[Impression] Limbus Company

March 6, 2023 14:50
[Impression] Limbus Company

“Ini Limbus Company kenapa rilis di mobile?” adalah pertanyaan yang terus saya tanyakan mulai dari pengumuman game sampai beberapa hari awal main. Setelah tertunda, Project Moon akhirnya merilis game pada 27 Februari untuk Steam dan Mobile. Mereka yang main ini karena mengharapkan game gacha kemungkinan besar mendapatkan sesuatu yang tidak sesuai dugaan.

Ini adalah game ketiga dari seri Corporate Dystopia Project Moon. Untuk pertanyaan “Perlu main game sebelumnya?” saya akan nunjuk ke Library of Ruina aja selaku game yang lebih fungsional buat perkenalan seri. Memang ada juga webcomic dan novel, namun sampai saat artikel ditulis belum ada translasi penuh untuk bahasa di luar Korea.

Melihat inti dari game ini, kita mulai dengan kenapa kalian jangan main game ini. Artikel ini bakal lebih buat peringatan untuk pemain baru karena kalian yang udah pengalaman sama game developer ini udah pasti tau sama berbagai penyakit khasnya. Apalagi Limbus juga ngeyel ga ngadain beta test buat beresin sistem yang jelas rusak secara fundamental dari awal.

Ini Kenapa Rilis di Mobile?

“Ya game gacha kan pasar demografinya di mobile”. Benar sekali pembaca, jadi developer yang waras ngembangin game mereka untuk nyaman dimainkan di layar kecil dan dioptimisasi berdasarkan spesifikasi median pasar. Itu semua bukan sesuatu yang dilakukan Limbus karena interaksi UI sangat nggak bersahabat untuk layar kecil dan nggak playable untuk waktu lama di Zenfone 9 saya.

Jadi kalaupun secara ajaib masalah performa bisa diberesin, ini game tetep ngeselin dimainin di device ukuran mobile ngeliat beberapa encounter bakal nuntut kalian ngedrag target minimal belasan kali tiap turn. Begitu juga dengan densitas informasi yang bakal bikin sakit mata ngeliat ukuran dan kuantitasnya. Kalian yang buta warna juga nggak saya rekomendasikan main ngelihat pilihan warnanya sangat nggak bersahabat buat kejelasan informasi.

Semua masalah performa dan UI di atas, di luar aksesibilitas untuk yang buta warna; nggak terjadi di Steam selaku platform di mana Project Moon udah ngerilis dua game mereka yang untuk kalian yang belum tahu, ngendap cukup lama di Early Access biar perilisan 1.0 bisa bersih. Meanwhile ini Limbus rilis juga di dua platform yang mereka belum punya rekam jejak.

Ini bukan buat pemain baru

Saya kasih perspektif saya sebagai veteran Library of Ruina: Saat mulai saya langsung nangkep dice dan card sekarang dipasang di koin dan damage type untung masih sama. Dari roll awal juga saya dah cukup ngerti cara bikin Bleed Team dan punya fondasi buat Burn Team, dan cerita awal juga ngasih saya konteks lebih banyak untuk Smoke War.

Sementara pemain baru bakal ngalamin “What the hell is everything” secara nonstop. Tutorial awal cuma ngasih “Swipe ke kanan buat nyerang” dan walaupun protagonisnya punya standard issue amnesia informasi yang dikasih terbatas banget dan glossary juga ga ada.

Ini juga efek dari nggak adanya beta jadi tier list/early game build belum ada di awal. Kalaupun pemain baru berhasil ngeroll/reroll EGO juga susah ngeinternalisasi nih sistem buat bikin encounter lancar. Beberapa SSR (000) juga nuntut pemain buat really know what you’re doing. Karena saya dah beberapa kali liat kasus “ini unit SSR kenapa nyerang tim sendiri?” dan “Cara reload ammo gimana?” via pemain yang ga baca efek.

Ya jelasin dong sistem dan ceritanya

Kalian seperti biasa memerankan karakter yang kena amnesia, lebih tepatnya kena amnesia setelah dapat kemampuan buat rewind waktu dan sadar dia lupa kenapa dia butuh kekuatan ini. Karyawan Limbus Company dengan jabatan Sinner datang dengan bus pemakan manusia untuk menjemput kalian, dan paling tidak kalian cukup ingat kalau mereka datang untuk membantu. Sebagai manajer tim harus kalian menyelesaikan rencana yang semoga saja bisa diingat setelah target misi untuk mengumpulkan artifak bernama Golden Boughs dipenuhi.

Limbus menggunakan sistem “karakter dikit, alter banyak” yang saya secara pribadi cukup demen biar cerita lebih terfokus. Kalian yang nggak alergi literatur kemungkinan besar bisa ngeliat kalau para unit kalian merujuk ke buku tertentu dan tiap Canto/Chapter juga pada dasarnya itu interpretasi buku yang relevan. Untungnya juga Dante sebagai protagonis itu bagian dari cast-nya dan bukan sekedar karakter sudut pandang aja.

Soal roster kalian dapet “Identity” selaku class karakter yang diluar hadiah event dan story tentunya kalian butuh roll gacha. Saya rekomendasiin banget untuk uptie/ascend ID yang dipake untuk ngebuka semua move list dan passive. Saat artikel ditulis level cap karakter adalah 30.

And now, EGO. Bayangin kalian bisa ngeroll Noble Phantasm baru buat karakter di FGO. Itulah EGO di game ini dan drop ratenya lebih langka dari SSR/000 di gacha. EGO kepasang di karakter dan bukan ID dan kalian dituntut ngerti penggunaannya kalau mau progresi cerita.

Namun sebagai game Korea untungnya sistem resource ga kompleks. Ga ada sistem duit buat belanja dan bayar upgrade maupun resource khusus buat naikin skill satu-satu. Semua resource buat upgrade juga drop dari Mirror Dungeon selaku daily kalian, yang dev udah respon kalau mereka tahu ini mode roguelike kepanjangan dan minggu depan bakal dibenahi.

Singkatnya Dev berusaha bagian alot nih game di gameplay aja, bukan monetisasi.

Kalau masih nekat main perlu gimana?

Buat tim berdasarkan EGO. Di Ruina ada konsep di mana kalian butuh nyimpen kartu aman buat ngeredam serangan berbahaya, dan EGO adalah ekuivalennya di sini. Ini sistem di mana kalian ga bakal diijinin nembus chapter 2 kalau masih belum ngerti fungsinya. Ada juga sistem Corossion sebagai desperation move yang bisa menangin atau langsung buat kalian kalah.

Unit yang nggak dibawa bakal tetep bisa ngasih Support Passive mereka. Ini baru kebuka di Uptie/Ascension 3, jadi ID default yang bakal otomatis dapet upgrade bisa diprioritasin kalau roster kalian belum selesai.

Sistem pity di sini via sparking dari shard dupe, yang bisa dipakai buat beli langsung EGO atau ID atau dipakai buat ascend setelah “didaur ulang” jadi Threads. Singkatnya ini kebalikannya sistem Eleph Blue Archive. Prioritasin Uptie Ego dan ID SSR kalian karena skill dan passives yang kebuka di Uptie 3 itu penting banget biar karakter bisa berfungsi.

Chapter awal memang bikin karakter tipe Slash berkuasa. Namun Chapter 3 nuntut kalian punya tim yang kuat di Blunt. Baik buat pertahanan dan nyerang.

Presentasi

Saya asumsi kalian main di Steam dan saat artiker rilis optimisasi mobile udah beres. In that case baik di art dan musik ini masih dapet Project Moon Quality. Udah ada peningkatan di presentasi EGO dari Ruina dan OST yang dinamik mengikuti status pertarungan juga ada.

Sejauh ini juga tiap Canto/Chapter punya combat OST mereka sendiri, dan ya kalian yang ngarep boss fight dengan lagu Mili juga bakal nemu di sini. Sebagai cerita yang pake format VN juga game cukup rajin ngasih CG, saya bilang penggunaannya di atas rata-rata genre.

Secara pribadi, chapter 3 ngasih saya banyak itikad baik buat nih game. Tapi entah berapa banyak pemain yang bisa nembus sampai poin ini ngeliat filternya dah brutal banget.

Monetisasi

Harga Battle Pass adalah 11 USD, yang di season pertama ini 80 hari lamanya. Jadi secara efektif kalian ditagih 3-4 USD per bulan buat dapet konten penuh. Selain resource buat progresi ada juga EGO eksklusif yang tentu aja sangat vital buat combat dan untuk dapat akses ke semuanya ya kalian butuh keluar duit. Saya ga nemu sistem pity roll di luar banner newbie jadi ya kalian perlu nabung shard dari dupe untuk sparking.

Ada juga fakta kalau begitu kalian dapet EGO, pool bakal ngilangin EGO tersebut. Ini bukan sistem pity, cuma jaminan nggak dapet dupe EGO lagi. Jaminan SR ke-atas buat 10 roll seperti biasa juga ada.

Thing is Limbus juga ngelakuin hal yang langka soal progresi kekuatan game gacha karena kalian cuma butuh ngelakuin 2 hal. Roll ID baru cuma butuh dilevel dan di-uptie dua kali buat ngebuka semua fungsi mereka. Ga ada grinding atau crafting equip, duping buat naikin kekuatan atau ngebuka fungsi, ngumpulin material buat naikin skill, ataupun ngumpulin duit buat ngejalanin fungsi upgrade. Unit baru bisa sekejap jadi fungsional tanpa banyak tetek bengek lain.

In Project Moon Defense

Lobcorp dan Ruina sering dilihat sebagai anak emas format Early Access melihat frekuensi dan ukuran update yang besar dan cepat merespon feedback pemain. Selagi saya menulis artikel ini nyatanya juga ya berbagai difficulty wall dan sistem yang non-fungsional dibenahi sedikit demi sedikit. Cuma sekarang mereka kerja di 3 platform dan iOS terkenal tegas soal submisi update, dan saya masih kurang percaya Project Moon bisa ngurus workflow kayak gini.

Sejauh ini memang dev cukup sigap soal komunikasi dan roadmap buat konten sampai akhir tahun juga udah disiapin. Ga optimis saya semuanya bisa dipenuhi, tapi ya sistem bermasalah udah ditanggapi dan mereka juga ngajuin sistem macem resource dungeon dan penyesuaian hadiah biar grind nggak terlalu brutal. Saya juga cukup apresiasi saat mereka mastiin cerita event bakal permanen bisa dimainin.

Ada argumen yang bisa dibuat kalau Lobcorp dan Ruina dulu juga itu itu game live service yang jadi game single player setelah “selesai”. Kontra-argumennya ya fakta kalau ini game nagih langganan dan “pake rarity rendah juga bisa kok” cuma berlaku sama mereka yang udah melek banget sama sistem khas nih developer.

Jadi nggak. Ini bukan game live service yang pantas dikasih duit di kondisi saat ini.

Verdict: Lasciate Ogne Speranza

Bahkan untuk pemain baru yang langsung cocok dengan gameplay dan setting Limbus Company, saya bakal bilang ke mereka untuk mainin Library of Ruina aja. Silakan login Limbus buat ngembat apologem dan tiket roll sampai fondasi game lebih waras dan mainin Ruina buat pemanasan.

Sekali lagi ini bukan game gacha pada umumnya melihat tingkat kesulitan brutal udah bagian dari nih seri. “SSR gampang kok diroll” juga bukan nilai jual yang bisa dipakai ngeliat kalaupun kalian ngeroll semua unit 000 dan EGO yang ada kalian dituntut banget buat ngeinternalisasi sistem yang ada. Singkatnya bayangin kalau chapter awal FGO udah pake difficulty Losbelt.

Harapan saya ngeliat flow dari battlepass ya ini bakal jadi game yang mampu “ditinggal”. Saya yakin kebanyakan veteran seri juga main buat cerita dan saya harap Project Moon cukup melek soal ini.