuk ENGI. Episode 1 berjalan seperti CGDCT semestinya. Karakter utamanya kocak, mentingin mimpi sendiri daripada kepikiran emak bapaknya yang modar. Tapi itulah ciri khas CGDCT yang didominasi pikiran positif. Lucu juga lihat masa lalu MC yang pakai potongan khas MC anime dewasa.

Kage no Jitsuryokusha ni Naritakute! 01

What’s this?

Kulminasi fenomena self-insert dari authornya sendiri 

Kaczmarek

Starting point yang baik dari volume keempat novelnya. Paling enggak kita dapet pengenalan Nishino lebih awal dan gaperlu nunggu cour kedua anime-nya. Kualitas animasi seperti yang diharapkan di awal episode ini, sedikit ngingetin saya saat Nexus ngerjain Darwin Game. Kembali dibuat meringis saat Cid nge-chuni dan pake bahasa Inggris. Ini bakal jadi hal reguler untuk kedepannya, jadi mohon kuatkan iman kalian.

BlueHeaven

Didn’t expect this series to start from that point. Cid memang sudah ngebadut sejak sebelum ke isekai. Ini tuan putri emang takdirnya diculik terus, ya. Baru bisa lihat aksi Cid di isekai mulai episode minggu depan.

Do It Yourself 01

What’s this?

DIY. Ngerti kan? Judulnya udah self-explanatory

Kaczmarek

Ini seri yang gak bakal nongol di spotlight hampir tiap minggu, tapi saya bakal ikutin terus sampai akhir. Bukan karena Ayaneru atau Kana Ichinose, tapi karena Kazuhiro Yoneda. Sejak dia ngurusin Gleipnir, ia mulai nunjukin ciri khas insert-animation dari animasi yang dia sutradarai, terutama soal adegan yang njelasin hal-hal subtle.

Kaptain

Seminggu sebelum tayang saya nemu I Did A Thing jadi mindset nontonnya udah salah. Yang paling menarik buat saya tuh kebanyakan teknologi komersial di sini masih ekperimental di dunia nyata. Kayak Drone Delivery (yang masih suka dimaling dan nyangkut), bus otomatis (yang ngelindes atlit pas olimpiade), dan printer organ (Yang ini secara objektif keren). Jadi ada kesan ini settingnya emang satu dekade dari sekarang.

Futoku no Guild 01

What’s this?

Horny Konosuba

Kaczmarek

Saya kira bakal sekaku yang dikerjain studio sebelah, ternyata gag comedy-nya masih bisa dinikmatin.

Kaptain

Sekali lagi ini bukan seri isekai. Secara teknis ya ini modern fantasy, yang sebagai pembaca juga suka kaget dikit pas internet, transportasi publik, dan semacemnya nongol di cerita.

Ini bukan Passione yang megang jadi ya jangan ngarep terlalu banyak dengan kualitas “layanan”. Mungkin perlu lebih ngebut buat ngumpulin semua heroine+satu yang itu. Begitu juga pas ceritanya dipaksa serius pas ketemu Named.

Akiba Maid Sensou 01

What’s this?

Maid ga Gotoku

Kaptain

Oke, jadi judul nih anime tuh literal. Brutal emang iya, tapi ya dari penyutradaraan dan pilihan OST jelas emang ini tuh sebuah black comedy. So tone established, kayak gini susah ya Lycoreco?

Agak sedih aja kayaknya cuma Cygames yang melek soal pentingnya hook menarik buat seri yang fokus sama heroine. Harapan terbesar saya ya ini bisa lebih fokus dibanding Zomboland yang cuma di beberapa episode aja yang melek soal fakta kalau para heroine udah mati.

Kaczmarek

Tentunya langsung keinget seri film “Battles Without Honor and Humanity” kalo ngeliat adegan Ranko disini. Karena baru episode pertama, yang bikin mata melek adalah beberapa elemen yang secara struktural gak berhubungan secara langsung kemudian disatuin sehingga berasa surreal. OP yang catchy dan ada bagian yang bikin saya keinget Juno Reactor-nya Texhnolyze.  Namun kehadiran Cygames menumbuhkan potensi game di akhir seri ini tayang.

BlueHeaven

Another crazy anime from Cygames. Heran, bisa amet mereka kepikiran bikin serial kayak gini setelah Zombieland Saga. Lagu pembantaian maid markas sebelah terus terngiang di kepala saya sampai hari ini. Shock therapy yang bagus untuk episode perdana, tapi saya agak yakin, tensi tinggi kayak gini ga bakal dibawa di episode berikutnya.

Tensei Shitara Ken Deshita 02

Kaczmarek

Nice one, Fran! Sekarang kamu bisa ngapain aja dengan skill barumu itu. Satu hal yang bikin saya tertarik justru Neru, si resepsionis. Tapi ada satu karakter lagi yang belom nongol disini yaitu Amanda.

Die Neue These 38

Kaptain

Episode yang lebih cocok buat pembuka “musim”. Ngeliat isinya recap soal kondisi internal masing-masing faksi sekaligus ngucapin moto nih seri: “Coba aja Kircheis masih idup”. “Normalnya” ya pasukan yang kehilangan 20% personil itu itungannya bencana, ini ya sampe 80% jadi ya wajar Rheuental ngerasa yang mulia ini boros nyawa.

Legend of Mana 01

Kaptain

Sekali lagi saya bingung ini buat siapa. Emang ada fanservice buat pemain, yang usianya kemungkinan besar udah di paruh akhir 20an tapi ini adaptasi jelas buat semua umur. Andaikan ini adaptasi Trials of Mana paling nggak saya bisa ngerti kalau Riesz, Ange, dan Belladona tuh masih laku sebagai produk.

Spy X Family 14

Kaptain

Worst Timeline berhasil dihindarin. Ini emang beruntung banget skill si anjing bisa dipake sama Anya. Kecuali bakal ada karakter yang bisa bahasa binatang ya rahasia dia aman.

BlueHeaven

Sebagai penonton tentu greget melihat Anya yang ga bisa hitungan waktu. Tapi itu seharusnya wajar karena di masih umur 6 tahun. Setidaknya dia masih punya akal buat kasih kode saus tomat di pintu jebakan musuh.

Pop Team Epic S2 02

Kaptain

Iya ini emang seri flexing, tapi tolong ini MuvLuv Alter dikasihani. Ini Obari menggila plus Hiyama Nobuyuki dan Morikawa Toshiyuki juga meranin nih segmen. Ini udah kayak numpahin air minum di depan orang yang mati kehausan.

BlueHeaven

Berapa banyak budget yang dihabiskan untuk satu episode ini?

Utawarerumono: Futari no Hakuoro 16

Kaczmarek

Super Saiyan Kuon akhirnya nongol kembali! Yep, udah gaperlu dijelasin kan darimana kekuatan perempuan satu ini? Si Bapak mungkin lagi mantau Kuon saat mencoba memberhentikan pertarungan Oshutoru vs. Mikazuchi. Kembali, wajah sedih Nekone masih menjadi obat peredam termanjur kala Mikazuchi keluar dari peran normalnya.

Raikou masih banyak rencana dan strategi untuk menahan upaya Oshutoru. Namun dengan aliansi Tusukuru, bagaimana perang ini bakal bergejolak lagi? Ledakan di tengah Yamato jadi salah satu cara Raikou meraih perhatian atau lebih tepatnya ketakutan warga setempat. Soal surat berisi tulisan “gak serius” yang diminta Oshutoru ke Anju, ini adalah inside joke kalau anda membaca Prelude to the Fallen.

Fanservice episode ini juga agak ngeselin juga sih. Pertama, kakinya Kuon tersingkap dibalik pakaiannya. Kedua, Nosuri boing-boing. Ketiga, Munechika side boobs. Masih aja nyari kesempatan buat fokusin ginian wkwk.

Beast Tamer 02

Kaczmarek

Seperti biasanya. Story masih ngikutin generiknya genre ini seperti seri lainnya. Oase dari keringnya episode ini adalah si resepsionis. Jangan bilang resepsionis ini juga diisi seiyuu Rumi Ookubo juga kayak tiga seri lainnya.

BlueHeaven

Melihat yuusha party yang kewalahan membuat imajinasi liar saya bergejolak. Ah, nih dua heroine emang pantas dipunish. Masih untung bisa kabur dari penjahat.

Noumin Kanren 02

Kaczmarek

Surprisingly, ini flow dialog dan komedinya justru enak dicerna daripada Kenja no Deshi o Nanoru Kenja. Ini juga jadi TV anime pertama yang disutradarain Norihiko Nagahama yang sebelumnya lebih aktif dalam proyek OVA hentai. Nagahama tapi udah sering jadi pengarah episode selama 25 tahun terakhir. Ini jadi debut yang cukup meyakinkan jika seri ini ini berhenti di episode ini. Nantiin sisanya yang mungkin aja bisa lebih baik atau stagnan, atau malah menurun.

Disini saya nemu Rumi Ookubo jadi resepsionis guild lagi. Ebuset dah. Ini kalo dia dapet karakter resepsionis lagi sampe akhir tahun ini, saya bikin listnya dalam bentuk artikel.

Witch from Mercury 02

Kaptain

Third wheel established, silakan duduk di meja bareng orang yang ga mau jadi Titan, Ghoul, Idol, dan Mario wahai orang yang janji ga akan jatuh cinta. Space racism, masih belom jelas dasarnya apa kecuali emang sumber daya bumi udah abis atau kondisinya udah lebih bahaya dibanding luar angkasa. Luar angkasa itu tempat di mana barang mahal rusak, jadi saya cuma bisa buat asumsi kalau kondisi bumi dan pelarangan Gundam itu berhubungan.

Char seri ini juga dah ditentuin walaupun sejauh ini lebih fokus di politik, bit on the nose sama referensi Tempest. Yeah sure, Aerial itu bukan Gundam seperti Pale Rider bukan Gundam; ada sesuatu yang lebih ngeri didalemnya. Baguslah ini Mio ga banting setir dan if anything lebih serius soal ngejalin hubungan sama Sule, ngeliat dia langsung ngeh kalau ga bisa kabur selama baginda CEO masih idup. Pantesan aja bawahannya pada pengen ngebunuh dia.

Mob Psycho III 01

What’s This?

Petualangan seorang pemuda mencari jati diri season 3

BlueHeaven

Episode ini jelas ngasih tema buat Mob yang mikirin masa depannya. Sepertinya topik ini pernah ada, tapi ada yang berbeda tentunya dengan ketambahan personil baru di kantor Reigen, Serizawa. Reigen sungguh beruntung bisa mendapat dua esper polos yang bisa dikendalikan dengan aji mumpung bacot no jutsunya. Good start, mengingat hampir semua karakter yang masih punya pengaruh diperlihatkan di anime yang digambar 100% pake tangan. Minggu depan bakal nerusin arc pohon brokoli raksasa.

Blue Lock 01

What’s This?

Orang gila main bola.

BlueHeaven

Ada Messi, Ronaldo, Cantona, Pele yang disebut di episode pertama ini. Dari trailer udah jelas, ini bukan main bola 11 vs 11. Ide ngumpulin 300 striker muda untuk saling menjatuhkan emang benar-benar gila. Dah ketebak sih siapa yang first victim dan buat game pertama puzzlenya masih simpel buat nebak incaran sebenarnya yang dituju. Selamat menuju fase kegilaan kedua.

Arknights (EN)

Kaczmarek

†⊙ᕲꍏ⚧ ꍏ† ➏†♄ ⊙☾†⊙♭€☈ ⊙Ϝ ➋⓪➋➋ ♗♫ ꍏ☈ϰ♫♗❡♄†∫ ᕲ⊙ϰ†ꍏ♄ρ⊙∫†♗♫❡, ρ☈ꍏ♗∫€ †♄€ ❡↳⊙☈⚧ ⊙Ϝ †♄€ ♗∫♄ꍏ☈ ᗰ↳ꍏ ꍏ♫ᕲ †♄€ ∫€ꍏ♭⊙☈♫ ꍏ♫ᕲ †♄€ ∫€ꍏ ⊙Ϝ †♄€ ∫€ꍏ♭⊙☈♫ †⊙ ꍏ↳↳ ♭€♗♫❡∫. ꍏ↳↳ ♄☋ᗰꍏ♫ ω♗↳↳ ♭€☾⊙ᗰ€ †♄€ ∫€ꍏ♭⊙☈♫ ꍏ♫ᕲ ♗Ϝ ⚧⊙☋ ᕲ⊙♫’† ωꍏ♫† †⊙ ♭€☾⊙ᗰ€ ꍏ ∫€ꍏ♭⊙☈♫, ω€ ω♗↳↳ ♄☋♫† ⚧⊙☋ ꍏ♫ᕲ ☾♄⊙ρρ€ᕲ ⚧⊙☋ ☋♫†♗↳ ♭€☾⊙ᗰ€ †♄€ ∫€ꍏ♭⊙☈♫ ☋♫†♗↳ †♄€ ↳ꍏ∫† ⊙Ϝ ⚧⊙☋☈ ♭⊙ᕲ⚧ ρꍏ☈† ♭€ ꍏ ∫€ꍏ♭⊙☈♫ ♫⊙ω!!! ∫€ꍏ♭⊙☈♫ ↳ꍏ∫†∫ €✓€☈⚧ ⚧⊙☋☈ ρꍏ♗♫ ꍏ♫ᕲ ⚧⊙☋ ω♗

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: Yrw329