[JOI Spotlight] New Year 2023 Edition

January 1, 2023 19:51
[JOI Spotlight] New Year 2023 Edition

Selamat datang di JOI Spotlight pertama tahun 2023 ini. Di hari pembuka ini, sudah saatnya kita menutup berbagai seri musim gugur kemarin dan memberi penghargaan untuk berbagai seri yang hadir pada 2022. Mari kita melihat ke belakang bersama kru JOI.

Chainsawman 12 (End)

Kaptain

Sebagai sebuah cerita, satu musim Chainsawman ini paling nggak saya hargai karena cuma butuh 12 episode aja buat nekanin kalau Yakuza ga ada apa-apanya di dunia di mana Kaiju secara rutin berantem di tengah kota dan protagonis sadar kalau dia bisa pake kaki dia buat nyerang.

Soal adaptasi saya ngeliat Mappa ngasih lebih banyak usaha buat ngembangin Aki, ngeliat tim udah capek-capek nampilin rutinitas dia. Aki itu orang yang ngeliat rumah sebagai tempat buat istirahat dan bukan tempat di mana keluarga “hidup”. Makanya saya apresiasi ini musim ditutup dengan trio kita makan sebagai keluarga.

Ini jahat banget nutup musim via Reze, tapi ya emang manga mesti diiklanin. Saya ada firasat ini arc selanjutnya bakal via film seperti seri Jump lain.

CTian

Best birthday gift ever!!! Ndak nyangka season finale animenya bakal di hari ulang tahun saya.

Lanjutin kata-kata si Kap, sebenarnya bakal lebih jahat lagi kalau kamu ngerti konteks adegan yang jadi teaser si Reze ini. Ueshama jadi Reze bukan pilihan buruk lah, masalah saya sebenarnya fancast saya belum ada yang masuk /plak. Fancast saya juga bukan seiyu mewah kok, lebih ke seiyu baru yang punya karakter unik saja.

Sayang lagu tema dari MTH cuman dipakai di ronde pertama Chainsaw lawan Katana ini. Tapi dengan kualitas animasi segokil ini ditambah musik dari Kensuke Ushio, ya kali saya masih protes. Lagu tema penutup Fight Song dari Eve ditambah visual keseharian trio Hayakawa ini juga berhasil bikin saya senyam-senyum sendiri. Mungkin nanti bakal bikin peringkat pribadi soal semua lagu tema anime Chainsaw Man ini.

Dari awal sampai akhir menurut saya MAPPA berhasil buat adaptasi ini dengan sangat baik. Pendekatan sinematik realistis ala-ala film live action yang nggak disukai beberapa penonton menurut saya malah menjadi daya tarik terbesar dari serial ini. Membuat seri ini tuh beda dari yang lain, bukan sesuatu yang gampang dimirip-miripin sama anime pada umumnya.

Chainsaw Man menjadi salah satu anime yang paling dinantikan tahun 2022, tapi berakhir dengan begitu tenangnya (bilang saja sepi) dan malah dikata-katain sama penonton anime lain, membuat saya yakin Chainsaw Man ini memang bukan untuk semua orang. Dalam artian ya ini memang bukan mainstream (buset, elit amat bang), tapi punya seninya sendiri gitu lho. Sayang saya lihat MAPPA maksa banget bikin Chainsaw Man ini jadi mainstream.

Padahal kalau mereka santai saja kayak Fujimoto dulu serialisasi dengan santainya di WSJ, ini bisa jadi salah satu cult anime sih yang mungkin besarnya ya bukan karena popularitasnya, tapi kritiknya kayak manganya sekarang. Saya bilang gini juga tetap saja manganya dilihat popularitasnya, padahal secara kualitas kritik sebenarnya lebih besar daripada popularitasnya.

Ya sudah lah yak, yang penting saya enjoy~ Mengutip kata-kata Denji “Sudahlah, tidak perlu memikirkan masalah yang begitu serius. Memikirkan hal negatif, hanya akan membuat negatif saja.”. Tidak sabar buat lanjutannya, saya sih berharap firasat Kap benar, arc berikutnya jadi adaptasi film.

Ren’ai Flops 12 (End)

Kaczmarek

Udah bakal ngira AI ini masih bisa diselamatkan dengan ditransfer ke badan jadi-jadian. Ending berupa pengungkapan fakta bahwa Ai meninggal dunia dalam usia relatif muda. Ini seri lebih ke upaya Ai untuk menyadarkan Asahi semua kenyataan yang ia usahakan terbenam dalam otaknya. Kalau didiamkan sampe entah kapan, Asahi bakal jadi depresi berat dan keputusan untuk terjun ke dunia AI demi melupakan Ai, justru berbalik arah ke Asahi sendiri.

Gak kelar review singkat ini kalo gak ditutup dengan “Mana Best Gurl dari semua AI ini?” Jawabannya cuma Bai Mongfa. Namun kalau disuruh milih yang masih manusia, tentunya Yoshino Feynman.

BlueHeaven

After hurting me like this then you just show like nothing happened? Happy ending sih, tapi males banget kalau semuanya balik ke status quo. Tujuan buat nyembuhin penyakit mentalnya Asahi tercapai, cuma ya gitu. Ga demen ngelihat harem ending macam gini. Terima kasih atas 2 episode jantungannya.

Kage no Jitsuryokusha no Naritakute! 13

Kaczmarek

Delta oh Delta. Agak beruntung OP-nya sekian derajat ini cewek paling enggak di bawahnya Alpha. Kalo gak ini dia gak bakal nurut banget sama mbakyunya. Epsilon dapet momen orisinal lagi khusus anime-nya, dan lagi-lagi cup-nya tumpah astagaa. Momen orisinal gini cukup jadi filler untuk bahan stretching sih.

Alexia kena showcase yang lumayan di cour pertama ini. Apalagi skill moody-nya ini udah ngeganggu penonton juga. Rose digambarkan lebih haus dari yang saya perkirakan. Yang sesuai ekspektasi tentunya Gamma dengan momen tulalitnya, Eta yang entah kemana, Claire yang broconnya gak ketulungan, Beta being Beta Female, Epsilon boobies, dan Zeta yang berasa nonexistence. Cid udah self explanatory.

BlueHeaven

Pertempuran dalam serial ini emang ga pernah imbang. Mau dibilang seru juga ga bener. Emang komedi putarnya yang jadi hidangan pelezat utama kalau mau nikmatin series ini. Ngelihat kakek tua pake baju latex dibantain mana tegangnya? Olivier lawan Cid juga palingan bisa ketebak kayak gimana. Dua-duanya tanpa ekspresi gitu, mana serunya.

Neural Cloud

Kaptain

Masih setengah jalan progresinya.  Ini ngeliat kita dapet Kuro lebih awal juga untungnya Hard mode lebih manageable ngeliat Deck Crit akhirnya nongol. Ga kemakan bait banner kan ngeliat Hatsu tinggal beberapa hari lagi?

Fate/Grand Order

NA Server

Kaptain

Ga terlalu mengesankan ngeliat JP ngedrop Kirei walopun saya dapet dari bakar tiket. Toh juga Banner brutal baru dateng pas Lostbelt hadir nanti dan saya paling ya ngeskip Morgan buat combo Melu, Koyan Oberon nanti. Ini dari suntikan Ember juga akhirnya berhasil ke max Ascend semua Servant.

Seperti biasa di tiap akhir tahun, JOI akan memberikan penghargaan asal-asalan dengan pertimbangan bijaksana untuk berbagai seri yang hadir pada tahun ini. Mari kita mulai dengan:

This Should Get Talked More Award

SIGNALIS

Kaptain

Sama kayak Hollow Knight dan Shovel Knight, ini game yang mewakili genre era tertentu dan bisa aja jadi all time great kalau rilis di era PS2 dulu. Saya penasaran aja sama DNA survival horor klasiknya, yang kadang kerasa kayak jebakan buat pemain veteran survival horror ngeliat lebih banyak insentif buat ngeborosin amunisi buat ngebersihin area dibanding dengan ngumpulin stok buat boss.

Inspirasinya juga kentara banget ngeliat hobinya sama kanji merah dan pentingnya ngeclear beberapa kali buat “ngemajuin” siklus. And you know, all that sexy sad robots. Emang basis dari insiden ceritanya tuh some 4th dimensional psychic mishaps, tapi yang penting ya ceritanya punya emotional core yang jelas dan dieksekusi dengan baik.

Di Steam 100k IDR aja. Go get it.

bukan_randy

Saya nyoba mainin game ini setelah dengar high praise dari beberapa penggemar game Survival Horror, dan dari sana saya jadi nyadar kalau saya mungkin bukan penggemar Survival Horror klasik (saya pribadi mulai main beginian itu di zaman RE3, Parasite Eve 2, & Dino Crisis 2 yang memang sudah mulai condong berpindah dari pure Survival Horror), jadi ekspektasi saya dari high praise yang saya dengar agak kurang terjawab, meski saya tetap suka dan tamatkan. Sebenernya mungkin saya bakalan ragequit seandainya ga denger saran untuk cuma bawa satu senjata karena inventory slot game ini itu bener-bener pelit parah, basically sama dengan campaign Chris di RE1.

Di sisi lain, saya sudah lama sekali nggak main game di mana begitu saya tamatin gamenya, saya langsung nyari teman-teman saya yang juga mainin gamenya dan langsung diskusiin sebenernya apa yang terjadi di ceritanya dan ending-endingnya. Well, mungkin at least setelah Outer Wilds, tapi teman-teman saya ga ada yang main Outer Wilds sih, hue.

Saya sangat demen dengan desain karakter-karakternya, tapi sempet beberapa kali ketuker karakternya mana karena rada same-face syndrome.

Astlibra Revision

Bukan_randy

Saya bener-bener nggak nyangka sebuah game yang saya temuin dari sekedar lihat komentar seseorang yang saya nggak kenal di Twitter yang bilang ada demo game yang keren banget itu bakal berujung jadi kandidat kuat Game of the Year sekaligus Most Underrated Game saya untuk tahun ini.

Game 2D Action hack & slash yang dikerjain sebagian besar oleh satu orang selama 14 tahun kemudian di-improve dengan digambar ulang oleh Shigatake dari Vanillaware ini berhasil memikat saya ga cuma dengan gameplay yang penuh dengan hitstop dan getaran stik yang cukup overkill, karakter-karakter memukau, story yang ga bisa ditebak bakalan maju ke mana, dan sejumput fanservice yag tidak terduga tiap beberapa chapter sekali.

Di steam juga cuma 100k. Kalau penasaran tapi belum yakin, ada juga demo yang ngemuat seluruh chapter 1 dan juga short side story yang ngenunjukkin gameplay mid-endgame. Dari demo itu sendiri bisa dapat total 4-5 jam gameplay.

The Objective Best Anime of The Year Award

RRR

Kaptain

Pengen ngerasain satu runtime seri shounen yang diteken ke 3 jam? Silakan nonton ini. Factoid favorit saya dari film ini tuh fakta kalau pemeran karakter Inggris di sini diperanin sama artis Irlandia yang saya yakin punya opini soal imperialisme.

CTian

Secara mengejutkan, 2 film ini kasih pengalaman paling anime, dari semua seri dan film yang saya tonton di tahun ini. Film kedua ada di bawah ini yak. Salah satu penyesalan terbesar saya tahun 2022 adalah nggak sempat nonton film ini waktu tayang di bioskop, tapi sekarang sudah bisa ditonton di Netflix ya film ini. Sayangnya lagi, tayangnya bukan original dub-nya, Telugu, melainkan sudah di-dubbing ke bahasa Hindi, tapi masih bagus kok.

Bullet Train

CTian

Punya plot dan pace cerita anime, banyak karakter yang punya trait gaya anime, latarnya ceritanya juga di Jepang, kurang anime apa lagi coba!? Flop parah di Morbius, tapi setidaknya menurut saya Sony masih berhasil suguhin film yang fun banget lewat Bullet Train ini. Sama kayak yang atas, salah satu penyesalan terbesar saya nggak sempat nonton film ini waktu tayang di bioskop, tapi sekarang sudah bisa ditonton di Netflix juga ya.

Anime Netflix (yes, that most hated streaming site)

CTian

Love or hate it, Netflix berhasil menayangkan tontonan anime terbaik di tahun 2022. Cyberpunk Edgerunners, Kotaro Lives Alone, Uncle From Another World, sampai seri Jump+ yang ulasan manganya nggak begitu bagus berjudul Romantic Killer, itu semua ya animenya Netflix. Belum lagi Netflix Indonesia juga mulai masukin sulih suara bahasa Indonesia ke tayangan anime original Netflix. Tahun 2023 bakal jadi tahun yang berat buat Netflix, tapi saya berharap mereka tetap survive dan bisa menayangkan tontonan berkualitas lainnya.

Bocchi The Rock

BlueHeaven

Ga ada lagi yang pernah bikin SOL, CGDCT, music macem gini. Adaptasi super niat yang memorable bahkan untuk 10 tahun ke depan.

10 Years Award

Berburu Harta Karun di Liburan Musim Panas Bagian Dua

Kaptain

10 Tahun.

bukan_randy

10 tahun [2]

Tiap kali masuk bagian X-ray suara ambient-nya kayak lagi nyelam di laut itu mungkin hal kedua terlucu setelah klimaks dengan sfx semangka pecah.

The Setpiece Fight of The Year

The Radahn Festival

Kaptain

Ga susah setelah patching dan strateginya udah banyak, tapi tetep aja untuk game bikinan Fromsoft Raidboss Fight kayak gini tuh kejutan yang menyenangkan. Saya dah komentar dulu kalau Malenia tuh boss Sekiro yang nyasar sementara Radahn ini boss Armored Core yang nyasar.

Saya ngasih ini poin lebih dibanding Rykard yang pada dasarnya tuh Storm Ruler versi modern, ngeliat gimmick utama Radahn tuh “Orangnya disitu, kali ini situ boleh curang via Gold Summon because it’s the festival baby”.

Course Correction Award

Edgerunner

Kaptain

Cyberpunk 2077 itu game yang sukses berkat nipu pasar kalau ini adalah versi sci-fi GTA. Semua kritik yang diterima was deserved dan stigma yang melekat walaupun game diberesin sedikit demi sedikit tentunya melekat. Edgerunner saya lihat sebagai “iklan” yang lebih jujur soal isi gamenya dan lebih naik mereka yang lebih tertarik sama cerita dan karakter, dua aspek yang dari awal juga sudah kompeten.

Point is, kasih Trigger carte blanche buat bikin anime Shadowrun.

Moment of Truth of The Year

Kaczmarek

Four years wait and nothing is plausible to accept if you keep your old brain still intact. VAR selalu jadi momok tim manapun dalam kompetisi apapun. Kasus Mitoma ini jadi yang ada di borderline, kayak John Stones saat lawan Liverpool beberapa tahun yang lalu. Sebagai penikmat bola, saya suka perdebatan yang hasilnya udah jelas macam ini. Keep it coming! And f*ck BL**L*CK!

BlueHeaven

BLUE LOCK IS REAL!

C’MON YOU SHOULD DO BETTER THAN THIS AWARD

Kaczmarek

Kekecewaan datang lebih banyak dari sisi desain daripada hasil. Untuk seri yang kerasa teradaptasi secara buru-buru, ini berada di garis mubazir dan efisien. Masahiko Suzuki mungkin nyadarin ini sebagai desainer karakter animasinya, dan semoga musim kedua nanti ada upgrade macam Arifureta. They’ve done good enough to snatch back that clout.

BlueHeaven

Kenapa ini ada season duanya, ya Tuhan!

Borderline Award

Kaczmarek

Dari banyaknya anime yang saya ikuti di tahun comeback-nya JOI, ada tiga seri yang cocok masuk dalam nominasi ini: Isekai Meikyuu de Harem o, Futoku no Guild, dan Shuumatsu no Harem. Secara konten, yang paling berbahaya tentunya Shuumatsu no Harem, namun saat eksekusi di animasinya saya merasa Isekai Meikyuu de Harem o yang punya investasi lebih dalam pengerjaannya. Roxanne jadi alasan kenapa saya nonton seri ini, namun jujur gak ngira bakal di tune up untuk jadi sex slave daripada fokus ke gameplay. And somehow, untuk ukuran anime di dekade ini, mereka masih bisa ngejual 5.000 kopi per BD per volumenya.

Receptionist Award

Kaczmarek

Rumi Ookubo entah kenapa jadi langganan peran resepsionis di tahun 2022. Padahal sebelumnya ia baru sekali meranin karakter macem ini yaitu Lola dari Kakushi Dungeon. Sekarang, RumiRumi dapet tiga dalam satu tahun + satu nun mematikan + naga tsundere. Dari Nell (Tensei Shitara Ken Deshita), Enome (Futoku no Guild), dan Helen (Noumin Kanren). Well semoga dapet peran lagi yang serupa di tahun baru ini (kalo bisa yang macem Enome atau Sharon).

Best 3D CGI Award

Noumin Kanren

BlueHeaven

Suka anime yang ngandelin CGI 3D? Anime ini adalah rekomendasinya. Setelah tahun lalu ada Ex-arm, akhirnya kita nemu penerusnya di tahun ini. Baru menit pertama aja sudah ga tanggung-tangung ngeluarin 3D naganya. Eh, buset appeal pertama langsung dijejelin ginian. Benar-benar momen paling berkesan setelah ga sengaja namatin animenya.

We Got Covid, So We Delayed The Episode Award

Isekai Ojisan

BlueHeaven

Anime yang 1 cour tapi habisnya mungkin perlu 3 season. Lintas antar tahun lewat.

Kaptain

Ini observasi anekdotal ngeliat aktivitas staf produksi di Twitter, tapi saya rasa ini emang lagi rebutan animator freelance yang kebanyakan dah direbut sama Mappa, Toei, dan Sunrise. Buat si om yang telat mesennya ya kacau deh produksinya.

Delayed for Good? Delayed for the sake of QC Award

Kantai Collection Itsuka no Umi de

Kaczmarek

Bagi pemain KC hingga detik ini mungkin sudah pada tahu ini proyek sebenarnya sudah dalam progres sejak sebelum pandemi. Namun realisasinya harus terdorong karena banyak faktor namun tertutup di dalam internal. Anime terbaru yang gak berkaitan dengan seri televisi 2015 dan film ini juga belum kelar btw. Masih ada beberapa episode di tahun ini yang harus ditunggu. Kemudian ENGI proyeknya makin bejibun, macem J.C. Staff di pertengahan dekade 2010-an.

Joget of the Year Award

Paripi Koumei

BlueHeaven

Mesti banyak opening anime yang bagus di tahun ini, bahkan secara personal saya lebih menyukai opening Ousama Ranking kedua, opening Paripi Koumei akan menjadi salah satu ikon opening yang paling banyak dipraktekin di event-event jejepangan. Bawaannya pengen joget kalau denger lagu ini.

Family Friendly Award

Spy x Family

BlueHeaven

Jarang-jarang anime yang bisa dinikmati semua umur akhir-akhir ini. Ya, meski baju Yor bagian belakangnya kebuka begitu dan gampang mabukan, tetap aja rating SU masuk ke anime ini. Bocah-bocah aja pada cosplay jadi Anya, auto win contest no debat.

Hungriest Anime of the Year Award

Princess Connect Season 2

BlueHeaven

Ga salah kalau saya klaim anime ini sebagai anime kulineran terbaik di tahun ini. Makanan yang eksotik, membuat saya lapar setiap kali melihatnya. Pembawaan klimaks yang habis-habisan juga membuat saya wajib menyantumkan seri ini ke dalam award tahunan.

“Is This a Streaming Site?” Award

Prime Video

CTian

Menjadi pesaing baru di medan perang streaming wilayah Indonesia, saya rasa mereka bisa dibilang berhasil dengan debutnya. Layanan Prime Video sendiri sebenarnya sudah lama bisa diakses di Indonesia, tapi bisa dibilang baru datang ke Indonesia dan sekitarnya ya di pertengahan tahun ini.

Di awal debutnya mereka langsung gandeng Medialink buat jadi pemasok utama mereka. Jujutsu Kaisen 0 dan Chainsaw Man hasilnya, dua judul itu mereka jadikan judul limited exclusive Prime Video Indonesia. Maksudnya gimana tuh? Ibarat gim PS nih, God of War, mereka awalnya eksklusif dulu di konsol PS, misal periodenya sudah lewat, bakal tersedia juga nanti di PC. Nah sama kayak penayangan ini, lama dulu di Prime Video, terus baru menyebar ke layanan lain setelah periode eksklusif terbatasnya selesai.

Taktik ini saya bilang oke sih, kalau mau duluan ya langganan mereka, tapi mereka nggak menjarain judul itu. Ditambah langganan Prime Video ini jauh dari kata mahal lho menurut saya, sebulannya cuman 59 ribu Rupiah dan 1 akun bisa buat 5 profil. Ya jadi sebulannya cuman 12 ribu, ditambah mereka kerja sama dengan beberapa provider internet dan punya paket yang digabung sama langganan Prime Video ini.

Secara koleksi nggak begitu banyak, tapi kualitas judul eksklusifnya menurut saya salah satu paling tinggi dibanding streaming lainnya. Kamen Rider Black Sun, Evangelion (yang 4 film barunya), The Boys, Invincible, itu semua ya cuman bisa ditonton di Prime Video untuk wilayah Indonesia. Saya nggak sabar 2023 mereka bakal bawain apa saja!

Best TV Series of The Year Award

Chainsaw Man

CTian

Melihat semua aspek yang ada di serial TV anime Chainsaw Man, saya nobatkan ini jadi serial tv terbaik yang saya tonton sepanjang 2022. Bukan hanya dalam kategori anime, tapi dalam artian semua tv series yang ada di tahun 2022.

Secara penayangan, bisa dibilang semua mau menayangkan ini. Di Jepang mereka tayang di TV Tokyo, Prime Video, Disney+, Netflix, ABEMA, FOD, niconico, dan masih banyak lagi. Di luar negeri juga kayaknya tidak ada satu pun wilayah besar yang tidak dapat penayangan anime ini. Soal database penayanganya juga nggak nyangkut di database anime saja, sekelas IMDb hingga Rotten Tomatoes pun punya database lengkap serial ini. Bahkan reviewer film-serial yang bahas film dan serial box office bikin video pembahasan episodenya kayak mereka nonton tv series biasa.

Kayak, kapan lagi tv anime yang beneran produksinya berpusat Jepang dilihat sebagai tv series. Anime itu punya pasar dan wilayah sendiri, tapi ngelihat Chainsaw Man dengan beraninya keluar dari wilayah tersebut walau banyak yang nggak suka, menurut saya hebat sekali sih. Semua tentang Chainsaw Man ini sangat eksperimental dan berani, mulai dari produksi hingga penayangannya. So that’s it, best TV series of the year~

Can’t hold it anymore (to drop it) Award

Shikimori-san

Kaczmarek

Gabisa nahan bukan karena MC-nya yang kerasa beta dan kurang development, tapi karena fokus Shikimori yang cukup berlebihan. Saya gak masalahin sumber orisinalnya. Jujur saya demen banget sama manga-nya. Tapi dalam adaptasi ini, saya gak bisa narok di sisi kanan untuk ngedukung dapet sekuel. Yoshimi Narita yang ngomposisi cerita anime-nya dari Keigo-sensei, namun ini jadi seri yang saya kurang sukai sejak debutnya di Bouken Ou Beet.

Wasted Potential Award

Shinobi no Ittoki

Kaczmarek

TROYCA kembali memasak hal yang mubazir. Saat kasus sebelumnya dengan akhir cerita yang melewatkan objektif dari si MC, sekarang mereka lupa untuk memulai klimaks awal. Cerita dari seri orisinal ini sebenernya menarik, tapi eksekusi di empat episode terakhir ngedeskripsiin penulisan ceritanya gak mendalam banget. Dangkal. Kalo dibilang ‘Wasted Potential’ kurang cukup, saya mau nambahin proyek ‘mubazir’.

Best Anime Adaptation Award

Romantic Killer

CTian

Secara rating lebih disukai daripada bahan adaptasi, punya produksi yang mewah, dan berhasil menghidupkan potensi terbesar dari serinya. Romantic Killer mungkin bakal jadi anime yang sekadar numpang lewat atau musiman, tapi saya bakal ingat ini sebagai salah satu adaptasi anime terbaik yang pernah dibuat. Go watch it, it’s on Netflix!

“I Don’t Watch Tokusatsu Regularly, But This is Amazing” Award

Kamen Rider Black Sun

CTian

Saya bukan tipe penonton tokusatsu yang tiap ada Kamen Rider series baru ikutin, atau tiap ada Ultra series baru ikutin. Saya tipe yang “kalau pengen saya tonton, ya saya tonton”. Walau saya nggak punya ikatan sama sekali dengan Kamen Rider khususnya Kamen Rider Black ini, Kamen Rider Black Sun ini menjadi tontonan yang bisa saya nikmati dengan serunya. Saya suka cerita, karakter, sinematiknya, dan semua yang mereka bawakan ke serial ini. Go watch it, it’s on Prime Video!

Best Weekly Manga of The Year Award

Dandadan

CTian

Kamu pasti tahu lah kenapa saya masukin ini kalau baca spotlight mingguan saya bahas manga ini. Jadi di sini saya nggak usah nulis apa-apa deh, tetap ikuti spotlight minggu saja ya, terima kasih sudah membaca!

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: JJJ______SSS