[JOI Spotlight] Holiday 2022 Edition

December 25, 2022 19:45
[JOI Spotlight] Holiday 2022 Edition

Selamat datang di JOI Spotlight. Semoga kalian ga terlalu frustrasi dengan fakta kalau hari liburnya ngepas hari minggu semua. Ini adalah Spotlight terakhir untuk tahun 2022 ini jadi mari kita simak impresi akhir tahun para staf Jurnal Otaku. Untuk yang menantikan Penghargaan Akhir Tahun JOI, itu nanti tanggal 1 Januari karena kami memutuskan untuk fokus di episode akhir musim ini yang masih banyak.

Chainsawman 11

Kaptain

Sebenarnya ngarep Future Devil diperanin sama Kenshi Yonezu ngeliat lirik opening. Tapi ya ini paling biar aman aja kalau perlu ganti pemeran opening.

Buat pengingat aja, ini dunia dimana jutaan orang meninggal dalam lima menit akibat satu makhluk aja. Maybe just maybe, punya mindset di mana ngeremehin satu perempuan misterius yang ngebunuh monster semacam itu secara profesional itu sangat nggak sehat. Begitu juga pake nasionalisme sebagai alasan di dunia di mana Kaiju berantem secara rutin di area urban. Point is ini segmen Yakuza ada buat pelampiasan emosi Makima ngeliat kencan sama Kishibe kemarin ga nyenengin.

Sisa dari Division 4 ngumpul. Barikade polisi dan agen ada buat mereka, bukan buat sisa teroris. Lucu aja sih rencana Sawatari dkk buat pertahanan tuh “bikin stage Resident Evil”.

Shinmai Renkin 12 (End)

Kaczmarek

CGDCT dengan aroma entrepreneur akhirnya berakhir. Mereka sengaja ngelompat adaptasi ini ke skenario terkini dari novel utamanya. Agak berharap berakhir di momen develop Iris x Sarasa sih. Karena arc yang terakhir ini speedrun–nya kerasa banget, terutama buat nampilin karakter-karakter titular lain yang sempet nongol di awal musim. Saya gak berani liat 4chan ini series karena satu hal: Mana adegan Iris ngisinya? Manusia-manusia ini sudah gila.

Sarasa berakhir dengan profit!

BlueHeaven

What a nice way to end this series. Begini dong ENGI kalau adaptasi anime. Dari awal sampai akhir emang bagus sih adaptasinya. Ceritanya ga seret dan enak ditonton. Ga ada animasi yang layak dicibir dari anime ini. Kuartet pemeran utama juga bisa happy di ending, penonton senang.

Kage no Jitsuryokusha ni Naritakute! 12

Kaczmarek

2022 bakal ditutup di episode 13 kalau menurut jadwal AT-X. Paling enggak bisa nutup di Nelson killing daripada nanggung di episode sebelumnya. Karena ini keknya gak cukup 20 episode, kemungkinan masih ada cour tambahan di musim-musim berikutnya. Belum ada info resmi terkait itu.

Peliharaan bernama Delta akhirnya dapet spotlight untuk episode ini bersama Epsilon dan Alpha. Saya ikut berkabung dengan slime di dadanya Epsilon yang harus kena potong. Untuk arc Olivia dan Olivier ini, staf mutusin nambahin POV buat mempertegas skenario dan adegan daripada novelnya. Background di dunia baru ini juga diseleksi lagi setelah ada perbedaan novel dan manga-nya. Olivia juga sebenernya keiket kanan kiri doang, gak full digedong gitu. Sementara keakuratannya masih gak terlalu melenceng alias di atas 75% dari sumber orisinalnya.

BlueHeaven

Rahasia mulai terungkap. Kalau begini kan bisa agak ngerti kan, asal usul Diabolos dan segala tetek bengeknya. Jadi anime ini ga semata-mata nampilin waifu dari Shadow Garden yang bejibun. Harus lebih banyak digali emang biar orang bisa paham.

Ren’ai Flops 11

Kaczmarek

Mongfa butuh setengah porsi episode di minggu lalu, sekarang tiga cewek AI ini dapet full satu episode untuk ngasih perpisahan lagi ke Asahi. Ilya dan Karin tentunya bisa barengan membasmi eraser program itu dengan jadi tenshi dan mahou shoujo. Yang bikin penasaran sebelumnya malah Amelia, karena kekuatan apa yang ia punya. Perpus? Jujur diluar karakter Amelia sendiri yang pemalas, namun kalau urusan fiksi gak bisa nahan diri.

Ngeliat banyak momen dari Mongfa minggu lalu, sekarang kepingan memori Ai terhadap Asahi yang jadi alasan Amelia, Karin, dan Ilya terbentuk. Jujur gue gak bisa nebak episode terakhirnya gimana. Terutama ini yang ngerjain anak buahnya Chiyomaru.

BlueHeaven

Kan… Buset dah sekarang tiga waifu dibasmi dalam satu episode sekaligus. Emang ya nih anime mau ngajarin kalau “Your 2D waifu is not real, hahah. Give up and back to reality”. No! Saya tidak terima ini. Masih ada Ai/Aoi yang ga bakal dibikin ngilang kan? KAN?

Futoku no Guild 12 (End)

Kaczmarek

Ditutup di pengungkapan kekuatannya Hitamuki. Masih banyak materialnya sih, cuman gak nyangka ditutup disini daripada arc sebelumnya yang bisa dipanjangin. Ngeliat seri komedi ini diadaptasi dalam ½ episode untuk satu arc, gak heran kalo komite dimudahkan untuk memilih arc mana yang bisa dipake.

Shinobi no Ittoki 11-12 (End)

Kaczmarek

Sengaja nge-skip episode sebelumnya di spotlight karena nanggung banget kalau gak tahu akhirnya. Ini seri orisinal yang mengecewakan bagi saya karena materialnya udah cukup menarik di tiga episode awal, namun terlambat panas untuk jadi “menarik” di media sosial atau penonton TV/web.

Konflik emang sudah ada dari awal, namun untuk capai klimaks awal justru nunggu sampai ngelewati ½ cour. Kemudian klimaks kedua gak dikasih jarak waktu lebih panjang yang bikin penonton ikutan lemes. Klimaks terakhir justru berasa rush terutama momen bala bantuan di dua episode terakhir. Timeskip yang jujur gak sama sekali dibutuhkan pasca momen Tokisada ngebunuh pemimpin Koga. Skor buat ini anime orisinal cuma 3/10. Ini juga nambah 1 karena Ittoki gak jadi pushover lagi.

Akiba Maid Sensou 12 (End)

Kaptain

Jadi basis dari nih seri adalah “gimana kalau maid kelakuannya kayak Yakuza”, dengan berbagai drama dan plotpoint khas genre. Ini kepake dengan baik di paruh awal musim, tapi jelas ini staf kehabisan ide soal gimana nih resep dipake buat paruh akhirnya.

Masalah utama saya tuh Nagi selaku antagonis utama. Saya ngeliat dia dikalahin bukan karena Nagomi yang ngeluapin jiwa dia sebagai maid, tapi karena bawahan yang jelas udah capek sama bos yang ga bakal berhenti sampe semua orang yang bukan dia mati. If anything nih orang lebih banyak ngabisin amunisi buat nembakin bawahan sendiri daripada nembakin Kafe Babi. Ini juga timeskip nunjukin Nagomi yang masih idup harusnya jadi paruh akhir episode, or better yet dapet episode khusus soal apa yang terjadi dalam dua dekade yang ngebenerin kondisi Akiba.

Kombinasi dari perundangan yang lebih galak yang ngebuat bisnis Yakuza susah nyimpen duit, anggota yang semakin sedikit dan menua, serta perkembangan teknologi pengawasan kurang lebih ngebuat Yakuza dunia nyata mengecil pengaruhnya. Ini timeskip yang tiba-tiba kesannya kayak semua maid di dunia bilang “you know what, violence is cringe” setelah Nagi ditembak.

Ah well, paling nggak ini Panda Hirano ga berhenti jadi MVP mayoritas episode. Konsekuensinya ya ini maid lain ga jelas nasib kedepannya gimana.

Kantai Collection Itsuka Ano Umi de 05 (To be continued!)

Kaczmarek

Entah ini fakta atau bukan, spekulasi minus dari episode yang ketunda ini kayaknya jelas di pengarahan dialog daripada animasinya. Kalo nonton frame by frame, bakal keliatan normal aja. Namun kalau elemen musik, dialog, sama pengarahan disatuin juga maka adegan bakal kerasa kaku. Puncaknya di kantin saat Hamakaze dan Isokaze ngajakin Shigure makan.

Agak berharap ada QC ulang untuk sisa tiga episode di bulan depan. Dialog kaku gini emang kerasa disengaja atau error, jawabannya ada di sisa episode adaptasi ini. Jangan bahas soal sekuel dulu. Ini jatohnya proyek gede pertama C2 sejak movie-nya tayang di lima tahun lalu. Also, beruntung voice togglenya Ooyodo akhirnya dinyalain. Mungkin karena ada Isokaze juga disini karena satu seiyuu. Hisako Kanemoto (Asashimo) dan Ai Kayano (Kiyoshimo) kembali ke proyek ini tanpa gue duga jujur aja.

Utawarerumono Futari no Hakuoro 27-28 (End)

Kaczmarek

Gak kerasa sudah enam bulan penayangannya. Dua episode ini secara khusus di-booking tayang di stasiun televisi di malam natal. Kalau skenario penutup ini ada di pertengahan musim, mungkin udah cuma dibuat dalam satu episode. Beruntung ada tambahan slot di tengah banyaknya anime yang ke-delay penayangannya.

Secara umum, seluruh karakter di Prelude to Dawn sudah nongol semua di episode ini. Kurang satu mob chara yang bener-bener signifikan dan hanya dijadiin cameo sekelebat aja. Soal seiyuu, bisa ditebak ini 5 episode terakhir pake rekaman baru untuk Kuon dari Taneda Risa. Sudah bisa dibilang normal pasca operasi suaranya. Tapi di satu sisi semoga bisa save-up buat awal tahun depan yang semoga gak kambuh lagi.

SpyXFamily 25 (End)

Kaptain

Alasan utama dari penyusupan akhirnya dapet fokus lagi. Setelah dua cour, info yang Loid dapet dari Desmond adalah “masih bisa diajak ngomong”. Setelah nonton adaptasi yang makan setahun juga jadi kentara banget ini main plot-nya alot banget majunya. Nggak hanya soal misi Loid aja tapi juga misteri macem organisasi Garden dan latar belakang Anya.

Ini masih masuk segmen seri Jump yang dapat cukup perhatian dan kualitas produksi, udah gitu dapet film yang dari promo yang udah keluar bakal fokus di arc kapal. Jelaslah adaptasi anime bakal lanjut cuma saya ga yakin responnya bakal segede tahun ini.

Beast Tamer 13 (End)

Kaczmarek

Lah ngelompat cepet juga ke bab kedua volume ketiga novelnya. Tina Holy, 30, mati, perempuan, majikannya mesum, M.A.O in voice, kansai-ben. Ditutup disini keknya fokusnya untuk ngewujudin target utama Rein di pertengahan musim, yaitu dapet kasur yang lebih lebar. Nambah Tina keknya gak perlu ngasih ruang lagi buat tidur sih. Agak lain karena secara teknis yang masih hidup bisa narikin pakaiannya Tina tapi enggak tubuhnya. Well, that’s it! Rumah baru, penghuni baru, kasur baru.

BlueHeaven

Akhirnya warga Horizon bisa sadar untuk mengusir yuusha party dari kotanya. Masih ga tobat-tobat pula. Tapi inilah yang dibutuhkan dari cerita Beast Tamer. Yuusha party yang bakal terus-terusan jadi antagonis. Nice ending.

Isekai Ojisan 12

Kaptain

Untung aja ini SEGA itu masuk komite produksi jadi OST bisa gampang ngeprosesnya, baguslah Y. Aoi bisa ngebawain lagu game klasik tanpa halangan. Nama asli si Om diungkap dan secara nggak sengaja dia ngemajuin quest utamanya. Udah jelas sih gimana cara dia ngalahin nih boss, yang jadi masalah ya yang dapet hadiah nanti sapa.

Mob Psycho 100 III 12 (End)

BlueHeaven

Terima kasih Mob sudah menemani selama 6 tahun bahkan mungkin lebih. Perjalanan seorang pemuda menjadi jati diri akhirnya berakhir. Reigen bisa jujur dengan sepenuh hati. Sudah kuduga, Reigen-shishou adalah yang terbaik. Ending yang memuaskan.

Bocchi The Rock 12 (End)

BlueHeaven

Dan dengan berakhirnya episode 12, maka Bocchi The Rock season-entah-ke-berapa akhirnya tamat. Perasaan saya campur aduk karena nontonnya pas natal juga. Mau nangis juga berasa kurang pas, tapi saya terharu dengan selesainya episode ini. Truly GOAT of the season.

Bocchi The Rock memulai serialisasi animenya tanpa ekspektasi dari banyak orang. Kini, begitu serial animenya tamat, lihatlah! Betapa banyaknya respon yang bersyukur telah menonton serial ini. Emang kalau anime dikerjakan dengan niat, pasti bakal ciamik hasilnya. Kesampingkan soal pembahasan menyeluruh, itu akan dibahas di full reviewnya nanti. Kita fokus ke episode ini dulu.

Episode 12 dibuka langsung dengan menampilkan lagu yang dimainkan oleh Kessoku Band di Bunkasai. Saya kira bakal bawain “Guitar to Kodoku to Aoi Wakusei” atau “Ano Bando”, ternyata langsung lagu baru. Seperti biasa, penampilan mereka on point. Lanjut ke lagu kedua di sini masalah mulai terlihat. Inilah momen yang ditunggu-tunggu oleh pembaca manganya karena scene di sini terlihat epic di manga. Banyak yang mengeluh agak kurang feelnya di bagian ini, tetapi saya akan mengemukakan pembelaan.

Kalian tahu sutradara Bocchi The Rock sudah menampilkan 11 episode yang ga pernah mengecewakan. Selalu ada saja yang di luar dugaan dan tidak bisa diexpect gimana episode selanjutnya. Soalnya apa yang mau diexpect? Ya, sumbernya aja dari manga 4-koma yang jarang ngehadirin sesuatu yang epic. Beda sama manga shounen, pasti ada momen yang bener-bener wajib dibuat epic seperti manganya. Terus pembelaannya mana? Ya, itu! Pengaturan sutradaranya tidak pernah mengecewakan. Lagu kedua ini juga lagu baru yang menghadirkan solo gitar Bocchi yang gagal dipraktekin keikaku dori karena insiden senar dan peg gitar. Untuk scene ini, sutradara sudah all out untuk menampilkan segalanya. Senar gitar putus itu terlihat jelas, penampilan Kessoku Band tanpa iringan gitar Bocchi juga akurat. Di sini Bocchi dan Kita juga mendapat jatah ngomong yang sesuai porsinya, bahkan Hiroi. All out bukan? Ga mungkin lagunya disetop demi Bocchi ngomong dalam hati. Ini lagi perform dan lagu bakal lanjut terus tanpa nyetop karena momen ini. Jadi scene ini sudah dibuat sesuai realitas dan tidak meleset.

Setelah senar putus, malahan ada momen kocak yang emang tidak pernah diduga sama pembaca manga yang lebih menunggu momen epic Bocchi saat senar satunya putus. Momen Bocchi lompat itu bakal dikenang sebagai salah satu momen paling kocak dari episode ini. Episode ini juga tidak banyak menghadirkan pikiran liar Bocchi yang bisa menjadi makhluk apapun. Momen saat Bocchi masuk toko musik itu juga masuk momen terkocak di episode ini.. Saya yang nonton jadi malu lihat tingkah lakunya. Di episode ini juga jelasin soal pendapatan Guitar Hero dari iklan di channelnya. Lumayan, Bocchi bisa dapat gitar baru dan Yamaha bisa dapat promosi collab dari anime yang booming.

Episode ini ditutup dengan lagu cover dari band Asian Kungfu Generation. It’s about time, right? Buat kalian yang belum tahu, nama karakter dari punggawa Kessoku Band berasal dari member dari AKG. Jadi, cover ini terasa begitu berkesan, apalagi dinyanyikan oleh pengisi suara Bocchi. From “Korogaru Iwa” to “Kimi ni Asa ga Furu”. Benar-benar perjalanan yang epic. Saya senang bisa menyaksikan salah satu CGDCT terbaik di dekade ini. Di akhir episode malahan masih ditutup dengan satu monolog Bocchi “Hari ini kerja lagi, kah..” Onore! nempelin virus negatif Bocchi di bagian akhir. Kudos buat semua orang yang kerja di balik anime ini. Bakal saya sebutin satu per satu nanti di full reviewnya.

Kaptain

Man, Cloverworks tahun ini batting average-nya bagus. Secara pribadi saya suka antipati sama seri yang basis komedinya tuh nyiksa introvert, tapi untungnya BTR itu lebih fokus ke band yang ngebantu satu sama lain dan Bocchi juga secara pribadi emang berusaha jadi lebih baik walau usahanya tuh dah kayak jalan di atas beling.

Witch from Mercury 11

Kaptain

Untung aja ini arc salah pahamnya cepet kelar. Pesimis ini rencana teroris bisa sukses selama Prospera terus nyengir di background, ngeliat kesuksesan dia di cerita itu bukan karena strategi but straight up witchcraft ngeliat efektivitasnya. Ngeliat konflik ini bakal jadi setup buat cour kedua yang kemungkinan besar bakal fokus di bumi, saya taro duit saya di “Insiden disalahin ke tim Mio jadi perusahaan mesti ngumpet.” Toh juga ini aset penting macem ternak udah dibawa di kapal.

bukan_randy

Saya jadi makin bingung (in a good way) ceritanya ke depan mau gimana. Apakah Prospera dan Delling beneran sudah move on dan lebih fokus ke perkembangan Gund-arm? Apa dari awal mereka udah bersekongkol untuk proyek Quiet Zero ini? Apa Suletta ironisnya bakalan bekerja sama dengan pembunuh ayahnya Eri?

Sekilas Aerial diliatin dengan pundak & backpack yang berbeda. Lucu juga mengingat kemarin kit-kit untuk MS & Gundam cour 2 sudah banyak dibocorin, tapi final form Aerial untuk cour 1 ini bisa dirahasiain terus sampai sekarang.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: Redrop