Blue Archive Setelah Setahun: Masih Pantas Dimainin?

December 7, 2022 11:13
Blue Archive Setelah Setahun: Masih Pantas Dimainin?

Terpujilah wahai engkau para Sensei Schale. Blue Archive udah setahun rilis di global dan seperti biasa staf Jurnal Otaku perlu ngasih rapor buat nih game. Bukan buat para murid, tapi buat nyari tahu apakah game masih pantas dimainin.

Karena ini pertama kalinya dapet review kayak gini di JOI, kita mulai dengan premis game.

Kalian direkrut oleh sebagai guru wali oleh Ketua OSIS Kivotos, yang menghilang setelah memberi mandat ini. Hilangnya sang ketua mengakibatkan kekacauan di pulau akademi ini seperti kriminal yang tak terkendali, korporasi yang bisa beraktivitas tanpa batas, dan organisasi yang mencoba membangkitkan sesuatu dari dasar pulau.

Sebagai guru wali dari Schale selaku organisasi federal pulau, kalian bertugas menstabilkan situasi dengan membantu para murid akademi, baik via mediasi antar akademi atau melakukan intervensi langsung dengan dukungan para murid bersenjata.

Seperti biasa, mari kita lihat berbagai perkembangan dari versi global setelah setahun rilis.

NEXON

Nexon Korea yang megang dan bukan Nexon Global yang reputasinya udah tiarap. Tentu aja manajemen masih suka kepeleset via vetting talenta yang nggak menyeluruh seperti kasus Vtuber mereka dulu, dan ngebuat janji yang mereka nggak pasti bisa dipenuhin seperti jenis konten yang berisiko kepeleset regulasi.

Di sisi lain, game sebenernya juga suka ngasih bansos banyak walau ini juga karena akselerasi konten yang berusaha bisa 6 bulan di belakang JP. Untuk roadmap juga mereka cukup transparan buat ngasih sampe 2 bulan ke depan. “Nggak secara aktif ngadalin pemain” emang standar yang rendah banget buat nilai developer, tapi memang ini kesannya Nexon sepenuhnya sadar kalau tingkah laku mereka bakal terus disorot ngeliat rekam jejak proyek mereka sebelumnya.

Ini bukan berarti gamenya bener-bener bebas dosa, yang bakal saya jabarin di poin yang relevan di bawah.

On roster

Saat artikel ditulis, Blue Archive punya mandat di mana unit limited dibatasi di alter tiap siswi dan unit collab seperti Miku. Kecuali Wakamo yang malah kebalikannya karena dia kriminal tulen. Beberapa unit juga untungnya cuma masalah waktu dapetnya via Hard Mode atau beli via shop. Ada juga Expert shop buat unit limited yang sayangnya ga bisa dipake buat nge-unlock mereka, cuma buat naikin bintang aja.

Jadi ada tren di mana unit 3* lama bakal semakin “mudah” diakses. Baik via Event, Shop, atau Stage Farming baru. Thing is, Blue Archive itu game gampang buat kalian yang main cuma buat cerita utamanya aja. Pada dasarnya komplain soal ngejar power curve itu buat manjat ranking. Yang tergantung di mana server kalian main kompetisinya antara gampang (NA & EU), agak ribet (Asia), dan neraka (Korea).

PVP still not worth It

Ah ya, saatnya lawan unit UE50, fun. Artikel ini ditulis saat Iroha tiba jadi situasi arena dah nyampe di “roll Iroha atau minggat aja sana”. Memang melihat roadmap bakal ada tiket skip buat nyuekin nih konten, dan jujur aja ini tuh konten di mana kalian datang buat ngambil uang jajan credits dan gem terus minggat begitu rank udah lumayan tinggi.

Secara efektif  waktu terbaik buat main tuh saat ranking direset jadi manjat via ngelawan bot bisa cukup cuan buat pendapatan gem. “Strategi” mode ini cuma roll unit meta di musim yang bener dan berharap RNG beri ampun.

Signum

Ah yes, daily mindless 20-30 crystal simulator, I love it.

Total Assault Nonsense

Yang dikenal juga dengan nama “Roll banner yang lagi jalan or piss off.” Iya saya tahu Extreme & Insane buat pemain Endgame, tapi jelas banget untuk pemain gratis sekalipun ngewajibin unit tertentu macem Iori di Chesed dan Chihiro di Hod biar bisa lulus. Saat artikel ditulis, beberapa unit meta macem Maki dan Azusa bisa dibeli jadi mungkin aja beberapa unit core lain bakal mudah diakses kedepannya.

“Mainnya asik apa nggak?” Well melihat nge-clear sekali tiap hari itu bakal jadi kerjaan kalian. Ya tergantung kalian mau repot reclear difficulty tinggi apa nggak. Cuma sampai hari ini keliatan banget playerbase males mainin Chesed yang bergantung banget performanya sama RNG spawn. 

Ini juga belum ngomongin terrain sebagai faktor. “Ini unit fungsinya sama, tapi lebih efektif buat Terrain yang ini” udah jadi alasan buat lirik banner. Sebenarnya buat manjat ladder poin bisa ngelarin Hardcore aja udah cukup plus kalian juga bisa farming currency bonus. Optimisasi setingkat itu buat mereka yang pengen 100 besar.

Signum

Keputusan gue buat roll Iori dan Hibiki pas reroll ternyata berbuah baik, soalnya sampe sekarang akunnya wangi dan gue dapet sekitar 95% murid yang gue inginkan. Berbanding tiarap sama NIKKE yang 170+ roll gak ada Helm, Devs an-.

Triple Drop Rate harusnya permanen

Yang bener aja sweep 30 kali tapi blueprint dapet 5 aja ga bisa. Ini juga ngebuat ngejar power level susah buat pemain baru ngeliat secara efektif kalian harus naikin minimal tim 3 elemen. Udah gitu drop kaset dan buku leveling skill juga pelit banget. Pemain awal banyak kebantu oleh drop event awal yang untungnya overtuned di pihak pemain, sementara BA modern harus “minta maaf” karena event ngasih kebanyakan hadiah.

Iya sekarang ada Expert Permit, tapi ini lebih nguntungin pemain awal yang jelas udah punya banyak poin. Belum juga mesti mikir enchant dan duitnya.

The Writing is Worth the Effort

Memang ada metaplot seperti Gematria namun cerita Blue Archive punya struktur episodik. Pada dasarnya BA membagi ceritanya dalam format volume yang fokus ke masing-masing faksi, yang dapat update chapter baru secara rutin. Uniknya juga giliran volume yang dapet update suka lompat-lompat namun dev biasanya bakal nge-usahain arc yang relevan bisa sampai di klimaks masing-masing.

Langsung aja saya laporin kalau volume Eden Treaty itu konten yang bikin nih game worth playing untuk kalian yang nyari cerita. Ini adalah volume yang strukturnya paling kompeten dan lengkap, mulai dari pilihan karakter, juggling character arc yang bermutu, dan kemampuan buat ngeeksekusi momen emosional dengan baik. Secara pribadi juga saya seneng dengan fokusnya pada balance of power dari Kivotos dan sejarah kelam dari kota dan efeknya pada era “modern” cerita.

Di sebuah cerita, saya megang posisi kalau ga peduli bikin cerita njelimet atau dangkal; itu semua bisa ditopang kalau cerita punya momen emosional yang kuat dan si “Protagonis” Blue Archive di atas, di mana kedangkalannya itu the point of the story; berhasil ngeeksekusi ini dengan baik. 

Ini emang variatif ngeliat jelas ada lebih dari satu penulis di tim cerita, tapi saya lihat aspek kuat dari penulisannya adalah Sensei yang udah punya established personality yang jelas banget, dude will not give up on the students dan udah fix dia itu orang dewasa. Cuma ya setiap kali masuk cerita Gehenna kerasa banget level emot :sob: naik drastis.

Jadi ya saya lebih suka penggambaran Sensei Coretan Merah dibanding Sensei Aizen manga-nya. Buat yang bentuk pertama kesannya kita mainin SCP yang baik hati.

Untuk event musiman juga saya bilang di luar cerita faksi yang dangkal macem Red Winter, paling nggak minimal ceritanya readable dan nggak nyapekin dibaca berkat durasi cerita yang pendek. Kualitas lokalisasi bahasa Inggris juga kebantu oleh almarhum Daniel Scott Tijerina selaku veteran seri Kiseki/Trails. Saya harap aja ini kualitas juga bisa terus kejaga.

Great batting average on OST

Mayoritas OST yang secara umum bergenre Electronica disusun oleh Nor (INCS-toenter), Mitsukiyo, dan KARUT. And they slaps.

Signum

They did.

Harapan ke depan

Secara pribadi saya mainin nih game sebagai VN yang kadang nuntut saya ngeroll. Berhubung saya main dari hari pertama, mainin Extreme juga ga berat-berat amat. Cuma ya seperti yang saya tulis di atas, pemain baru bakal susah ngejarnya.

Paling nggak PR harian nih game bisa kelar dalam 15 menit. Plus waktu yang bersedia kalian habisin buat Total Assault dan Joint Exercise/Drill, di mana yang kedua udah saya cuekin karena makan kebanyakan waktu. Begitu juga challenge map yang ngeselin.

Setelah awal yang berantakan, Blue Archive udah megang posisi yang stabil di pasar dan komunitas fans yang cukup kuat outputnya. Seperti yang bisa kalian lihat dari kuantitas versi Bunny Suit grup tertentu dan versi kecil guru tertentu. Game sudah punya momentum kultural yang cukup kuat buat nentuin tren karya fans yang akan hadir di bulan tertentu.

Signum

I don’t know, at this point saya cuma nikmatin gamenya aja seperti biasa, yang penting ada kerjaan. Takutnya memang game-game seperti ini yang bisa dengan mudah ditinggalkan. Tapi mengingat lebih banyak QoL akan ditambahkan termasuk skip tickets, rasanya boleh lah bertahan sedikit lagi.

Sorry. No data so far.