[JOI Spotlight] Metal General Edition

March 12, 2023 21:32
[JOI Spotlight] Metal General Edition

Selamat datang di JOI Spotlight yang ngebuat saya sadar untuk nggak nakal lagi soal milih gambar header ngeliat hari besar udah dekat. Mari kita lihat impresi staf Jurnal Otaku untuk seri yang sudah hadir di minggu ini.

In/Spectre 09

Kaptain

Sebelumnya ada arc masa SMA Kotoko yang ngasih lebih banyak konteks buat reputasi dia, yang aman di skip ngeliat info yang diambil ya “jangan nyari penyakit sama Kotoko”. Reveal penting dari kontes kali ini ya semua pewaris punya motif dan rencana pembunuhan masing-masing. Yang batal terjadi karena target mati duluan. Seperti yang Kotoko bilang ini udah nggak ilegal tapi bukan sesuatu yang sehat kalau diredam dalam-dalam.

Hindsight and all, tapi menarik juga dari awal Kotoko bilang “Otonashi terlibat dengan pembunuhan” dan bukan “dia pembunuhnya”.

Benriya Saitou-san 09

Kaczmarek

Masalah ini bisa aja jadi bagian akhir adaptasi jika mereka mau manjangin lagi latar belakang si anjing, serigala, masa kecil Raelza, sampai pertemuannya dengan Morlock. Di satu sisi saya seneng Morlock belum 100% mati dan kehilangan tititnya doang, namun di sisi lain ada kemungkinan dia bisa ilang selamanya ditambah kalo Ninia udah berani buat menghentiin upaya pelecehan seksualnya.

Informasi yang gak guna banget kalo Morlock itu ukurannya lumayan gede dalam satuan maderaca. Tapi pasca Saitou ikut-ikutan jelasin ukuran tititnya cuman ½ maderaca, Raelza jadi berfantasi yang enggak-enggak. Gak ngira ukuran titit cowok yang dia suka bisa sampe bikin si polos ini kepikiran terus.

BlueHeaven

Morlock masih karakter jenaka bahkan setelah kematian dan kebangkitannya. Tapi dia juga perlahan mulai menjadi serius setelah ingatannya kembali. Walau ingatannya kembali, itu kurcaci yang saya juga lupa namanya, tetap saja dilupakan namanya, bahkan sudah sering disebut namanya masih gampang dilupakan.

Mononogatari 09

Kaczmarek

Banyak hal menyimpang sejak awal adaptasi, terutama soal Yuu yang masih kurang dapet porsi pendalaman karakter. Sekarang Hyouma udah bisa gak pake limiter buat nenangin tsukumogami. Agak berharap Aogi dan temannya yang lupa saya namanya itu bisa gabung keluarga ini daripada jadi merchant. Sementara Tsubaki lagi ngejar hatinya Hyouma yang sebenernya udah dibooking Botan.

Ningen Fushin 10

Kaczmarek

Nah kalo gaada pertemuan berikutnya dengan Olivia, penonton mungkin masih gak percaya Stepping Man ini adalah orang lain. Sekarang gue sendiri gak bisa nebak siapa orang dibalik Stepping Man yang nyulikin bocah. Tapi kalo disuruh ngambil konklusi cepat, maka bakal jatuh ke dokter di slum itu. Dia doang kayaknya sejauh ini yang belum dapet penjelasan lebih sejak perkenalan awal.

BlueHeaven

Ini anime jadi gampang ditebak. Minggu depan kalau emang beneran niat klimaks buat arc ini pasti fusion sama Zem dan lawan the real trouble maker. Seperti yang disebut Kaczmarek di atas, tersangkanya sisa satu, si om botak yang katanya baik. Apalagi back storynya punya fasilitas yang menjadi area netral. Korbannya kena sakit mata kuning pula. What else? Masih ditanya lagi kalau Zem tahu ga orangnya.

DanMachi IV 21

Kaczmarek

Episode ini fokus ke hubungan Ryuu dan Bell yang kian intim di tengah ancaman. Sering denger pepatah bilang, “Hubungan yang terbentuk saat tragedi tak bakal lama berjalan”. Untuk kasus ini, kapal Ryuu X Bell sudah cocok untuk jadi canon walau Fujino-sensei agak malu-malu untuk bawa serial shounen ini jadi lebih berbunga. Juggernaut mode kedua sudah siap menunggu di ruang terakhir sebelum terowongan lantai 36. Ryuu sudah dibiarkan tidur sejenak, Bell sekarang berusaha menyelesaikan dendamnya di cour pertama. Ini kapan Lili dan kolega bisa gabung mereka berdua?

Revenger 10

Kaptain

Episode penghematan. Sekaligus setup buat konflik internal untuk karakter yang emang belum dapet character arc, tapi ya kerasa maksa banget biar klimaksnya tambah ribet. Baguslah Raizou udah diperingatin kalau kematian nggak akan ngampuni dosa dia dan Usui udah sreg sama kapel yang lebih mentingin bisnis dibanding keimanan.

Ars no Kyojuu 10

Kaptain

Huh, kirain nih serangan lab bakal jadi konflik penutup tapi jadinya ya speedbump doang ngeliat ini lab emang biting more that they can chew ngeliat atasan juga udah siap-siap buat ngelikuidasi mereka. Kurang seneng sama eskalasi konflik yang sejauh ini tuh bisa rendah ngeliat ini dah bawa-bawa dewa. Agak kejam emang, tapi ini umur pendek seenggaknya ngasih “jalan keluar” yang bersih buat makhluk yang bisa ngendaliin para Beast.

Sen No Kiseki 10

Kaptain

2 episode diatas emang kurang lebih dapet episode “persiapan konflk akhir”. And man, dapet tuh dua sebagai pembanding ngebuat nih episode amatiran banget. Ini dah mau tamat tapi nggak sekalipun saya dikesankan oleh Lavi, ini juga missed opportunity di akhir ga bilang “Kita benar-benar Legend of Heroes: Trails of dst dsb.

Nggak. Udah ga ada energi buat ngomentarin pasukan Northumbria yang ngabisin seluruh duit dan tenaga buat bunuh diri pelan-pelan.

Spy Kyoushitsu 09

Kaczmarek

Arc yang dangkal diadaptasi dengan okayish. Agak mengecewakan di beberapa aspek terutama detail outline karakter yang udah mulai ngilang pasca mulai dipake sejak episode enam. Gue pikir Uwe dan Olivia disini gak cuma jadi jembatan doang, tapi juga sebagai penentu perkembangan Sybilla pasca terungkapnya kondisi panti asuhan yang ia tempatin dulu.

Isekai Nonbiri Nouka 10

Kaczmarek

Mountain elf akhirnya datang, beserta tim audit dan akuntan dari Demon. Agresi demon dari sang putri raja ini jadi pelajaran utama soal intel dalem Taiju untuk tetep kontak ke petinggi sana. Flowrem di satu sisi salah, tapi di sisi lain benar karena trio cewek susah diatur dan gegabah banget. LU AKHIRNYA HAMIL! Seharusnya dari kemaren-maren pengumumannya, tapi baru sekarang menyesuaikan timeskip yang agak aneh. Sekarang bisa bilang ini adaptasi bakal diakhiri di arc festival dan kelahiran anak pertama Hiraku.

BlueHeaven

Best waifu akhirnya selamatan, best girl sudah membuatkan baju bayinya. Sementara jangan minum anggur dulu atau main game yang menguras sanity. Berbaring dengan wujud dewasa sudah cukup demi kelancaran persalinan nanti.

Otonari no Tenshi-sama 10

Kaczmarek

Fantaseeaaaaaaa! Episode berfantasi yang bikin Amane ampe basah di selangkangannya. Material coming of age macem ini kadang enggak kepake karena mungkin gak dianggep aman untuk TV. Tapi nyatanya, di modern ini hal-hal berbau ini sudah jadi hal mainstream dan keluar dari tabu masa lalu. Ini juga jadi scene mimpi basah kedua sejak Sekai Saikou no Ansatsusha yang bakal ke-HL sama clipper di media berbagi video. Mahiru makin agresif di tiap episodenya dan Amane masih malu-malu untuk nyatain yg sebenernya. BURUAN LAH.

BlueHeaven

Siapa yang dapat tahan dihadapkan dengan Mahiru at night? Ini Mahiru kelebihan polos atau gimana pula. Dengerin mimpi basah cowo malah serius mau ditangkap sebagai referensi. Sofa-kun kembali lagi menjadi barang dengan jam tampil terbanyak mengalahkan teman-teman Amane dan Mahiru. Minggu kemarin kan temanya jalan-jalan, jadi wajarlah ini sofa istirahat dulu setelah banyak kali muncul di shooting.

Saikyou Onmyouji 10

Kaczmarek

Gley mulai nge-mellow sementara Fiona gak henti-hentinya ngegoda Seika untuk jadi kekasihnya. Sumpah ngeselin banget ini Fiona berharap Seika ngelakuin skenario yang udah dia rencanain, walau secara jelas dia pengen diajak kemana tapi ada kecurigaan lain yang sedikit terangkat. Iya, ini ada hubungannya dengan mantan istrinya Seika di dunia sebelumnya, dan jangan bilang emang ini reinkarnasinya itu mantan istri.

BlueHeaven

I am a simple man. I see seijo/holy woman, I like. Rambutnya biru pula. Masuk kategori ini ga salah lagi.

Tonsuki 09

BlueHeaven

Akhirnya Mukouda naik rank adventure. Jadi dia ga perlu daftar ulang kalau AFK selama sebulanan lebih. Di sisi lain, saya ingin cerita lebih mengembangkan ke guild saudagar yang jarang dibahas di anime mana pun. Bahkan Roukin yang temanya jadi pedagang cuma ada guild buat petualang. Tapi apalah di kata, tema dari anime ini lebih condong ke masak-masak. Saya juga masih sabar menunggu dewi-dewi lain ikutan memanfaatkan Mukouda sebagai lumbung cemilan.

Tenten Kakumei 10

BlueHeaven

Wow, deus ex machina muncul di episode ini. Ketika sudah mentok, tempellah ceritamu dengan karakter baru, mekanisme baru, dan voila masalah selesai. Karakter macam Al emang ngeselin, tapi tanpa dia malah jadi agak malasin buat nonton anime ini. Anime ini cuma menggiring ke masalah politik, tapi karakter yang ditampilkan hanya dari circle keluarga raja. Tanpa dorongan tim yang berperan menjadi antagonis, anime ini sudah kehilangan hampir separuh nyawa ceritanya.

Bofuri S2 07

BlueHeaven

Welcome back, Maple. Masih membahas sistem pet, Maple dan Sally malah asik-asikan ngerjain mini event. Logika saya agak dibingungkan ketika Maple menemukan kunci pertama hanya diantar oleh kawanan domba, kemudian menemukan petunjuk di laut, tempat ikan bergerak. Kalau emang satu quest, harusnya untuk mendapatkan kunci kedua dan ketiga kurang lebih caranya sama. Tapi malah mereka harus melawan boss di area itu, barulah mendapat kuncinya. Walau caranya memaksakan aksi, tapi progressnya masih bisa dinikmati.

Tsundere Akuyaku Reijou Liselotte 10

BlueHeaven

Majo tiba-tiba muncul saat mereka masih berdansa. Ini jelas beda dari apa yang sudah dibicarakan Kobayashi dan Endo, tapi inti masalah tetap sama. Agar bisa menikmati ceritanya, saya membuang rasa keanehan saya terhadap Majo yang bisa tiba-tiba nongol meski sudah gagal mengganggu Liese-tan lagi. Kalau ga gini ceritanya ga bakal ada menegangkannya. Jadi saya hanya bisa menerima dan menontonnya sampai tamat.

Kaiko Sareta Ankoku Heishi 10

BlueHeaven

Lagi-lagi kombo Marika dan Gran bisa menghindari perpecahan yang terjadi di desa. Bahagia sekali melihat Alanzir bisa menerima Granverza dan sebaliknya. Zebiantes juga salah kira pula. Mungkin Dariel ingin menambah istri. Marika juga tidak menghalangi Zebiantes juga, kan? Dariel butuh satu anak lagi yang namanya Alan agar bisa solid.

Shin Shinka no Mi 09

BlueHeaven

Character in, character out. Bisa-bisanya mereka masukin karakter numpang lewat satu ini dengan style template villain bertobat. Sayangnya beliau langsung pergi dan tidak akan muncul lagi ke depannya. Pura-pura saja tidak tahu kalau Aileen yang nyelamatin Seiichi dan juga ikut masuk ke dalam dunia batas orang mati adalah seseorang yang lain. Ah, susahlah kalau nonton anime ini pakai logika. Taruh dulu otaknya entah di mana, baru bisa menyimak kisah romansa gorilla dan mantan orang gendut.

Tomo-chan wa Onnanoko 10

BlueHeaven

Reka ulang sejarah bagaimana Misuzu dan Jun bisa jadian tapi lebih jelas. Ending song episode ini fresh dengan geng cowo yang nyanyi. Misuzu dapat pairing cowo juga walau hubungan mereka tidak sedekat pasangan Tomo-Jun atau Carol-Misaki.

Blue Lock 22

BlueHeaven

Satu episode hanya tercipta satu gol. Bachira awaken tapi masih ditahan sama Isagi. Skor 4-4, akankah pertandingan akan mencapai akhirnya di episode mendatang?

Roukin 10

BlueHeaven

This. is. It. Ini dia yang ditunggu-tunggu, arc perang di mana Mitsuha sudah tidak menahan diri soal kekuatan ngecheatnya. Bayangkan 20.000 pasukan plus monster dan ada naga melawan satu kompi pasukan bayaran dengan senjata modern. GATE S2 ikuzo!

Isekai Ojisan 13 (End)

Kaptain

Ini jeda panjangnya dah ngebuat nih adaptasi kayak seri OVA. Seperti yang udah dikomentarin, akhirnya sebuah fantasy battle beneran yang ngasih petunjuk gimana si om bisa pulang. Si om emang punya banyak kekurangan, tapi dia punya cukup kemampuan observasi soal gimana energi nih dunia berinteraksi.

Kurang lebih ending “Perjalanan masih berlanjut” yang cukup bersih ngeliat ga terlalu banyak kesalah pahaman yang timbul. Ga yakin bakal dapet sekuel dalam waktu dekat ngeliat produksinya yang berantakan. Sekedar ngingeti aja kalau nih anime mulai Juli 2022 lalu.

NieR Automata 07

Kaptain

Sidequest kedua saudari robot jadi digabungin ke arc Forest Kingdom. Diskusi filosofi soal robot juga dimajuin ke sini biar paruh akhir nanti bisa lancar. Saya perlu nggak sih ngenalin A2 ngeliat ini karakter yang identitasnya dah jelas via osmosis dan you know, episode sebelumnya.

Sama ini di skit akhir saya gak yakin di materi lain diungkap kalau Naga masih aktif di nih planet. Sebagai pemain saya cuma tahu aja ini fenomena hari lebih karena bumi ngalamin Tidal Locking.

Trigun Stampede 10

Kaptain

Elendira, karakter yang juga “ketinggalan” dari adaptasi sebelumnya. Sekarang dikasih kejelasan soal latar dia sebagai Plant experimental walaupun saya ga yakin ini karakter yang udah selevel Legato. Sesuai dugaan apapun yang dilakuin Knives ke Vash bakal nyebabin nih kota nggak berdiri lagi

Kematian Roberto juga harusnya ngasih jalan buat Milly gabung ngeliat Derringer punyanya udah diwarisin ke Meryl. Ga tau sih dia bakal ganti ke profesi orisinal dia ngeliat di adaptasi ini perannya sebagai jurnalis dikasih lebih banyak penekanan.

Neural Cloud

Kaptain

Nascita dalam 90 roll, bisa deh ngembat Puzzle nanti. Jadi nih konten combat tuh coinflip antara di akhir ngelawan Angelus (yey) atau Raven (bah). Udah gitu di difficulty lebih atas dapet bos baru lagi. Seperti biasa ini sebulan campaignnya jadi ya ga usah buru-buru banget manjat skill tree.

Again, apresiasi banget si KJ langsung notis sama jebakan Burbank namun mutusin buat mainin peran sampe dapet semua intel yang dibutuhin. Eos juga ini kooperatif banget ngonfirmasi kecurigaan soal kenapa nih insiden game terjadi via ngasih petunjuk soal Doll berbahaya yang diupload ke server.

Limbus Company

Kaptain

Konten cerita dah kelar semua, dan ya saya ngaku aja nembus Kromer pas bug dia belum dibenerin. Capek saudara-saudara mesti harus nge-replay boss rush yang dah kayak Realization Fight di Ruina. Saat artikel ditulis dah dapet N corp Rodion dan masih nyoba ngembat N corp Mersault.

Looking forward sama Mirror Dungeon baru, semoga aja maint ngasih 10 roll gratis lagi.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: 4_M_lacra