[Waifu Wednesday] Ryo Yamada

February 15, 2023 16:31
[Waifu Wednesday] Ryo Yamada

Waifu Wednesday tentu saja masih lanjut di seri Bocchi the Rock, yang sekarang masuk giliran Ryo Yamada selaku bassist dan komposer Kessoku Band.

Ini memang menggunakan standar seri Kirara, namun Ryo dibuat sebagai yang “ganteng” dari keempat anggota band. Melihat dirinya juga menggunakan pakaian dan kostum yang lebih maskulin setiap ada kesempatan. Temperamennya yang lebih santai dan penggunaan warna primer biru juga jadi penyeimbang buat anggota lain yang punya cita rasa anxiety mereka sendiri-sendiri.

Ryo Yamada menggunakan Fender Mexican Standard Precision Bass dan dia juga terhitung sebagai veteran melihat Kessoku juga ternyata bukan band pertamanya. Dia adalah siswi kelas dua Shimokitazawa sama seperti Nijika. Sesuai dengan tren penamaan para heroine, namanya berasal dari Takahiro Yamada selaku bassist dan backing vocal Asia Kungfu Generation.

Karena ini seri komedi, kita mulai dulu dengan running joke dia sebagai karakter.

– Ms. Paylater

Walaupun berasal dari keluarga berkecukupan, entah akibat pengeluaran buat beli instrumen atau kesadaran kalau orang kaya tetep kaya karena pakai duit orang lain; dia itu-

 

Ya?

ryo yamada

Bakal ditombokin orang lain materinya?

ryo yamada

Oh oke.

Waifu Wednesday ini akan dilanjutkan oleh sang gitaris, Hitori “Bocchi” Gotou yang tidak menolak keputusan ini. Karena yang bersangkutan sedang mencair seperti di episode Spongebob yang pas jualan coklat.

Pink dengan biru dan kuning. Itu aja 3 kata yang cukup buat ngedeskripsiin Bocchi. Tracksuit pinknya itu udah jadi seragam dan dianya sendiri biasanya harus dipaksa untuk menggunakan pakaian lain atau karena tuntutan profesional. Namanya diambil dari Masafumi Gotoh dari Asia Kungfu Generation yang juga sesama gitaris dan penulis lagu.

Sama seperti Ikuyo Kita yang lebih terkenal dan karismatik, dia adalah siswi kelas satu SMA Shuka. Di Kessoku Band dirinya dipaksa didelegasi sebagai gitaris dan lirikus. Sebagai Gitaris dia menggunakan Gibson Les Paul Custom 1968 Reissue Ebony, yang di akhir musim pertama digantikan oleh Yamaha PACIFICA611VFM yang lebih mudah di merchandise setelah gitar warisannya rusak saat pensi sekolahnya.

Apakah pantas menyebutnya sebagai heroine musim gugur 2022? Well, ekspresi dia yang beragam sekarang jadi sumber parodi di lingkup fanart buat beberapa bulan terakhir, jadi dalam standar tertentu saya bilang dia sukses sebagai karakter.

+ Guitar Hero

Dimotivasi oleh kesadaran kalau dirinya bakal mati kalau harus kerja di lingkungan korporat Jepang, Bocchi berjuang sekuat tenaga untuk bisa nyari makan via kemampuan musiknya. Sebagai pengganti dari masa SMP yang kosong, dia mendapatkan cukup jam terbang via latihan 6 jam sehari untuk bermain gitar secara profesional dan bahkan cukup mampu untuk mengajar soal gitar selama dia nyaman dengan si murid.

– Special Grade Anxiety

Pelajaran utama yang bisa diambil dari seri ini adalah “semua orang punya anxiety issue mereka sendiri”, dan Bocchi selaku protagonis adalah adalah kasus paling jelasnya sebelum masuk ke kasus Nijika dan Kitakita. Entah ini mesti didatengin dukun buat anxiety dia tuh buat efek komedi atau komentar buat industri kesehatan mental yang masih punya stigma di sana.

Yang jelas polusi mental dia bisa nular dan paling nggak keluarga dan teman-teman udah tahu gimana cara ngurus episode dia.

+ The Drive

Ada juga argumen yang bisa dibuat kalau dia terlalu takut buat mundur, makanya dia nggak punya pilihan lain selain untuk maju. Thing is, bisa berdiri di panggung dan nyatanya juga bisa fungsional kerja di sektor jasa selama karirnya di STARRY itu udah kemajuan besar untuknya.

Udah jelas banget kalau Bocchi ingin bandnya sukses. Tiap masalah band juga pada dasarnya dia yang mecahin via improvisasi dan kenekatan yang secara mengejutkan bisa diluapkan heroine seintrovert dia.

+ Hidden “Talent”

Tentu saja ini yang jadi sumber debat di sosmed. Soal ukuran yang pantas buat siswi yang pake tracksuit pink ini. Berbagai data dikumpulkan untuk mengukur sebesar apa sebenarnya ukuran yang pantas buat si gitaris.

Saya merujuk ke ukuran langganan dia channel guitarhero milik Bocchi. Ini emang akun milik keluarga tapi dia sepenuhnya yang ngurus editing dan publikasi, begitu juga soal moderasi dan engagement dengan para penonton.

Walaupun aktivitas band ngebuat dia sulit melanjutkan upload rutin, nyatanya juga dia cukup sukses buat dapat cukup duit untuk gitar baru. Dan ini sepenuhnya dari ads dan bukan sponsor maupun membership. Ini menunjukkan talenta dia dalam ngembangin brand.

ryo yamada

Dadanya juga besar.

– Ini Waifuwed biar ada alesan ngepos gambar Bocchi di hina dina ya?

Inggih.

For real tho, Bocchi dikelilingi oleh teman, keluarga, dan lingkungan kerja yang suportif. Dia juga tidak menghamburkan semua dukungan ini dan di tiap episode situsinya terus membaik. Ini yang membuat seri ini lebih nyaman diihat dibanding seri “nyiksa introvert” sebelumnya.

Lanjutan Waifuwed Ryo Yamada? Untuk yang itu kita tinggal nunggu sisa materi dibayar.

Any day now.