[JOI Spotlight] Damage Negation Edition

January 29, 2023 20:39
[JOI Spotlight] Damage Negation Edition

Selamat datang di JOI Spotlight penutup bulan pertama 2023 ini. Daftar tontonan harusnya sudah mulai rapi, jadi mari kita lhat impresi staf Jurnal Otaku untuk seri yang sudah hadir di minggu ini.

In/Spectre 03

Kaptain

Masuk fase duduk manis buat ngomongin kasus. Seperti biasa ini kasus yang udah jelas jawabannya, cuma sebagai genre anti-misteri ya tugas utama Kotoko bikin kasus makin ribet buat ngalihin perhatian. Diingetin juga kalau dapet kesetiaan siluman selevel Aoi Yuuki Dingin itu one hell of a big deal, jadi ya wajar Kotoko mesti ngetes karakter Saitama Berambut biar ga nyalahgunain hubungan ini.

Kaczmarek

Teori klasik Kotoko disini yang bikin gue stick ke seri ini. Kebantu juga sama storytelling dan intonasi Akari Kitou yang gak cuma earworm tapi juga enak untuk didengerin dalam durasi lama.

Benriya Saitou 03

Kaczmarek

Mulai menyatu semua karakternya di episode berikutnya. Trope dari Raelza sebagai tsun mulai menebal ke Saitou. Trio terbaru itu jadi salah satu daya tarik seri ini, terutama soal Monpui yang justru bikin drama online di universe yang gaada internetnya. Cerita pendek Kisurugi sama Ravella dibikin pendek banget, tapi untungnya masih berkesan.

BlueHeaven

Nah, ini dia yang ditunggu-tunggu. Ketika semua cerita yang terpecah-pecah menjadi satu. Asli epik banget bagaimana narasi hanya ditolong sama teks slide show. Emang pas momen itu, ga perlu ada suara animator. Perlahan tapi pasti, the real adventure mulai terbentuk.

Isekai Nonbiri Nouka 03

Kaczmarek

Jadi pak lurah emang sulit, setelah didatengin rombongan pertama high elf, kini rombongan kedua muncul dengan kelakar yang serupa. Hidup, bekerja, dan lanjutin keturunan. Sebagai pembaca novelnya, gue masih mempertanyakan berapa rasio perempuan dan laki-laki di dunia yang dibikin si author ini. Oh iya, ini materialnya gak semuanya bakal dibahas dengan dimana tiap karakter baru dapet satu momen aja untuk dijadiin pengenalan. Contoh, high elf yang paham konstruksi dapet porsi bikin rumah, zabuton dan anaknya jadi satpam sekaligus alarm, Kuro juga jadi satpam namun dengan peran di atas tanah secara langsung, dan seterusnya.

Gue gak inget apakah Tia dan Lou nontonin di saat Hiraku ngejelasin cara bercocok tanah palawija. Di episode ini, beras sama irigasi jadi fokus utama. Ditambah kedatangan slime buat septiktank dan perairan lainnya. Entah kenapa author gak ngasih konsep bakteri disini di tengah seri yang fokusnya mayoritas soal vegetasi.

BlueHeaven

Keren banget POV Kuro juga diadaptasi. Jadi lebih tahu latar belakang tempat dan karakter sebelum MC muncul. Ru pas di pemandian juga mantap. Kelihatan banget aura istri pertamanya.

Mononogatari 03

Kaczmarek

Paku di kepala Hyouma minimal udah mulai kelepas lah. Ini bakal jadi slowburner kalau sampe sekarang fokus ke hal-hal kecil macem kuartet geng itu nongol. Yuu dapet spotlight, namun dalam asumsi jelek ke Hyouma seperti di episode awal. Perlu piledriver untuk bisa bikin seri ini menarik bagi yang gak baca material orisinalnya.

Ningen Fushin no Boukensha 04

Kaczmarek

OMG, ini animasinya mulai ngawur terutama soal latar belakang. Beberapa kali frame keliatan kontras kualitasnya atau salah posisi di saat layer lain udah gerak. Soal 3D kayaknya gak perlu dibahas ya. Penggabungan wujud Curran sama Nick ini jadi hal cringeworthy dan diperlukan untuk seri yang demografinya cukup global. Kizuna jadi anggota terbaru di survivor.

BlueHeaven

Kasian aja sih sama nih series. Udah manga kena kapak, animasi juga durjana. Materinya gak jelek loh harusnya. Bukannya orang pengen baca novel, adaptasi macam gini malah bikin orang ogah sentuh sumber aslinya.

Otonari no Tenshi-sama 04

Kaczmarek

Sinetron malam minggu mempertontonkan progres positif kedua insan ini. Di satu sisi gue kesel itu rambutnya Amane masih kayak tempelan atau wig doang. Begitu juga kayak Chitose yang memperlihatkan jidat keduanya lebih lebar dari karakter lain. Mahiru gantian sakit, dan dapet saran ini itu dari emaknya Amane. Sudah waktunya untuk sadar diri untuk keduanya, tapi bakal terlalu cepat untuk dragging type macem ini.

BlueHeaven

Uwoghhhh! Manis banget! Tenshi-sama semakin menjadi aura waifunya. Banyak serial yang coba menampilkan hal seperti ini, tetapi sejauh ini baru anime ini yang tetap enak dilihat sepanjang episode kadar gulanya.

Saikyou Onmyouji 04

Kaczmarek

Ah sengaja pace-nya dicepetin disini. Peran Seika kini lebih kayak ngasih jalan lebar untuk Amu dan Efa sampe mereka jadi sempurna. Secara realistis, ini emang salah satu cara untuk meraih target dalam keadaan kurangnya kepercayaan terhadap orang lain. Satu hal yang diluar ekspektasi cuman Amu tiba-tiba mau nge-reveal tubuhnya ke Seika secepet itu. Kecepetan menurut gue, minimal udah deket dulu saat jadi temen dalam beberapa bulan. Satu detail mungkin, mereka nge-cut frame bagian bawahnya Amu dan ini beruntung bagi penonton. Amu demen make shimoneta ini karena lingkungannya dulu sih.

BlueHeaven

Ini satu episode bagi saya fokus ke Amu dan segala fans servicenya sih. Saya butuh Efa lebih banyak.

Sen no Kiseki 04

Kaptain

Lucu aja cara Blangkon Biru nyamar tuh dengan nggak nyamar. Cameo Alisa? Who cares. Siapa sih yang mau ngegubris the most basic designated heroine. Bukan performa yang bagus dari para Jaeger yang ngelawan batu aja repot, then again ya in Ymir tuh emang area khusus arc liburan. Jadi ya pantes stake-nya rendah kayak gini.

Revenger 04

Kaptain

Kirain bakal jadi episode istirahat juga. Wajar aja sih bisnis pembunuhan semahal ini ga dapet pelanggan tiap hari makanya para staf butuh bisnis sampingan. Raizou yang ndekem di kamar dan ga bisa berinteraksi tentu aja ditakdirkan buat buka art commish. Meanwhile Usui dimarahin karena nyoba jadi penganut yang sehat, jadi paling nggak udah ada fondasi buat konflik akhir.

Ars no Kyoujuu 04

Kaptain

2 party member baru. Sekali lagi karena ini anime punya rasa adaptasi game tanpa game, tuh dua buat menuhin slot Utility sama Healer. Ga banyak yang bisa diomongin karena nih episode lebih kayak optional sidequest lokal yang bisa dicuekin.

BlueHeaven

Saya bingung. Is that necessary to fusion henshin kalau ngalahin monsternya segampang itu? I mean, si Nagimori bisa aja kan hancurin tebing tanpa bantuan Kuumi?

Pemikiran kades juga terbilang kurang maju karena ga ada cara menghentikan banjir. Sedih aja sih punya pemimpin tapi pasrah sama alam.

Maou Gakuin II 04

Kaczmarek

Animasi bagus sih, cuman motong skenarionya itu yang agak ngeganggu sejak dua episode terakhir di musim pertama. Banyak pertanyaan yang juga gak bakal kejawab di musim ini kalau arc ini baru kelar di episode 5 atau 6. Terkait kenapa ada tes beginian, lebih ke objektifnya Anos untuk ngebongkar sesuatu diantara peserta lainnya. Jiste jadi yang pertama bisa ngasih informasi soal ini, tapi kalimatnya jadi ambigu karena banyak konteks yang gak dijelasin sama pohon itu di meja sebelumnya.

Ah seandainya ini seri gak banyak spoiler bertebaran di medsos hahaha. Tapi staf anime-nya udah sengaja ngereveal wajah Misa sebenernya sih di key visual. Yowislah tinggal nikmatin aja kalo ginimah.

BlueHeaven

Saya lupa kalau Misa itu antagonisnya di arc ini. Habisnya tingkah couple-an sama Ray itu ngeselin sih buat dilihat. Buat penonton anime doang pasti bingung, tiba-tiba ada karakter A, B, C. Penjelasan skill atau lore dunia juga masih kurang dijelasin dalam anime ini.

Kage no Jitsuryokusha ni Naritakute 17

Kaczmarek

Bukan plagiarisme kalau kreator utamanya sudah beda alam. Epsilon oh Epsilon, andai lu gak penuh dengan slime. Rose masih dikasih napas lagi sama Cid, meski dia tahu udah jadi buronan dimanapun. Tinggal waktunya dia bisa ngangkat bapaknya lagi ke kesadaran yang normal. Jangan lupa juga itu trio ada bukan cuma buat arisan doang.

BlueHeaven

Beethoven tersenyum melihat oppai implan satu ini menyontek karyanya. Dapat penghargaan pula. RIP Cid yang sudah kepergok Claire.

DanMachi IV 15

Kaczmarek

Ah ternyata dipake sesuai novelnya doang. Flashback yang jadinya kayak prolog untuk novel Astrea Record. Ryuu minimal bisa tidur beberapa menit di tengah ancaman sana-sini. Balik ke Lily dan kawan-kawan, ini grup yang sebenernya udah lemah secara mental tapi tetep dipaksa untuk ngejar level tinggi. Daphne malah jadi pushover di dua episode ini, sementara Cassandra udah mulai optimis sama hal-hal yang ia sempat lihat. Welff di spotlight!

Spy Kyoushitsu 04

Kaczmarek

Karena udah dikecewakan sama arc pertama, ekspektasi saya menurun drastis untuk lanjutin nonton seri ini. Elna dapet pembukaan yang orisinal, tapi masih tetep sesuai alur material utamanya. Mulai sedikit naik moralnya saat Klaus mencoba membuka rantai itu dengan peluru pistol. Kemudian moral turun lagi saat gadis-gadis pelengkap ini digambarkan kurang realistis terutama soal timing dan posisi karakter dalam kasus ini. Ten-chan make intonasi tinggi jadi penutup manis di tengah muramnya isi kepala ini.

BlueHeaven

Agak aneh sih melihat Erna ngomong seperti biasa di rumah spy. Padahal ada rulenya perihal 8 orang ga boleh bocor. Apa mereka ga mikir kalau musuhnya bisa tahu ada 8 suara gadis yang berbeda?

Kalau emang saya salah, mungkin si Klaus cuma nulis rule ga boleh sebut 8 orang dan tidak menunjukkan kemampuan di rumah spy. Kalau rulenya begini, emang ga melanggar, tapi bodoh juga, soalnya masih ada celah ketahuan musuh.

Trigun Stampede 04

Kaptain

Laser dari Punisher Wolfwood itu original buat adaptasi ini, yang saya ga masalah ngeliat tech level Stampede emang lebih naik. Anime sebelumnya ngedaptasi Zazie sebagai anak kecil yang bisa ngendaliin Worm, sementara manga tuh ngungkap kalau dia itu koloni Worm yang ngendaliin mayat. Kayaknya nih adaptasi ngegabungin keduanya.

Eiyuuou 03

BlueHeaven

Satu episode ini langsung sikat 2 bagian arc sekaligus. Dari penghujung dari insiden pengkhianatan Leon langsung loncat ke masalah wilayah highlander baru. Untungnya orang macam Rahl selesai riwayatnya di sini. Bisa repot kalau karakter ini disimpan berabad-abad buat arc-arc berikutnya. Formula yang dah basi dan sering saya pelototin soalnya.

Bicara soal visualnya, masih di bawah standar kalau saya bilang. Dari opening dah kelihatan sih, jadi berharap pembawaan ceritanya agak mendingan aja. Sayang kan punya karakter bening tapi cuma dijadiin magnet, bukan wayang yang baik.

Koori Zokusei Danshi to Cool na Douryou Joshi 04

BlueHeaven

Mitos lembur. Bisa pula kau menghabiskan malam di kantor hanya buat main shiritori. Habis itu ada sesi nobar juga. Fuyutsuki ini kelihatan jadi cewe gampangan karena seleranya yang mudah ditebak, terus gampang diikutin. LIhat saja Himuro yang geraknya kurang cepet. Masih bisa dapat hatinya Fuyutsuki. Emang high fantasy seri satu ini.

Oh ya, saya hampir lupa saya karakter cowo yang titisan phoenix. Hampir ga ada jejak karena disikat couple utama kita.

Kubo-san wa Mob wo Yurusanai 03

BlueHeaven

Onee-sannya Kubo yabai sekali. Langsung ketemu dong dengan calon suami adiknya. Pas timingnya jelek pula. Bisa-bisanya satu keluarga punya kemampuan khusus notis keberadaan MC goib satu ini. Jalan lurus sudah terbentang, ditunggu interaksi sesungguhnya antara Onee-san dengan Shiraishi.

Tondemo Skill de Isekai Hourou Meshi 03

BlueHeaven

Tidak ada yang bisa dilihat di sini selain masak-masakan. Hampa kayaknya setelah party yang jadi bodyguard Mukouda bebas tugasnya sejak episode ini. Mungkin episode mendatang bisa ada sesuatu yang menarik kalau Mukouda mulai jualan atau ketemu karakter baru.

Tomo-chan wa Onnanoko 04

BlueHeaven

Misuzu mulai terbuka sedikit demi sedikit dengan Tomo dan Carol. Itu bagian yang nampilin perbedaan face to face muka marah atau gaknya Misuzu kocak banget. Susah banget cari perbedaannya. Carol bersenandung lagu gereja itu jadi salah satu bagian yang saya suka di episode ini. Christian waifu found!

Tenten Kakumei 04

BlueHeaven

Setengah episode masih diputar slow pace dengan monolog Euphie yang elegan. Anak dengan didikan kurikulum ratu emang anggun, euy. Pas pangeran bodoh itu muncul, saya jadi enek nontonnya. Udah sok ngide muncul pas rapat raja dengan menteri (asli ga ada tata kramanya), telat start pula dia. Kakakmu itu sudah mengendarai pesawat tercepat pada zaman itu. Mending ngehikki aja dan haluin pacar barunya sesuai “pilihan”-nya.

Bofuri Season 2 03

BlueHeaven

Habis sudah kesabaran saya untuk maklum dalam adaptasi musim kedua Bofuri. Setengah episode pakai CG 3D? Luwes sih luwes, tapi mukanya itu, loh! Untuk cerita sebenarnya udah agak mendingan dibanding 2 episode sebelumnya. Para game dev mencoba sekuat mungkin mengalahkan Maple dalam event. Saya paham, dia itu kuat, jadi harus dibuat counternya. Usaha mereka juga sudah cukup bagus. Tapi studio yang bikin animasinya.. udah deh, dah malas komentarinnya.

Kaiko sareta Ankoku Heishi (30-dai) no Slow na Second Life 04

BlueHeaven

Loh, yang mecat Dariel ternyata bukan Maou kah? Ini si Bashubaza atau siapalah itu, tolol banget sih. Emang benar kata Maou, kalau dia itu layak disebut bodoh. Masih kurang harusnya cuma disebut dua kali. Bukannya memperbaiki diri malah ga ada sadar dirinya iblis satu ini.

Di sisi lain, Dariel big brain menghindari perpecahan antara manusia dan iblis. Emang penyelesaian dengan uang adalah jalur paling menguntungkan. Ga pake cape-cape perang, dapat cuan, kelar. Masalah petualang dari desa sebelah yang mandang sinis Dariel, palingan bakal balik 180 derajat kayak Gashita.

PS: Itu bininya tolong jangan dikancangin dong, Dariel. Lampu hijau dah terang banget nyala itu. Hadeh.

Shin Shinka no Mi 03

BlueHeaven

Ini sutradaranya fans Jojo atau gimana. Tiap episode ada kali 4-5 kali muka karakter berubah jadi style Jojo. Sekali dua kali boleh, tapi ga keseringan kayak gini kali. Breaking 4th wall juga udah lumayan sering. Untungnya joke skill maker Seiichi masih nyambung buat saya. Minggu depan bakal flashback nyeritain senpainya Seiichi dan nostalgia Seiichi pas masih gendut.

Tsundere Akuyaku Reijou Liselotte 04

BlueHeaven

Asyik libur musim panas. Lise-tan balik ke “kampung halamannya” yang dekat laut. Episode pantai nih. Ya, mana ada fantasi ginian fan service begitu. Scene mandi aja sejauh ini ga ada. Belum ada ecchinya nih anime.

Akhir episode muncul bagian serunya. Apakah ini titik balik cerita yang membuat Liselotte jatuh ke dalam kegelapan? Well, kita lihat saja nanti.

Sugar Apple Fairy Tale 04

BlueHeaven

Selesai sudah saya nonton anime gula ini. Jonas harusnya sudah mendapat hukumannya, Ann juga bisa senang pada akhirnya. Harusnya kelar, tapi karena Raja memutuskan tidak ada pemenang, jadi nafas seri ini bisa lanjut terus. Hanya saja, saya belum ada ketertarikan melanjutkan menonton kisah ini. Mungkin kalau saya gabut, serial ini masih bisa bertahan di spotlight.

Roukin8 04

BlueHeaven

Mitsuha ngelakuin blunder saat buka tokonya pertama kali. Dia ga survey situasi kota sampai ngebuat pelanggannya kaget dengan keanehan barang dagangannya. Makanya, kalau mau jualan, modal semangat aja ga cukup. Untung ada tiga orang yang muncul tiba-tiba buat iseng lihat tokonya. Bagian flyer juga promosi yang kurang efektif, tapi dia ga peka dan masih optimis nunggu di situ aja. Saya curiga ada skill luck yang ketrigger kalau Mitsuha ngalamin situasi kurang beruntung dalam kurun waktu tertentu. Ya, itu adalah tangan author sendiri untuk menggerakan plot ceritanya. Hahahaha.

Blue Lock 16

BlueHeaven

Barou yang awalnya karakter yang kurang enak dipandang menjadi asyik buat lihat dalam episode ini. Bukan karena dia gabung dengan tim Isagi atau ditunjukin versi maidnya. Dia masih karakter egois yang ga ada perubahan sikap sejak awal.

Usaha dan kerja keras Barou itulah yang saya respect. Dia juga mampu memberi dampak pada tim dengan merapikan semua kekacauan di kamar. King yang satu ini boleh songong di luar, tapi masih punya hati barbie di dalam.

Saya suka direksi episode ini yang masih mempertahankan gaya sebelumnya. Episode ga langsung ditutup begitu saja ketika mereka baru masuk lapangan. Dilanjut terus sampai terjadinya proses pembuka. Penonton masih penasaran tapi terpuaskan dengan adanya cuplikan awal pertandingan.

Oh ya. Fans service terutama dari Anri dan Chigiri cukup kuat dalam episode ini. Bisa-bisanya mereka challenge di bak pemandian umum.

Arknights (EN)

Kaczmarek

Event berakhir, tapi saya gak dapet apa yang saya kejar: Pozyomka. Total 200-250an tarikan di banner ini, bahkan Gavial Alter pun gak turun. Soal progres map, saya ketahan di EX-8 karena fps drop yang kian konstan tiap ngeluncurin mobil.

Neural Cloud

Kaptain

Demen saya sama pendekatan mini-event yang ngasih update soal status Oasis. Bakal nyapekin kalau ini Daiyan cuma ngeracau soal Jiangyu doang, jadi bagus lah dia bisa jadi sudut pandang buat status departemen baru Oasis. Sekali lagi karena jadwal dipindah ya karakter yang belom bisa diroll kayak Phyton jadi nongol duluan di cerita.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: yakpuu_