[JOI Spotlight] Arbeit Edition

February 26, 2023 20:02
[JOI Spotlight] Arbeit Edition

Selamat datang di JOI Spotlight penutup Februari ini. Selagi menantikan bulan Maret di mana di akhir kita perlu ekstra sabar, mari kita lihat impresi staf Jurnal Otaku untuk seri yang sudah hadir di minggu ini.

In/Spectre 07

Kaptain

Dari faktor-faktor yang dijabarin Kotoko, Pinnochio ini emang jebakan yang sempurna cuma sayangnya dendam yang dipake sebagai intinya ga sekuat dugaan. Di luar kutukan Zenta dan Tae, pada dasarnya ya tema kali ini emang kutukan alami yang bernama tumbuh tua, terutama bagi mereka yang “beruntung” bisa hidup lebih lama dari generasi penerus.

Kaczmarek

Agak berharap saat namanya Tae dikuliti dari boneka itu, ada efek supranatural yang muncul tiba-tiba. Beruntungnya kita memutar teori ini di belakang klien lagi, Kotoko’s speciality.

Benriya Saitou-san 07

Kaczmarek

Sosok misterius yang ditemuin Morlock sebelum kehilangan ingatannya itu bikin gue penasaran. Rambut putih berjubah yang saya yakini punya hubungan sama Saitou sendiri. Satu hal yang masih ngeganggu adalah darimana Raelza bertemu Morlock, dan apakah Raelza adalah anaknya Morlock yang mati sebelumnya? Belum kejawab, tapi ingatan Morlock udah balik jadi paling tidak progresi cerita gak selalu kehambat sama pikunnya dia. Walau kemungkinan dementia masih besar karena dia juga udah tua.

BlueHeaven

Happy ending at last. Untungnya masalah bisa diselesaikan dengan cara kekeluargaan. Tidak ada korban jiwa dan kita bisa menengok untuk kisah berikutnya. Apa yang bakal ditawarkan dari party yang telah bersatu ini?

Mononogatari 07

Kaczmarek

Pertanyaan itu masih sama, bagaimana sosok asli di dalam tubuh Botan yang jadi perhatian tsukumogami ini. Kontak Hyouma dan Taiju ini seharusnya udah dari episode lalu, tapi karena konflik Aogi bersama kliennya cukup mengisi slot sebelumnya. Gue masih penasaran Taiju ini punya objektif apa soal Botan walau dia punya kongsian sama Zouhei. Sosok Kai juga gak mungkin diem aja ngeliat Taiju bergerak selangkah lebih dulu. Mari memasak air yang udah mendidih ini.

Ningen Fushin 08

Kaczmarek

Agate arc. Dapet juga obrolan Amber sama Topaz disini. Gak terlalu dalem soalnya ini jatohnya cuma side story. Filler gak sih? Andai ini karakter yang nongol dan dapet porsi masih jadi pelengkap untuk arc terakhir.

DanMachi IV 19

Kaczmarek

Stretching yang bisa dimaklumi demi ngisi dialog Astrea Familia di tengah pergulatan di Colloseum. Formula “gue yang nahan, lu duluan” sambil ngancurin jembatan penghubung dan kemudian balik diselametin udah bikin gue mual sebenernya.Tapi untuk seri ini, gue harus sabar aman beginian karena Fujino-sensei tipikal banget make formula standar ini. Kalo ini Ryuu gak jadi fokus utama jujur aja ini adaptasi udah gue tinggalin dari season ketiga. Satu lagi yang bikin kesel adalah tolong J.C. Staff konsisten sama ukuran dadanya Ryuu, di satu frame medium kemudian jadi flat, kemudian medium lagi, trus flat lagi. Konsisten please.

BlueHeaven

Hei! Gara-gara scene di episode ini saya jadi ingin nonton lagi anime ini.

Isekai Nonbiri Nouka 08

Kaczmarek

Cepet banget nonton ini, berasa baca manga-nya daripada novelnya. 25 menit kerasa 5 menit doang. Frau, Lasti, dan Graffaloon akhirnay debut. Selanjutkan Hakuren pastinya. Tapi kehamilan Ru bakal ditunda dan diacak posisinya demi mengakhiri adaptasi ini dengan kelahiran sang anak. Tapi apa cuma Ru yang bakal ditunjukan masa kehamilannya? Apa Tia juga bakal dibarengin? Atau malah timeskip ke anaknya Ann juga? Kita belum dapet debutnya elf gunung, slime mabok, dan yang lainnya dari 2 menit pertama di episode pertama.

BlueHeaven

Mantap sekali dua pendatang baru untuk desa Taiju. Makin dekat dengan debut Hakuren.

Otonari no Tenshi-sama 08

Kaczmarek

Mahiru mulai terbuka untuk kontak langsung dengan Amane di sekolah. Didukung oleh Kadowaki yang bikin dia cemburu juga sih. Beberapa momen sudah dianimasiin bahwa keduanya kenal bukan sekedar teman sekelas. Kembali dengan adegan di sofa dan depan wastafel yang dibanjiri gula. Fanservice yang bagus Project No. 9 dengan POV Amane di pangkuan Mahiru.

BlueHeaven

Tiada episode tanpa Mahiru nutup mukanya pake bantal. Sama kayak yang nonton. Gulanya sedikit tidak bersahabat. Apa-apaan bisa seenak jidat ngelus-ngelus kepala. Amane juga keren sih apalagi pas nolongin Mahiru dari kecipratan sup di sekolah.

Revenger 08

Kaptain

Sistem pembayaran? Secara efektif udah ga guna dan untungnya Ribenji-ya langsung melek soal ini dan langsung nangkep ini Kapel kenapa kok birahi banget soal masalah Opium. Ga terlalu khawatir soal status Liu ngeliat dia mati sebagai cliffhanger, dan ngeliat tren sejarah seorang True Believer ga bakal bisa diajak kompromi kalau kepercayaan dia jelas dimainin.

Masih soal sejarah, Lin Zexu adalah pejabat yang punya pengaruh besar dengan Perang Opium Pertama ngelawan Inggris, as in dia itu tokoh Anti-Opium nasional. Jadi prediksi kemarin saya akui salah karena Liu dan kelompoknya nyatanya ya agen pemerintah Qin.

Sama si Ninja Nun juga masih ada, karakter kayak gini jelas lah bakal jadi end boss fight.

Ars no Kyojuu 08

Kaptain

Kumi-san nggak bisa komunikasi, well secara teknis berhasil tapi ngelat udah ada satu kloning yang bisa kabur jelaslah killswitch dipasang. Latar belakang kenapa Kumi bisa punya cukup aktualisasi diri dibanding kloning lainnya, saya apresiasi ini inspirasi datang dari just some dude jadi bisa kerasa darimana mentalitas dia muncul buat ngebantu orang.

Sen no Kiseki 08

Kaptain

Oke saya emang banyak nyerocos soal militer Erebonia, tapi ini Glark bisa ekstra goblok buat nyari penyakit sama negara yang punya Gralsritter. Ini juga Archaism yang dikenalin masih di level “bisa dilumat sama anak SMA” dan seperti yang ditampilin di presentasi, cuma menang ngelawan batu.

Anyway, he ded. Dan orang yang bakal dituduh ngebunuh dia bakal mimpin pasukan yang ga bisa ngapa-ngapain langsung ke Empire.

Kaiko Sareta Ankoku-heishi 08

Kaczmarek

Zebiantes vs. Redi. Battle yang bebannya gak gede-gede banget karena malah kayak atraksi di ulang tahun Gran. Ngomongin Gran, kedua perempuan itu juga bakal masuk list “pengen motorboat-in dia” untuk masa depan. Dariel juga harus berterimakasih ke Gran karena ada alasan Zebi sama Redi bisa settle dalam posisinya. Oh yeah, kasian banget Sakai disini. Kalo Marika gak perlu diperhatiin karena udah ngeri duluan.

BlueHeaven

Semua adalah kehendak Gran-sama. Zebi itu keringatnya, ya Tuhan. Mengucur deras bagai sungai yang tak pernah kering. Ternyata rahasia Dariel juga dispoil buat yuusha dan sudah dispoil sebelumnya dengan istrinya. Jadi agak sia-sia perjanjian dengan Zebi. Next episode mantan yuusha yang sudah menua bakal beraksi. Penasaran gimana ekspresinya melihat mantan musuhnya sekarang malah jadi pak kades.

Saikyou Onmyouji no isekai Tenseiki 08

Kaczmarek

Seika emang masih dungu kalau soal perasaan dan kudu diingetin terus sama Yuki berulang kali untuk lebih peka ke Efa. Ini pasca ditinggal ke pegunungan dan Efa dapet ilham baru dari Lize, bakal kayak gimana posisinya nanti selain dapat ancaman dari mercenaries di awal episode. Sekali lagi, Cecilio butuh kenyataan lebih dari peringatan dari Seika atau Lize terkait ulah cerobohnya ini.

BlueHeaven

Big L buat Seika. Dia ini kan reinkarnasi dari orang yang sudah dewasa, bisa-bisanya denialnya separah ini. Okelah itu pangeran sama elf pendampingnya ngeselin. Tapi tahu menyesuaikan diri juga lah. Mau jadi alpha male chara malah jatuhnya jadi beta kan. Padahal sudah diperingatkan dua rekannya. Gimana ekspresi mereka pas tahu Seika menyakiti hati Efa? Semoga kena punish MC satu ini.

Trigun Stampede 08

Kaptain

Ini transisi di akhir aneh banget. Jadi ga eksplisit kalau Vash dibalikin ke Ship 3 abis insiden kapal minggu lalu atau setelah mengembara buat ngeburu Knives. Selama Vash ngestabilin Plant buat nolong para penyintas, Knives ngerekrut berbagai maniak dan ngembat teknologi paling canggih dari kapal yang tersisa. Makanya jelas banget Gunsmoke era modern susah majuin tech level kalo si kembar ngembat duluan semua advantage umat manusia buat hidup di nih planet.

NieR Automata 05

Kaptain

Penyesuaian buat pengenalan faksi Pascal. Entah ini perosotan ada sekedar buat fanservice atau nandain kalau karakter tertentu udah nyelesaiin quest yang bersangkutan. Ini konten orisinal yang ngasih konteks baru yang penting banget soal Pascal dan Emil. On that note Toko Emil kecil kemungkinannya bakal nongol di sini, tapi ya nyatanya di ending dapet kesempatan ngomong.

I say dengan episode ini, nih anime udah ngasih kontribusi yang berarti buat nih seri. Cuma ya ini jahat banget nyerang fans lama pake Emil Sacrifice di segmen flashback. Silakan lempar tuduhan kalau ini fanservice yang ga tau malu, but goddamnit I need this.

Eiyuuou 07

BlueHeaven

Budget anime ini ga mampu ngeanimasiin orang berlarian dari pesta yang kacau. Lebih mentingin Inglis dan Rafinha wareg makan besar sambil flexing lawan monster. Ga ada urgensinya, jadi feel battlenya ga sampai ke penonton. Palingan cuma melucu dari kelakuan kakek bohai satu ini.

Koori Zokusei Danshi to Cool na Douryou Joshi 08

BlueHeaven

Kedatangan Yukimin sebagai karakter baru memberikan dampak segar untuk anime ini. Banyak sih vtuber yang jenisnya makhluk es, jadi yang ginian udah ga bikin kaget. Yang bikin kaget justru santa Fuyutsuki yang damagenya ga ngotak. Himuro bersaudara itu fix hobi bikin blizzard indoor. What’s next? Papa dan mama Himuro? Interesting.

Tonsuki 07

BlueHeaven

Senang melihat Sui membuka peluang bisnis baru untuk Mukouda. Lebih ke arah ngejual potion sih daripada dipakai heal sendiri. Soalnya Mukouda udah dapet shield dari Fel, bless dari goddess, kurang apa itu pertahanan?

Tenten Kakumei 08

BlueHeaven

Sekarang menjadi jelas, kenapa ini pangeran dibenci banget sama pembaca. Brengseknya sudah kelewat batas. Itu Laine sampai jadi donat. Paling ngeselin pas dia bilang jadi pemimpin harus melupakan perasaan dan mengacu pada logika. Kalau punya otak harusnya dia sadar kalau dirinya memaksakan diri menjadi pemimpin adalah hal yang tidak bagus. Di kerajaannya ga ada buku sejarah apa yang nyeritain pemimpin otoriter bakal runtuh dengan sendirinya? Asli tololnya sudah sampai ke akar-akar otaknya. Temannya yang ngehalangin Anis pergi juga sama tololnya.

ONIMAI 08

BlueHeaven

Akhirnya teman-temannya sadar kalau ada satu orang yang berkhianat soal pertumbuhan fisik. Dengan fisik seperti itu tidak mungkin Anda bisa hanya menjadi pengamat. Saya cukup senang dengan episode ini yang tidak mendapat sensor lebay kayak kemarin di Bilibili.

Hyouken no Majutsushi 08

BlueHeaven

Ini saya yang nontonnya kurang melotot atau emang ada yang kelewat? Tiba-tiba udah final aja. Lah, terus itu juara bertahan sama pencetak rekor 2 detik match selesai ke mana? Mending diskip aja sekalian kalau mau langsung Rose vs Olgren di final.

Yang kocaknya lagi, itu Ray main bopong anak orang aja, yang lain ditinggal. Saya menyebutnya mencuri kesempatan dalam kesempitan. Menang banyak nih MC. Pake acara masuk ke kamar cewek cuma model singlet pula, hahaha.

Shin Shinka no Mi 07

BlueHeaven

Saya ga berhenti ngoceh untuk ngomong “where’s the logic?”. Bisa-bisanya episode ini dibikin lawakan full buat orang yang sedang menghadapi sakratul maut jadi menghadapi para kang tusbol yang menjadi penjaga gerbang. Cara masukin flashbacknya maksa banget sih. Tapi yang kita ngomongin adalah Shinka no Mi, anime yang di mana gorilla menjadi heroine utamanya. Kasihan aja sih temennya Seichi yang ikutan trial kematian, pas bangun juga ga dianggap.

Oh ya, momen si ketua guild sama mbak resepsionis tukang pecut juga lebaynya maksimal. Semua karakter di sini punya akses break the 4th wall. Loli maounya nanti gimana pas tahu betapa rusaknya penerima tamu yang siap menyambutnya.

Tomo-chan wa Onnanoko 08

BlueHeaven

Nih berandalan akhirnya bisa dibikin tobat di episode ini. Misuzu serem tapi mesti ada bukti dulu baru mempan racunnya. Misaki badassnya lebih serem dari keseluruhan jam tayang Tomo dan Jun. Carol yang menang banyak at the end.

Tsundere Akuyaku Reijou Liselotte 08

BlueHeaven

Lise akhirnya bisa mengalahkan Majo dalam mimpinya. Ternyata dia sadar dengan suara Endo dan Kobayashi. Resmi evolusi menjadi tsungire. Anime ini udah tamat. Ganti judul jadi Tsungire Akuyaku Reijou.

Blue Lock 20

BlueHeaven

Kang roasting evolusi lagi. Kali ini dia belajar fake shot dari Rin. Tentu saja Rin ketrigger dengan hal ini. Match yang seru, tapi kita belum melihat aksi dari Barou dan Tokimitsu. Hasil dari match ini mindblowing sih. Again, not your usual sports anime. That’s Blue Lock.

Roukin 08

BlueHeaven

Akhirnya sampai juga ke koneksi istana. Ini Mitsuha makin hari makin OP. Mesti dia sering mangkir dari tokonya tapi ga pernah nyadar buat improve luar toko biar menarik pelanggan. Selanjutnya bakal lebih seru karena bakal dikasih lihat kemampuan cheat mbak penjaga warung satu ini.

Neural Cloud

Kaptain

Dude what, langsung lompat ke collab Dohna-Dohna. Di aspek cerita mungkin ini buat alasan pacing biar bisa lancar arc Eucharist nanti, cuma ya ngeselin aja unit utility gede kayak Nascita (boss slayer) sama Puzzle (super summon) jadi dateng jauh lebih awal. Kayaknya ya mesti gesek buat dapet keduanya.

Valentine dah kelar via dapet semua foto. Jujur beberapa tuh kayak adegan versi semua umur dari game R-18. Penerima coklat terakhir juga ngepas sama event yang bakal hadir Maret nanti.

Nyinggung dikit soal stream CN, AA-12 bakal jadi limited selanjutnya. Sayang pas artikel ditulis kit dia masih belom ketahuan.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: CHOiCHOi_999