[JOI Spotlight] Bridge Crew Edition

March 19, 2023 19:58
[JOI Spotlight] Bridge Crew Edition

Selamat datang di JOI Spotlight yang milih gambar header yang lebih atraktif sekali lagi aja sebelum mulai periode sabar. Mari kita lihat impresi staf Jurnal Otaku untuk seri yang sudah hadir di minggu ini.

In/Spectre 10

Kaptain

Jawaban yang bagus Rion, cuma ini nyuekin teriakan di akhir dan keterlibatan Youkai sebagai faktor. Otonashi Sr. yang puas dari jawaban ini jelas ga belajar dari kesalahan dia dan sekali lagi, ini bukan sesuatu yang bakal ditolerir Kotoko. Kotoko tahu ini pembunuhan karena diluar intervensi demit juga, ada satu pihak yang alibinya lemah banget setelah semua kesaksian dijabarin..

Benriya Saitou-san 10

Kaczmarek

Sah! Izin dari Morlock, dan tinggal waktunya saja Raelza dipinang Saitou! Agak lucu saat Morlock ujuk-ujuk nyelametin keduanya, si Lafanpan bersembunyi di di jenggotnya. Ini emang kudu kontak dulu kah untuk transfer energi? Kalo soal Morlock jadi werewold gak usah dipertanyakan ya untuk balasan titinya yang hilang. Tendensi tsun-nya Raelza udah mulai menurun, dan dia bakal lebih berani ke Saitou di cerita berikutnya.

BlueHeaven

Tangan manusia megang panci panas aja udah sakit minta ampun, kena air mendidih bisa melepuh sakitnya berhari-hari. Ini Raelza dipanggang sampai tinggal tulang, wow. Tapi karena dia punya hormon yang membuatnya lebih mengingat untuk membalas dendam dua orang yang dicintainya, semua rasa sakit itu kayak cuma numpang lewat. Di dalam ingatan saya baru ini anime yang ngasih visual tangan kebakar sampai tinggal tulang dan masih lanjut battlenya. Gimana Morlock balik lagi juga keren timingnya walau endingnya tetap jadi karakter lawak.

Mononogatari 10

Kaczmarek

Koji Box diisi sama Itou Shizuka yang juga dikenal sebagai alcohol connoisseur. Selain dari itu, ini episode bonding yang diperlukan buat membuka masalah berikutnya. Wait, masalah apa lagi? Ntahlah, bahkan cuplikan episode berikutnya pun gak ngasih petunjuk jelas. Saya gak berharap banyak sama progres Botan x Hyouma di akhir adaptasi, tapi minimal ada hal besar yang bisa diangkat untuk nutup adaptasi.

DanMachi IV 21

Kaczmarek

Udah. Iya udah. Proses evakuasi lebih cepat dari yang saya duga. Bahkan outro episode ini pun masih sempat untuk nyelipin animasi kencan Ryuu sama Bell. Kehadiran Syr kembali di episode ini juga nandain petunjuk arc berikutnya yaitu refleksi. Eina dapet porsi kembali walau saingan asmaranya kini bertambah. Musim kelima kalo bener niat bisa aja terealisasi dengan fokus ke volume 16 novelnya.

Ningen Fushin 11

Kaczmarek

Olivia mungkin jadi satu-satunya karakter yang bikin saya nempel sama seri ini hingga saat ini. Hampir drop pasca judi kelar, sekarang dibuat penasaran sama jurnalis sekaligus wartawan satu ini. Sayangnya, dia bukan manusia tulen tapi artifak. Nalgarva udah ngebongkar kedoknya, tapi si topeng putih ini yang jadi masalah di akhir adaptasi ini. Union Zem ini jadi cuplikan terlemah dari kemampuan pedang itu. Jadi bisa disimpulin ada program di dalam dunia ini yang bikin mereka punya tugas yang harus dikerjain.

Entah kenapa kalo diliat ulang, masa lalu mereka ini jujur lebih menjijikan untuk demografi shounen. Gak biasanya kita ngomongin fitnah, STD, judi, bullying disatuin dalam lingkaran.  Soal sejauh kualitas adaptasi ini, saya mengapresiasi penulisan dialognya tapi masih kurang demen sama sudut pandang bingkai yang sering kepake di proyek Geek Toys.

BlueHeaven

Forced ending buat arc ini. Kayak harus banget itu Nalgarva ditinggal, tapi masih banyak bacot after story. Kalau mau leave, ya cepetan lah. Mending dari tadi udah angkut aja itu bapak botak terus kuburin dengan layak.

Ini anime sedih, ngasih tahu dua kali Zem nangis tapi air mata setetes aja pelit. Indeed cuma Olivia yang imut paling bisa menyelamatkan hari dan nasib anime ini yang tinggal satu episode untuk saya tamatin.

Isekai Nonbiri Nouka 11

Kaczmarek

Tone Lu saat jadi ibu-ibu langsung mellow. Anime gak serta merta njiplak semua skenario novel dan manga-nya. Tahu sendiri kan sebenernya si Machio punya jadwal tidur yang gak ia rencanain karena horny elf? Atau pas mandi sebenernya dia gak bisa sendirian terus dan pasti ada cewek yg ngikut? Saya gak ngomplain, malah ini jadi rute paling aman untuk dianimasiin karena sejak Lu hamil, komen isinya “Lah kapan seksnya mereka berdua?”, “Ini mereka subtle aja seksnya?” dll.

Nge-skip skenario primitive technology dari mountain elf disini bikin saya sedih sih. Terutama saat bikin roda air itu, yang sebenernya dijelasin di novel dan manga-nya. Hakuren jadi guru tapi bangun siang butuh dikoreksi.

BlueHeaven

Dari kemarin kita fokus per episode selalu ada karakter baru, kali ini cuma satu doang, leluhur Ru yang numpang lewat. Emang makhluk sesepuh beda dibanding semua karakter sudah debut duluan di anime ini. Zabuton saja sampai turun pohon karena keberadaannya lepas dari pengamatan 360 derajat laba-laba super ini.

Sebuah episode sebagai pengantar menuju episode akhir. Kita dikasih rekap tanah yang sudah dikembangkan desa Taiju sampai mana dan jadwal Machio yang lebih padat ketika pertama kali tiba di isekai. Ini negasin development yang sudah diterima Machio dan desanya. Cukup adil juga menjaga screentime bagi banyak karakter yang bejibun jumlahnya..

Revengers 11

Kaptain

Reveal yang kurang lebih ngubah konteks dari interaksi Usui dan Raizou selama ini. Ada kontrak buat kepala Raizou yang dasarnya itu dari kesalahpahaman dan Usui selama satu musim ini nyoba mertimbangin bisnis balas dendam dia dari dilemma ini. Sebagai penganut dia tentu sadar soal ngasih seseorang kesempatan kedua.

Endgame dari kapel tuh balas dendam Shimabara dengan mulai perang opium lagi di Jepang. Hobi si ketua serikat dagang yaitu Post-mortem_photography itu emang hobi yang ga aneh di masa itu. Still messed up tho.

Sen no Kiseki 11

Kaptain

Jadi tagline Northern War baru relevan di nih episode. Wah ini tim naksir banget sama model Netflix. Awas aja kalau ini cerita sama sekali ga selesai dan nuntut pemain main game mobilenya buat dapet cerita penuh.

Itikad baik saya udah abis jadi ini fanservice kru Liberl dan Crossbell juga kerasa hampa. Kayak tim produksi sadar ini kru North Ambria sama sekali ga menarik. Ini ya jelas aja Rean berani nekat nyerbu langsung ibukota ngeliat plot armor ngebuat dia kebal.

Ars no Kyojuu 11

Kaptain

Kumi sadar soal umur pendek dia dan mutusin buat tetap mendam kutukan dia sebagai “produk gagal” demi cinta, jadi ini masalah “beres”. Ini kecuali di episode akhir diburu-buru banget anime cuma muat buat satu konflik lagi, dan ini antara bakal lanjut season baru atau di media lain. Yang saya ga keberatan ngeliat ini satu musim emang lebih fokus ke pengenalan setting.

Otonari no Tenshi-sama 11

Kaczmarek

Shiina sebenernya udah tahu kan apa yang diomongin sama Amane? Kalau soal itu aja susah dimengerti, kayaknya ini seri bisa di-drop dari awal hahaha. Kembali lagi dengan sofa-kun, dan kini ditambah dengan kasurnya Shiina. Apa lagi yang kalian harepin selain mereka jadian? Apa? Kontak fisik? Udah kok itu saling patting, bersihin kuping, megang pipi. Gak perlu tambahan lainnya. Ngomong-ngomong ini adaptasinya ngebut total karena udah sampe dapet momen volume kelima. Tapi kayakya bakal ditutup di vol empat aja.

BlueHeaven

Another day for sofa-kun. Buset itu paha digepok berkali-kali masih kenyel. Pantesan Amane permintaannya itu. Shiina juga tahu banget buat nyenangin gebetannya ini perlu pakai apa biar pengalaman korek telinga menjadi maksimal.

Saya penasaran siapa dalam foto yang Shiina maksud. Mungkinkah Amane? Tapi lucu juga, Shiina ngantuk udah kayak orang mabuk alkohol. Lupa semua dan lepas dari kendali diri. Gimana kalau nanti dia mabuk beneran? You can expect worse.

Kaiko Sareta Ankoku Heishi 11

Kaczmarek

Mohon maaf untuk Bashbarza, masa lalunya gak terlalu bikin saya empati terhadapnya. Namun kasusnya saya lebih beratkan ke bapaknya yang terlalu memberatkan beban dengan menjunjung Dariel di depannya secara terus-menerus. Ah naga 3D, as always.

BlueHeaven

Sedikit ada pengalihan agar kita simpati sama Bashu apa lah itu. Dari awal ini karakter overhate lebay, jadi tiap kali dia nongol langsung muak melihat tingkah lakunya. Oiya, ini anime judulnya Chillin in my 30s, tapi hampir tiap episode ada gelutnya. Mana santainya?

Saikyou Onmyouji 11

Kaczmarek

Fiona terus ngasih kode masa depan kepada Seika sepanjang episode ini. Gak secara literal ngasih tahu masa depan, tapi di satu sisi ia pengen Seika bantuin dirinya untuk sampai ke titik yang diinginkan. Minimnya latar belakang empat demon itu bikin adaptasi ini jadi berlubang besar. Tetiba muncul dan memakan manusia, kemudian punya misi indah yang subjektif di tengah masalah lain yang dialami Fiona. Ini berasa dua arc digabung dan berjalan secara bersamaan.

BlueHeaven

Lagi-lagi sikap Seika menghadapi karakter perempuan yang mendekatinya bikin saya kesel. Segitu parahnya kah, sampai Fiona dikacangin? Fiona bahkan harus tegasin lagi di akhir kalau dia itu bukan musuh.

Di sisi lain, lima iblis kuat yang otw ngebunuh yuusha secara langsung ngasih dead flag lewat perjalanan mereka sendiri. Bisa-bisanya kapten mereka punya monolog pesimis begitu. Ga heran kalau mereka bakal jadi karakter numpang lewat meski besar kemungkinan jadi bos terakhir dalam penayangan anime ini.

NieR Automata 08

Kaptain

Yah, kena indefinite delay lagi. Sidequest kedua operator dimasukin di sini biar kedua protag dapet momen istirahat dan saya apresiasi Jackass yang dapet “jatah” di sini. Ga tau kenapa 2B dapet tuh lagu tema tapi ada hipotesis kalau 2B dibuat dari data Kaine. Gambar-gambar di bagian akhir itu dibuat sama staf seiyuu, dan saya cuma bisa nebak yang bikinan Aoi Yuuki yang mana.

Hindsight and all, tapi kayaknya ga cuma Lily aja yang bohong soal A2 ngeliat status desa para robot.

Eiyuu-ou 10

BlueHeaven

Sebenarnya saya masih nonton ini karena ga ada tontonan anime lain di awal minggu selain ini. Cuma tiap minggu saya bingung mau komen apa. Dibilang jelek kagak, dibilang bagus juga tak layak. Apalagi senyum karakternya itu loh kalau mulutnya lagi mingkem. Curving di ujungnya agak risih lihatnya. Setidaknya walau seri ini medioker arah ke bawah, masih bisa ditolerir lah begonya dibanding Shinka no Mi. Bagian yang saya bilang bego jatuh ke episode kali ini yang ga ada harga dirinya itu raja.

Sebelumnya dari awal kasus Ripple juga rada malasin. Ke sekolah cuma kerjanya makan sama jadi bodyguard. Itu senpai yang kacamata juga out of nowhere punya relasi sama Ripple sejak masih kecil. Lah, tiba-tiba banget. Ga ada angin, ga ada hujan, setelah pertemuan di awal arc ga ada kode langsung flashback aja.

Satu-satunya alasan orang nonton ini palingan karena kakek yang reinkarnasi jadi cewe cantik. Ga pernah saya lihat ada yang bahas politik Highlander shitnya karena emang jelek banget sistemnya.

Tonsuki 10

BlueHeaven

Makin nambah beban snack dewi yang ditanggung Mukouda. Setidaknya dengan uangnya yang melimpah, gampang buat manjain keempat dewi. Sui makin OP dengan blessing water goddess. Levelnya mungkin sudah menyaingi Fel dari segi kekuatan, makanya Fel tertarik ngajak duel slime imut satu ini.

Tenten Kakumei 11

BlueHeaven

Dikasih lihat bagaimana menyedihkannya jadi spirit contractor, tapi ga dikasih lihat kalau ada sejarah mengenai pergantian keluarga kerajaan sebelumnya. Di sini bagian timpangnya. Jadi dengan pembawaan melankolis seperti ini masih ada celah di bagian flashback, kita dihadapkan dengan masa depan kerajaan yang belum pasti.

Baginda ratu paling sedih karena dua anaknya udah beban, nambah satu lagi anak angkat yang keras kepala. Entah nurun dari gen orang tua yang mana karena kelihatan jelas bapaknya yang raja itu selfless, begitu juga perdana menteri.

Hyouken no Majutsushi 11

BlueHeaven

Rie Kugumiya as maid Lily White. Very effective.

Shin Shinka no Mi 10

BlueHeaven

Selamat datang di Shin Shinka no Mi episode 10. Kali ini kita mendapat plot shounen klasik dibalut dengan otot yang segar bugar. Tentu saja percuma jadi villain yang latihan fisik kuat tapi ga punya nakama power. Sekali lagi, ini karakter cuma pion sekali pakai. Ujung-ujungnya ada momen tobat, pergi, dan dibunuh sama utusan demon cult. Haiya, another wasted development.

Tsundere Akuyaku Reijou Lieselotte 11

BlueHeaven

Nice episode there. Siapa sangka witch of yore adalah Lirenna, sang dewi agung itu sendiri. Dan kita langsung digiring ke antagonis sesungguhnya, Kuon. Saya suka dengan pengembangan plot seperti ini. Membuat penonton menganggap kalau karakter A adalah antagonis utama, yang ternyata ada karakter sampingan yang jadi antagonis utama sesungguhnya. Baldur dan Fiene akhirnya bisa saling mencintai setelah dileak asal mula mereka, Sieg dan Liese otw married. Last run yok, gas!

Tomo-chan wa Onnanoko 11

BlueHeaven

Misuzu development time. Ternyata ada juga celah buat karakter S seperti ini agar bisa berkembang. Puas melihat senyuman bayaran Misuzu yang fresh juga ekspresi bersalahnya yang sama SSRnya. Thanks to Carol, saya bisa menonton Misuzu model cinderella.

Blue Lock 23

BlueHeaven

Yet another “Kuliah Bersama Ego” dengan filosofi keberuntungan sebagai temanya. Ada Mbappe juga, cuy!

Roukin 11

BlueHeaven

Woohoo, ini dia yang ditunggu-tunggu. GATE Season 3 akhirnya muncul. Mitsuha bisa-bisanya masih ada waktu sewa kostum padahal waktu penyerangan ke ibu kota udah mepet waktunya. Saya suka di bagian Mitsuha ngasih 10 menit buat tentara Wolf gang mastiin tekad untuk ikut perang. Satu AA-gun juga cukup ngalahin puluhan bahkan ratusan wyvern dalam sekejap. Tinggal dragon yang jalannya ngerangkak di tanah disimpan di episode akhir.

Trigun Stampede 11

Kaptain

Rem jadi rem buat sinkronisasi Vash. Baguslah ini komunikasi Knives & Vash bisa terjadi karena pada akhirnya walaupun Knives emang ga punya harapan lagi buat umat manusia, dia lebih dimotivasi buat ngelindungi para Plant seperti Vash dari umat manusia. Cuma ya kesalahan dia tuh di kepercayaan dia kalau Vash ga bisa apa-apa karena terlalu lembek, bukan karena sebagai Plant Vash punya rahasia yang sangat destruktif.

Arknights (Global)

Kaczmarek

Jadi intinya Dorothy ini hanya perempuan baik hati yang ingin memenuhi harapan orang-orang yang meminta bantuan padanya. Namun caranya justru dimanfaatkan orang lain (re: Ferdinand, Parvis, dll). Astgenne ini 180 derajat dari kakaknya, Astesia. Sikap no-nonsense ini jadi charm utamanya, ditambah makin ada faktor dia mecat Ferdinand yang juga sebelumnya jadi bos proyeknya. Sonny Romano sama Mary ini entah kenapa gak dibikin loveline dan itu memuaskan hati saya.

Neural Cloud

Kaptain

Campaign kelar. Walopun saya belum nyentuh challenge mode. Sekali lagi enjoyment saya keangkat sama si KJ yang udah melek soal jebakan di Burbank, jadi di akhir yang tinggal nunggu si antagonis ngegigit umpan.

Ini di 30% terakhir balik ke tragedi khas GFL yang untungnya saya belum kebocoran soal isinya. Agak sedih aja Puzzle sebagai headliner jadi ga banyak keterlibatannya ngeliat cerita jadi lebih fokus ke para Trader, Sanctifier, dan kebenaran di balik kasus pembunuhan di dunia nyata.

Tetep bakal ngeroll Puzzle sih minggu depan ngeliat dia dibutuhin buat tim Undine nanti.

Limbus Company

Kaptain

Saya ga punya data finasial soal kesuksesan nih game. Tapi sosmed udah birahi banget soal reveal ID di atas jadi paling nggak secara kultural nih game dah sukses. Sejauh ini luck lebih berat di EGO ngeliat tinggal beli Hex Nail aja jadi paling nggak pool gacha saya udah lebih kosongan. Minggu depan akhirnya bisa pake Sweep jadi kerjaan nih game cuma seminggu 3 hari aja buat Mirror.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: dai00888