Tips Awal Girls Frontline: Neural Cloud

November 18, 2022 15:49
Tips Awal Girls Frontline: Neural Cloud

Saya dah nulis impresi awal buat “Girls Frontline Neural Cloud” saat closed beta kemarin, dan sesuai janji saya sekarang nulis artikel khusus buat pemain baru dan mereka yang ngeroll doang di awal buat pamer. Silakan liat ini sebagai panduan beberapa hari awal main untuk game yang rilis pada 21 November ini.

Pertama saya bantu kalian ngehemat nyawa di muka bumi ini.

Jadi Gimana Cara Reroll?

Don’t. Jangan. No hagas eso. そんなことしないで.

Dua banner awal, Hubble & Aki itu ngasih kesempatan kalian untuk nge-spark salah satu unit meta tersebut, bahkan keduanya kalau beruntung. Kalau kalian pusing milih yang mana saya rekomendasi ngambil Hubble, cuma ya ini bakal ngebuat tuh unit laku di support list jadi kalian yang ngambil Aki bisa juga ga terlalu kehilangan.

Ada juga banner di mana kalian bisa “beli” langsung via gem unit 3* lain yang strategi milihnya tuh “ambil yang belom kecantol roll buat spark Hubble & Aki”. Kalau masih bingung ya pilih antara Nanaka & Florence.

Karena game ini pake sistem shard macam Priconne/Blue Archive juga dupe ga usah dipeduliin ngeliat ujung-ujungnya ya jadi currency shard generik. Dari setahun perilisan nih game Limited baru satu aja yaitu Clukay (416). Jadi kalian bisa nabung buat anniversary nanti buat dia. Naikin unit ke 5* juga jadinya cuma masalah waktu.

Jadi Roll Aja Terus Sampe Dapet Semua?

Banner yang perlu dinanti kedepan tuh Hatsuchiri yang bakal hadir bersama campaign pertama. Saya estimasi ya campaign baru hadir paling cepet abis sebulan launch. Sekali lagi dia nggak limited jadi ya sabar aja kalau nggak dapet.

Pada dasarnya formasi tim awal kalian bakal diisiin satu untuk tiap class buat ngumpulin material tech tree. Jadi kalau udah dapet DPS yang bagus silakan buat tim dengan karakter tersebut sebagai fokus. Untuk jangka panjang, idealnya kalian punya 5 unit ranged dan 5 unit melee buat farming resource.

Di awal kalian bakal perlu prioritasin resource buat bikin tim utama, yang saya bakal ngasih overview di poin di bawah.

X bagus apa nggak?

Sederhananya: Persica dan Croque selaku unit bansos bakal terus dipake semua konten. Quest beginner bakal ngasih kalian insentif buat nge-5* Persica dan Croque bakal jadi prioritas 5* akun baru.

Sekarang saya bagi aja prioritas tiap class jadi ya silakan liat ini sebagai tier list. Saya bakal lebih ngangkat unit yang bagus secara umum dibanding yang baru bagus setelah cukup investasi atau kalian cukup pede sama kemampuan micro management:

General Use Sniper

Hubble

neural cloud

Pilihan utama posisi Sniper sampai Clukay dateng di Anniversary nanti.

Chanzhi (QBU-88)

neural cloud

Punya serangan ranged semacam Shotgun. Great stats.

Lam (LWMMG)

neural cloud

Ult berupa Nuke yang bisa crit. Like straight up serangan dengan damage paling ngeri sejauh ini.

Utility Sniper

Simo 

neural cloud

Bisa ngelindungin tim via stealth dan healing.

Max

neural cloud

Ranged true damage.

Earhart

Fokus di single target DPS. Bagus dipasangin sama Hubble.

Fresnel

Punya survivability yang bagus via teleport dan stealth otomatis setiap diserang.

General Use Guard

Croque

The Tank. Lebih gampang nulis kejelekannya yaitu Ult yang lembek.

Evelyn

Co-tank yang solid bareng Croque. Bakal kena Powercreep sama Phyton.

Utility Tank:

Yanny

Bisa pull musuh. Hati-hati jangan narik musuh yang salah ke tempat salah.

Bonee

HP Shield, Bisa support healing rate.

Zion

Bagus buat stage di mana HP bakal rendah karena ini ngeboost defense dia

General Use Warrior

Aki

Backline killer. Terus-terusan ngecast Ultimate yang semakin kuat selama dia berhasil ngebunuh. The Glass Cannon. Kena powercreep setiap kali Warrior baru diimplementasi.

Betty (IDW)

Bleeding stack. Survivability bagus. Pilihan bagus di early game. THE CAT HAS REDEEMED HERSELF DA NYA.

Vee

Sniper yang bisa pake function Warrior. DoT AoE buat Ulti.

Utility Warrior

Chelsea 

AOE stunner.

Centaureissi (G36)

Single target stunner. Ult dia perlu ditarget jadi bisa aja meleset.

Fern

Butuh SPEQ upgrade biar Summon dia kompeten. Tapi ya pas momen itu tiba bisa aja kalian udah ngeroll Puzzle yang nge-power creep dia.

General Use Specialist

Angela 

Jadiin dia prioritas 5* abis Croque & Persica. Bisa delay skill musuh dan ngecharge skill tim. Bisa buang musuh dari stage.

Utility Specialist

Rise (MG36)

Ult bisa ngakibatin focus fire.

Mai

Buff attack speed.

Sakuya 

Spesialis bleed buat ngebantu Betty.

Willow

Spesialis blind yang bagus di awal.

Antonina 

All around good ngeliat perannya sebagai Specialist vanilla dan punya DPS yang solid.

General Use Medic

Persicaria

neural cloud

Main heroine. Revive dia bakal kepake terus di semua konten. Upgrade gratis. Bikin doll berdasarkan manusia yang masih hidup tuh super ilegal btw.

Nanaka

neural cloud

Aura healing, invulnerability via ult. AoE buff ke tim. Buat yang udah dapet pencet dia di lobby.

Florence (PA-15)

neural cloud

Shield. Crowd control via charm. Supercharge DPS via Ult.

Utility Medic

Gin

neural cloud

Jawaban buat stage yang ngasih Damage over Time. “Gratis” dinaikin ngeliat dia ada di item gacha.

Jessie (M1897)

neural cloud

Debuff clear. Bakal ada stage di mana ada boss yang bakal ngasih debuff yang ngerepotin banget.

Imhotep

neural cloud

Investasi masa depan melihat bakal ada update buat behavior AI dia yang bantu banget DPS dan healing.

Ingat, tulisan saya di atas itu buat unit launch. Sebagai game live service tentunya beberapa unit bakal nge-power creep posisi tertentu. Namun tujuan utama tulisan di atas itu buat ngebantu progresi awal. Bakal ada konten yang ngasih kalian insentif buat tim cadangan jadi jangan cuekin unit berguna lain.

Udah dapet karakter terus diapain?

Naikin ke friendship level 6 buat ngebuka stage shard mereka, lalu friendship level 14 untuk ngebuka sisa reward, dan akhirnya naikin ke level 45 dengan skill level 5 buat Protocol Assimilation nanti. Dalam jangka panjang ini usaha “minimal” buat ke semua unit.

Untuk progresi unit utama kalian, target adalah level 60, max skill level, rarity sampai 5 atau 4.5, Algorithm yang sesuai ke level gold dan x2.0. Nanti juga bakal ada sistem Arma Inscripta yang kurang lebih itu sistem SPEQ GFL1 yang untuk sekarang nggak usah kalian khawatirin. Kalian cuma perlu tahu aja kalau tuh sistem bakal ngubah posisi tier karakter.

Secara efektif kalau F2P, kalian yang ngumpulin Shard via daily harusnya bakal bisa ngemax unit 3* tiap sebulanan. Lebih cepet lagi kalau beli shard sama naikin affection mereka.

Abis tim dibentuk terus ngapain?

Kelarin stage story dari 0-5 baik versi normal dan dark. Kalau ngerasa macet silakan mainin Endless atau nunggu bansos resource ngedrop. Peringatan aja buat veteran GFL1, Dark Realm (Emergency) stage nih game naik banget tingkat kesulitannya. Singkatnya Dark Realm chapter satu itu lebih susah dari normal stage chapter 2.

Kalo dah kelar semua ya tinggal nunggu campaign sama event musiman kayak game live service lain.

Woi ini paruh akhir Rossum kok alot banget stagenya?

Mungkin ini udah digampangin abis close beta Neural Cloud. Tapi kalau belum ya kemungkinan besar kalian yang kurang terbiasa sama nih genre bakal ngalamin difficulty spike di mana kalian sendirian main Antonina. Mau nggak mau ya kalian perlu baca efek dari function buat bikin deck yang bermutu dan pake skill teleport kalian buat mindah unit ke barikade di pojok.

Jadi Kerjaan Hariannya Gimana?

Begitu kalian udah sreg dengan tim, tech tree, serta sistem yang kebuka dari progresi awal; kurang lebih loop hariannya Neural Cloud kayak gini:

  1. Ambil resource Oasis,
  2. Crafting gift, material, Tiket roll, skill box.
  3. 10 run shard
  4. 2 run resource map
  5. Vulnerability run
  6. Habisin sisa energy buat algorithm

Itu semua bakal ngabisin 10-15 menit. Ada juga Protocol Assimilation selaku tantangan tiap 2 minggu yang bisa “dicurangin” via nyari kunci jawaban.

Battlepass Pantes Dibeli?

neural cloud

Pada dasarnya ya kalian mau gak keluar 10 USD buat kostum? Begitu juga akses 75% dari hadiah. Paling nggak misi musimannya ga susah-susah amat walaupun main kasual. Sejauh ini juga ya temanya Unboxing yang bisa kalian lihat di atas. Versi 14 USD ngasih kalian 10 level pass gratis, furnitur, dan ID card.

Ada Unit Yang Perlu Ditunggu?

Secara pribadi?

Secara umum saya ngasih tingkatan aja:

GET EM:

Hatsuchiri

Nora

Clukay

Usahain dapet:

Kuro (MDR)

Kikuchiyo Nascita

neural cloud

Helix

Nice to have:

Haze (Type 95)

Sueyoi

neural cloud

What’s going on in the story?

Main tech dari GFL1, Neural Cloud; punya latar belakang yang “bermasalah”. Jadi untuk mendapat cerita penuhnya, Shikikan GFL1 dan Persicaria Original mencoba menyelidiki insiden dari 2060 di mana data penting dan partisipan eksperimen menghilang. Via server backup yang mereka temukan, SKK mengupload diri mereka ke super server Magrasea dan “meminjam” identitas Professor pengawas proyek pada periode itu. Jadi kurang lebih ada 3 misi utama, 1. Stabilikan situasi untuk mengamankan markas operasi 2. Temukan Professor yang asli 3. Pecahkan misteri dibalik bencana eksperimen ini.

Arc pembuka Neural Cloud (Chapter 0-4) akan fokus pada misi pertama, kalian harus mendatangi sektor tetangga untuk mengumpulkan aset dan membantu masalah tiap sektor, karena membiarkan program menjalankan eksperimen tanpa intervensi manusia menyebabkan hal yang sangat tidak menyenangkan terjadi.

Karakter yang di atas siapa?

Turing.

Dia bisa di-roll?

Uhhh…

Yes?

There you have it. Tentu aja game juga diomongin di Discord JOI. Have fun with Neural Cloud. Ato silakan pamerin jarahan di sosmed terus delete game, not gonna judge.

Header: kuroduki