[JOI Spotlight] Holiday Warcrime Edition

January 15, 2023 20:08
[JOI Spotlight] Holiday Warcrime Edition

Selamat datang di JOI Spotlight yang ngumpulin seri sampai 30 lebih di awal musim dingin ini. Mari kita lihat impresi para staf dan mungkin beberapa yang di bawah akan cocok untuk tontonan kalian di musim ini.

Kyokou Suiri S2 01

Kaptain

Kasus orisinal biar bisa ngerecap premis cerita. Seperti biasa misi utama tuh bikin omong kosong buat ngalihin perhatian publik baik di pihak manusia dan demit. Cuma kurang Kotoko ditonjok aja. Merujuk ke opening baguslah arc hotel dapet fokus dan semoga aja ini pace bisa lebih dibenahi biar ga ngabisin satu musim duduk manis di belakang mobil lagi.

Bisa ditonton di Muse Asia.

Kaczmarek

Nonton ini harus setelah ngerjain semua kerjaan di RL biar bisa fokus apa yang dijelasin sama sejoli ini.

Ayakashi Triangle 01

What’s this?

Eksperimen Yabuki Kentaro ngebuat heroine Jump paling horni.

Kaptain

Ini dari manga yang dipindah ke Jump+ ngeliat isi kontennya udah ga sehat buat media cetak remaja dan beberapa bab ga bisa dipasang di mangaplus. Selamat Yabuki yang nemu resep “ga masalah kalau yang jadi penjahat kelamin si heroine”.

Update manga baru-baru ini juga ngungkap kalau ini sekuel Yamato Gensouki (1998).

BlueHeaven

Musim ini sudah banyak genderbend series jadi saya cuma numpang lewat 1 episode aja. No impact left in my head.

DanMachi IV 13

Kaczmarek

Dialog yang punya kedalaman gini sebenernya yang gue pengenin dari cour pertamanya. Namun ekspektasi gue masih di bawah untuk cour kedua ini karena selain ini arc yang panjang di novelnya, beberapa karakter yang seharusnya nongol kayaknya cuma dibikin kameo doang dan dialognya banyak dipotong. Komposisinya udah keliatan ini mau ditutup dimana. Tentunya dengan teaser lanjutan untuk proyek berikutnya.

Spy Kyoushitsu 02

Hey hey hey hey angry react only!

Kaczmarek

Seperti yang dikira sebelumnya, adaptasi ini bakal kerasa di-rush sampe volume keempat (kalau mereka tetap jaga pace-nya sampe akhir musim). Dengan ini showcase masing-masing karakter bakal baru nyampe 40-50% di akhir musim, dengan sedikit teaser soal Monika dan Sibylla. Klaus sendiri masih 20, dan jarak ke murid-muridnya ini gak jauh. Annett termuda di usia 14, sementara yang terdekat Thea sama Grete yg udah 18.

BlueHeaven

Gokil. Saya kira ini anime bakal diisi dengan harian kejar-kejaran Gokujou-sensei dengan 7 muridnya. Eh, ternyata cuma habis setengah episode dan setengah lagi langsung terjun di mission impossible. Sepanjang episode sangat terasa menyenangkan walau 30 hari diatur begitu cepat. Humornya kena dan visual juga stabil. Masuk high priority list untuk musim ii.

Benriya Saitou-san 01

What’s this?

Isekai J*bstreet

Kaczmarek

C2C yang nganimasiin, jadi bisa santai sama kualitas minimal grafiknya. Sebelumnya agak khawatir soal movement-nya Lafanpan yang paling dinamis di sumber orisinalnya. Beruntung makhluk seukuran 1 maderaca ini bisa tergambar baik di episode pertama. Yang gak tahu, 1 maderaca = ukuran penis King Maderaca = 30 cm = 1 Lafanpan. Saitou menggambarkan hal ini mungkin di kepalanya. Morlock jadi pemecah es, dan Raelza jadi tsuntsun dalam kelompok multitalenta ini.

BlueHeaven

Untuk mengedor pasar anime yang mulai rame semenjak kopit harus ada momen yang viralable di bagian awal dan anime ini berhasil menunjukkannya. Belum ada toh cerita yang ngeleak ukuran panjang isekai ternyata diambil dari alat vital raja? Kalau melihat keseluruhan episode, Benriya Saitou-san bakal jatuhnya jadi anime dengan beberapa bagian singkat dalam 1 episode. Lumayan buat kamu yang ga mau mikir keras dan enjoy dengan tontonan ringan.

Kage no Jitsuryokusha ni Naritakute 15

Kaczmarek

Prolog yang masih berjalan. Cid jadi orang lain, Rose ngungkap dia bakal ditunangin, Annerose dan si pahlawan kalkulasi berwarna emas itu nongol, dan trio dadakan itu ngumpul. Satu-satunya hal yang bikin kesel di episode ini cuma rambutnya Annerose diperpendek dan gak sama kayak di novelnya. Harusnya rambutnya masih menyentuh pundaknya, tapi ini dibuat kerah doang.

BlueHeaven

Average youngman made my day. Ngelihat tingkah Cid di form ini lucu banget. Sepertinya arc ini bakal fokus ke masalah Rose juga. Saya sampe lupa dia ini ada masalah sama kerajaannya.

Iceblade Sorcerer 02

Kaczmarek

Storytelling yang agak ngeganggu di bagian akhir. Banyak hal yang saya bisa tunjuk disini yang jadi downside adaptasi di dua episode ini, namun saya tahan dulu sampe episode berikutnya. Karena pasca dua episode awal biasanya bakal ada pergantian AD di episode berikutnya. Storyboard masih bergantung sama sutradara, apalagi gaada SC di seri ini yang bikin sutradara tumpah ruah ngurusin skrip.

BlueHeaven

Kan minggu kemarin saya bilang juga apa. Banyak otot yang muncul, bikin mata perih aja. Untung waifunya masih legit. Meski semua aspeknya ampas mungkin bakal saya ikutin biar ada hujatan mingguan. Mobuseka was a masterpiece if we compare against this.

Isekai Nonbiri Nouka 02

Kaczmarek

Tentunya Lou disensor sedemikian rupa di animasinya. Yep, aslinya full telanjang bulat kalau kalian pengen tahu lebih. Sedikit demi sedikit saya bisa menerima Lou diisi Shino Shimoji dan bukan Risa Taneda. Sesuai novelnya, dialog Lou dan Hiraku bahas proposal itu agak dimajuin sebelum momen Tia dapet kilasan animasi. Zabuton akhirnya nongol dan anak-anaknya Kuro udah nyari pasangan. Masih menunggu Fubuki yang keknya bakal dianimasiin juga, termasuk slime toilet. Kalo ngeliat pace-nya, selangkangan Hiraku bakal kesakitan di episode berikutnya atau episode keempat.

BlueHeaven

Beberapa musim ini saya menghindari seri yang over ecchi. Untungnya Isekai Nonbiri Nouka masih safe to watch. Emang seri ini bakal nyenengin kalau ga over ecchinya. Meski MCnya sendirian ngemonolog tetep asik buat ditonton. Sekarang dah nambah populasinya, jadi interaksi antar karakter bisa lebih diexpect buat dinantikan.

Ars no Kyoujuu 01-02

What’s this?

Adaptasi game tanpa game #2

Kaptain

Saya pake deskripsi di atas buat negejelasin nih seri tuh emang karena strukturnya yang ngikut resep intro game, sama kayak Kiseki di bawah. Saya niatin nonton ngeliat ini berani banget bikin seri fantasi klasik di periode yang penuh sama seri isekai. Kejutan yang cukup nyenengin ngeliat ini emang nggak wah banget, tapi lebih kompeten dari dugaan. Sama udah lama sejak terakhir liat protag utama yang senjatanya tombak.

Sen no Kiseki: North War 02

Kaptain

Ya iya lah karakter sentral Erebonia pada nongol, badut perwakilan Ouroboros dan klien mereka di Ambria juga dah hadir. Kecewa aja kebiasaan jelek buat duduk manis di ruang rapat kebawa juga di sini dan masih aja ini hasrat buat bacain CV/laman Linkeidin orang buat perkenalan masih gede.

Ini misi penyusupan emang berguna biar party kita bisa ketemuan para cast Erebonia dan Crossbell. Intel buat operasi militer? Kayak nih negara punya kesempatan aja ngelawan Valimar & Leguin.

Revenger 02

Kaptain

Sebagai penyesuaian perspektif saya nonton dua episode Spy Kyoushitsu. Bukan buat ngejelekin tuh seri, tapi buat lebih ngehargai gimana struktur Revenger yang sejenis ngeliat fokusnya dengan mission of the week. Nih seri bisa cukup rapi fokus ke karakter sentral dan ngasih misi yang berguna buat worldbuilding.

Gimmick utama grup tuh fakta kalau klien kemungkinan besar ga akan idup lama setelah beli jasa grup ngeliat aturan belinya. Sekarang cuma butuh longterm goal aja ngeliat kalau nggak itu ya misteri utama buat saya tuh “karakter di atas laki ato perempuan”.

Maou Gakuin II 02

Kaczmarek

Silver Link berbudget untuk dua episode awal. Semoga dompet gak kering sampe akhir musim dan musim ketiganya nanti. Ini episode yang penuh aksi, tapi juga penuh informasi yang butuh pause and play method untuk ngebuka novelnya lagi atau paling enggak nginget info musim pertamanya. Banyak hal yang bisa dikulik, tapi beberapa aja mungkin.

Eleonora yang sekarang gak full hero from the other side of demon. Keterlibatannya di arc sebelumnya (bareng Zesh) secara gak langsung nentuin kalau dia sudah punya ikatan darah ke demon. Soal god’s child, bisa nebak siapa yang dimaksud kan? Sejoli itu ada bukan buat cuma sebagai ladang garam ke penonton, tapi punya implikasi lebih nantinya, terutama saat Shin nongol. Oiya animasi pembuka dan penutupnya gak kalah bagus dari musim pertamanya, malah saya pikir upgrade sih daripada ‘sama’.

BlueHeaven

Ceritanya masih ok untuk 2 episode pertama. Alurnya masih jelas ketolong flashback di setengah awal episode pertama. Saya kasih tahu rahasianya. Walau lore dunianya musingin buat anime ini, tapi directingnya masih ok buat bikin penonton mayan paham dengan ceritanya. Ini lebih bagus daripada kebanyakan isekai lainnya yang kadang punya bahan cerita bagus tapi adaptasinya hancur. Kalau bisa ditingkatkan malahan lebih baik. Sayangnya, sudah jelas limitnya sampai mana ini anime.

Nier Automata 02

Kaptain

Halo Beepy, semoga space travel-nya ga nyasar ke dunia FF XIV. Nah, gini dong adaptasinya. Ngeliat ini langsung ngeadaptasi rute A dan B jadinya latar belakang dunia yang dapetnya dari dokumen dan sidequest bisa dijabarin via konten orisinal ini.

Idealnya emang buat entri ini kita bisa lebih dapat perspektif para penduduk sipil ngeliat via osmosis harusnya orang-orang dah pada tahu rahasia dibalik robot yang ngaku namanya 2B dan 9S.

Vinland Saga S2 01

Kaptain

Farmland Saga mulai dengan pengingat kalau Abad Pertengahan sucks ass. Perkenalan buat Einar selaku co-protagonist seri ini kedepannya. Ini bakal jadi seri yang saya bakal terus tonton tapi ga diomongin di sini ngeliat saya mending ngeliput seri baru aja ngeliat ada banyak yang menarik.

Trigun Stampede 02

Kaptain

Nilai minus gede: Ga pake western buat lagu tema. Nilai plus dikit: Nebraska Sr & Jr dapet karakterisasi yang berarti di adaptasi ini. Meryl megang posisi penting buat jadi perwakilan penonton yang ngerasa pasifisme Vash itu destruktif. Cuma untungnya kali ini paham Vash bisa kepake buat ngeredam krisis.

Konflik dengan Knives emang udah ditetapin walopun geng dia belum nongol, tapi semoga buat penjelasan Plant ga dilama-lamain. Ngeliat seperti yang ditunjukkan tuh gambar jelas banget ada makhluk hidup yang dipake buat batere.

Otonari no Tenshi-sama 02

Kaczmarek

Layer kira-kira saat pemberian kado itu berasa oasis di padang gurun. Adaptasi ini agak di bawah Project No. 9 sebelumnya, tapi secara komposisi cerita lebih rapi dari Jaku-chara Tomozakikun. Sayangnya animasinya dibuat sederhana aja, jadi layer tambahan macem kalimat pertama bakal jadi pemanis tiap momen fuwa-fuwa.

BlueHeaven

Hei! Mulut siapa itu yang bilang kamu bukan tipeku? Malaikat seperti ini adalah individu unggul yang sangat langka. Dari event simple ginian aja bikin kejang-kejang saya nontonnya. Walau gerakan terbatas, setidaknya wajah Tenshi-sama masih tergambar sangat baik. Momen receh macam kado ultah sama masak di rumah (sebenarnya ga receh banget juga sih) ini bisa dinaikin levelnya jadi lebih tinggi. Bisa dibayangin gimana kalau ada event yang lebih gede lainnya.

Hikari no Ou 01

What’s this?

Seri yang ada Mamoru Oshii, Kazuchika Kise, Hiromasa Ogura, dan Kenji Kawai didalemnya.

Kaptain

Adaptasi Novel konvensional, bukan LN. Dan semua nama di atas ngerjain nih seri. Sayangnya ini keliatan banget penghematannya via penggunaan gambar statis. Belum baca novelnya, tapi ini adaptasi punya penyakit “protag selaku karakter sudut pandang ga banyak berkomunikasi” ngeliat perannya itu buat mewakilin pembaca nerima eksposisi.

Tapi ini episode pembuka emang padat banget worldbuilding-nya dan penyampaiannya juga efektif. Dunia ini udah nggak nolerir keberadaan umat manusia, bodo amat buat yang nyoba beradaptasi sama alam (that will kill you) ataupun ngandalin teknologi (will also kill you).

Kaikou sareta Ankoku 02

Kaczmarek

Kontras animasi di bagian pembuka sama di cerita utamanya udah keliatan jelas. Namun elemen komedinya untuk gak kena nerf juga. Untuk situasi yang berbahaya untuk tulang rusuknya Dariel, Marika ini ngingetin saya sama ibunya Al dari seri musim lalu: Noumin Kanren. Kebetulan banget, Mai Nakahara, seiyuu ibunya Al sekarang jadi Doroye di seri ini, dan juga berpihak ke Dariel sebelum ia dipecat.

BlueHeaven

Puji Tuhan ada petinggi iblis yang waras juga. Kukira mereka semua bakal kayak yuusha party di Beast Tamer. Ya, sayangnya MC sudah hidup enak di kampung bersama anak kades. Mana mau balik lagi buat dipermalukan lagi?

Saikyou Onmyouji 02

Kaczmarek

Cepet juga sampe pra-test. Ini jadi seri isekai yang sebenernya enak diikutin kalo udah baca sumber orisinalnya. Cuman storytelling-nya yang bakal kena cut gede-gedean, seperti saat Seika ngebahas elemen dan soal taktiknya untuk narik Newt ke rumahnya. Dapet teaser Fiona dan Amu nongol untuk pertama kalinya disini, jadi basa-basinya di sisa material pastinya kena cut.  Masih nungguin Rize yang kemungkinan bakal baru nongol di episode 4-5-6.

BlueHeaven

Efa masih hijau aja mulai berani. Ini MC reinkarnasi dari usia bapak-bapak masih perlu dikasih paham dulu sama yokainya. Ada-ada saja MC keikaku dori satu ini.

Bofuri Season 2 01

What’s This

Tales of Overpowered Maple Season 2

BlueHeaven

Alurnya ngebut. Openingnya masih pake season 1 punya pula. Masih awal, jadi terlalu dini untuk ngejudge. Harusnya momen Kasumi jadi loli bisa lebih viral, tapi kalah sama isekai geh dan serial genderbend lainnya.

Tomo-chan wa Onnanoko 02

BlueHeaven

Karakter pendukungnya emang lebih menggoda daripada karakter utamanya. Duh itu wajahnya Misuzu, ga tahan! Carol juga yahud juga. Dari segi suara, ga biasa ada suara begini. Pas juga dengan karakternya. Dua episode sudah membuat saya nyaman untuk memastikan diri akan menonton anime ini sampai tamat.

Koori Zokusei 02

BlueHeaven

Kalau mau adu gula, mungkin anime ini jadi juaranya. Dingin-dingin menghayutkan pula. Ekspresi Himuro menggambarkan ekspresi penonton ketika melihat Fuyutsuki yang perhatian. Kalau Otonari Tenshi-sama mungkin masih ada kemungkinan terjadi di kehidupan nyata, tapi kalau yang ini straight to fiction only.

Ningen Fushin 02

BlueHeaven

Masih mencari celah untuk bisa berkawan dalam party ini. Begitulah isi dari episode 2. Masih awal, jadi masih bisa dimengerti kalau belum waktunya mereka dapat musibah. Nanti kalau sudah dapat masalah sesungguhnya, nah barulah anime ini bisa kita lihat seberapa bagusnya.

Tenten Kakumei 02

BlueHeaven

Mulai kelihatan seberapa beloknya Anis dari jalan lurus. Duke prime minister mau ga mau nerima tawaran Anis karena itulah kesempatan yang paling menguntungkan. Tidak ada pangeran tolol sepanjang episode. 10/10.

Tondemo Skill de Isekai Hourou Meshi 01

What’s This?

Isekai Shokudou Versi Jalan-jalan

BlueHeaven

Di luar dugaan anime isekai pertama Mappa berjalan cukup bagus. Penggambaran sangat mendetail untuk hidangan yang disajikan. Nah, mungkin Mappa bisa istirahat dari gerutu fans shounen yang kurang bersyukur. Di sekte isekai, fansnya lebih bisa pengertian karena udah biasa ngelihat serial favoritnya dibikin ampas pas diadaptasi jadi anime. Asal ceritanya aman, kita ok aja. Visual itu nomor sekian.

Shin Shinka no Mi 01

What’s This?

Do you miss your gorilla waifu?

BlueHeaven

Episode pertama cukup untuk merefresh ingatan tentang apa yang terjadi di season pertama. Oh, ini dia! Interaksi MC dengan kawan lamanya yang terjun di isekai juga. Pasti mereka kaget ngelihat MC yang dulunya buntel sekarang jadi ikemen. Lebih kaget lagi kalau mereka tahu Saria itu gorilla dan jelmaan siluman lainnya yang di sekitar MC. Eh, tapi ternyata MC dikasih kerjaan dulu buat ngurusin kelas buangan yang isinya cuma 4 ekor. Nah, ini cukup menarik. Jadi nostalgia Tensura pas Rimuru ngajar bocah bandel yang isinya cuma 5 ekor.

Tsundere Akuyaku Reijou 02

BlueHeaven

Episode 2 membawa satu partikel masalah baru dengan hadirnya death flag kedua sekaligus munculnya karakter baru. Wah, kirain bakal sekilas ternyata masih panjang perjalanannya. Ini sepupuan juga kenapa nasibnya sial semuanya. Sinar dewa ternyata nyata gaes. Warga dalam VN bisa merasakannya pula. Hahahaha.

Roukin8 02

BlueHeaven

Satu episode full persiapan. Tadinya saya mau ngerant, ini Mitsuha udah bayar biaya jalan naik kuda malah turun di jalan gara-gara belum mandi. Tapi masuk akal sih. Baliknya ke dunia nyata dihabiskan buat investasi besar-besaran. Mulai dari pengetahuan, kemampuan bertahan, sampai ngebawa motor ke isekai. Seru sih kalau di tiap seri isekai ada persiapan matang semacam ini. Biasanya kan diskip di animenya langsung tiba-tiba karakternya tahu segalanya, bisa segalanya, kelar pula masalahnya cepat. Patut ditiru untuk isekai lainnya.

Sugar Apple Fairy Tale 01-02

What’s This?

Gulamu Tak Semanis Punyaku

BlueHeaven

Kalau kalian kekurangan asupan gula, anime ini bisa jadi pemicu diabetesmu. Ga semanis Tenshi-sama atau Koori Zokusei sih tapi lumayan lah. Bedanya cuma setting yang full fantasi. Karakter naif sama realistis kalau berinteraksi sudah pasti menarik untuk ditonton. Yang saya agak bingung dari anime ini adalah soal peri yang ukurannya bervariasi. Origin penciptaannya juga terlalu bebas. Jadi, anime ini bagi saya hanya pelengkap di kala saya gabut selesai nonton serial lainnya.

Reborn Hero King 01

What’s This?

Genderbend isekai nomor sekian

BlueHeaven

Ini isekai dari dunia fantasi ke dunia fantasi lainnya. Holy cow! Masih bayi udah bisa ngeluarin kamekameha. Isekai yang lain yang nyeritain dari sejak orok ga gini juga kali nge-OPnya. Premis awalnya juga lumayan bagus sih. Bukan karena Inglis yang cakep, karena episode awal masih nyeritain sampe Inglis umur 5 tahun aja. Bakal saya ikutin demi melihat pertumbuhan karakter OP gak ngotak satu ini.

Blue Lock 14

BlueHeaven

Tanpa digendong Bachira, Isagi harus mikir keras gimana biar lolos stage ini. Ok sih pemikirannya, tapi ngelawan Barou yang bisa solo, terus ujian kali ini lebih menguji solo skill, itu hampir nyari mati. Nagi walau OP tetap ga bisa solo sendirian. Nyumbang dua gol udah lumayan sih. Sekarang Naruhaya juga ikut merepotkan. Entah gimana prosesnya, yang jelas sebagai MC, Isagi harusnya bisa menang. Walau Blue Lock adalah serial yang anti mainstream yang mengabaikan persahabatan dalam olahraga, tetap saja masih ada satu komponen anime sport yang tersimpan di dalamnya. Kekuatan kepepet MC. Lihat saja episode minggu depan.

Yowai 5000-nen no Soushoku Dragon, Iwarenaki Jaryuu Nintei 01-02

What’s This?

Hidden gem of the season

BlueHeaven

Hei, saya menemukan permata di antara tumpukan emas. Anime yang singkat karena hanya berdurasi 10-an menit ini cukup bagus di mata saya. Ceritanya menghibur meski kontennya ringan. Tidak perlu membuat anime yang berdurasi normal kalau dipaksakan. Cukup 10 menitan, bum. Cerita tersampaikan dengan baik, komedi ngena, penonton terhibur. Sengaja tidak saya spoiler biar kalian bisa coba menontonnya.

The Makanai: Cooking for the Maiko House

What’s This?

Live action adaptation for most shonen manga series in 2019.

CTian

Saya jatuh cinta dengan semua hal tentang adaptasi ini. Mereka berhasil menyihir bacaan manga shonen saya menjadi sebuah karya seni yang beneran tiada duanya. Nggak ada satu pun dari adaptasi ini yang terlihat dipaksakan, semua dibuat dengan natural dan baik banget. Kalau ini hari terakhir tahun 2023, seri ini bakal jadi moment of the year saya tahun ini, my Ichi-go Ichi-e moment. Go watch it on Netflix, it’s really beautiful. Manganya juga bisa dibaca lewat terbitan Elex Media dengan judul Juru Masak Para Maiko.

Neural Cloud

Kaptain

Ini EP kaget ga susah kan buat dapet 3500? Selama kodok di akhir bisa cepet dilumat baik via masang trojan di frontliner ato pake Alpha Strike Hatsu harusnya ya lancar aja. Sesuai dugaan banner Daiyan dicepetin karena kita masih dijejalin sama Sniper comp.

Endwalker

Kaptain

Mungkin gegara Aglaia kemaren banyak gimmick yang gampang nge-wipe nih Alliance Raid jadi jauh lebih gampang. Ah well, ga protes lah sama Weekly Raid gampang. Ini Trial baru juga kayaknya emang ngelibatin Hyadain ngeliat Soken di sosmed pengen banget ngebongkar staf dibalik OST kali ini. Dari pacing cerita juga ini arc bakal kelar di 6.4 biar 6.5 bisa nyaman buat perkenalan ekspansi selanjutnya.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: _himehajime