[JOI Spotlight] 2 AM Shibuya Edition

December 11, 2022 20:27
[JOI Spotlight] 2 AM Shibuya Edition

Selamat datang di JOI Spotlight di penjuru akhir musim ini. Seperti biasa mari kita saksikan impresi staf Jurnal Otaku untuk seri yang hadir minggu ini.

Chainsawman 09

Kaptain

So hindsight and all soal gimana Makima “ngebunuh” dan dapet info sebagai pembaca manga, tapi ini perkenalan yang ideal banget buat kapabilitas karakter kayak gini. Buat penonton yang kurang perhatian, bagian akhir juga cukup baik hati buat nekanin soal konsolidasi kekuatan divisi ke Makima doang. Tolong maafin Kobeni yang ga bisa ngejar karena dia Belum punya mobil.

CTian

Pertama-tama saya mau bilang “MAPPA, kamu baca bahasanku ini yakk!?”. Harapan saya soal lagunya Maximum The Hormone diputar di Samurai Sword vs Chainsaw Man kesampaian dong! Sebenarnya niatnya saya ngomong gitu buat ronde keduanya sehabis latihan, tapi ronde pertamanya dikasih ternyata. Saya loncat-loncat kegirangan sampai nangis pas nonton bagian itu.

Gila episode ini adrenaline rush banget! Saya sampai nahan nafas waktu adegan gelut-gelutnya. Saya lupa Samurai Sword ini   memang sekeren ini, pas banget untuk jadi season finale. Ditambah finale-nya dikasih Kobeni versi ini, setidaknya nggak bakal ada meme Kobeni beban sampai adaptasi selanjutnya.

Makima hidup kembali!? Makima ternyata op!? Waktu baca manganya saya merinding beneran pas baca bagian ini. Dilanjut ke serangan dari Kyoto, saya bingung mau senang atau takut sama karakter ini waktu itu. Bagian penutup episode ini sebenarnya foreshadowing jauh buat karakter Makima dan setuju sama Kap soal bagian penutup, saya nggak begitu ngeh sama ini di manganya karena ya ikutin serialisasinya.

Lagu tema penutupnya juga pas banget buat cooling down episode yang berapi-api ini. Saya langsung hela nafas panjang pas bagian penutupya saking tegangnya episode ini. Mbak Aimer! Aku padamu banget ah buat lagu ini!

Tidak bosan-bosannya mengingatkan, penayangan simulcast anime ini hanya bisa ditonton di Prime Video Indonesia! Terima kasih juga yang sudah meramaikan penayangan ini di sana. Setelah episode 7, Chainsaw Man selalu menjadi nomor 1 tiap minggunya di peringkat teratas mereka.

Shinmai Renkin 10

Kaczmarek

Iris masih digambarkan jadi pushover di 10 episode awal ini. Mulai diungkap bahwa dia emang bangsawan dan keluarganya jadi korban itu villain di episode 6. Kalo pattern penyelesaiannya sama, kayaknya bakal mubazir untuk diadaptasi.

Shinobi no Ittoki 10

Kaczmarek

Perubahan karakter Suzaku ini terlalu cepet dari yang gue kira. Awalnya ngira bakal tetep bareng Koga paling enggak di akhir episode sebelum mutusin untuk pindah ke Iga. Satomi akhirnya nongol lagi, tapi cuma jadi salah satu contoh brainwashing seperti yang dialamin Kousetsu. Kousetsu juga tiba-tiba terungkap bahwa dia anak kandungnya Kidou. Infodump yang bener-bener nyiksa di tengah plot yang mulai gak masuk akal. Sementara Kirei terselamatkan oleh ayahnya, yang makin mempertanyakan kenapa dia sampe nunggu sampe sekarang dulu.

Kage no Jitsuryokusha ni Naritakute 10

Kaczmarek

Mari stretching di episode ke-10! Apa ini jadi pertanda bahwa cour berikutnya bakal ke-skip ke time slot lain? Cid kembali turun ke lapangan dengan Rose yang udah nge-simp layaknya tuan putri bertemu pangerannya. Gak kayak biasanya, Rose juga terindikasi ngedoktrinin Cid untuk masuk agama, yang tentunya ini juga kesalahpahaman Cid sendiri.

Sementara dua kakak beradik lagi berburu lingerie di kiosnya Gamma (atau kedoknya Luna). Saya tak perlu ngomongin Epsilon dengan tetek slime-nya, dan Beta dengan karir author 0% turnitin-nya. Nothing is happening in this episode except Di Eminens off Sha-balablalbalaladlaladadladalwdaldawdnandoada.

BlueHeaven

Cara mereka ngebuat ini jadi akhir dari cour pertama itu ga banget. Iya ngerti karena satu masalah sudah kelar jadi episode terakhir kita bikin untuk lebih ngenalin karakter di anime. Tapi ya gitu, kalau ini mau dibilang ending season 1 terasa kurang banget. Saya lebih milih ga usah nampilin karakternya daripada cuma dibikin sesaat doang munculnya. Ya, yang saya maksudkan itu adalah Eta.

Soal Epsilon dengan dada buatannya dan akrabnya dua kakak adik, plus kemesraan Cid and drill hair ketos, kebanyakan buat disumpelin dalam satu episode. Iya masing-masing menghibur tapi ga dijadiin satu juga. Oh ya ada soal Beta yang direveal jadi penulis terkenal lagi. Udah kebanyakan, ga ada dari satupun potongan ini yang memiliki kekuatan menamatkan part pertama. Cerita masih berlanjut, jadi lebih baik nunggu part keduanya.

Ren’ai Flops 9

Kaczmarek

Well tanda tanya soal siapa dibalik suara Feynman akhirnya terungkap. Gak sia-sia nonton Strike the Blood dan ngikutin suara Yukiyo Fujii. Oke, disini konsep AI-nya udah mulai tercerahkan. Ibarat bikin robot, tapi AI ini sudah terprogram seperti manusia namun minus beberapa hal termasuk sensitifitas. Beruntungnya ada program keingintahuan layaknya manusia yang bisa ngedorong cewek-cewek AI ini penasaran akan satu dan banyak hal.

Kalo yang Mongfa, dan Amelia jelasin itu bener, maka Aoi versi berserk yang gangguin dunia nyata ini timbul karena keinginan dari Izawa Ai. Dengan Asahi yang dia cari bisa dimiliki lebih dalam dan total, egoisme Ai dalam Aoi mulai terpicu. Saya gabisa bilang dia defect, tapi lebih bisa disebut improved version dari Mongfa, Amelia, Ilya, Amelia dan contoh lain. Satu detail tertentu di anime ini bikin saya harus nonton ulang Robotics;Notes, just to make sure that this series not canonically connected.

BlueHeaven

Hei, hei, hei! I just came back to watch this and what happened? Feynman asli cakep banget, ditambah bukan 2D di dalam 2D lagi. Melihat kelakuan AI Aoi itu fix memenuhi standar kualitas LSBH yang sangat baik. Bayangkan jika Anda main galge terus ujung-ujungnya nyelametin dunia.

Akiba Maid Sensou 10

Kaptain

Masuk penjuru akhir cerita tentu aja eskalasi dibutuhin, and there you have it. Jawaban buat identitas dari Panda yang isinya ternyata Aya Hirano. Ranko pergi ke tempat pertemuan tanpa bawa senjata sebagai pengukuhan antara dia bakal mati dibunuh atau keluar dari bisnis maid. Dengan ini Ranko cuma punya satu pilihan aja: Musnahin Creature Land sebagai organisasi.

Ini cara bikin drama absurd yang bener ngeliat momen emosional nih episode ngelibatin kostum Panda yang jelas udah pekat sama bau darah dan mesiu. On that note, tempat adegan romantis di atas tuh salah satu misteri Akiba. Di mana ga ada yang tahu cara gimana ngeakses tuh tempat. Cuma ya tahun lalu dah ketahuan kalau itu toilet umum yang ditimpa pembangunan toilet baru.

Kaczmarek

This is more heartbreaking than Brazil knocked out by Croatia. Raikou is coming home.

Die Neue These 47

Kaptain

Operation Ragnarok is a go. Konsekuensi dari kru Yang Weng Li yang dikadalin mulu di aspek politik adalah fakta kalau perwira dia itu isinya monster semua sebagai penyeimbang. Lucu aja sih di seri OVA dulu Reuenthal ketangkep pas lagi ganti baju dan berantemnya lebih brutal, sekarang ya dia dapet duel yang lebih berkelas sama Walter.

Beast Tamer 11

Kaczmarek

Yep, ngelawan monster ini bakal jadi penutup di dua episode akhir. Kalau ratingnya ini diantara 3-5 di anidb, saya pikir sebagian besar melihat dari kualitas animasi dan direction yang on target daripada ngasih tambahan skenario orisinal.  Possibly, the best direction from Atsushi Nigorikawa in his entire career so far. 

BlueHeaven

Sudah terbiasa melihat aksi di anime yang dibuat tidak menonjol dan lebih mengutamakan keimutan para spesies super langka taklukan Rein. Ternyata Rein sudah kebal dari segala macam debuff. Tapi bukan itu target dari Yuusha setengah sinting ngasih cincin terkutuk ke anak pejabat korup. Ternyata untuk tumbal kelahiran iblis dari segala emosi negatif yang dimilikinya. Melawan mimpi buruk masa lalunya, saya kira ini adalah penutup yang bagus dari saga Rein dan kawan-kawan. Kalau sukses, anime ini mungkin bisa dapet sekuel mengingat banyak yang sejenisnya bisa lanjut ke babak kedua. Semoga.

Noumin Kanren 11

Kaczmarek

Ok alokasi budgetnya naik di episode ini. Kemungkinan besar bakal menanjak atau bertahan di episode berikutnya. Slapstick comedy dengan candaan percintaan ala sinetron ini udah jadi material utama seri ini. Album of memories struck Al. Apa bener itu Ilvia? Kemudian gak nyangka ada nonce di sini.

Arknights Prelude to Dawn 07

Kaczmarek

Persiapan komplit, saatnya bertarung sesungguhnya! Banyak hal yang disayangkan di episode ini terutama soal monolognya Misha dan Skullshaterer yang diredam. W kembali muncul seperti yang sudah ada, walau kesannya cuma nge-prank doang. Kalo kalian nemu cewek kayak W, mending segera dikoreksi (keputusan atau orangnya). Amiya udah make S3 disini dan jarak serangnya tentunya makin luas.

Spy X Family 23

Kaptain

See that? Itu alokasi utama produksi musim ini. Tetep aja sih Yor yang jadi monster tenis di akhir. Karena ini setting di perang dingin ya posisi idol digantiin sama grup teater, cuma ya keliatan banget itu versi plesetan Hinatazaka46.

BlueHeaven

Emang anime pendidikan dah ini. Di endingnya diajarin supaya jangan curang. Lalu yang kedua adalah jangan merusak hubungan rumah tangga orang. Terakhir, simpanlah rahasiamu seperti mempertaruhkan kedamaian dunia. Ah, yang kedua dan ketiga ga usah dianggap pelajaran. Ini mah masuk ranah Becky yang jatuhnya hubungan dewasa. Anak-anak fokus kepada Anya dan Yor saja agar ratingnya tetap G.

Tensei Shitara Ken Deshita 11

BlueHeaven

Emang musuhnya terlalu bersenang-senang melawan Fran jadinya setengah episode masih punya waktu untuk nyari Fran. Padahal tarungnya cuma bentaran. Pertarungan sesungguhnya akan terjadi di episode selanjutnya. Semoga bisa tetap epic seperti yang sudah-sudah.

Witch From Mercury 10

My man ga bakal berenti dapet development. Lucunya si kapten juga diperanin Kenji Hamada selaku VA Patrick C.

Kaptain

Huh, kirain karena ini lebih fokus di politik korporat dan aktivitas akademi tim protag bisa nunda dapet Flagship. Start-up yang nunjukin viable product dan punya business plan jelas ngebuat ini jadi seri fantasi. Kita juga dapet Five Murasame yang cukup melek soal kelemahan utama tim: Suletta yang masih kelewat naif dan jelas emosinya lagi ga stabil ngeliat si istri yang sibuk kerja.

Minggu lalu saya dah nulis soal faksi luar akademi. Setelah konflik yang fokus sama spacenoids ya sekarang giliran faksi bumi yang dapet fokus. Surprise surprise mereka punya dua  Gundam dan satu Aoi Yuuki. Prospera agaknya tahu soal gimana rencana pembunuhan dijalanin dan risiko perusahaan kehilangan perlindungan grup, jadi saya taruh duit saya di “Pembunuhan sukses, tapi grup nggak terpecah sesuai dugaan”.

Akuyaku Reijou Last Boss 12 (End)

BlueHeaven

Too much plot hole in the end. Delapan episode itu bagus. Build up Aileen vs Lilia juga bagus. Eksekusinya itu blundernya kebanyakan. Buat apa karakter baru nongol tapi hampir useless. Itu serius cowo kacamata yang kerja sama dengan Lilia hampir ga guna.

Almond muncul lagi juga lah mau gimana pun alasannya, ada lebih banyak alasan logis Almond ga pura-pura mati. Secara gara-gara disangka dia mati, demeritnya ke pihak Aileen lebih banyak. Almond kan ketembak, terus tubuhnya ga diangkat gitu? Kalaupun dia ketembak kenapa dia bisa segar bugar pasti balik? Eliphas aja yang penyihir ga bisa buka pintu. Terlalu banyak hal yang kalau dipertanyakan makin aneh ceritanya.

Endingnya yang penting Aileen nikah sama Claude, sih. Udah langsung tamat, plus Lilia.. dipenjara~ Wakakakak asli ngakak di sini kalau ingat meme terkutuk itu. Better than Hamefura? Yes. Tapi 4 episode paling belakang harusnya bisa lebih baik lagi.

Bocchi The Rock 10

BlueHeaven

Sick Hack is sick! Kirain vokalisnya wong Inggris, ternyata si pemabuk yang nyanyi. Ah, itu gaijin cuma cakep banget. Rambut pirang dengan mata biru mantap. Bawa ganci Slow Loop pula, kerja sama yang sangat menguntungkan antara kedua anime.

Sekarang fokusnya Bocchi dengan Kita. Karena ini festival sekolah mereka berdua, mungkin saja ada yang terjadi di antara mereka berdua. Saya merasakan firasat kalau ga selamanya Bocchi yang ngebuff Kessoku. Kita lihat saja nanti.

Nijika dari ice cold mode bisa sampe mencair gitu gara-gara lihat Yoshida. Akhirnya bassist di episode ini bayar hutang. Finally, after several episode. Ryo hampir ga dikasih makan itu terbaik, sih.. hahaha.

Blue Lock 10

BlueHeaven

Loh main tebak karakternya masih dilanjutin. Kocak banget Kunigami bisa jadi imut begini juga hahah. Apa? Kuon Meguayer kartu merah? Yah, bodoh amet. Orang paling realistis sebenarnya dia, sih. Kan sudah habis masanya untuk mengejar nasional bersama teman-teman. Antagonis yang belok meninggalkan jasanya setelah pengkhianatan yang menyakitkan. GGWP!

Utawarerumono Futari no Hakuoro 25

Kaczmarek

Movement yang kaku dari mecha-mecha ini, termasuk Akuruka dari Oshutoru juga. Mengetahui ini proyek yang butuh duit gede di luar animasinya, jadi gak heran banyak yang harus ditekan. Close up scene jadi andalan lagi. Gapapa sih, yang penting Touka dan Karura gak ke-cut dan banyak karakter dari Tusukuru bisa muncul lagi dengan suara. Kuon nge-reveal kamuflasenya sebagai Putri Tusukuru dengan suara Tane yang lebih lancang (pengen denger versi non distorted-nya dah).

Woshis udah ngegunain Akuruka kayak Dii. Dengan ini, kita bisa ngeliat akhir dimana Haku (Oshutoru) bakal kehilangan seluruh badannya di akhir episode. FYI, episode 27-28 bakal tayang secara beruntun!

Dandadan 85

CTian

You can’t spell peak fiction without “Dandadan”!!! Oh wow, what a chapter we got! Bisa yak Yukinobu Tatsu bikin penjelasan sistem kekuatan yang agak absurd, tapi entah kenapa berasa motivasional juga. Penjelasan Nenek Seiko soal kekuatannya tuh bagus banget dan dalem euy. It’s got me in kokoro bro, real.

Dengan begitu, Momo juga dapat upgrade! Wah, kekuatan yang ini agak op sih. Tapi penggunaannya nyeleneh banget, Momo pasti bakal jarang gunakan kekuatan ini karena sekadar malu saja. Dia dengar nama Ken Takakura atau quotes-nya saja masih suka salting sendiri dan jadi buyar. Ini tinggal Sakata saja nih yang harus dikasih jam terbang lagi.

Nahhhh habis ini nih saya penasaran banget kelanjutannya. Momo dan Serpo berhasil kalahin salah satu kubu Alien penjajah baru, terus kelanjutan aliansi ini gimana? Kalau lihat keadaannya, Serpo masih butuh bantuan Momo dan kawan-kawan buat kalahin semua Alien penjajah baru ini, jadi bakal ada gencatan senjata beneran abis ini. Tapi melihat keadaan geng pencari biji emas juga nggak baik-baik semua, saya penasaran ini bakal diapakan. Aduhh, saya nggak sabar lihat interaksi mereka bakalan kayak apa.

Serialisasi Dandadan bisa dibaca secara resmi di MANGA Plus! Untuk saat ini keseluruhan bab bisa dibaca secara gratis di aplikasi dan situsnya, juga mereka yang merilis paling cepat, bersamaan dengan Jepang, ya masa masih baca di tempat lain~ Dengan membaca di MANGA Plus kamu secara langsung mendukung serialisasi ini lho!

The Ichinose Family’s Deadly Sins 4

CTian

How’s the table turn! Dalam kasus ini, Tsubasa beneran menjungkir balikkan keadaan! Oke, di awal ada fakta baru soal hubungan Nakajima dan Tsubasa. Jadi sebenarnya Nakajima yang diselamatkan Tsubasa, dan ternyata Tsubasa seorang yang ceria dan sporty dulunya.

Bisa dibilang Nakajima ini sebenarnya merasa terkhianati yak makanya jadi marah (wrath) dan merasa jijik sama Tsubasa. Tapi masalahnya, di sini Tsubasa amnesia pikir dia itu korban, makanya dia balik serang Nakajima.

Alasan dia jadi murung yang sebenarnya harus dicari tahu dan kayaknya dia mulai mengingat sesuatu soal itu. Makanya di akhir dia kelihatan bersalah dan malu gitu lihat Nakajima. Apa ini sebenarnya mind game dari Tsubasa buat lebih isengin Nakajima? Waduh jahat banget sih kalau iya.

Suka banget sama panel-panel yang keadaannya paralel sama bab sebelumnya. Panel paralel ini juga ada soalnya di serialisasi Takopi’s Original Sin, tapi di manga ini lebih jelas karena digambar di panel-panel gede. Tentu saja spread page Tsubasa siram susu basi jadi panel paling kino dari bab ini, karena beneran kebalik keadaannya sama spread page minggu lalu.

Neural Cloud

Kaptain

60 roll buat Kuro, not great not terrible. Karena ini event perkenalan unit sekaligus ngasih preview buat Burbank ya ini emang ga panjang-panjang amat cerita dan stagenya. For once Proto-MDR ga jadi the butt of the jokes kayak di event musiman GFL, dan ini modifikasi node buat ngasih lore tambahan juga cukup menarik. Untung aja ini client stabil banget ngeliat kalau hal yang sama dilakuin di GFL, pacingnya bakal ngeselin gegara performa seret.

Ini challenge stage juga ga susah-susah amat kecuali kalian ngeyel ga bawa Healer tambahan, ngeliat ini tuh yang diuji kemampuan sustain kalian. Dari tanggal battle pass dan durasi event, kayaknya kita juga bakal dapet jadwal lebih cepet.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: HIJIKI06