[JOI Spotlight] Identity Theft Edition

March 26, 2023 19:43
[JOI Spotlight] Identity Theft Edition

Selamat datang di JOI Spotlight yang masuk minggu pertama bulan suci. Mari kita lihat impresi staf Jurnal Otaku untuk seri yang sudah hadir di minggu ini.

In/Spectre S2 11

Kaptain

Kaoruko selaku tersangka yang cuma punya Koya sebagai saksi alibi ternyata oh ternyata pelakunya~. Good save dari Kotoko yang bisa ngumpetin keterlibatan si Rubah di kasus ini dan rencana dia biar nih keluarga ga macem-macem lagi sama dunia sana bisa kewujud.

There you have it. Ini semua direncanain Rikka buat ngeungkap sisi serius Kotoko sebagai mediator kedua alam.Walaupun emang di kasus ini perannya lebih kayak algojo.

Kaczmarek 

Butuh lebih banyak fokus ke Rikka karena selain menghubungkan arc ini dengan sepupunya, dia juga punya peran penting ke masalah berikutnya. Tolong itu orang dikasih daging dikit please biar gak kayak tengkorak cantik berjalan.

Revenger 12 (End)

Kaptain

A full circle ending. Cerita dibuka dan diakhiri dengan balas dendam yang nggak guna untuk pelakunya. Taishin akan tetap hidup lewat karya dia dan suka apa nggak ini satu-satunya cara biar Raizou bisa mendapat maaf. Emang ini kapel jelas belum kapok dan jadi sekuel hook buat proyek lanjutan tapi saya bilang cerita Kurima Raizou sudah selesai dengan rapi. Baik juga si Raizou di akhir nekanin kalau bayarannya itu di gigitan, bukan di nilai emas secara intrinsik.

Seri orisinal yang sangat kompeten, ide dan tema emang sederhana tapi eksekusinya solid banget. Emang kualitas produksinya nggak wah banget tapi ini produksi yang berhasil pake sumber daya yang mereka punya dengan efektif. Buat seri Urobuchi juga ini sesi eksposisinya lebih rapi dari biasanya. Saya akui emang bumbu ceritanya bakal kurang terasa kalau penonton ga punya cukup pengetahuan sama sejarah era ini.

Benriya Saitou-san 11

Kaczmarek

Entah kenapa Morlock masa muda ini kayak Dark Schneider di seri Bastard!!. Saking lamanya nunggu perkembangan Saitou sama Raelza, kita masih diharapkan untuk menerima kalo janji keduanya juga tinggal masalah waktu. Tapi sampai kapan? Yep, saya stuck di manga-nya per episode awal ini. Bagaimana seri ini bisa ditutup rapat? Tunggu aja nanti malam.

BlueHeaven

Morlock berhasil mengejutkan penonton dengan tampilan masa mudanya yang kece banget. Sayangnya, nih kakek balik lagi ke settingan pabrik. Malah amnesianya lebih parah, pula. Emang dah dijadiin joke permanen Givengel atau apalah itu namanya terlupakan oleh sosok yang dipanggilnya shishou.

Mononogatari 11

Kaczmarek

Ujung-ujungnya lawan Kai untuk jadi klimaks. Tentunya ekspektasi yang harus ditaruh di meja adalah “Hyouma bakal diancam doang sama Kai karena cuplikannya udah jelas menunjukan situasinya masih aman sama Botan”. Klimaks yang gak bakal tinggi juga karena konflik utamanya masih digodok di luar lingkaran ini. Yep itu tsukumogami yang ngebunuh Kusui sama Hayato.

Ningen Fushin 12 (End)

Kaczmarek

Konflik selesai maka tinggal apa? Yak, refleksi diri. Episode yang gak jauh dari ulasan Survivors dalam usaha mereka untuk tetep jalan dan menyesuaikan kode etik party. Mengharapkan ada sisi romantisme disini namun yang paling kentara cuma Nick dengan Agate. Sekali lagi dari ulasan lain, ini adaptasi dengan klimaks yang gak tinggi namun dibuat senyaman mungkin walau animasinya pas-pasan.

Spy Kyoushitsu 11

Kaczmarek

Agak kasian sama Lily dan Sybilla karena porsi cerita keduanya dipenggal sebesar mungkin demi nutup di bagian Grete dengan lebih banyak. Backstory Olivia dan Roland yang sebenernya gak masif banget efeknya (kecuali detail soal Klaus) ini nunjukin cerita keseluruhan masih dalam godokan. Belum matang dan juga sudah enggak mentah, tapi apa yang bakal berlanjut di novelnya bakal nentuin titik didih ini cerita.

Isekai Nonbiri Nouka 12 (End)

Kaczmarek

Dua kelahiran dalam satu episode. Alfred dan mata uang Taiju. Ada yang menyadari kan Ru versi mengandung (atau mama) dan versi remaja dewasa kayak gimana bedanya? Shino Shimoji done a good job untuk menggambarkan dua hal tersebut secara berbeda. Banyak perbedaan dari source material, namun penyatuan ini bikin porsi semua karakter jadi rata.

Keputusan untuk menutup seri ini di pesta kelahiran justru tak mengundang banyak pertanyaan. Yang disayangkan hanyalah kenapa gak lebih panjang adaptasinya hahaha. Ini bisa jadi satu-satunya adaptasi anime dari seri Isekai Nonbiri Nouka dan mungkin gak akan ada lagi kelanjutannya. Hanya komite yang tahu mau kemana ini seri mau dilanjutkan adaptasinya, termasuk Kinosuke Naitou.

BlueHeaven

Happy ending! Anime ini berhasil ditutup secara aman dan tidak ada masalah besar yang terjadi. Asli nonbirinya itu kerasa. Ingin ada sekuel, tapi tentu bakal brutal mengingat jumlah kelahiran yang bakal diperlihatkan di masa depan.

Otonari no Tenshi-sama 12 (End)

Kaczmarek

Pancingan Mahiru di episode ini akhirnya mampu bikin Amane gak mau tinggal diam. Ngeliat pernyataan frontal saat lomba ditambah momen dinginnya saat Amane dipertanyakan oleh rekan-rekan sekelasnya. Satu adegan yang agak kasian ke Amane itu saat dia dicecar pertanyaan tapi Kadowaki dan Akazawa mantengin doang. Setelah itu, formalitas dari yang diharapkan akhirnya tercapai. Nge-explore obrolan dari dingin ke hangat gak semudah ini. Puas.

BlueHeaven

Tidak seperti sebelum-sebelumnya, episode ini langsung ngegas memberi dosis gula pada bagian awalnya. Wah, asli damagenya gak ngotak. Walhasil ketrigger juga keberanian dari Amane sehingga anime ini bisa ditutup dengan ending yang seharusnya. Puas [2].

Kaiko Sareta Ankoku Heishi 12 (End)

Kaczmarek

Again, another anime which ended with low climax. Bashbarza bukan karakter yang cukup mendalam untuk bisa ngubah takdir Dariel dan orangtuanya. Kalo ada itu pun pasti si Maou yang juga masih menjadi observer daripada ikut turun gunung. Entah kenapa dia sekarang nyaman pake versi laki-laki daripada perempuan. Keluarga Dariel minimal bisa bersatu lagi dengan tambahan ini itu yang ada di desanya. Harem? Buat apa? Marika udah cukup bikin pinggang Dariel rontok.

BlueHeaven

This anime is done. Foto keluarga lengkap tercipta tapi sepertinya ada yang kelupaan. Iya, nasib petinggi iblis yang merindukan Dariel itu tidak diceritakan lagi gimana. Cuma muncul sekian detik di saat ending song diputar. Kalau mau tahu lebih lanjut, wajib baca manga. That’s what they told from this ending. Haiya.

Saikyou Onmyouji 12

Kaczmarek

Belum abis btw. Episode terakhir jadi penutup arc yang ngerushnya minta ampun. Dialog keempat demon dipotong gede-gedean, namun yang paling krusial justru sebelum mereka tiba di akademi. Empat orang (atau makhluk i should’ve say) jangan sampe cuma nongol begitu doang dalam cerita ini. Kasian bener kalo kenyataan gitu.

BlueHeaven

Too fast. Kasihan itu samsak pembantaiannya masih kurang kreyes. Sebenarnya ini bisa jadi ending, tapi staf produksi lebih memilih kelanjutan dari cerita ini menjadi penutup di satu episode terakhir minggu depan. Dengan modal cerita seperti ini, penasaran nanti nutup animenya seperti apa. Saya kira satu episode harusnya tidak cukup untuk membuat lanjutan cerita dari poin ini ke arah ending enak.

Kantai Collection: Itsuka Ano Umi de 08 (End)

Kaczmarek

Kecewa. Sekecewanya saya sama proyek ngaret gak pernah setinggi ini. Tapi bukan karena faktor animasi, tapi karena pemilihan ending yang terlalu memaksa bersinggungan dengan pemain gamenya. Anda memilih pilihan mana?  a. Penutup harus sesuai historis, b. Penutup harus sejalan dengan cerita orisinal.

Animasi penutup di episode ini juga mempertebal judul proyek ini sebagai proyek PR daerah. Tiba-tiba kanmusu yang digambarkan seperti tenggelam atau retired, namun dibuat seolah mereka masih hidup hingga masa modern ini. Sejujurnya pengen mereka membuatnya sesuai dengan tahun 1945 pasca perang, bukan ke Kure 2020-an. Lima karakter juga tak muncul dari cuplikan adaptasi anime yang pernah dirilis bertahun tahun lalu: Kashima, Daitou, Hiburi, Mamiya, dan Taiyou. Kemana mereka Tanaka? Apa anda menyiapkan proyek anime lain untuk mereka? Tunggu aja 23 April nanti karena franchise ini resmi berumur 10 tahun.

Positifnya, adegan battle yang jauh di atas perkiraan dan pengaplikasian foreign friendly fleet jadi pelipur lara. Negatifnya, entah kenapa momen terakhir Shigure di kapal ngingetin saya sama adegan Kotonoha meluk kepala Makoto di kapal “Nice Boat”. This episode should be Episode 0.

Ars no Kyouju 12 (End)

Kaptain

Ya Jiro, saya juga ga ngerti. Episode penutup yang lebih bilang “anime abis” daripada “cerita selesai”. Saya dah bilang dari awal kalau ini tuh adaptasi anime buat game yang belum eksis, jadi di awal cerita bisa fokus di petualangan level rendah tapi di akhir jadi kelabakan karena masuk momen “ini karakternya gamenya pada nongol” dan konflik klimatik yang ada karena mandat genre dan bukan dibangun dari awal. Cuma sekali lagi, gamenya ga ada jadi ya ini sebuah payoff yang setup sama sekali ga ada.

Satu lagi anime yang jatoh jumpalitan di garis finish. Kesannya ada eksekutif yang ngambek sama konflik skala kecil yang lebih personal di awal terus ngambil alih di akhir. Kalau tamatnya gini juga ya saya susah nge-rekomen nih seri.

Sen no Kiseki 12 (End)

Kaptain

Setengah episode abis buat eksposisi yang saya sangat yakin mereka yang gak main gamenya bakal ngerti, singkatnya kutukan yang terjadi sama Ash Carbide berlaku juga di N. Ambria. Menjelang akhir musim saya juga males nulis Northern War di akhir karena ini cerita lebih buat Lavi nyasar buat ketemuan karakter yang lebih penting daripada tuh perang. Ga ngerti saya kenapa nih anime dibuat tapi ya ngeliat Falcom juga lagi ribut sama Sound Team mereka, saya pesimis eksekutif di sana itu bisa ngasih keputusan yang masuk akal.

Beda dengan seri di atas, paling nggak nih anime emang konsisten jelek jadi ya saya ga terlalu kaget tamatnya kayak gini.

Trigun Stampede 12 (End)

Kaptain

Konflik yang terjadi lebih awal itu tema adaptasi ini, ngeliat Zazie membelot dari awal dan saya ngarep banget pasukan bumi di ending bisa dateng jauh lebih awal di ceritanya. Buat mereka yang frustasi Mily ga ada ya di akhir juga dikenalin kok, yang ngekonfirmasi kalau Meryl juga dari start tetep jadi jurnalis yang ngeburu Vash.

Sebuah kompromi yang bagus dari adaptasi manga dan anime sebelumnya. Season 2 yang udah diumumin harusnya bisa langsung ngebut masuk arc Maximum biar bisa tamat secara rapi. Ini juga konflik akhir di mana Orange flexing kapabilitas produksi mereka sayangnya gelap yang saya tahu merupakan trik efisiensi animasi kayak gini.

Tonsuki 11

BlueHeaven

Mukohda akhirnya bisa fokus jualan. Tentu saja klasik isekai jualan barang dari dunia modern. Heboh dan langsung otw menggebrak pasar.

Waktu Mukohda menggiling daging, saya kira dia mau bikin bakso. Eh, ternyata hamburger. Tonsuki sampai saat ini masih baru sekali menghadirkan makanan non-gorengan. Kalau varian rebus bisa dibuat lagi, saya ingin lihat menu apa yang akan dimasak abang beast tamer kita.

Tenten Kakumei 12 (End)

BlueHeaven

Episode yang digambar cukup cantik. Sayangnya, ending ini tidak berhasil menjelaskan proses revolusi secara logis. Kita diberikan masalah kerajaan yang tidak menerima perubahan kemudian langsung diskip ke momen revolusinya. Cara menuju endingnya tidak dijelaskan dengan layak.

Anime ini punya premis bagus di awal. Namun arc terakhir yang memperlihatkan loncatan tiba-tiba menjadikan keseluruhan plot anime ini menjadi jelek di mata saya. Sia-sia materi cerita di episode 1 – 9, kalau di episode 10 – 12 menggunakan formula berbeda yang super cepat. Karena itulah, saya menulis cecaran habis-habisan mengenai kejanggalan yang saya rasakan di sisi cerita.

Ga masalah kalau mau nampilin yuri, tapi logika plotnya diatur dulu jadi lebih make sense. Sampai akhir juga bapaknya Anis sama emaknya kelihatan hampir ga ada gunanya. Bahkan penobatan raja baru dilakukan dari Anis kepada Euphy. Lah, ini perdana menteri atau raja sebelumnya pada ke mana?

Bofuri 9

BlueHeaven

Setiap kali developer game bikin konten baru, selalu bisa dimanfaatkan jadi keuntungan bagi Maple. Lumayan dapet markas baru. Ez win day 1, bisa santai main kartu pula.

Hyouken no Majutsushi 12 (End)

BlueHeaven

Jadi masuk akal semua settingan di anime ini setelah penayangan episode 12. Credit roll model jadul untuk para seiyu yang memerankan tiap karakter juga tidak disangka menjadi hiburan tersendiri bagi saya. Baguslah Hyouken selesai sampai di sini.

Yowai 5000-nen no Soushoku Dragon, Iwarenaki Jaryuu Nintei 12 (End)

BlueHeaven

Selama ini saya menahan untuk mengomentari anime ini karena ternyata sudah tamat di musim sebelumnya tapi versi dub CN. Yang keluar di musim ini adalah dub JP, makanya baru muncul di Bilibili.

Sepanjang 12 episode, perjalanan naga herbivor cukup menyenangkan untuk menjadi tontonan pagi yang singkat. Saya suka seijo yang gemesin minta ampun. Apalagi warnanya biru. Satu-satunya misteri adalah tangan naganya yang punya kekuatan yang belum terungkap seperti apa jelasnya. Teman kecilnya Reiko juga masih ditinggal, jadi masih ada plot untuk musim kedua kalau mereka niat buatnya.

Tsundere Akuyaku Reijou Lieselotte 12 (End)

BlueHeaven

Episode ini berhasil men-deliver ending yang sesuai dengan judul episodenya. Semua cowo di Magikoi dapat pasangan kecuali priest. Dia malah disandingkan dengan dewi saat acara nikahan Sieg dan Liese. Banyak tangisan, ada sedih, ada bahagia, anime yang berhasil mendapat stempel certified isekai moment sekali lagi berhasil membuat ending yang benar-benar happy ending yang menyenangkan.

Blue Lock 24 (End)

BlueHeaven

Closing yang cantik dari 2 cour musim perdana Blue Lock. Semua tim Z yang ngilang dapat credit, terutama Kunigami yang ehem, nanti lihat sendiri pas season 2 nanti.

Season 2 bakal lanjut ke arc melawan timnas. Saya tidak sabar melihat aksi Yukimiya, Ryuusei, dan banyak karakter lain yang baru diperkenalkan di episode terakhir ini.

Roukin 12 (End)

BlueHeaven

Sama seperti GATE, tapi kali ini pasukan Mitsuha lebih OP. Dengan kemampuan pindah tempatnya, serangan musuh akhirnya bisa direndam. Untungnya nih satu ekor naga ga langsung kalah begitu saja di pertarungan ini. Jadi lumayan enaklah nontonnya ga langsung kelar cepat begitu saja.

Agak sedih melihat Mitsuha harus menutup tokonya di ibukota demi menjalankan tugasnya sebagai bangsawan. Mau ga mau harus milih satu, Sabine dan Collette untuk saat ini tidak bisa bersatu. Apakah ada sekuel? Seperti biasa, tergantung keuntungan yang diraih dari penayangan anime ini.

Tomo-chan wa Onnanoko 12 (End)

BlueHeaven

Episode yang masih diwarnai jenaka khas dari para karakter. Emang otot ketemu otot ga perlu solusi yang ribet. Mikir aja mereka dah susah, mau bangun hubungan cinta kayak orang normal malah jadi ribet. Good end for this series. Misuzu stay jomblo.

Arknights (Global)

Kaczmarek

Dorothy Vision akhirnya clear! Namun ada dua medal yang belum didapetin yakni penggunaan material di shop. Karena gak ada counternya di shop, saya bingung ini udah berapa ribu yang udah ditukerin. Sementara di banner Dorothy saya gak dapet siapa-siapa, kecuali Wai Fuu yang akhirnya full.

Limbus Company

Kaptain

Emang masih perlu minjem N.Mersault dari support, tapi fix dah dapet tim N.Corp for all your Blunt/Pierce Needs. Kurang lebih ya masuk sesi filler sampe tengah April nanti, terus ya entah kita dapet Season 2 pas chapter 4 turun ato sebelumnya.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: _CASTSTATION